04 October 2011

Crepe Pisang Isi Coklat & Keju


Sudah bosan dengan pisang? Belum? Okeh, kalau begitu saya tambahkan satu lagi resep pisang yang sedap ini sebagai alternatif camilan di rumah, cocok untuk menghadapi musim hujan yang sebentar lagi akan tiba. Karena crepe pisang isi coklat keju ini memang mantap disantap hangat-hangat sambil memandangi rintik hujan gerimis di luar jendela, tentunya dengan teman ngobrol yang seru juga ^_^ atau sebagai alternatif sarapan di rumah. Sebenarnya makanan ini tidak bisa dikatakan benar-benar crepe, karena adonannya yang agak pekat dan tidak encer selayaknya crepe umumnya, bahkan bisa dikatakan lebih mirip lempeng pisang yang  pernah saya posting sebelumnya. Anda bisa klik disini untuk mendapatkan resepnya. Namun tampilannya yang tipis dan isinya yang beraneka ragam membuat saya teringat dengan crepe. 



Ide resep ini bermula dari pisang kepok dari kampung halaman yang masih ada di kulkas, sebagian pisang saya kupas dan saya bekukan di freezer, namun masih ada 3 butir lainnya yang tergeletak di chiller dengan kulit menghitam. Hmm, jangan pernah membuang pisang dengan kulit yang seperti ini dan jangan pernah beranggapan bahwa pisang dengan kondisi seperti ini telah memiliki harga mati yaitu masuk ke tong sampah. Karena saya telah sering sekali menggunakan si pisang hitam untuk aneka resep cake atau muffin, dan rasanya super yummy! Makin tua dan lembek maka makin manislah si pisang dan makin sedap untuk dimodiifikasi menjadi makanan lainnya.

Tidak percaya? Yuk, kita coba saja.


Crepes Pisang Isi Coklat & Keju
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 buah crepes

Bahan:
- 3 buah pisang kepok/pisang raja/pisang emas atau pisang lainnya yang telah benar-benar matang, lumatkan hingga halus menggunakan garpu atau jemari tangan
- 100 gram tepung terigu
- 3 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1 butir telur, kocok lepas
- 150 ml susu cair (saya melarutkan 1 sendok makan susu bubuk + 100 ml air)

Isi:
- Sedikit mentega atau selai favorit
- Coklat meses
- Keju cheddar parut, secukupnya

Cara membuat:


Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, gula, garam, baking powder, dan vanili bubuk. Aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan susu cair, telur kocok dan pisang yang telah dilumatkan. Aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan yang smooth.


Siapkan penggorengan datar anti lengket. Sapukan sedikit minyak atau margarine di permukaannya. Panaskan penggorengan diameter sekitar 15 cm. Ambil satu sendok sayur adonan dan tuangkan di wajan. Ratakan dengan menggulirkan penggorengan ke kiri dan ke kanan hingga seluruh permukaan penggorengan tertutup adonan. 

Masak hingga bagian bawah mengeras, kemudian balikkan crepes dan masak sisi lainnya hingga matang, coklat keemasan. Angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.


Letakkan satu lembar crepes di piring, olesi dengan mentega atau selai, taburi dengan coklat meses dan parutan keju secukupnya, gulung crepes hingga bagian isi tertutup, tekan crepe saat digulung agar padat atau tekuk bentuk 1/4 lingkaran. Sajikan hangat-hangat bersama segelas teh hangat. Sedap!

36 comments:

  1. kok yg saya buat jadi pecah saat di gulung-gulung?
    kulitnya ini tebal atau tipis?
    tlg di bls secepatnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipis dan lebar ya Mba. Kalau terlalu tebal akan pecah.

      Delete
  2. Mba adonan bisa disimpan ga? buay besoknya lagi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, masukkan wadah tutup rapat, simpan di kulkas semalam saja ya.

      Delete
  3. Krn khabisan bahan drumah dan ada pisang ambon lembeeek kmatangan,sy akhirx nyoba ini mbak..simple,praktis plus cepet pula.pas bikin dadarx harumx kmana2..alhasil gda 15menit ini kue ludes mbak..sy dsisain sparo aja sm si kakak hehehehe..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, ini kue super cepat dan lezat buat nyamikan sore hehhehe

      Delete
  4. Mbak, tadi malam saya bikin camilan ini. Kebetulan ada sedikit pisang raja yg sdh matang. Langsung kepikiran resep mbak Endang yg ini. Semua bahan tersedia di rumah, bikinnya cepat. Memang lezat! Mama saya menyebutnya 'wolak walik' krn kue dibalik... Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Sisca,wah pakai pisang raja pasti mantap. kemarin saya ada pisang malah saya bikin pisang ijo wakakak. Tapi crepe pisang ini favorit saya, mudah dan enak. Thanks sharingnya ya ^_^

      Delete
  5. dapet lg menu simple, lumayan di dapur mama ada pisang yang udah masak. Makasih mbak ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau begitu bisa langsung diekskusi ya Non, moga suka ya ^_^

      Delete
  6. Nyummy mba resep yg ini, cpt bikin nya, wenak rasanya, hahaha.. -feni-

    ReplyDelete
    Replies
    1. yep Mba Feni, kalau ada pisang2 nganggur di rumah dan dah terlalu lembek bisa dimanfaatkan

      Delete
  7. Mbak....klo bikin Crispy Crepe yg tipis, kering, garing itu gimana ya? Aku udah puluhan kali coba, dg berbagai alternative resep, koq hasilnya gak pernah tipis garing; tetep aja basah kayak dadar!

    Ada yg bilang katanya hanya dengan pan datar/wajan teflon aja gak bisa, kalau mau garing harus buatnya pakai mesin crepe! Di mesin khusus crepe ini, adonan apapun tetep akan menghasilkan tekstur tipis kering spt crepe yg di mall-mall itu! Haduh...masa' serepot itu, harus beli mesinnya dulu yg jg harganya gak murah!

    Bisa diakalin dg perangkat dapur lain gak utk hasilkan crepe tipis, kering, garing spt yg dijual mall-mall Jakarta itu...hehehe....please ajariiiiiiiiiiiiiin!!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba, heeehhe untuk yang satu ini saya rasa memang harus pakai alat pembuat crepes ya, gak bisa bikin sendiri dirumah. Karena adonan harus di tipiskan hingga benar2 tipiis di lempengan besi pemanas.

      Delete
  8. Mbak, tadi pagi saya eksekusi resep ini, enyaaak mbak, saya gak pake meises krn d rmh cuma ada DCC trus isinya jg saya tambain potongan pisangny. kata suami saya ini lbh enak dr yg dulu prnh disajikan di salah satu hotel tempat kami menginap di Bali.....Senangnya...Makasi mbak endang. Saya mo ikutin jejak mbak endang ah, bikin blog yg berisi resep2 praktis, sehat dan lezat. o ya resep ini jg saya cantumin d blog saya ya mbak, tentunya dg source from JTT :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya dan senang resepnya disuka. Siilahkan di cantumkan di blognya ya Mba. Sukses selalu ^_^

      Delete
  9. halo mba, fungsi baking powder di resep ini untuk apa ya?kalau diskip apa yang harus ditambah atao dikurangi ya...thank for reply
    luluk

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba, supaya tekstur crepenya lebih kembang dan empuk, crepes ini beda dengan crepes tipis yang biasa itu ya. yang ini semi pancake. kalau nggak mau pakai skip saja, bahan lain tetap sama

      Delete
  10. mbak, saya ellen di Malang.
    saya lihat di keterangan awal, mbak Endang sempat ada simpan pisang yang sudah dikupas dalam freezer. jadi pisang bisa ya mbak disimpan dalam freezer dan digunakan lagi? bisa tahan berapa lama mbak? terimakasih...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ellen, yep saya biasa bekukan pisang di freezer, bisa sampai 1 bulan lamanya. tapi pisang atau buah beku tidak enak lagi dimakan segar jadi harus diolah misalnya untuk cake, smoothie, atau es krim, yummy!

      Delete
  11. Hai mbak Endang, karena banyak pisang nganggur (panen di halaman rumah kakak) sore tadi barusan buat nih crepe. (ˆڡˆ)enak banget, anak2 suka. Sy buat 3 resep sekaligus. Bertambah lagi 1 resep andalan. Makasih ya.
    Salam dari Batam
    Jeny

    ReplyDelete
    Replies
    1. haloow mba Jeny, thanks sharingnya ya, resep ini mudah, cepat, enak kenyang wakak,dan pas memang buat memberdayakan si piisang. thanks yaa

      Delete
  12. Huhuhu.. udah panjang2 posting komen, ilang internetnya soaaak.. mbaaa endang, aku dah nyoba resep nastar, cookies goodtime, es krim mangga tapi aku ganti pake oreo, funtastic es griiim dari pisang beku. Semuanyaaaa enaaaakk.. cuman yg es grim, masih brasa agak2 kecut pisang padahal udah make pisang raja.

    Resepnya aku kurangi bubuk coklat n susu, takut kepaitan n kemanisan (resep es grim oweo-nya kemanisan pdhl udah ikut resep)

    Nih mo nyoba resep diatas mbak, btw bp-nya pake yg single or double acting mbak? Makasih mba endang..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Arum, thanks sharingnya yaa, wah banyak juga yang sudah dcoba wakakkak, mantap! semua resep saya pakai double acting ya mba, soalnya single acting selalu gagal wakaaak

      Delete
  13. salam kenal mbak Endang. ijin nyontek resep2nya ya mbak. bberapa udah aku praktekin, termasuk crepe ini. enyaaaaak! thanks for sharing mbak...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba almas, thanks ya, silahkan dicontek resepnya ya

      Delete
  14. Besok mau bikin ini ah, di rumah lagi ada stock pisang raja yang sudah matang. :D

    ReplyDelete
  15. Mbak Endang, kemarin nyoba resep ini, karena pisangnya beku, maka semua bahan aku campur jadi satu trus aku blender..hasilnya adonan ngembang pas didadar di atas teflon, trus bawah gosong atasnya belum mateng, ga bisa dibalik jadinya..hiks.. kira2 kenapa ya Mbak ? -_- (Dian)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, pakai api kecil saat mendadar, pastian pakai teflon yang masih oke kondisinya sehingga gak akan lengket. olesi sedikit minyak di permukaan teflon saat mendadar.

      Delete
    2. Aku buat yg pertama dulu sukses pake teflon dan adonan yg sama. Apa karena aku blender? Jd adonannya ngembang. (pengaruh baking powder)? Thanks ya Mbak.

      Delete
  16. kue ini cocok untuk yg g mau ribet2 didapur... kue ini selalu sy but utk buka puasa ditemani dg teh hangat... thx resepx mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks juga Mba Andri, saya juga suka banget sama crepe simple ini hehehhe

      Delete
  17. mba klo gak pake baking powder kira2 hasilnya bagus gak ya?

    ReplyDelete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...