30 Januari 2012

Resep Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki - Masakan Lezat, Sehat dan Super Cepat


Resep Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki

Salmon, merupakan jenis ikan yang berminyak (oily fish) dan acapkali di sebut-sebut sebagai ikan yang sehat karena kaya akan kandungan protein dan vit D, serta tinggi akan asam lemak omega-3. Ada 3 tipe omega-3 yaitu alpha-linolenic acid (ALA), docosahexaenoic acid (DHA) dan eicosapentaenoic acid (EPA); salmon liar sejak dahulu kala dikenal merupakan sumber penting DHA & EPA yang jika dibandingkan dengan omega-3 lainnya merupakan jenis omega-3 yang paling baik untuk fungsi dan struktur otak. Tubuh kita sendiri sebenarnya mampu merubah omega-3 ALA menjadi DHA & EPA hanya saja dalam tingkatan yang kurang efisien (2 - 15%). Salmon segar memiliki warna daging oranye hingga kemerahan, walaupun ada juga beberapa contoh salmon dengan daging berwarna putih. Warna alami salmon ini merupakan hasil dari pigmen karotin, sejumlah besar astaxanthin dan juga canthaxanthin. Salmon liar memperoleh pigmen ini karena selama masa pertumbuhannya mereka mengkonsumsi udang kecil (krill) dan kerang-kerang kecil lainnya. 

Resep Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki
Resep Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki

Wokay, ketika hari Minggu lalu saya mampir ke  Lotte Mart yang baru saja beberapa waktu lalu membuka salah satu cabangnya di Fatmawati, seperti biasa counter sayur dan buah segar adalah tujuan utama saya jika ke supermarket. Ternyata Lotte Mart sedang sale semua jamurnya. Enokitake kegemaran saya ini karena rasanya yang lezat dan krenyes-krenyes, dibandrol hanya dengan harga sekitar tiga ribu delapan ratus per pack-nya. Hmm, tidak mau kehilangan kesempatan lima kantong jamur segar saya masukkan ke dalam keranjang belanja, dan air liur saya pun hampir menetes membayangkan masakan lezat yang akan saya buat dengannya. ^_^ 

Resep Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki

Enokitake, merupakan sejenis jamur yang memiliki batang yang panjang, kurus dan berwarna putih dengan payung berbentuk seperti pentol korek api. Jamur ini sering sekali digunakan dalam berbagai masakan Asia Timur (China, Jepang, dan Korea). Umumnya enokitake dijual dalam bentuk segar dan kalengan. Enokitake yang di jual di supermarket di Jakarta di-packing dalam plastik-plastik transparan seberat 100 gram. Jika anda membeli jamur ini dalam kondisi masih segar maka belilah jamur yang masih terasa keras saat ditekan, berwarna putih, batang-batang jamur rapat, kompak dan terlihat masih kuncup dengan tudung jamur yang berkilat. Hindari jamur yang lemas, lembek dan berwarna mulai kecoklatan serta batangnya mulai terlihat tidak kompak. 

Jamur enokitake sangat sedap untuk salad, sup, sabu-sabu, tumis atau... tim seperti yang saya lakukan. Rasanya crispy sedikit liat, namun juga lembut. Ahh, susah juga menjelaskannya. Dari sisi kesehatan, enokitake mengandung antioksidan yang tinggi dan sebuah riset dari National University of Singapore yang dipublikasikan tahun 2005 menyebutkan bahwa batang jamur ini kaya akan kandungan protein yang berguna untuk meningkatkan daya imunitas tubuh. 

Resep Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki

Karena rasanya sudah sedemikian lezat, maka mengolah kedua macam bahan makanan ini tidak perlu menggunakan aneka bumbu yang ribet. Men-timnya adalah pilihan yang sangat tepat untuk mempertahankan kandungan asam lemak omega-3 pada salmon, dimana omega-3 ini sangat tidak bersahabat dengan suhu tinggi saat proses pemasakan, contohnya seperti penggorengan.  Dengan bumbu simple, tim salmon dan enokitake ini terasa sangat lezat dan mantap di santap bersama dengan nasi merah nan hangat. Hmm, super duper yummy! 

Berikut resepnya.

Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki
Resep hasil modifikasi sendiri

Porsi untuk 2 orang

Bahan & bumbu:
- 200 gram fillet salmon, bisa diganti dengan ikan lainnya seperti ikan kakap, ikan sebelah, kembung, ikan ekor kuning, atau gindara.
- 1 bungkus jamur enoki/enokitake seberat 100 gram (bisa diganti jenis jamur lainnya: jamur kuping, jamur tiram, jamur shiitake, jamur merang)
- 1/2 batang daun bawang, rajang tipis
- 1/2 butir tomat, iris tipis
- 2 butir bawang putih, cincang halus
- 1 ruas jahe, cincang halus
- 1/2 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
- 1 1/2 sendok makan kecap asin
- 1 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh cabai rawit rajang atau yang dihaluskan (optional) 

Cara membuat:

Resep Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki

Siapkan pinggan/mangkuk tahan panas anda, dari kaca lebih baik. 

Kucuri kedua sisi permukaan ikan dengan 1/2 sendok makan air jeruk lemon/jeruk nipis, 1/4 sendok teh garam dan 1/4 sendok teh merica bubuk. Usapkan secara merata air jeruk, garam dan merica ke seluruh daging ikan. Diamkan selama 10 menit.

Tata bawang putih, bawang bombay, jahe, cabai rawit (optional), di dasar mangkuk kemudian letakkan ikan salmon dan jamur secara berdampingan. Taburi permukaannya dengan tomat dan daun bawang. Siram dengan kecap asin secara merata, taburi dengan garam, gula dan merica bubuk. 

Resep Tim Ikan Salmon & Jamur Enoki

Kukus selama 15 menit dengan api sedang. Angkat dari dalam kukusan dan siap disajikan dengan nasi hangat. 

Sources:
Wikipedia - Salmon
Wikipedia - Enokitake



8 komentar:

  1. mbak untuk jamurnya bisa diganti gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. jamur bisa skip, atau pakai jamur jenis lainnya tetap oke kok Mba ^_^

      Hapus
  2. dalam rangka hidup sehat (halah), blakangan saya selalu makan makanan kukus, tim, atau panggang/grill.... Nah saya baru aja coba menu tim salmon enokitakenya...... gampang banget dan enak :) mantap!!! cuma saya gak pake cabe rawit dan daun bawang,... dan ditambahin wortel dan jahe dibanyakin karna saya suka wortel dan jahe cuma tetep enak sih, hehee Makasih menunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Riswanto, thanks sharingnya yaaa, jadi teringat ketika waktu itu sedang berusaha hidup sehat juga waakka. cuman memang simple tim diatas sering saya masak dengan aneka jenis ikan lainnya dan tetap oke, sukses dengan hidup sehatnya ya! ^_^

      Hapus
  3. Hai mba, kalau ganti dengan ikan kakap atau gindara lama mengukusnya juga 15 menitkah? Kemarin saya udah coba resep ini dan berhasil. Enakk banget mba hehee makasii mba endang udh share resepnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, kalau pakai fillet 15 menit ok, kalau ikan utuh mungkin sekitar 25 menit ya.

      Hapus
  4. Assalamu’alaikum mba Endang.. Hehe maaf nanya, di langkah pertama itu ikannya dikucuri air jeruk, garam dan merica, lalu didiamkan 10 menit.. Habis itu gak perlu dibilas/dicuci lagi ya mba ikannya? Kalau pakai ikan patin oke nggak ya mba kira2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam Mba, nggak dibilas ya Mba. Kalau mau lumuri ikan dengan jeruk dan garam, diamkan, dan cuci bersih. Baru bumbui lagi. Bisa pakai ikan lain ya, hanya patin saya kurang fav wakakaka, aroma lumpurnya susah hilang. Saran saya kalau mau bikin ikan tim (selain salmon), kukus dulu ikan dengan serai, salam, daun jeruk, jahe, bawang putih dan daun bawang sampai matang. Angkat ikan, buang rempahnya. Baru kemudian tumis bumbu dan rempah segar, siramkan ke ikan kukus. Cara ini manjur mengurangi aroma amis ikan tim.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...