25 Januari 2012

Resep Cake Pisang Kacang dan Lupakan Program Diet Anda Sejenak


Resep Cake Pisang Kacang

Oke, apa yang saya miliki saat ini di dapur? Pisang kepok kupas hasil kebun rumah Paron yang dibawa Ibu saya lebih dari tiga bulan yang lalu dan membeku di freezer; kacang tanah tanpa kulit yang telah digoreng garing; dan selai kacang (peanut butter) yang hampir masuk masa kadaluarsa yang saya temukan di salah satu laci dapur. Tiga hal ini dan sedikit kreatifitas putus asa yang saya lakukan di malam yang hening menghasilkan dua loyang cake pisang kacang yang super, super yummy! Tidak menyangka sama sekali jika rasanya akan selezat ini dan saya yang biasanya hanya mencicipi sepotong kecil kue hasil masakan sendiri kali ini tidak mampu menahan diri dan membabat dua slice besar cake. Dan itu pun masih kurang rasanya! Lupakan sejenak slogan hidup sehat, lupakan sejenak timbangan badan di sudut dapur yang seakan  mendelik kesal, karena sekarang saatnya untuk  menikmati hidup.  ^_^

Resep Cake Pisang Kacang
Resep Cake Pisang Kacang
Resep Cake Pisang Kacang

Terus terang freezer seringkali menjadi penyelamat saya kala makanan melimpah di rumah Pete. Bayangkan saja, dengan penghuni yang minim, seberapa pun banyaknya buah tangan yang dibawa pengunjungnya dirasa selalu berlebihan. Beberapa sisir pisang kepok yang dibawa Ibu saya pun mengalami hal yang sama. Tatkala kulit si pisang mulai berwarna kecoklatan saya pun mulai panik. Mau saya apakan pisang segini banyak dan sayang jika membusuk begitu saja. Akhirnya saya kupas semua pisang, masukkan ke plastik dan ikat rapat. Hidup saya menjadi sedikit tenang ketika pisang-pisang matang yang sangat manis ini bersemayam di freezer untuk jangka waktu yang tidak  bisa ditentukan. 

Resep Cake Pisang Kacang
Resep Cake Pisang Kacang

Tapi minggu lalu, pisang yang terlupakan ini akhirnya berguna juga ketika saya iseng membongkar-bongkar freezer hanya untuk mengecek persediaan ikan favorit saya. Hmm, gerah juga saya melihat bongkahan pisang beku ini. Jadi sepulang kantor, saya pun memasukkan pisang kepok beku tersebut ke microwave dan defrost sebentar. Ketika mencair saya haluskan si pisang dengan food processor. Jadilah bubur pisang yang siap untuk diolah menjadi aneka makanan. Hingga pukul dua belas malam saya berhasil membuat dua macam kue, Cake Pisang Kacang yang saya posting ini dan Donat Long John yang akan saya posting berikutnya. Semua hasil karya tersebut saya bawa ke kantor karena terus terang saya tidak percaya dengan kadar iman sendiri. Semakin lama kue-kue ini nangkring di rumah maka akan semakin banyak pula potongannya yang masuk ke mulut saya. ^_^ 

Berikut resepnya ya.

Resep Cake Pisang Kacang

Cake Pisang Kacang
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 2 loyang loaf ukuran 23 x 10 cm

Bahan:
- 300 gram tepung terigu serba guna atau protein rendah (misal Segitiga Biru & Kunci Biru)
- 100 gram kacang tanah tanpa kulit (panggang, sangrai atau goreng), hancurkan dengan blender atau tumbuk kasar
-  2 sendok teh baking powder (saya menggunakan double acting, pastikan fresh dan cek masa kedaluarsa)
- 1/4 sendok teh baking soda
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh vanili bubuk
- 1 1/2 sendok teh kayu manis bubuk
- 2 butir telur ukuran besar, kocok lepas
- 200 gram gula pasir 
- 150 gram mentega, lelehkan dan biarkan dingin (bisa diganti dengan minyak sayur)
- 600 gram pisang, lumatkan (anda bisa menggunakan pisang raja, ambon, cavendish atau pisang kepok seperti yang saya pakai. Pastikan pisang sangat matang dan lembek)
- 125 gram selai kacang tanah (peanut butter) 

Bahan taburan:
- gula pasir + kacang tanah tumbuk+ coklat meses (sesuai selera dan optional) 

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 180'C. Siapkan dua buah loyang loaf ukuran 23 x 10 cm. Oleskan mentega dan taburi tepung di permukaannya. Sisihkan.

Resep Cake Pisang Kacang

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, kacang tanah tumbuk, kayu manis bubuk, baking powder, baking soda, vanili bubuk dan garam. Aduk rata menggunakan spatula. Sisihkan.

Siapkan mangkuk lainnya, masukkan pisang lumat, gula pasir, mentega cair, dan telur. Aduk hingga rata. Tambahkan selai kacang tanah/peanut butter. Aduk menggunakan spatula balon hingga smooth. Anda bisa mikser sebentar adonan agar selai kacang tercampur rata atau hanya kocok saja menggunakan spatula balon seperti yang saya lakukan. 

Resep Cake Pisang Kacang

Masukkan campuran tepung ke dalam adonan pisang dalam 3 tahapan, aduk menggunakan spatula hingga tercampur baik. Jangan berlebihan mengaduk. 

Resep Cake Pisang Kacang
Resep Cake Pisang Kacang

Tuangkan adonan ke loyang yang telah disiapkan, ratakan permukaannya dan taburi dengan gula pasir, kacang tanah tumbuk dan coklat meses. 

Note: Taburan ini optional ya, karena adonan yang sangat pekat membuat taburan ini kurang bisa menempel dan cukup merepotkan saat kue disantap. 

Panggang selama 45 menit sampai 1 jam hingga cake matang, tusuk dengan lidi untuk mengetes kematangan cake. 

Resep Cake Pisang Kacang
Resep Cake Pisang Kacang

Keluarkan dari oven, diamkan sejenak hingga kue tidak terlalu panas. Potong-potong cake langsung dari loyang dan sajikan. Yummy!



50 komentar:

  1. enak-enak.. boleh dicoba nih nanti >.<





    http://dheamua.blogspot.com/

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Hai hai hai, hehhhe yup soriii lupa mencantumkan, 200 gram ya. Sudah saya koreksi di resep. Thanks!

      Hapus
  3. Ini hasil uji coba saya u/ cake yg ketiga. Cake mengembang dengan sempurna, dan hasilnya enak. Rasa pisang terasa dgn kletis2 kacang. Cuma saya salah lihat ukuran kayu manis bubuknya, terbaca 1/2 sendok teh ha..ha.., jadinya kurang terasa. Thanks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal, sip thanks atas sharingnya, cake ini salah satu favorit saya karena memang enak banget. ^_^

      Hapus
  4. Sorry, saya lupa kasih nama tadi ttg hasil uji coba u/ cake ketiga (selain nastar dan banana chiffon cake). Sebenarnya saya sdh posting hasil uji coba beberapa resep mbak Endang, yaitu bola2 ubi jalar isi keju, kue mangkuk ubi jalar kuning, cake kukus lapis coklat keju, dan cake kukus pisang coklat keju, cake pisang, castella (wah... banyak juga ya? ha..ha..), tapi tdk menyertakan nama.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sisca, wakakaka banyak banget uji cobanya ya, saya hanya berharap semoga suka dan gak kapok mencoba resep dari blog ini ya. Makasih sharingnya ya Mba Sisca.

      Hapus
  5. Untuk masakan, saya juga sdh coba siomay ala si abang dan asem2 segar daging sapi, tapi saya posting siomay saja. Rencana berikutnya adlh pempek. Saya merasa cocok dgn resep2 mbak Endang krn langkah2nya jelas disertai tip2 sukses, dan .. yg nggak kalah pentingnya adlh irit biaya. Komentar2 yg masuk juga selalu dijawab! Terima kasih banyak ya.
    Mbak, ikutan master chef Indonesia dong. Siapa tahu jadi the second female master chef Indonesia.
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Sisca, thanks ya atas sharingnya, saya senang jika resep-resep disini bisa bermanfaat untuk lainnya dan terutama lagi jika gak gagal haahha. Belum tertarik ikut Master Chef hahahah, memasak menurut saya untuk rileks dan saya sangat menikmatinya menit demi menit, kalau master chef kan di buru2 plus di bentak2 ya hahhahhaha, bukan rileks tapi stress jatuhnya. Thanks ya Mba Sisca, sukses selalu! ^_^

      Hapus
  6. Mbak kl baking soda fungsiny apa? Apa bs dskip aj gt?soalny drmh ga ad baking soda..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baking soda selain mengembangkan untuk membuat permukaan cake lebih crispy. Skip saja kalau nggak ada, tapi BP nya tetap harus pakai ya ^_^

      Hapus
  7. Cara membuat kue ini memang dipanggang, Saya mau tanya, apakah bisa kalau dikukus? Apakah butuh 45 menit juga pengukusannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah kukus Mba, karena menurut saya kalau pakai kacang tumbuk enaknya panggang ya karena lebih crunchy. kalau mau kukus sekitar 45 menit

      Hapus
  8. mbak endang td sore saya praktek cake ini tp ada bhn yg saya ganti. mentega saya ganti minyak, kacang n selai saya ganti kacang yg hampir jadi selai"gagal jd selai homemade", n tidak pake BS. hasilnya bagian luar kering tp bagian dalam ckup lembut, apakah memang spt itu?maaf ya mbak resepny saya obrakabrik sesuai stok d dpur..terimakasih..yani-bogor.

    BalasHapus
  9. Mba pake baking soda merk apa..? Arms and Hammer bisa ga digunakan untuk kue ini..? Makasi.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Nana, yepp sama kok, pakai merk Arms & Hammer ya

      Hapus
  10. Slm knl mba endang sdh sy coba cake ini hsl ny sukses bgeeet smua ny pd suka

    BalasHapus
  11. Salam kenal mb..sy sdh cukup sering meniru bbrp resep dr mb endang bhkn ada bbrp resep yg lancar jaya sy jual.salah satunya cake banana ini yg lancar u/dijadikan bisnis krn hasil'a tdk mnjdkan cakenya kering tp agak lembab n bnyk custemer yg suka.trims ya mb..indahnya berbagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak ini pk oven listrik bsa ksn mbak? Thanks resep2 nya mbak,jd smngat masak walaupun rasanya masih ga karuan,hahahaa.. Semangat berlatih..!!

      Hapus
  12. bsk mw coba ini ah.. kliatannya menggiurkan.. skalian bwad bagi2in k org2 krn tambah tua staun :(
    doakan smoga sukses ya mba.. skalian ijin nyoba :D
    #bighug

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaah selamat ultah mba bella, moga makin sukses, banyak rejeki dan selalu sehat yaaaa. Moga sukses dengan kue nya yaa hehehe

      Hapus
    2. Amiinn.. hehe.. makasii mba endang yg cantikk..
      kuenya bner2 menggoda iman.. :'(
      pas masih dipanggang wanginya smpe seantero rumah! luarnya crunchy chewy gmn gt.. ah mantab lah.. mungkin klo beli diluaran bs mahal bgt kali ya..

      Hapus
    3. yeppp, setuju apalagi saat masih hangat keluar dari oven mantap banget hehhehe

      Hapus
  13. Mbaa, long john nya mana?? Penasaran sama resep dan tampilannya ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakaakka, iyaaa belum sempat dan saya sendiri lupa gimana rasa si long john waktu itu yaa wakkakak

      Hapus
    2. Kalau ada waktu, Mba buat lagi long john nya ya...
      #sembunyi di bawah ranjang

      Hapus
    3. hahahham, ntar yaaa, kalau sudah dieksekusi lagi pasti akan dipost. hehhehe

      Hapus
  14. Ini enakkk dan gampang..aku buat setengahnya..tks ya resepnya mba endang

    BalasHapus
  15. Mbak endang, kalau pakai kacang mete bisa kah?

    BalasHapus
  16. Lezatos :D
    Untung saya gak diet-dietan hehehe. . .
    Kemarin waktu bikin cake ini, dapet telur yang double yolk mba hehehe :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakak, enaknya yang punya badan langsing forever yaa, kalau saya bs begitu alangkah indahnya ^_^

      Hapus
  17. Mbak klo ada resep pisang, keterangan banyak gramnya tanpa atau dengan kulitnya mbak? Aq mo coba yg in, kmarin2 beberapa kali coba resep pisang jtt tp sllu.ngembang tdk smpurna.. jd q pikir mgkn kslahanku krna q pakenya takaran pisang dgn kulit. Mksih mbak.. by Ibu Ariqah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Ibu Ariqah, semua resep cake pisang rata2 kalau berat berarti tanpa kulit ya mba. Jadi kupas dulu kulitnya baru di timbang ya.

      Hapus
  18. mba kue ini tipe yang gampang lepas dr loyang ga ya? soalnya mau aku coba pakein loyang baru bentu love, takutnya susah lepas hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gampang sih, tapi pastikan saja loyang diolesi dengan baik dengan margrine dan tepung

      Hapus
  19. mba, ini adonannya dicampur-campur aja, ga perlu pake mikser? terus kalo saya pake baking powder yg biasa bisa? bukan yang double acting. kebetulan di rumah banyak pisang,heuu, bingung mau diapain lagi selain digoreng dan dimakan. terima kasih.
    salam kenal,
    ningsih-bogor

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba Widya, yep adonan hanya diaduk tanpa mikser dan harus pakai BP double acting (pakai single mungkin bs tapi saya gak jamin yaaa).

      salam

      Hapus
  20. Mb.mau tanya...klo pake mentega dilelehkan ato smpe cair jd minyak?

    BalasHapus
  21. Hari ini nyobain resep ini mba endang.. aku pake pisang raja n pisang ambon. Duh, pas msh di oven aza wanginya udah kemana mana. Perpaduan wangi pisang n kayu manis, klop bgt. Dan beneran, pas udah mateng trus nyobain...bener2 mengancam program dietku mba endang, endeeeessss bgt. Makasih resepnya ya mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Dwi Lasmini sharingnya yaa, senang resep cake pisng ini disuka, sukses yaa

      Hapus
  22. Waaa...membaca komentar2 diatas jd penasaran, buat aah....mba Endang, mau resep moca nougat cake a la jtt dunk,please!!
    Winda, Medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Winda, moga suka yaa. Hmm, moca nougat cake yaa, ntar cari resep dan waktunya dulu yaa wkkakak

      Hapus
  23. mba pake tulban gapapa kan? selai kacang bisa skip gak ya? terus aku pingin bkin cream cheese sauce dari roti cinnamon mu buat tioppingnya. enak juga kali ya mbak hehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak apa2 ya mba, skip saja selai kacangnya atau tambah kacang tanah tumbuknya ya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...