09 Juli 2020

Resep Yogurt Coffee Cake


Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Air adalah kebutuhan yang paling vital didalam sebuah rumah, ketika air terhenti seperti yang saya alami hari Sabtu kemarin, betapa kebalakan dibuatnya. Sebenarnya sejak 4 bulan lalu, pompa pendorong yang terletak didekat bak penampungan air (torn) dilantai dua tidak berfungsi, pompa ini membantu agar air mengucur deras. Ketika pompa mati, air masih mengalir hanya alirannya sangat kecil sekali. Dulu bertahun nan lampau, tukang pompa langganan saya, Pak Junaedy, sudah memberikan peringatan, "Bu, pompa pendorong ini jangan sampai mati ya. Kalau mati, airnya bisa mampet karena tertutup lumut." Lumut didalam torn mudah tumbuh dengan subur dan sering masuk kedalam aliran air dan membuatnya berhenti total.

Waktu berlalu, tahun berganti, tak terasa sudah empat tahun sejak Pak Junaediy membersihkan torn diatas. Selama air baik-baik saja, saya tak begitu peduli dengan kondisi didalamnya, boro-boro hendak mengurasnya secara rutin. Hingga akhirnya air mati total. Saya kehilangan kontak dengan Pak Junaedi, karena handphone yang telah berganti beberapa kali. Akhirnya saya WA adik saya, Wiwin, menanyakan tukang pompa langganannya. Nomor tukang pompa lainnya diberikan dengan embel-embel, "Bapak yang ini lebih murah biayanya dari Pak Junaedy," dan langsung saya kontak saat itu juga. 

Resep Yogurt Coffee Cake JTT
Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Satu jam kemudian tukang pompa datang dan mengecek. "Kalau pompa rusak, atau jika dibetulkan pun tidak akan bertahan lama, diganti saja ya Pak. Saya ada pompa ekstra masih baru didekat tangga," itu pesan saya sebelum si Bapak bekerja. Saya memang punya satu pompa kecil merk Mitzui yang sama kapasitasnya dengan pompa pendorong yang mati, pompa ini saya dapatkan kala serah terima rumah di Cilebut, yang hingga kini belum ditempati dan belum dipasang pompa. "Baik Bu," jawab si Bapak, orangnya sopan, rapi jali dan sangat ramah. Adik saya sudah menjelaskan panjang lebar mengenai karakter ini di WA. Bagi kami berdua, jika berurusan dengan tukang yang masuk ke rumah, maka ciri-ciri seperti ini sangat penting.

Hanya sekitar 20 menit si Bapak mengutak-ngatik mesin pompa pendorong dan mesin hidup kembali, air pun mengalir. Saya tak bisa katakan  air itu mengalir deras, walau seharusnya dengan adanya pompa tambahan ini air mengalir bukan hanya deras tapi super deras, tapi saya cukup lega dengan kondisi ini karena yang penting air hadir kembali dirumah. Ketika saya tanyakan biayanya, si Bapak menyerahkannya ke saya. Terus terang, saya kurang suka dengan model seperti ini dimana tukang tidak memberikan satu angka pasti dan menyerahkannya ke kita untuk menebak harga. Bingung berapa rupiah yang harus dibayarkan, akhirnya beberapa lembar seratus ribu saya serahkan. "Kalau ada kerusakan atau masalah lagi langsung telpon ya Bu, saya punya banyak langganan disekitar sini," pesannya.

Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Dua bulan kemudian, tepatnya minggu kemarin, kasus sama terjadi kembali. Air mengucur super kecil, dan lama kelamaan mati. Pompa pendorong yang sudah error ini akhirnya menyerah dan kali ini tampaknya benar-benar tewas. Saya naik keatas mengecek, membuka tutup pompa, berusaha menebak apa yang dilakukan Pak Mulyono waktu itu hingga pompa bisa hidup kembali. Tapi walau sudah nongkrong didepan pompa selama 1o menit, saya sendiri tak tahu apa yang harus dilakukan. Bagaimana saya bisa tahu? Saya tak punya skill teknik sama sekali. Kemampuan terbaik yang bisa lakukan jika berurusan dengan tukang menukang adalah mengganti colokan yang error

Saya membutuhkan Pak Junaedy, tukang pompa terbaik dan terbukti tokcer, bukan Pak Mulyono, tukang pompa andalan adik saya yang terbukti kurang tokcer. Akhirnya iseng saya WA adik saya, "Punya nomor Pak Junaedy nggak? Air mati," tulis saya. Adik saya ini menyimpan semua nomor tukang yang pernah dipanggilnya ke rumah, karena rumah yang ditempatinya saat ini sama tuanya dengan rumah Pete, maka kerusakan rumah selalu ada setiap bulannya. Wiwin langsung membalasnya, "Memang kenapa dengan Pak Mulyono?" Sambil mengirimkan no WA Pak Junaedy, Pak Mulyono dan satu nomor tukang pompa lainnya dengan embel-embel, "Ini nomor tukang pompa lain, temennya Pak Mulyono, tidak secanggih Pak Mulyono, tapi harganya lebih murah."  No way! Saya hanya membutuhkan Pak Junaedy, "Aku butuh Pak Junaedy. Cuman dia yang the best." Saya lantas mengirimkan WA ke Pak Junaedy meminta beliau untuk datang ke rumah. Satu jam berlalu tak kunjung dibalas, rasa khawatir mulai merambat, akhirnya saya telpon dan untungnya beliau angkat. "Baik Bu, satu jam lagi saya datang," janjinya.

Resep Yogurt Coffee Cake JTT
Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Satu jam kemudian Pak Junaedy datang dengan motor bebeknya. Tampilan Bapak ini tak jauh berbeda dengan Pak Mulyono, rapi jali, sangat sopan, baik dan super ramah. Seperti sebelumnya, saya langsung berkata, "Kalau pompanya error dan kudu diganti, jangan paksakan dibetulkan ya Pak, saya punya pompa baru," beliau langsung mengiyakan dan naik ke lantai atas yang kondisinya acak adul dan mengecek. Tak lama kemudian, Pak Junaedy turun dan memanggil saya. "Bu, ini pompanya sudah tidak bisa dibetulkan. Saringannya sudah jebol, dan kipasnya mati. Harus diganti." See? Ini bedanya kedua tukang pompa ini. Pak Junaedy akan melaporkan kondisi dan fakta dilapangan, menjelaskannya dengan detail dan profesional, sementara Pak Mulyono ketika saya tanya waktu itu bagian pompa apa yang rusak hanya berkata, "Saya bersihkan saringannya, hidup kembali Bu." Saya suka detail dan penjelasan yang ilmiah dan Pak Junaedy akan memberikannya dengan penuh confidence. "Ganti saja Pak, itu pompanya," beliau langsung mengambilnya, naik kembali keatas, dan 30 menit kemudian air mengalir deras. 

Tak lama beliau turun kembali dan memberikan laporan kedua, "Bu, itu tornnya saya cek sudah kotor sekali. Waktunya di kuras dan dibersihkan. Dan kayanya ada keran yang bocor ya? Kok pompanya hidup terus." Seperti inilah harusnya tukang pompa profesional. Bukan hanya membetulkan kerusakan, tetapi juga alert ketika ada satu hal yang kurang beres terjadi dan berusaha memperbaikinya dengan tuntas. "Iya Pak, ini keran dapur bocor, airnya merembes terus," jawab saya, sambil dalam hati semakin cinta dengan si Tukang Pompa yang canggih ini. "Boleh saya cek?" Tanyanya. Beliau mengecek aliran air di kitchen sink, dan berkomentar aliran airnya seharusnya lebih deras lagi. Akhirnya saya meminta beliau untuk memperbaikinya sekaligus semua.

Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Hari itu bukan hanya aliran air di rumah menjadi sangat deras, tetapi keran didapur pun tidak bocor lagi, torn dikuras dan dibersihkan. Si Bapak mengkalkulasikan semua biayanya melalui kalkulator di handphone, tidak menyerahkan saya untuk menebak harga. Saya tidak masalah dengan biayanya, selama hasil kerjanya sangat memuaskan. Bahkan biaya penggantian pompa yang dia charge sama dengan biaya yang saya bayarkan ke Pak Mulyono sebelumnya. Saya lantas tambahkan seratus ribu sebagai tips yang beliau terima dengan senyum lebar.  "Bagaimana kalau Ibu saya jadwalkan pengecekan pompa dan kuras torn setiap 6 bulan sekali? Tadi saya kuras itu tornnya sudah penuh lumpur, kotor sekali," sarannya. Whatever you say Pak, bungkus! Jadilah setiap enam bulan sekali si Bapak akan datang mengecek pompa dan membersihkan torn, andai beliau bisa service AC pasti akan saya tambahkan satu jasa tersebut sekalian. Pak Junaedy bagi saya adalah the best tukang pompa in town dan saya susah pindah ke lain hati.

Menuju ke resep. Coffee cake adalah jenis cake yang biasanya menggunakan kopi didalam bahannya atau disajikan bersama secangkir kopi saat makan pagi. Sour cream lebih sering dipakai didalam adonan dibandingkan yogurt, dan jikalau yogurt dipakai maka jenis Greek yogurt yang creamy dan padat lebih sering dipilih. Saya menggunakan jenis plain yogurt biasa, pilih yang full cream bukan skim milk. Jika yogurt yang digunakan terlalu lembek, encer dan banyak mengadung air, saring yogurt dengan kain tipis semalaman di chiller kulkas, buang air saringan ini. Hal ini juga berlaku jika anda menggunakan cream cheese didalam resep cake. Terlalu banyak air akan membuat cake menjadi encer dan terkadang bantat hasilnya. 

Coffee cake biasanya menggunakan streusel yang terbuat dari mentega, tepung terigu dan gula yang diaduk hingga menjadi butiran dan ditaburkan di permukaan cake sebagai topping. Atau terkadang crumbs yang terbuat dari oatmeal, atau sering juga menggunakan cincangan kacang-kacangan seperti walnut, mete, almond yang telah dipanggang dan diaduk bersama brown sugar. Motif layer didalam cake terbuat dari campuran brown sugar dan kacang-kacangan yang ditaburkan agak banyak diantara tumpukan adonan. So far, membuat cake ini super mudah dan rasanya lezat.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Yogurt Coffee Cake
Resep diadaptasikan dari website A Farmgirl's Dabbles - Sour Cream Coffee Cake 

Tertarik dengan resep cake sejenis lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Pound Cake Pandan
Pound Cake Coklat Marmer
Pound Cake Cream Cheese Strawberry

Untuk 1 loyang bundt diameter 22 cm

Bahan cake:
- 227 gram mentega
- 200 gram light brown sugar
- 4 butir telur ukuran besar
- 200 gram yogurt plain, kondisi padat. Jika encer, saring terlebih dahulu dengan kain tipis
- 1 sendok makan vanilla extract
- 360 gram tepung terigu protein sedang atau rendah
- ½  sendok teh baking soda
- 1 ½ sendok teh baking powder double acting
- 150 - 200 ml susu cair full cream

Bahan taburan (crumbs):
- 150 gram dark brown sugar
- 150 gram kacang walnut, almond, atau hazelnut panggang, cincang kasar
- 2 sendok teh kayu manis bubuk

Cara membuat:
Siapkan loyang tulban diameter 22 cm, olesi bagian dinding loyang dengan margarin dan taburan tepung terigu. Panaskan oven di suhu 170'C. 

Aduk jadi satu di mangkuk, tepung terigu, baking soda, baking powder dan garam. Sisihkan.

Aduk jadi satu bahan taburan didalam mangkuk, sisihkan.

Membuat cake:

Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Siapkan mangkuk, masukkan mentega dan brown sugar, kocok dengan mixer speed tinggi hingga mengembang, pucat dan ringan. Masukkan telur satu persatu dan kocok hingga tercampur baik. Pastikan telur tercampur baik dengan adonan sebelum memasukkan telur berikutnya. 

Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Tambahkan yogurt dan vanilla extract, kocok hingga tercampur baik. Matikan mixer

Masukkan tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan dalam 3-4 tahapan berselang-seling dengan susu cair. Susu cair mungkin tidak dipakai semua, tambahkan jika adonan masih terlihat terlalu padat dan kental. Kurang cairan akan membuat cake remah dan mudah hancur ketika dipotong, terlalu banyak cairan akan membuat bahan taburan tenggelam dan sulit membentuk layer. 

Jika adonan telah tercampur baik segera hentikan mengaduk.

Resep Yogurt Coffee Cake JTT

Taburi bagian dasar loyang dengan beberapa sendok bahan taburan. Tutup dengan selapis adonan yang diratakan permukaannya, kemudian taburkan lagi bahan taburan diatas adonan. Lakukan hal ini berselang-seling hingga bahan taburan dan adonan habis.  Ratakan permukaan adonan dengan spatula, taburkan sisa taburan (crumbs) jika masih tersisa, masukkan loyang kedalam oven. 

Panggang dengan suhu 170’C selama 60 menit hingga cake matang. Tes dengan menusukkan lidi ditengah cake, jika tidak ada adonan yang melekat maka cake telah matang.

Keluarkan dari oven, diamkan 15 menit di loyang. Lepaskan cake dari loyang, letakkan di rak kawat, biarkan hingga dingin. Potong cake dan sajikan dengan secangkir kopi panas. 




5 komentar:

  1. Wah betul banget, Mbak. Air itu sumber utama ketentraman di rumah. Macet sebentar, paniknya ga ketulungan. Punya rekomendasi tukang pompa daerah Yogya gak, Mbak?

    Malah fokus ke ceritanya, ikut gemes. Hihihi

    BalasHapus
  2. Assalamualaikum, mbak Endang yg canggih, aq selalu grogi kalo bikin cake telur masuk 1/1 setelah mentega dan gula, pasti jd encer...ngiri banget liat pic adonannya mbak Endang, kalo pake cara lain bisa gak...telur + gula dulu, trus masukin mentega cair, kalo gini q lebih pede. Apakah hasilnya akan berbeda? Mohon sarannya ya...TRIms a lot.
    Tati - Kendari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mbak Tati, bisa pakai teknik mentega cair mbak, hanya menurut saya lbh riskan karena porsi mentega di resep tinggi, kalau dicairkan akan terlalu banyak cairan di adonan, kemungkinan bs over mixing agar mentega cair bs tercampur. Masukkan telur satu persatu, pastikan dikocok baik sblm masuk telur berikutnya, kalau encer/pecah masukkan 1 sdm tepung dan kocok agar tepung menyerap cairan

      Hapus
    2. Oww ternyata jalan lain ke Roma ini lebih jauh dan bikin lecet2 ya.. anyway penjelasan n solusinya sangat bermanfaat.
      Makasih ya
      Tati- Kendari

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...