31 Juli 2012

Hot & Spicy Chicken Karaage - Ayam Goreng Garing ala Jepang



Jiah, gara-gara iseng melongok-longok di counter makanan beku di Carefour saya pun menjadi ngiler dengan karaage, sejenis ayam beku olahan siap saji ala Jepang yang super spicy dan lezat. Ayam bukanlah salah satu makanan favorit saya dan ayam goreng adalah salah satu makanan yang berusaha saya hindari. Tapi kali ini saya justru bereksperimen di dapur membuat karaage dengan cita-cita tinggi: rasanya harus selezat chicken karaage ala Fiesta! Terlalu bermimpi? Hmm, mungkin tidak kalau dilihat dari proses pembuatannya yang sangat mudah. Satu hal yang saya sayangkan ketika membuat makanan seperti ini adalah harus menggunakan minyak yang melimpah karena ayam di goreng dengan cara deep fried. 



Okeh, mungkin ayam goreng yang saya sajikan kali ini tidak murni karaage karena umumnya karaage yang asli tidak berasa pedas sama sekali. Hanya saja untuk proses pembuatan dan resepnya sedikit sama. Karaage ala supermarket terasa crispy, gurih, spicy sedikit manis. Dari membaca sana dan sini saya menjadi tahu basic resep ayam goreng ini, hanya saja saya berusaha menggunakan versi reka-reka sendiri yang semoga mendekati rasa karaage impian. Rata-rata resep tidak menggunakan bawang putih, tetapi membayangkan ayam goreng minus bawang putih sepertinya kurang afdol karena itu saya menambahkan bawang putih yang dihaluskan. Potongan ayam lantas direndam dalam bumbu-bumbu beserta dengan soy sauce, jahe, gula palem dan bubuk cabai. Nah, bubuk cabainya ini bisa anda skip jika tidak ingin pedas. 


Karaage, merupakan teknik memasak ala Jepang untuk aneka jenis masakan - umumnya daging dan ikan - yang dimasak dengan cara deep fried alias digoreng dengan menggunakan minyak yang banyak.  Potongan-potongan kecil makanan direndam dalam bumbu yang terbuat dari soy sauce, bawang putih, dan/atau jahe, kemudian di lumuri dengan tepung terigu atau tepung kentang dan digoreng kering. Proses pembuatannya hampir mirip dengan tempura. Jika anda menginginkan karaage yang crispy, maka proses penggorengan dilakukan dua kali. Pertama digoreng setengah matang, ditiriskan dan didinginkan, kemudian lantas digoreng sekali lagi hingga matang, kecoklatan. Cara ini membuat karaage terasa garing dan renyah.

Membuat karaage sangat mudah, dan walau terkesan cabai bubuk yang digunakan cukup banyak namun ternyata masih kurang pedas di lidah saya. Jadi next jika saya akan membuatnya lagi maka saya mungkin akan menambahkan saus sambal ke dalam bumbu perendamnya. Makanan ini paling sedap disantap kala masih panas saat baru saja keluar dari penggorengan, karena ketika telah mendingin maka karaage menjadi kurang crispy. 



Yuk, kita buat saja ya. Berikut resepnya.

Kaarage
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk sekitar 20 potong karaage 

Bahan:
- 1/2 ekor ayam, potong-potong ukuran kecil, bisa menggunakan ayam bagian dada atau paha tanpa tulang.
- 1 1/2  sendok teh jahe parut
- 2 siung bawang putih haluskan
- 2 sendok makan soy sauce
- 2 sendok makan gula palem atau gula Jawa sisir
- 1/2 sendok teh garam(tambahkan jika kurang asin, namun hati-hati karena soy sauce sudah terasa asin)
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 2 sendok teh cabai bubuk (tambahkan jika kurang pedas)
- 1 butir telur, kocok lepas
- 6 sendok makan tepung maizena
- 3 sendok makan tepung sagu/kanji/tapioka

Cara membuat:


Potong-potong ayam ukuran kecil, sekitar 3 x 3 cm. Cuci bersih dan tiriskan. Lap air yang menempel di ayam menggunakan tissue dapur atau kain yang menyerap air hingga ayam kesat dan kering.

Masukkan ayam ke mangkuk, tambahkan jahe parut, bawang putih, kaldu bubuk, garam, soy sauce, cabai bubuk dan gula palem. Remas-remas ayam dengan bumbu, tutup permukaan mangkuk dengan plastic wrap dan simpan di kulkas selama 3 jam  agar bumbu meresap. 


Campur tepung maizena dan tepung sagu di mangkuk, ambil sekitar 3 - 5 potong ayam berbumbu kemudian cumplungkan ayam ke dalam tepung. Guling dan remas ayam dengan tepung hingga seluruh permukaannya tertutup dengan tepung. 

Pecahkan satu butir telur di mangkuk, kocok lepas. Gulingkan ayam di kocokan telur hingga merata. Lumuri kembali ayam ke tepung hingga telur terbalur tepung, tekan-tekan ayam agar tepung menempel kuat. 

Siapkan minyak agak banyak di wajan, panaskan dengan api sedang hingga minyak benar-benar panas.


Goreng ayam ke dalam minyak panas hingga permukaannya coklat keemasan. Angkat, tiriskan minyak yang menempel di ayam dengan menggulingkannya di tissue dapur. 

Jika anda ingin ayam yang lebih crispy maka gorenglah ayam sebanyak dua kali. Setelah gorengan pertama, biarkan ayam menjadi dingin kemudian goreng ayam sekali lagi hingga warnanya menjadi lebih coklat gelap. 

Sajikan panas-panas dengan saus sambal. Yummy!

Source:
Wikipedia - Karaage



37 komentar:

  1. hai ka endang,aku stephanie,wah,karage nya yummy banget ka,look like the real karage in Japan,sama persis sama yang aku makan pas kmrn ke jepang,nanti aku coba yah ka resepnya,thx you banget ka*cuma bikinya nanti ka,lagi sakit leher sekarang,hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Stephanie, hahaha, contekan saya itu karaage ala Fiesta karena gak pernah makan karaage asli dari Jepang. Kalau memang mirip, wah bagus juga hahah, Makasih yaaaa

      Hapus
  2. oh ini toh yang namax karage.sy bingung apa sih karage itu..oh ya mba endang selamat yah udah jd dotcom ni JTT nyaaa...hebat euy..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah, cuman ayam goreng biasa Mba Anita, namanya saja yang keren ya heheh. Thanks ya Mba.

      Hapus
  3. mb endang..
    soy sauce itu apa ya..terus ayam nya klo dalam ukuran kilo pakenya berapa kg ya mb,,?
    terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Risa, soy sauce itu sama dengan kecap asin ya, ayamnya kira2 1/2 kg ya

      Hapus
  4. Halo mbak.. Salam kenal... Tertolong bgt ni dpt blog ini.. Suka pusing mikirin menu harian.hiks...
    Hari ini aq cobain resep ayam karaagenya ya mba.. :) Tq mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ayu, thanks atas komentarnya ya.Sip, moga sukses mencoba resep-resepnya ya ^_^

      Hapus
  5. terimakasih resepnya mbak, doakan percobaan saya berhasil :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuncinya minyak yang banyak dan panas non, supaya garing dan matang sampai ke tengah ayam. Moga sukses ya "_"

      Hapus
  6. Mbak, simpen d kulkasnya d frezer ato chiller?

    BalasHapus
  7. Mba endaaaang, sekarang tiap hari aq ga pernah absen buka blogmu..... Aq barusan makan karaage hasil karyaq, skrg aq benar2 jadi pecinta masakan sendiri hihihihihi (narsis.com).... Karaagenya q goreng keemasan trus didinginkan dan disimpan di kulkas... Setiap mo makan baru digoreng, jadinya benar2 crispy n maknyuuuss... Thanks mba endang ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Henni, thanks sharingnya yaa, yep memang supaya crispy harus digoreng dua kali hasilnya lebih maknyuss. Masakan sendiri memang lebih sedap yaa hehehhe

      Hapus
  8. Hallo mba endaaang, salam kenal!
    Sejak nikah 2 bulan yg lalu, saya jadi harus banyak masak gara2 tuntunan suami. Seneng banget deh nemu website ini. Resepnya manteb2 dan enak2. Sia2 saya beli buku resep seharga 200rb, karena kalo masak ujung2nya tetep cari resep kesini. suami saya suka banget sama daging tumis bawang bombay yg saya praktekin gara2 dapet banyak daging di idul adha. Bener2 top deh mba endang ini.

    Btw tanya donk mba untuk soy sauce belinya dmn sih? Dan yg halal memang ada ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, salam kenal juga ya. Thanks ya, senang sekali resepnya disuka ya. Saya pakai merk lee kum kee ya, setahu saya lee kum lee sudah mendapatkan sertifikat halal ya.

      Hapus
  9. Resep2 Mba endang enak2 dan suami sayapun suka :D thx ya mba udah bantuin masalah dapur hehehe
    oia mba, supaya ayamnya empuk pake apa ya? Anak saya suka ayam goreng tepung fiesta yg dagingnya utuh tp kalau bikin sendiri suka gak dimakan karena gak bisa ngunyah serat dagingnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks yaa sudah menyukai resep2 JTT. Saya ikut senang resepnya disuka. Untuk ayam coba pakai fillet paha ya mba, seratnya lebih mudah dikunyah untuk anak2. Atau rendam ayam dengan bumbu perendam semalaman di kulkas, ini membantu daging lebih empuk ya.

      Hapus
  10. Mba uda aq cobain nih. Enak. Tapi suami g suka bawang putih yg ditabur diatasnya. Bikinanku, bawang putihnya jd jemek dan agag pahit. Gimana biar enak y mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nio, wah saya bingung juga ya mba, belum pernah lihat bawang putih tabur, maksudnya bawang putih goreng ya? saya suka beli yang udah jadi wkakakak, soalnya goreng sendiri kelamaan mba.

      Hapus
  11. Thank u mbak resepnya, sangat sangat membantu saya dalam hal memasak, sangat jelas dan detail, benner benner "anti gagal"
    Tuhan memberkati mbak Endang dan sekeluarga...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Meidy, thanks ya mba, senang sekali resep di JTT disuka. Amiiin atas doanya ya Mba, sukses dan sehat selalu untuk mba dn keluarga ya

      Hapus
  12. Hallo mbak saya lg ni. Baru aja abis eksekusi karaage (nulis ini jg msh sambil ngunyah)

    Gara2 suami pengen bgt karaage abis kmrn makan di restoran dsini. Dan rasanya persiss deh sampe suami blg ga usah beli karaage disitulg hahaha senang.

    Cuma bedanya gulanya saya pake gula putih 1 sendok aja, da ditambah perasan jeruk lemon. Tepungnya pake potato starch, krn kt orang2 sini pake potato starch kriuknya lbh tahan lama. Hrsnya pake mirin jg mbak kt mereka tp saya skip krn ada sakenya.

    makasi ya mbakkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Irien, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. Wh saya pengen juga pakai potato starch kayanya lebih kriuk yaa. Sukses !^_^

      Hapus
  13. Hi mba endang
    Makasih untuk resep2 nya,mba mo tanya untuk karage ini bisa dibikin versi frozen nya kah? Mo bikin buat stock bekal anak, selama ini sudah nyontek resep kaki naga n nugget nya ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Anita, bisa ya mba, goreng setengah matang saja, dinginkn dan bekukan, ketika akan disantap baru goreng sampai matang

      Hapus
  14. Dari baca baca resep JTT selama ini, sepertinya Mbak Endang penggila pedas... Kalau saya, pastinya mengurangi takaran bahkan meniadakan kehadiran cabe di beberapa resep JTT, maklum masih ada mulut mulut kecil di rumah,seperti resep ayam yang ini.
    Laris manis, gak sempet dingin sudah lenyap dari piring...
    Makasih resepnya, ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakak iya, saya super maniak pedas, dan tidak bs hidup tanpa cabai, jadi tolog sesuaikan saja takaran cabai yg saya berikan dengan selera masing2 yaaa

      Hapus
  15. Mba endang kalo ga pake soysaucenya apa gapapa kah?

    BalasHapus
  16. Saya sudah mengeksekusi resep ini beberapa kali. Praktis untuk ibu bekerja yang butuh banyak stock makanan sehat untuk anak. Keluarga selalu suka karena dagingnya empuk, rasanya enak karena bumbu meresap ke dalam ayam (saya marinade semalaman) namun renyah di bagian luarnya. Sayang karena kehabisan tepung, saat membuat terakhir saya menggunakan tepung crispy instan. Wah rasanya jadi keasinan, ga seenak biasanya. Kapok deh 'menyalahi' resep mbak Endang, lain kali mending tunggu bahan komplit baru masak daripada menyesal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Bunda Ghania sharingnya yaaa, senang ayam gorengnya disuka. sukses yaa

      Hapus
  17. Mbak endang mau tanya kalau anak alergi telur, lalu celupannya diganti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. skip telurnya mba, tepung tetap menempel kok di ayam berbumbu tanpa celupan telur

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...