04 Oktober 2011

Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju


Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju

Sudah bosan dengan pisang? Belum? Okeh, kalau begitu saya tambahkan satu lagi resep pisang yang sedap ini sebagai alternatif camilan di rumah, cocok untuk menghadapi musim hujan yang sebentar lagi akan tiba. Karena crepe pisang isi coklat keju ini memang mantap disantap hangat-hangat sambil memandangi rintik hujan gerimis di luar jendela, tentunya dengan teman ngobrol yang seru juga ^_^ atau sebagai alternatif sarapan di rumah. Sebenarnya makanan ini tidak bisa dikatakan benar-benar crepe, karena adonannya yang agak pekat dan tidak encer selayaknya crepe umumnya, bahkan bisa dikatakan lebih mirip lempeng pisang yang  pernah saya posting sebelumnya. Anda bisa klik disini untuk mendapatkan resepnya. Namun tampilannya yang tipis dan isinya yang beraneka ragam membuat saya teringat dengan crepe. 

Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju
Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju

Ide resep ini bermula dari pisang kepok dari kampung halaman yang masih ada di kulkas, sebagian pisang saya kupas dan saya bekukan di freezer, namun masih ada 3 butir lainnya yang tergeletak di chiller dengan kulit menghitam. Hmm, jangan pernah membuang pisang dengan kulit yang seperti ini dan jangan pernah beranggapan bahwa pisang dengan kondisi seperti ini telah memiliki harga mati yaitu masuk ke tong sampah. Karena saya telah sering sekali menggunakan si pisang hitam untuk aneka resep cake atau muffin, dan rasanya super yummy! Makin tua dan lembek maka makin manislah si pisang dan makin sedap untuk dimodiifikasi menjadi makanan lainnya.

Tidak percaya? Yuk, kita coba saja.

Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju

Crepes Pisang Isi Coklat & Keju
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 6 buah crepes

Bahan:
- 3 buah pisang kepok/pisang raja/pisang emas atau pisang lainnya yang telah benar-benar matang, lumatkan hingga halus menggunakan garpu atau jemari tangan
- 100 gram tepung terigu
- 3 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1/2 sendok teh baking powder
- 1 butir telur, kocok lepas
- 150 ml susu cair (saya melarutkan 1 sendok makan susu bubuk + 100 ml air)

Isi:
- Sedikit mentega atau selai favorit
- Coklat meses
- Keju cheddar parut, secukupnya

Cara membuat:

Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju
Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, gula, garam, baking powder, dan vanili bubuk. Aduk rata menggunakan spatula. Tambahkan susu cair, telur kocok dan pisang yang telah dilumatkan. Aduk rata dengan spatula hingga menjadi adonan yang smooth.

Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju

Siapkan penggorengan datar anti lengket. Sapukan sedikit minyak atau margarine di permukaannya. Panaskan penggorengan diameter sekitar 15 cm. Ambil satu sendok sayur adonan dan tuangkan di wajan. Ratakan dengan menggulirkan penggorengan ke kiri dan ke kanan hingga seluruh permukaan penggorengan tertutup adonan. 

Masak hingga bagian bawah mengeras, kemudian balikkan crepes dan masak sisi lainnya hingga matang, coklat keemasan. Angkat. Lakukan hingga semua adonan habis.

Resep Crepe Pisang Isi Coklat & Keju

Letakkan satu lembar crepes di piring, olesi dengan mentega atau selai, taburi dengan coklat meses dan parutan keju secukupnya, gulung crepes hingga bagian isi tertutup, tekan crepe saat digulung agar padat atau tekuk bentuk 1/4 lingkaran. Sajikan hangat-hangat bersama segelas teh hangat. Sedap!



63 komentar:

  1. kok yg saya buat jadi pecah saat di gulung-gulung?
    kulitnya ini tebal atau tipis?
    tlg di bls secepatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tipis dan lebar ya Mba. Kalau terlalu tebal akan pecah.

      Hapus
    2. Ya ampun uda nanya se enaknya aja, tanpa kata2 pembuka trs nyuruh2 lagi...
      Mba endang kebaikan kenapa dibales yg gk sopan gitu, pdhal mba endang uda baik bgt uda share resep balasannya gk sopan gitu

      Hapus
    3. heheheh, dulu masih rajin ngeladenin yang beginian mba, kalau sekarang langsung saya delete, gak dibalas heheheh, thanks yaa

      Hapus
    4. Sopan yah nanya nya..hehe lucu

      Hapus
    5. maaf mbk mau tanya adonannya bisa disimpan sampai berapa lama?trmksh

      Hapus
  2. Mba adonan bisa disimpan ga? buay besoknya lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, masukkan wadah tutup rapat, simpan di kulkas semalam saja ya.

      Hapus
  3. Krn khabisan bahan drumah dan ada pisang ambon lembeeek kmatangan,sy akhirx nyoba ini mbak..simple,praktis plus cepet pula.pas bikin dadarx harumx kmana2..alhasil gda 15menit ini kue ludes mbak..sy dsisain sparo aja sm si kakak hehehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, ini kue super cepat dan lezat buat nyamikan sore hehhehe

      Hapus
  4. Mbak, tadi malam saya bikin camilan ini. Kebetulan ada sedikit pisang raja yg sdh matang. Langsung kepikiran resep mbak Endang yg ini. Semua bahan tersedia di rumah, bikinnya cepat. Memang lezat! Mama saya menyebutnya 'wolak walik' krn kue dibalik... Terima kasih.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sisca,wah pakai pisang raja pasti mantap. kemarin saya ada pisang malah saya bikin pisang ijo wakakak. Tapi crepe pisang ini favorit saya, mudah dan enak. Thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  5. dapet lg menu simple, lumayan di dapur mama ada pisang yang udah masak. Makasih mbak ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau begitu bisa langsung diekskusi ya Non, moga suka ya ^_^

      Hapus
  6. Nyummy mba resep yg ini, cpt bikin nya, wenak rasanya, hahaha.. -feni-

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep Mba Feni, kalau ada pisang2 nganggur di rumah dan dah terlalu lembek bisa dimanfaatkan

      Hapus
  7. Mbak....klo bikin Crispy Crepe yg tipis, kering, garing itu gimana ya? Aku udah puluhan kali coba, dg berbagai alternative resep, koq hasilnya gak pernah tipis garing; tetep aja basah kayak dadar!

    Ada yg bilang katanya hanya dengan pan datar/wajan teflon aja gak bisa, kalau mau garing harus buatnya pakai mesin crepe! Di mesin khusus crepe ini, adonan apapun tetep akan menghasilkan tekstur tipis kering spt crepe yg di mall-mall itu! Haduh...masa' serepot itu, harus beli mesinnya dulu yg jg harganya gak murah!

    Bisa diakalin dg perangkat dapur lain gak utk hasilkan crepe tipis, kering, garing spt yg dijual mall-mall Jakarta itu...hehehe....please ajariiiiiiiiiiiiiin!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, heeehhe untuk yang satu ini saya rasa memang harus pakai alat pembuat crepes ya, gak bisa bikin sendiri dirumah. Karena adonan harus di tipiskan hingga benar2 tipiis di lempengan besi pemanas.

      Hapus
  8. Mbak, tadi pagi saya eksekusi resep ini, enyaaak mbak, saya gak pake meises krn d rmh cuma ada DCC trus isinya jg saya tambain potongan pisangny. kata suami saya ini lbh enak dr yg dulu prnh disajikan di salah satu hotel tempat kami menginap di Bali.....Senangnya...Makasi mbak endang. Saya mo ikutin jejak mbak endang ah, bikin blog yg berisi resep2 praktis, sehat dan lezat. o ya resep ini jg saya cantumin d blog saya ya mbak, tentunya dg source from JTT :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya dan senang resepnya disuka. Siilahkan di cantumkan di blognya ya Mba. Sukses selalu ^_^

      Hapus
  9. halo mba, fungsi baking powder di resep ini untuk apa ya?kalau diskip apa yang harus ditambah atao dikurangi ya...thank for reply
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, supaya tekstur crepenya lebih kembang dan empuk, crepes ini beda dengan crepes tipis yang biasa itu ya. yang ini semi pancake. kalau nggak mau pakai skip saja, bahan lain tetap sama

      Hapus
  10. mbak, saya ellen di Malang.
    saya lihat di keterangan awal, mbak Endang sempat ada simpan pisang yang sudah dikupas dalam freezer. jadi pisang bisa ya mbak disimpan dalam freezer dan digunakan lagi? bisa tahan berapa lama mbak? terimakasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ellen, yep saya biasa bekukan pisang di freezer, bisa sampai 1 bulan lamanya. tapi pisang atau buah beku tidak enak lagi dimakan segar jadi harus diolah misalnya untuk cake, smoothie, atau es krim, yummy!

      Hapus
  11. Hai mbak Endang, karena banyak pisang nganggur (panen di halaman rumah kakak) sore tadi barusan buat nih crepe. (ˆڡˆ)enak banget, anak2 suka. Sy buat 3 resep sekaligus. Bertambah lagi 1 resep andalan. Makasih ya.
    Salam dari Batam
    Jeny

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloow mba Jeny, thanks sharingnya ya, resep ini mudah, cepat, enak kenyang wakak,dan pas memang buat memberdayakan si piisang. thanks yaa

      Hapus
  12. Huhuhu.. udah panjang2 posting komen, ilang internetnya soaaak.. mbaaa endang, aku dah nyoba resep nastar, cookies goodtime, es krim mangga tapi aku ganti pake oreo, funtastic es griiim dari pisang beku. Semuanyaaaa enaaaakk.. cuman yg es grim, masih brasa agak2 kecut pisang padahal udah make pisang raja.

    Resepnya aku kurangi bubuk coklat n susu, takut kepaitan n kemanisan (resep es grim oweo-nya kemanisan pdhl udah ikut resep)

    Nih mo nyoba resep diatas mbak, btw bp-nya pake yg single or double acting mbak? Makasih mba endang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Arum, thanks sharingnya yaa, wah banyak juga yang sudah dcoba wakakkak, mantap! semua resep saya pakai double acting ya mba, soalnya single acting selalu gagal wakaaak

      Hapus
  13. salam kenal mbak Endang. ijin nyontek resep2nya ya mbak. bberapa udah aku praktekin, termasuk crepe ini. enyaaaaak! thanks for sharing mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba almas, thanks ya, silahkan dicontek resepnya ya

      Hapus
  14. Besok mau bikin ini ah, di rumah lagi ada stock pisang raja yang sudah matang. :D

    BalasHapus
  15. Mbak Endang, kemarin nyoba resep ini, karena pisangnya beku, maka semua bahan aku campur jadi satu trus aku blender..hasilnya adonan ngembang pas didadar di atas teflon, trus bawah gosong atasnya belum mateng, ga bisa dibalik jadinya..hiks.. kira2 kenapa ya Mbak ? -_- (Dian)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, pakai api kecil saat mendadar, pastian pakai teflon yang masih oke kondisinya sehingga gak akan lengket. olesi sedikit minyak di permukaan teflon saat mendadar.

      Hapus
    2. Aku buat yg pertama dulu sukses pake teflon dan adonan yg sama. Apa karena aku blender? Jd adonannya ngembang. (pengaruh baking powder)? Thanks ya Mbak.

      Hapus
    3. kemungkinan karena blender ya mba.

      Hapus
  16. kue ini cocok untuk yg g mau ribet2 didapur... kue ini selalu sy but utk buka puasa ditemani dg teh hangat... thx resepx mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks juga Mba Andri, saya juga suka banget sama crepe simple ini hehehhe

      Hapus
  17. mba klo gak pake baking powder kira2 hasilnya bagus gak ya?

    BalasHapus
  18. Mba, kalo susu cair diganti santan kira2 tetep enak ga ya? Monika

    BalasHapus
  19. Balasan
    1. tetap bs ya mba, skip saja telurmya, saya rasa tetap enak kok

      Hapus
  20. Dilombok..pas musim ujan bikin crepes simple nya selalu jd idola anak sm suami....

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya Mba Su Tii, senang sekali resepnya disuka ^_^

      Hapus
  21. Kemarin eksekusi menu ini, habisin bahan-bahan sisa lebaran mba.. hehehe
    Pake vanilli bubuk yang wanginya kuat banget, wangiii nya semriwiing banget hihi
    Thx yaa mba resepnya... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah dah lama banget saya gak bikin ini kue, padhal kemarin saya punya banyak banget pisang matang. Pas balas komentar Mba Risa, jadi pengeeeen hehehhe. thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  22. Mba Endang,

    Ini gimana? setiap resep mba yang saya coba berhasil terus yaahhh.. ko jadi berasa bisa masak banget, haaahaaahaa.. ahh, ini beneran enak mba, anak saya 2 th, makan segulung, hampir nambahh.. semoga mba selalu diberikan kesehatan yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Agy, thanks sharingnya ya Mba, wakakkaka saya ikutan happy si kecil doyan dan lahap makannnya yaaa. Saya yakin ini karena mama nya yang jempolan memasaknya hehhehe

      Hapus
  23. Mba Endang, saya sudah dua kali bikin crepe pisang ini. Mantap surantap Mba, enak bingiiits. Pertama bikin, toppingnya saya pake sisa DCC yang tinggal sedikit banget. Langsung ludes disantap keluarga sehabis Tarawih. Yang kedua kalinya bikin, saya baru tahu efek telur di adonan crepe ini ternyata penting ya. Saat adonan tanpa telur itu saya masak, lengket banget di panci teflon saya. Padahal sudah saya kasih minyak itu teflonnya. Adonan jadi susah dibalik. Akhirnya, dengan sangat terpaksa, saya tambahin telur hehe. Untuk yang kedua ini saya cuma oles mentega dan cuma saya guyur dengan susu kental manis coklat, tapi tetap enak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haloo, wah thanks sharingnya yaa, senang resepnya disuka. resep ini memang simple tapi cara enak untuk memanfaatkan pisang hehehhe. sukses selalu yaa

      Hapus
  24. Halo mb Endang...wahhh...ini simple, praktis dan lezzzaaatttt. Terimaksih....Tuhan memberkatimu mb....

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Eli sharingnya yaa, senang resepnya disuka, GBU!

      Hapus
  25. Halo lagi mbak endang.. baru selesai bikin dan makannya pas masih anget, enaaaaak.. padahal udah dag dig dug karena aku pake bp yg single tapi ternyata ngembang cantik hehe..next pengen nyoba bikang pisangnya mbak endang.. sehat selalu ya mbakk, ditunggu resep2 simple nan enak yg lainnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Desita sharingnya yaa, senang resep crepenya disuka, sukses yaa

      Hapus
  26. Hai mbak,salam kenal...saya udah lama pantengin blog mbak endang...bisa dibilang saya salah satu fans mbak hehe karena resep2 mbak cocok disajikan di rumah saya...
    Saya mau tanya,keju cheddar nya diganti keju oles bisakah?
    Terima kasih ya mbak,sukses selalu.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, salam kenal ya. Thanks sharingnya ya, senang resep2 JTT disuka. resep ini simple ya jadi kejunya bisa diganti mba. salam

      Hapus
  27. Lapor mbak Endang...di solo ada street food yg msh eksis Dr jaman sy dl sd..namanya kue leker.isiannya pisang meses,gula,. penampakannya mirip crepes tp gak garing bgt.adonannya encer ,nyetaknya pk cetakan biasa,,ato wajan besi kecil..nyumi mbak...
    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nur, yeep saya pernah lihat kue leker, terkenal memaang di solo dan YK, kudu pakai pemanggang crepes mba supaya bs tipis

      Hapus
  28. Halo mb endang..semoga sehat selalu ya.senang sekali nyobain berbagai resep di blog ini.Alhamdulillah seisi rumah pada suka..sy suka buku mb..sukses terus ya

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...