12 April 2020

Resep Palm Sugar Whipped Coffee


Resep Palm Sugar Whipped Coffee JTT

Minggu lalu rekan kantor saya, Titi, share segelas susu dengan kopi float diatasnya di grup WA kantor, "WFH ditemani segelas dalgona kopi yang viral di TikTok, guys," tulisnya. Kami kontan langsung mengirimkan komen, boss saya, Bu Jane, bahkan meminta resepnya. Saya sendiri, yang jarang update dan mengikuti berita kekinian, belum pernah mendengar mengenai dalgona coffee yang katanya sangat viral ini. Tapi begitu melihat resep simple yang mampu menghasilkan segelas kopi dengan tampilan cantik, kontan rasa penasaran pun tergelitik. Di WA, Titi menjelaskan untuk membuat kopi dalgona harus menggunakan kopi instan tanpa ampas, dia menyebut nama Nescafe Classic (bukan promo). "Kalau gak pakai itu nggak bisa jadi floatnya," jawab Titi ketika saya tanya apakah bisa dibuat dari kopi bubuk biasa atau bahkan bubuk coklat. 

Karena masih WFH dan belum berkesempatan keluar rumah, akhirnya niat membuat whipped coffee ini hanya dalam angan-angan semata. Hingga akhirnya minggu lalu, di hari Rabu, saya pun masuk ke kantor sehari. Langsung kesempatan keluar dari rumah ini saya manfaatkan untuk singgah di supermarket berbelanja kebutuhan dapur sekaligus membeli kopi instan dan susu cair.  Hari Sabtu sore kemarin, whipped coffee a la dalgona ini akhirnya berhasil dieksekusi dengan mudah.

Resep Palm Sugar Whipped Coffee JTT
Resep Palm Sugar Whipped Coffee JTT

Whipped coffee, atau dalgona coffee, adalah minuman yang terbuat dari kocokan kopi bubuk instan dengan gula dan air, menghasilkan busa kaku berwarna kecoklatan yang kemudian disendokkan diatas permukaan segelas susu. Minuman ini pertama kali populer di Korea Selatan pada bulan Januari, setelah aktor Jung Il-woo mencobanya di Macau untuk “Stars’ Top Recipe at Fun-Staurant,” merupakan sebuah televisi show yang populer. Pada acara tersebut, dia mengatakan bahwa kopi tersebut mengingatkannya pada permen toffee honeycomb dari Korea Selatan bernama dalgona, yang kemudian menjadi nama minuman tersebut sekaligus memberikan daya tarik. Setelah acara itu mengudara, minuman ini pun viral di Korea Selaran dan menjadi minuman penting di beberapa coffee shop disana. Jung Il-woo sendiri mengatakan pada sebuah interview melalui Instagram bahwa dia sama sekali tidak mengira jika dalgona kopi menjadi begitu terkenal. 

Pada awal Maret, Hannah Cho, seorang pengguna TikTok, mengupload sebuah video berdurasi 15 detik berisi bagaimana dia membuat kopi dalgona untuk ibunya. Video tersebut membuat kopi ini menjadi semakin populer. Video bahkan telah ditonton hingga 12 juta kali. Hannah Cho sendiri mengatakan kopi dalgona tersebut terkenal karena tampilannya yang menarik dan sangat mudah dibuat dirumah. Kini aneka rasa kopi dalgona seperti matcha latte, tiramisu hingga martini pun berhasil dikreasikan. 

Resep Palm Sugar Whipped Coffee JTT

Walau mengocok kopi hingga berbusa sebenarnya bukanlah hal yang baru, misalnya di India dan Pakistan yang mengenal minuman whipped coffee bernama phenti hui, dan di Yunani minuman kopi bernama frappe adalah jenis dalgona versi lama lainnya, namun membuat minuman dengan tampilan cantik a la cafe dengan cara mudah dirumah memang mengasyikkan. Tantangan membuat dalgona menurut saya adalah bagaimana kita bisa menciptakan busa float yang kaku dan cantik menghiasi permukaan minuman tanpa menggunakan krim kocok. Versi ini tentu saja lebih minim kalori dan lebih murah meriah dibandingkan versi minuman kopi dengan cream float a la cafe.

Sayangnya untuk membuat dalgona diperlukan jenis kopi instan, jenis kopi tanpa ampas atau blended coffee. Ada seorang pembaca di Instagram yang mengatakan dia berhasil membuat dalgona dengan kopi espresso dari jenis kopi bubuk biasa. Tapi kendalanya adalah kita harus memiliki alat pembuat espressonya. Dengan kopi espresso walau float berhasil tercipta namun memerlukan waktu lebih lama saat mengocok hingga mampu berbusa kaku. 

Resep Palm Sugar Whipped Coffee JTT

Whipped coffee bisa juga dikocok manual dengan sendok atau beberapa mengatakan mengocoknya dengan saringan teh. Saya tidak berminat mencobanya, menurut saya cara termudah adalah dengan mikser tangan. Hanya memerlukan waktu 2 menit saja maka busa kaku telah terbentuk dan siap disendokkan ke permukaan susu tanpa tangan terasa pegal. Tapi jika tidak memiliki mikser atau malas mengeluarkan mikser - saya pribadi selalu menyiapkan hand mixer dalam kondisi ready didalam rak karena akhir-akhir ini justru lebih praktis menggunakan alat ini untuk baking dibandingkan heavy duty yang rempong - maka mengocok manual dengan sendok atau saringan teh bisa dicoba. Mungkin harus sedikit googling untuk lebih memastikan caranya. 

Poin terpenting agar whipped coffee berhasil sukses dan bukan berubah menjadi saus kopi, selain jenis kopi yang digunakan, juga komposisi antara kopi, gula dan air, harus 1 : 1 : 1. Untuk air, saya menggunakan air panas mendidih, beberapa mengatakan bisa menggunakan air dingin, tapi dari hasil googling sana sini banyak yang menyebutkan air panas, saya menggunakan cara tersebut dan berhasil baik. Karena komposisi kopi yang cukup banyak, dan kopi instan cenderung terasa pahit, saran saya tambahkan porsi susu cair kala disajikan. Toh sebenarnya whipped coffee yang mengapung dipermukaan susu ini berfungsi sebagai perasa, bukan bahan utamanya. 

Apakah bisa menggunakan bahan selain kopi? Saya pernah mencoba menggunakan minuman serbuk, Milo, hasilnya zonk, busa tidak terbentuk. Ada teman kantor yang share menggunakan jenis minuman matcha dan coklat satu merk tertentu dan diproses dengan blender, cukup berhasil membentuk busa tapi tidak sepekat float pada whipped coffee. Beberapa memberikan ide dengan mencampur coklat bubuk dan whipped cream, tapi saya tidak berminat dengan cara tersebut. Bukan dalgona lagi namanya kalau sudah melibatkan whipping cream. Karena tantangan dalgona adalah bagaimana membuat whipped coffee dengan bahan simple tanpa whipped cream.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Palm Sugar Whipped Coffee JTT

Palm Sugar Whipped Coffee
Untuk 3 porsi

Tertarik dengan resep minuman seru lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:

Bahan:
- 3 sendok makan kopi instan tanpa ampas (blended coffee)
- 3 sendok makan palm sugar / gula palem bubuk, bisa diganti gula pasir
- 3 sendok makan air panas mendidih
- 800 ml susu cair

Cara membuat:

Resep Palm Sugar Whipped Coffee JTT

Masukkan kopi, palm sugar dan air panas mendidih ke dalam mangkuk. Kocok dengan speed rendah menggunakan mikser tangan, ketika sudah mulai berbusa besar naikkan kecepatan mikser menjadi tinggi dan kocok hingga kaku (sekitar 2 menit). Matikan mikser.

Tuangkan susu cair ke 3  buah gelas saji. Sendokkan whipped coffee ke masing-masing gelas. Tambahkan es batu jika suka.

Rasanya agak strong kopi karena itu susu cair bisa disesuaikan porsinya atau es batu akan mengurangi rasa pahit kopi. 




16 komentar:

  1. Hai mba endang, boleh share kopi yg mba endang pake apa? Nescafe juga kah? Ada saran buat yg ga kopi instant yg dipake nya tapi kopi nya jgn yg terlalu nendang, kira2 apa y, pengen yng ringan soalnya sy agak mual kalo yg strong gt mba, siapa tau ada masukan.. Makasi resep2 nya selalu search resep by google pasti blgkngny pake jtt 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. kopinya sudah saya share di cerita diatas diparagraf 1 mbak, nescafe classic. So far gak bs kalau gak pakai ini ya.

      Hapus
  2. Gampang ya ternyata... makasih mbak Endang. Selalu kasih kita resep yang simpel-simpel...

    BalasHapus
  3. hai mba endang saya udah coba juga dan saya menanmbahkan sedikit garam pada saat ngemikser dalgona..hasilnya lebih nikmat

    BalasHapus
  4. Ya ampun mba endang masih aktif diblog. Aku berkunjung karna kangen dengan blog mba endang. 7 tahun lalu blog mba endang lah yang bikin aku jadi bisa masak. Aku seneng baca crita mba endang. Dulu resep mba endang sampe aku print, ternyata sekarang udah punya banyak buku. Sukses slalu ya mba endang...slain di blog ini mba endang aktif di medsos apa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. blog masih diusahakan update walau gak rutin, IG hampir tiap hari saya update

      Hapus
  5. WOOW....keren patut dicoba resep mb endang selalu berhasil. terimakasih mb endang selalu berbagi resep2 unik2 dgn ikhlas alias gak pelit

    BalasHapus
  6. Makasiiihhh ya mbaaa resepnyaaa..ternyata mudah, segera mencoba 🙏😍

    BalasHapus
  7. Saya selalu klo masak nyontek resep di mbak endang ❤️❤️❤️
    Salam kenal...🙏

    BalasHapus
  8. wah, selaluuu nih info dari blog jtt nya mbak endang emang super detail sampai histocal minuman jg dicantumkan, gak banyak org yg tau kalau jung ill woo yg mempopulerkannya jd cuma tau dari korea aja 😅, terima kasih ya mbak endang sudah berbagi cerita yg selalu menarik untuk dibaca, postingan jtt gak pernah terlalu panjang kok ;D,, Semangat terus ya nge blog nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mbak Karina, saya juga penasaran dengan minuman ini makanya saya cari infonya wakakkak

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...