05 November 2020

Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang


Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT

Walau banyak sekali resep bertebaran di internet, atau tersembunyi didalam buku cooking-baking yang saya koleksi segambreng di lemari buku, tetap saja terkadang kepala ini blank dengan ide. Resep yang saya inginkan adalah yang bisa memanfaatkan bahan apapun yang ada di dapur, dan jika resep tersebut mencantumkan bahan yang harus dibeli terlebih dahulu maka akan saya hindari.  Syarat lainnya adalah resep kudu simple, kalau bisa bumbu hanya bawang putih dan merica saja, selain itu resep kudu cepat dieksekusi karena terus-terang saya malas berlama-lama di dapur. 

Freezer saya sebenarnya cukup lengkap isinya, selalu ada fillet dada ayam, seafood, ikan dan daging sapi, jadi cukup banyak varian masakan yang bisa dipermak darinya. Tapi tidak banyak varian masakan yang bisa dieksekusi jika hanya mengandalkan bawang putih dan merica. Saya tidak masalah menyantap dada ayam berbumbu merica dan garam yang di pan fried saja setiap hari, tapi tentu saja resep tersebut tidak layak untuk dipost di blog atau IG. Itulah masalah terbesar food blogger, terkadang keinginan dan realita susah untuk disinkronkan. Bahkan saat saya hanya menginginkan udang yang digoreng dengan bumbu garam, ujung-ujungnya terpaksa saya permak menjadi kani roll atau bakso udang hanya karena dua makanan terakhir lebih layak dipost. Tobat! 

Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT
Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT


Berhubung karena stok ide resep masakan simple semakin menipis didalam kepala, weekend lalu akhirnya saya putuskan membuat spaghetti chicken meatballs dengan saus tomat ala Italia. Biasanya Italian meatballs diolah dari daging sapi, tapi kali ini akan saya permak dari fillet dada ayam yang membeku lama di freezer. Tidak susah membuat spaghetti meatballs, kebetulan saya punya beberapa botol pasta tomat jadi tidak perlu menggunakan tomat segar cincang. Bumbu lain paling hanya bawang bombay dan bawang putih cincang plus rajangan daun basil dan Italian seasonings, simple. Saat sedang meracik chicken meatballs, saya baru tersadar masih memiliki nasi putih di rice cooker. Jika memasak spaghetti meatballs maka nasi putih tersebut tidak akan termakan dan harus masuk ke kulkas. Saya tidak suka membiarkan nasi dihangatkan terlalu lama di rice cooker karena aromanya menjadi memuakkan, jadi setelah satu hari nasi tidak habis akan saya pindahkan ke tupperware dan simpan di kulkas. Nah nasi tersebut harus bisa dimanfaatkan, jadi spaghetti dibatalkan tapi tidak dengan chicken meatballs-nya.  

Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT
Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT

Saya teringat dengan saus jahe bawang yang pernah dibuat sebelumnya, simple dengan rasa asin manis gurih yang lezat. Sepertinya bola-bola ayam ini akan sedap jika direndam dalam tumisan saus jahe bawang yang lekker. Resep pun berganti, kali ini bahkan jauh lebih mudah karena basically hanya bawang bombay, bawang putih dan jahe dicincang, sisanya adalah aneka saus yang tinggal cebur-cebur saja. Ah, saya suka masakan ala-ala Chinese food begini, mudah dibuat, simple dan cepat dieksekusinya. Ketika bola-bola ayam dan sausnya ini disiram diatas semangkuk nasi hangat, amboy nikmatnya!

Untuk membuat chicken meatballs-nya saya menggunakan fillet dada ayam yang saya proses hingga lumat di chopper. Bisa menggunakan daging ayam cincang, bisa bagian paha atau dada, menurut saya bagian paha akan membuat teksturnya lebih moist. Ayam cincang ini lantas saya tambahkan aneka bumbu plus telur dan breadcrumbs untuk menyerap cairan didalam adonan, sehingga lebih padat dan mudah dibentuk. Bola-bola ayam ini saya goreng hingga matang di wajan, baru diceburkan dan dimasak sebentar didalam sausnya. Jika anda menghindari minyak maka bola ayam bisa ditata di loyang beralas silpat dan panggang suhu 200'C hingga kecoklatan.

Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT

Untuk sausnya, bawang bombay di resep bisa digantikan dengan bawang merah cincang. Saya suka rasa agak sedikit pedas, jadi red pepper flakes dan cabai bubuk digunakan. Cabai bubuk dan sambal botolan membuat warna masakan menjadi sedikit kemerahan bukan hanya coklat gelap saja. Saya kurang suka jika masakan berakhir menjadi seperti ayam kecap, warna sedikit merah akan membuatnya lebih menggairahkan dan menarik. Jika hendak disajikan untuk si kecil maka skip saja semua jenis cabai-cabaian di resep ya. Minyak wijen terus terang akan membuat rasa masakan menjadi lebih lezat, karena aroma dan rasa minyak ini memang unik, tapi jika tidak ada maka skip saja. Mungkin rasanya akan sedikit berbeda dengan yang saya harapkan, tapi bukan berarti tidak sedap. So, jangan khawatir untuk skip satu atau dua bahan dalam resep jika tidak tersedia didapur karena masakan ini susah untuk dibuat gagal. 

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT

Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang
Resep modifikasi sendiri

Untuk 4-5 porsi

Tertarik dengan resep simple sejenis lainnya? Silahkan klik dibawah ini:

Bahan bola ayam:
- 300 gram dada ayam potong kasar (atau ayam cincang)
- 1 butir telur
- 50 gram breadcrumbs/tepung panir
- 1 batang daun bawang rajang halus
- 1/2 buah bawang bombay, cincang halus atau 5 siung bawang merah
- 3 siung bawang putih cincang halus
- 1 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh cabai kering cincang kasar, optional

Bahan saus tumisan:
- 1 sendok makan minyak wijen
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 1/2 buah bawang bombay cincang halus
- 4 siung bawang putih cincang halus
- 1 cm jahe parut atau cincang halus
- 1 sendok teh cabai kering cincang kasar

Bahan saus lainnya, aduk jadi satu:
- 1 sendok makan saus tiram
- 3 sendok makan kecap asin/soy sauce
- 2 sendok makankecap manis
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok makan saus sambal
- 1 sendok teh  cabai bubuk, optional
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 100 ml air
- 1/2 sendok makan tepung maizena

Cara membuat:

Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT

Proses dada ayam di chopper hingga lumat, atau gunakan daging ayam cincang. Tuangkan ke mangkuk, masukkan semua bahan bola ayam lainnya, aduk rata. Jika adonan terlalu lembek tambahkan sedikit breadcrumbs. Cicipi rasanya dengan menggoreng secuil adonan, sesuaikan asinnya.

Panaskan minyak agak banyak di wajan. Bentuk adonan menjadi bola-bola, ukuran sesuai selera. Gunakan 2 buah sendok untuk membentuknya atau lumuri telapak tangan dengan minyak dan gelindingkan adonan di tangan. Goreng bola-bola ayam hingga kecoklatan, angkat dan tiriskan, sisihkan.

Resep Bola-Bola Ayam Saus Jahe Bawang JTT

Panaskan 1 sendok makan minyak wijen dan 2 sendok makan minyak di wajan bekas menggoreng bola-bola ayam. Tumis bahan tumisan hingga harum dan matang. Tuangkan bahan saus, aduk dan masak hingga mendidih dan kental. Jika terlalu kental tambahkan air sedikit. 

Masukkan bola-bola ayam, aduk dan masak hingga mendidih dan kental, sekitar 3 menit. Cicipi rasa saus, sesuaikan rasanya. Angkat dan sajikan dengan nasi putih dan tumisan sayuran. Super yummy!



2 komentar:

  1. Halo mb...
    Sekali-sekali posting resep yang simpel, cuma bumbu lada garam juga oke kok mb..
    Saya juga sukanya masak yang simpel.
    Sesimpel mungkin... Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama, saya sih suka2 saja lada garam, hanya pembaca mungkin bete wakakka

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...