19 October 2011

Yuk Membuat Ketoprak!


Bagi anda yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya, makanan bernama ketoprak memang bukan barang asing lagi. Hampir di setiap sudut jalan di Jakarta menawarkannya. Meskipun seandainya tidak ada tulisan ketoprak dengan huruf yang besar di gerobaknya, mayoritas penghuni Jakarta tahu gerobak mana yang menyajikan makanan ini. Biasanya, ciri utamanya adalah bentuk gerobaknya yang panjang, bercat warna-warni mencolok dan umumnya dilengkapi dengan wajan untuk menggoreng tahu. Walaupun tentu saja deskripsi minim yang saya berikan ini tidak bisa menjadi patokan karena pastinya ada seribu satu macam modifikasi gerobak ketoprak yang tersebar di Jakarta, tergantung dari kemampuan dan kreatifitas penjualnya. 

Penyajian ketoprak sendiri terbilang cukup unik, bumbu-bumbu ketoprak seperti cabai, bawang putih, gula merah dan garam di letakkan di atas piring dan langsung di haluskan di sana menggunakan cobek kayu. Ketika bumbu telah halus baru kemudian ditambahkan kacang tanah tumbuk dan air hingga terbentuk saus kacang yang kental. Tauge, potongan tahu goreng, dan bihun menyusul untuk dimasukkan ke piring dan diaduk bersama saus kacang. Selanjutnya ketoprak disajikan bersama dengan potongan ketupat atau nasi putih dengan ditaburi kerupuk sagu diatasnya. Yummy!


Membuat ketoprak sendiri sebenarnya sangat mudah, yang mungkin membuat saya dan anda sedikit malas menyajikannya di rumah adalah pernak-pernik yang harus disiapkan. Karena ketoprak, sebagaimana dengan saudaranya yaitu gado-gado, memang banyak pritilannya. Saya sendiri membuatnya ketika bahan-bahan untuk membuat tahu telur saus kacang tersisa banyak. Resep tahu telur bisa anda klik disini. Kebetulan dua makanan ini memiliki bahan dasar yang hampir sama, dengan hanya sedikit modifikasi bumbu dan satu dua bahan tambahan maka jadilah makanan lainnya yang berbeda namun sama lezatnya. Bagi saya, tidak ada yang bisa menandingi kelezatan kolaborasi bihun, tahu goreng dan saus kacang. 


Berbeda dengan abang penjual ketoprak yang menghaluskan bumbu di piring, saya tentu saja menggunakan cara lainnya. Saya membuat bumbu ketoprak langsung dalam jumlah besar di cobek, masukkan ke mangkuk bersama dengan kacang tanah goreng yang saya haluskan menggunakan blender dan cairkan dengan air hangat hingga tercapai kekentalan yang diinginkan. Ketika akan disantap, semua bahan penyusun ketoprak saya tata di atas piring dan siram dengan saus kacang yang telah disiapkan. Mudah dan cepat ^_^.

Jika anda berminat berikut resepnya ya.


Ketoprak Tahu
Resep diadaptasikan dari buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa

Untuk 4 porsi

Bahan ketoprak:
- 5 potong tahu ukuran 5 x 5 cm, bumbui dengan garam dan goreng hingga matang kecoklatan. Potong-potong sesuai selera
- 200 gram bihun, seduh air panas hingga empuk, tiriskan
- 3 lembar daun kol, rajang kasar dan rebus hingga matang, tiriskan
- 200 gram tauge, buang ekornya, seduh air panas dan tiriskan
- Kecap manis secukupnya
- Kerupuk sagu, secukupnya
- Bawang goreng

Bumbu yang dihaluskan:
- 200 gram kacang tanah goreng
- 5 butir cabai rawit
- 3 siung bawang putih
- 1 sendok makan gula merah
- 1 sendok makan cuka masak/air jeruk nipis
- 1 sendok teh garam
- 200 ml air matang atau tambahkan sesuai dengan kekentalan yang diinginkan

Cara membuat:


Siapkan mangkuk, masukkan bumbu halus kedalamnya. Aduk rata, cairkan bumbu menggunakan air matang hingga tercapai kekentalan yang diinginkan. Seperti membuat sambal pecel. Cicipi rasanya. 


Siapkan piring, tata bihun, potongan tahu, kol, dan tauge di atasnya. Siram dengan bumbu kacang. Taburi dengan kerupuk sagu dan bawang goreng.

Ketoprak siap disajikan, bisa dimakan begitu saja atau disantap bersama potongan ketupat/lontong atau nasi hangat. Sedap!

Source:
Buku Kitab Masakan Kumpulan Resep Sepanjang Masa

2 comments:

  1. Mbak gara2 baca ini jd pingin ketoprak, bhn2 ud tak siapin tp berhubung males nguleg bumbu jd tak manfaatin yg ad, alias bumbu pecel buatan ibuku (tak liat2 bhnny hampir sama)jadiny ini ketoprak saosny sambel pecel ĥǻĥǻĥǻĥǻ =)) ĥǻĥǻĥǻĥǻ =)).

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hua hahaha, saya setiap pagi sarapan ketoprak Mba, beli di abang2 langganan dekat kantor. Tapi saya juga sama suka memanfaakan bumbu pecel nyokap buat saus macam2 ya, mantep. Thnaks ya Mba!

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di justtryandtaste@gmail.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Salam sukses!!

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...