21 Oktober 2011

Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju


Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju

Mungkin makanan ini mengingatkan anda dengan schotel atau casserole atau entah apa pun itu namanya, namun yang jelas makanan ini benar-benar hasil modifikasi desperate yang saya lakukan pekan lalu di dapur. Ahh, terkadang saya memang terlalu kurang kerjaan (saya tidak pede menyebutnya dengan kreatif), ketika orang lain mengambil jalan praktis untuk memberdayakan suatu bahan maka saya justru akan mencari jalan yang menyusahkan hanya karena tiba-tiba sekerlip ide muncul di salah satu sisi otak saya dan semangat sayapun menyala untuk mewujudkannya. Walaupun badan letih, walaupun pikiran stress, walaupun bau keringat dan belum mandi karena baru pulang dari kantor, dan mungkin... walaupun tiba-tiba ada bom meletus di depan rumah Pete, ide tersebut tetap harus terwujud. Terkadang saya senang dengan semangat ngoyo ini namun seringkali saya sebal sendiri, karena so exhausting!

Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju
Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju

Bermula dari nasi katering makan siang di kantor yang belum tersentuh karena saya justru makan keluar kantor, akhirnya nasi plus lauk terbungkus itu pun saya tenteng pulang ke rumah. Sejujurnya, saya jarang sekali memasak nasi karena seringkali nasi tersisa di rice cooker menjadi mengering atau menjadi tape (tergantung apakah listrik tercolok atau tidak ^_^) dan ujung-ujungnya terbuang. Namun kali ini saya bertekad untuk menjadikannya makanan yang sedap. Banyak resep praktis yang bisa dibuat dari nasi, saya bisa sebut tiga diantaranya yaitu nasi goreng, nasi goreng dan nasi goreng. Yeah, apalagi masakan yang paling sering terlintas di kepala anda jika ada nasi putih tersisa? Nasi goreng bukan? Ini karena sejak kecil Ibu kita secara tidak sadar sepertinya telah memberikan doktrin kuat: nasi sisa = nasi goreng. Tapi kembali lagi, walaupun memang resep nasi goreng sempat terlintas tapi saya ingin yang sedikit lebih complicated. Saya teringat dengan makaroni keju tuna yang saya pernah lihat resepnya di web Taste.com. Jadi, haa bagaimana jika makaroninya saya ganti dengan nasi? Dan tentu saja, pada akhirnya semua bumbu dan sebagian besar bahannya pun ikut saya ganti semua.

Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju
Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju
Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju

"Okeh, jadi... siapkan bawang bombay, tuna kalengan, jamur, kacang polong beku, telur kocok, keju parut dan tentu saja nasi. Tumis sebentar, cing, cing cing, masukkan semua ke dalam mangkuk, aduk-aduk. Tuangkan ke cup tahan panas dan panggang", saya mengoceh seakan dalam acara demo masak dan audience saya adalah deretan kontingen semut yang tobat banyaknya di dapur, dan tentunya para penunggu rumah Pete lainnya yang tak terlihat (kalau ada) ^_^. Tiga puluh menit berkutat, dan jadilah nasi panggang amburadul ala saya. Sejujurnya saya akui, nasi panggang ini tidak terlalu spektakuler rasanya, namun makanan ini masih dan masih cukup layak sebagai pengganjal perut dibandingkan harus mengudap mie instan yang mati-matian saya coba hindari. Sebungkus nasi menjadi 3 cup ramekin yang saya tutup dengan alumunium foil dan simpan kulkas dan ternyata setelah hari ketiga masih lezat ketika saya hangatkan di microwave. Bahan-bahan untuk nasi panggang ini bisa anda modifikasi sesuai dengan yang tersedia di kulkas dan dapur anda dan jangan terpaku pada bahan yang saya pergunakan.

Berikut resepnya ya.

Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju

Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 3 porsi menggunakan ramekin cup diameter + 8 cm

Bahan:
- 370 gram nasi putih
- 2 butir telur
- 3 butir jamur champignon, iris tipis (bisa jenis jamur lainnya)
- 3 sendok makan kacang polong
- 80 gram tuna kalengan
- 3 sendok makan parutan keju Kraft mudah meleleh   

Bumbu:
- 1/2 butir bawang bombay, cincang kasar 
- 1 batang daun bawang, rajang halus
- 1/2 sendok teh merica butiran
- 1 sendok makan saus tiram
- 3 sendok makan saus sambal botolan
- 3 sendok makan saus tomat
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- Seujung kuku oregano/herbs mixed  (optional)
- Minyak untuk menumis

Cara membuat:

Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju

Panaskan minyak di wajan, tumis bawang bombay hingga harum, masukkan jamur, kacang polong, aduk hingga rata. Tambahkan nasi putih, tuna kaleng, kaldu bubuk, merica bubuk, saus tomat, saus sambal, oregano bubuk, garam dan herbs mixed. Aduk hingga semua bahan dan bumbu tercampur rata. Masukkan daun bawang dan masak hingga daun bawang layu, cicipi rasanya dan angkat. Dinginkan tumisan.


Siapkan mangkuk, pecahkan 2 butir telur ke dalamnya. Kocok telur hingga berbusa. Masukkan kocokan telur ke dalam tumisan yang telah dingin aduk hingga rata. 


Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju


Tuangkan nasi ke dalam cup-cup tahan panas, atau bisa juga menggunakan pinggan tahan panas yang besar. Taburi permukaan atasnya dengan keju Kraft mudah meleleh. 

Resep Nasi Panggang Isi Tuna, Kacang Polong, Jamur, dan Keju

Tutupi permukannya dengan alumunium foil. Agar lelehan keju tidak lengket di foil, oleskan permukaan foil yang menempel di keju dengan mentega. Rapatkan foil ke cup. 

Panggang nasi di oven dengan suhu 200'C selama 20 menit hingga telur mendidih dan mengeras. Keluarkan dari oven dan lepaskan foil yang menutupinya dengan hati-hati, siap disantap selagi hangat dengan saus sambal botolan. Hmm, not bad!




15 komentar:

  1. kreatif..
    saya cengengesan bacanya..
    lagi sibuk ya mbak?
    ^^

    BalasHapus
  2. Wakakak, lebih tepatnya memang suka menyiksa diri, Jeng Ayu. Iya nih, 2 bulan ini luar biasa sibuk banget, capekkk... hiks.

    BalasHapus
  3. Bagus nih, ide baru memanfaatkan sisa nasi putih...:)

    BalasHapus
  4. Hai Mba Nathalia, wah seneng ada yang positive thinking heheh. Thanks euy!

    BalasHapus
  5. wajib di cobak nih, thanks mbaa

    BalasHapus
  6. Hai lagi mb Endang, kebetulan saya lagi cari resep untuk memanfaatkan nasi putih yang sudah 2 hari di rice cooker, tapi mungkin saya akan coba pakai saus spageti botolan pkus tuna (kebetulan punya tuna kalengan).. Jadi pede deh buat nyoba resepnya..hihihi maacii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Aini, ini masakan mirip2 caserole sebenarnya. Bisa dipanggang diloyang yang besar dan dipotong2 saat akan disajikan. moga suka ya

      Hapus
  7. Mbak, kalau pakai tuna segar gimana cara ngolah tunanya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ai, kukus saja tunanya sampai matang, kemudian suwir2 atau cacah dan masukkan ke adonan.

      Hapus
  8. hai mbak endang salam kenal...kebetulan hampir tiap hari ada nasi sisa yg terbuang percuma,alhamdulillah setelah googling sana sini ketemu jg sama resep ini.trims ya mbak postingan resep2nya selalu menggugah selera

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Dewi, salam kenal ya dan thaks ya sharingnya, moga suka dengan resep ini setelah dicoba yaa. sukses selalu!

      Hapus
  9. Balasan
    1. basicnya seperti dikukus didalam oven ya, supaya bagian tengah matang tetapi permukaannya gak gosong. Nasi panggang ini bs dikukus juga ya

      Hapus
  10. Satu resep jadi brp cup mb endang?
    Salam kenal saya anna dari kediri jatim, masakannya inspiratif bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba Ana, 3 cup mba, sudah tertulis di resep ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...