29 Desember 2011

Resep Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis


Resep Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis

Kerang segar dengan cocolan sambal pedas asam manis? Hmm, so yummy! Anda tidak akan bisa berhenti mengudapnya hingga kerang terakhir amblas tak bersisa. Kerang segar memang rasanya tidak ada duanya, gurih, juicy dan ketika cangkangnya dibuka maka air rebusan yang terdapat di dalamnya terasa begitu sedap walaupun si kerang hanya direbus dengan bumbu seadanya. Sebenarnya saya lebih menggemari kerang darah atau kerang bulu yang tekstur dagingnya lebih lembut dan kenyal, namun kerang hijau inipun ternyata lezat juga apalagi ketika dicelup ke dalam saus yang terasa pedas, asam dan manis. Resep saus ini dari Ibu saya, dan dari sejak dulu ketika masih di Tanjung Pinang kami sering sekali menyantap kerang-kerangan dengannya. Walaupun tentu saja anda bisa juga menggunakan saus segar ini untuk menemani makanan lainnya misalnya saja bakwan sayur atau otak-otak ikan. Dijamin tidak ada kata berhenti... mengunyah! ^_^

Resep Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis
Resep Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis

Saran saya, jika anda tertarik untuk memasak kerang maka gunakan kerang yang masih terdapat di dalam cangkang dengan kondisi yang segar. Tandanya adalah kerang masing hidup, terlihat dari cangkang yang sedikit terbuka dan ketika disentuh kerang mengatup. Terkadang anda menemukan gelembung udara di sekitar mulut cangkang dan sebagian anggota badan si kerang menjulur keluar dan ketika disentuh akan segera bersembunyi kembali ke dalam rumahnya. Kerang rebus tanpa cangkang yang seringkali dijual di pasar atau supermarket seringkali telah diberi pewarna sehingga warnanya terlihat cerah dan menarik. Bahan pewarna yang tidak jelas tentu saja sangat berbahaya bagi kesehatan apalagi jika dikonsumsi secara terus menerus.

Resep Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis
Resep Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis

Rebus kerang dalam air yang telah diberi rempah-rempah sehingga rasanya lebih sedap. Jangan terlalu lama merebus kerang, kerang merupakan jenis binatang laut yang cepat sekali lunak ketika di masak. Saat cangkangnya telah terbuka maka kerang dianggap telah matang. Terlalu lama merebus akan membuat kerang kehilangan cita rasa manis dan gurihnya.

Jika anda berminat maka berikut resepnya ya. 

Resep Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis


Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis
Resep diadaptasikan dari Ibu saya.

Bahan:
- 2 kilogram kerang hijau segar
- 2 liter air
- 3 butir bawang putih, cincang kasar
- 2 ruas jahe, cincang kasar
- 1 sendok makan garam

Bahan & bumbu saus:
- 4 butir cabai rawit merah, haluskan
- 2 siung bawang putih, haluskan
- 2 sendok makan air asam jawa
- 1 sendok makan saus tomat
- 3 sendok makan saus cabai botolan
- 100 ml air matang
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:

Resep Kerang Hijau Rebus dengan Saus Pedas Asam Manis

Cuci bersih kerang hijau, sikat permukaan kulitnya dan bersihkan serabut-serabut yang menempel. Masukkan kerang ke dalam panci besar, tambahkan air dan semua bumbu untuk merebus. Rebus kerang hingga airnya mendidih dan kulit kerang terbuka. Angkat dan tiriskan. 

Membuat saus:
Rebus cabai dan bawang putih hingga matang. Tiriskan. Masukkan semua bahan saus ke blender, proses hingga halus, cicipi rasanya. Harus terasa asam, manis dan pedas. 

Santap kerang dengan mencocolkannya ke saus. Sedap!



6 komentar:

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...