21 Oktober 2013

Sorbet Alpukat - Jeruk Nipis



Apakah anda merasakan suhu udara yang sangat panas akhir-akhir ini? Jika ya berarti kita sehati dan sejiwa. Suhu yang tinggi dan biasanya diikuti dengan hujan super deras sepertinya akan menjadi tanda-tanda masuknya musim penghujan. Kalau sudah berbicara tentang musim hujan maka perasaan saya pun menjadi was-was, gara-garanya apalagi kalau bukan rumah Pete yang selalu bocor ketika musim hujan tiba. Ini lagu lama, dan selalu saya ulang sejak sekitar 3 tahun yang lalu, tepatnya sejak awal mula saya menulis JTT dan sampai sekarang penyakitnya masih sama. Okeh lupakan sejenak tentang musim hujan yang belum tiba, kita kembali dengan cuaca panas dan santapan segar yang mantap untuk mendinginkan tenggorokan dan perut. Sorbet! Bukan sembarang sorbet, yang satu ini menurut saya lebih sehat karena terbuat dari alpukat dan jeruk nipis. Kolaborasi yang membuat anda mengernyitkan kening dan hidung karena terdengar aneh? Percayalah, rasanya sungguh-sungguh mantap! ^_^


Alpukat merupakan salah satu buah favorit saya (walau terus terang hampir semua buah dan sayur menjadi favorit saya), rasanya yang creamy dan berlemak memang sedap jika disandingkan dengan susu dan es. Selain sedap ternyata alpukat juga kaya akan manfaat lainnya. Tahukah anda bahwa sebuah alpukat memiliki kandungan potassium lebih tinggi dari pada 1 buah pisang? 1 butir alpukat mengandung 975 milligram potassium, sementara pisang yang selama ini terkenal dengan kandungan potassium yang tinggi hanya mengandung setengahnya, yaitu 487 per-buahnya. Potassium merupakan mineral yang sangat penting untuk membantu jantung kita berdenyut. Agar bisa berdenyut ratusan ribu kali dalam satu hari, potassium merangsang jantung untuk memompa darah dan mendistribusikannya ke seluruh tubuh. Jika anda memiliki masalah tekanan darah yang tinggi, gagal jantung atau masalah dengan detak jantung lainnya maka mendapatkan asupan potassium yang cukup merupakan hal yang sangat penting. 


Satu hal yang membuat saya sering kesal jika membeli alpukat adalah proses matangnya yang lama. Nah ternyata ada satu tips untuk membuat buah lezat ini lebih cepat empuk: menyimpannya bersama pisang atau apel! Masukkan alpukat beserta pisang atau apel di dalam kantung kertas, maka gas ethylene yang dikeluarkan oleh pisang dan apel akan membuat alpukat menjadi cepat matang. Pisang dan apel dikenal merupakan buah penghasil gas ethylene yang tinggi karena itu hindari menyimpan buah lainnya yang anda tidak ingin menjadi terlalu matang (misal stroberi atau kiwi) berdekatan dengan pisang atau apel. Apakah anda sering kesal ketika satu sisir pisang untuk buah meja menjadi terlalu cepat lembek secara bersamaan? Tips saya, pisahkan pisang dari sisirnya dan letakkan satu sama lain di tempat yang berbeda, cara ini membuat pisang anda tidak matang bersamaan. 


Tips memilih alpukat untuk mengetahui buah sudah cukup tua: ketika buah diguncang-guncangkan akan terdengar suara berkelotakan, tanda biji yang terlepas dari daging buahnya. Atau ketika buah ditekan dengan jari tangan, maka daging buah akan sedikit melesak masuk ke dalam. Tips lainnya adalah perhatikan gunungan buah alpukat yang dijual, pilih yang berwarna lebih gelap dibandingkan yang lainnya. Warna gelap tanda alpukat telah tua dan siap matang. Perhatikan juga bagian kulit luarnya, hindari membeli alpukat yang memiliki lubang-lubang kecil pada permukaan kulit, lubang-lubang ini merupakan jalan lalat buah atau serangga memasukkan telurnya di dalam alpukat. Bisa ditebak ketika alpukat tua dan matang maka si telur telah berubah menjadi ulat yang menggerogoti biji alpukat dan merusak daging buahnya. Nah jika alpukat telah lembek di suhu ruang, segera masukkan buah ini ke kulkas untuk membuatnya lebih tahan lama.


Alpukat walau memiliki reputasi buruk karena kandungan lemak yang tinggi - 75% kandungan kalorinya berasal dari lemak- namun lemak yang dikandungnya merupakan jenis lemak yang baik yaitu monosaturated fat dalam bentuk oleic acid dan tidak mengandung kolesterol sama sekali. Oleic acid berfungsi untuk membantu transportasi molekul lemak yang mampu meningkatkan kemampuan tubuh kita menyerap nutrisi yang larut dalam lemak seperti carotenoid, selain itu sebagai monosaturated fat maka oleic acid juga mampu menurunkan resiko penyakit jantung. Jadi jangan lantas kita ketakutan dengan lemak tinggi yang dikandungnya, karena sebagaimana  halnya tanaman dengan kandungan lemak tinggi lainnya seperti kacang walnut dan flaxseed, alpukat mampu menyumbangkan manfaat kesehatan yang unik dikarenakan komposisi lemaknya yang tidak biasa. 


Bagaimana dengan jeruk nipis? Hmm, jangan remehkan buah kecil hijau imut yang terasa asam dan murah harganya di pasar ini, karena manfaatnya sangat banyak. Selain kandungan vitamin C-nya yang tinggi, jeruk nipis juga mengandung antioksidan dan anti kanker serta mampu mengggempur radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Segelas besar air hangat dengan perasan air jeruk nipis selain mampu menetralisir asam lambung juga mampu menurunkan berat badan jika dikonsumsi setelah bangun tidur di pagi hari dalam kondisi perut kosong dan belum melakukan aktifitas apapun. Walaupun rasanya yang asam, namun jeruk nipis dan jeruk lemon merupakan sumber makanan alkaline yang sangat baik dikarenakan pH-nya yang tinggi. 

Makanan alkaline - umumnya adalah golongan buah dan sayuran - dipercaya merupakan sumber makanan yang sangat baik bagi kesehatan tubuh dibandingkan makanan ber-pH asam seperti protein hewani, dan produk olahan berwarna putih (tepung, nasi, roti, gula) serta produk dairy (produk yang terbuat dari susu seperti keju). Lemon dan semangka merupakan makanan alkaline nomor satu dengan pH 9 sedangkan jeruk nipis memiliki pH 8,5. Jadi tunggu apalagi, mulailah lebih sering memanfaatkan buah yang berlimpah di Indonesia ini dalam aneka masakan atau dalam segelas air hangat setiap pagi. Saya sudah memulainya sejak beberapa bulan ini dan apabila anda khawatir jika mengkonsumsinya maka maag atau masalah pencernaan lainnya akan kambuh, maka berdasarkan pengalaman saya yang juga memiliki maag akut, hal tersebut sama sekali tidak terbukti. Pencernaan saya baik-baik saja, maag saya juga tidak pernah kambuh padahal sebagian besar makanan yang saya konsumsi terdiri dari buah dan sayur. Jadi bagaimana dengan anda? ^_^


Kembali ke resep yang kali ini saya posting, komposisi bahannya sangat sederhana: alpukat, air jeruk nipis dan susu. Walau saya berusaha menghindar produk susu, namun untuk sorbet kali ini susu kental manis diperlukan untuk membuat tekstur sorbet menjadi lebih creamy dengan cita rasa yang lezat. Untuk susu cairnya anda bisa menggunakan susu kedelai, susu beras atau susu almond yang lebih sehat. Atau susu hewan biasa jika alternatif susu non hewani lainnya tidak ada. Satu hal yang menurut saya menjadi nilai minus sorbet ini adalah alpukat cenderung terasa pahit jika di bekukan, jadi mungkin takaran susu kental manis di resep bisa anda tambahkan atau saat disantap kucuri sorbet dengan susu kental manis. Sebagaimana sorbet lainnya maka jangan berharap bahwa teksturnya akan halus, smooth dan se-creamy es krim ya, karena ini bukan es krim dan diproses tidak seperti es krim. Es krim umumnya mengandung bahan-bahan seperti krim kental, kuning telur dan diproses menggunakan mesin pembuat es krim untuk menghasilkan tekstur seperti layaknya es krim yang dijual. Namun jika anda ingin sorbet ini lebih halus dan smooth, ketika sorbet setengah beku proseslah beberapa kali di blender sehingga kristal es yang terbentuk lebih halus.

Berikut resep dan proses membuat sorbet alpukat jeruk nipis ya. 


Sorbet Alpukat Jeruk Nipis
Resep diadaptasikan dari Coastal Kitchen.net - Avocado Lime Ice Cream

Untuk sekitar 400 ml sorbet

Untuk resep es krim atau sorbet lainnya silahkan klik di link di bawah ini:
Kiwi Sorbet - Tanpa Mesin Pembuat Es Krim
Es Krim Mangga
Fantastic Ice Cream: Homemade Ice Cream yang Super Duper Mudah! 

Bahan:
- 2 buah alpukat ukuran sedang, keruk dagingnya
- 2 butir jeruk nipis, peras airnya
- 175 ml susu kedelai atau susu cair rendah lemak atau susu cair biasa atau larutkan 2 sendok makan susu bubuk dengan air hingga menjadi 175 ml susu cair. Bisa menggunakan susu beras atau susu almond
- 130 gram susu kental manis

Cara membuat:


Siapkan gelas blender, masukkan semua bahan sorbet. Proses hingga halus. Tuangkan di wadah dan tutup rapat. 


Masukkan ke freezer selama  minimal 1 jam atau hingga sorbet setengah beku. Tuangkan ke dalam blender dan proses hingga halus. Masukkan kembali sorbet ke dalam wadah dan bekukan. 

Jika anda ingin sorbet yang lebih halus, maka ulangi langkah membekukan dan memblender ini dalam beberapa kali hingga menjadi benar-benar smooth. 

Jika saat akan disantap sorbet terasa keras dan susah disendokkan, diamkan disuhu ruang selama beberapa menit hingga sorbet agak meleleh baru sendokkan ke gelas saji.




40 komentar:

  1. buah favoritku nih mba, sayang anak2 gak terlalu suka, tapi mungkin kalo diolah macam ini bakalan lebih doyan kali yah... :D
    bentuknya mirip eskrim soalnya... hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Lina, iya saya suka banget sama alpukat, moga setelah dibikin jadi sorbet anak2 lebih suka ya Mba ^_^

      Hapus
  2. Hai mba endang, saya coba bikin semalam, pas punya 1 alpukat, jadi saya bikin 1/2 resep. sambil nunggu beku, saya masak yang lain buat menu besok.. uda 1.5 jam an , saya buka wadah, ko , ga beku ya mba .. tapi tetep saya blender lagi, ga nunggu beku coz uda ngantukkk hehe
    hasilnya : tadi pagi saya lihat, saya coba ambil pake sendok, tekstur nya ko ga kaya es krim ya, tapi kaya es serut .. emang gitu ya, apa karena saya blender nya tidak dalam kondisi beku ..?
    tapi rasanya sih enak, creamy :-) next mau bikin yang banana base ah, ternyata gampang ya bikin es krim :-) thx mba ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Indira, yep teksturnya nggak kaya es krim (sudah saya jelaskan di artikel saya di atas ya, ini sorbet jadi gak seperti es krim, supaya gak kena kumplin hihihihi), kalau mau lebih halus harus sering bolak balik diblender saat kondisi setengah beku agar kristal es nya hancur atau masuk ke mesin es krim ya.

      Makannya jangan saat keras Mba, biarkan setengah cair baru disendokkan.

      Hapus
    2. Gimana yg cara mengatasi pokat ny pait

      Hapus
    3. umumnya kalau dibekukan akan pahit, susah hilangnya

      Hapus
  3. mbak, tahu resep Devile Egg gak? Kalau tahu, tolong posting donk mbak. Soalnya aku liat adikku lg maen game memasak dan lg masak Devile Egg itu. Kayaknya enak banget gitu mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehhe, mudah kok buatnya, cuman telur rebus, belah dua dikeluarkan kuningnya. Kuning telurnya dihaluskan dengan mayo, mustard dikit, merica, garam dan sedikit cabai bubuk, diisi lagi dah ke telur rebus.

      Hapus
  4. Ngomongin alpukat, tahu cara bikin guacamole gak mbak? Maaf nanya dari tadi. Abis liat guacamole di topchef bikin ngiler, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Rifqi, guacamole gampang banget kok hanya alpukat, air jeruk nipis, bawang merah dan bawang putih cincang, jinten dikit, garam, cabai bubuk, rajangan dikit cabai biar pedas, tomat dan ketumbar, aduk jadi satu.

      Hapus
  5. hai mba endang, salam kenal yaa...q sefya penggemar blog JTT , thanks resepnya..cucok ini, praktis nda ribet bikinnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sefya, salam kenal juga ya. Thanks sharingnya disini. senang sekali rsep2 JTT disuka ^_^

      Hapus
  6. mbak mau nanya doongg..
    kalau blendernya lagi rusak, bisa pake mixer biasa gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bisa membuat adonan halus maka pakai alat apa saja oke kok Mba ^_^

      Hapus
  7. Mba endaanngg.. Maaf comen di sini. Mba, resep pannacotta doong. Hehehe.. Yg gordon ramsay kayaknya enak. Tpi masih bingung. Resep buat istri nih katanya mau blajar bikin. Thanks ya mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Awan, hhahahha, iyaaa saya udah lihat, kalau ada waktu pasti akan saya eksekusi, keknya gak susah kok heheheh. Thanks ya

      Hapus
  8. halo mba, ini kayanya kalau dijelajah ga cukup sehari merasakan menelan ludah pengen nyoba semua...tapi terimakasih loh mba untuk semua penjelasan panjang lebarnya, skrg saya jadi ngerti bedanya es krim sama sorbet, minggu kemaren mengkreasi resep yg ditulisnya sih ice cream tanpa ice cream maker (saya kreasinya pakai mangga-apel, masih pengen nyoba buah2an yg lain :D) ternyata stlh saya ikutin tulisannya mba endang, yg dibikin itu ternyata adalah 'sorbet' meskipun hasilnya tampak seperti ice cream...dateng kesini ngga cuma sekedar 'tahu' resep tapi malah dapet info macem2...be blessed ya mba sudah mau berbagi *saya kagum padamuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Berliana, heheheh, pelan2 mba menjelajahnya, jangan diborong sekaligus. karena saya juga ngebloggingnya selama 4 tahun wakakkaka. Umumnya ice cream itu mengandung susu, krim kental dan telur yam sehingga teksturnya creamy dan halus. Sorbet bisanya mengandung buah2an dan minus cream ya. Thanks sharingnya ya Mba!

      Hapus
  9. Mbak, nanya dong? mbak endang pake alpukat jenis apa? katanya alpukat mentega lebih gurih loh, kayaknya juga ga terlalu pahit dibanding jenis lainnya..., emm jd pengen ikutan bikin. Thanks mbak

    BalasHapus
  10. mbak, jd home made ice cream sama sorbet tuh sama ya? di resep sebelumnya ada yg buahnya dibekukan dulu, ada yg gak. hasilnya enakan yg mana mbak? kalo yg buahnya ga dibekukan dulu kudu keluar masuk freezer bbrp kali utk di kocok ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Homemade es krim pisang ya? saya rasa sama ya, karena base nya buah2an, hanya saja biasanya sorbet murni buah dan gula, tanpa ada campuran rasa lainnya.

      bisa buah langsung diblender dan dibekukan, berapa kali kocoknya tergantung berapa smooth kondisi sorbet yang dimau ya, yang jelas sorbet tidak akan sehalus es krim.

      Hapus
  11. mb Endang, sori ya mau ty sorbet tu apa bedanya dengan es krim? terus terang br skr saya dengar kata sorbet ini jd sama sekali blank dgn pengertian sorbet. hehehehe. trus saya byk persediaan lemon, blh ks tips resep ga mb gmn lemon itu bisa dijadikan es krim. makasih byk ya mb atas infonya> (Lena-Ptk)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lena, beda ya, sorbet terbuat dari buah, minim produk susu didalamnya, tekstur lebih kasar. Tanpa ice cream maker bisa dibuat.

      es krim biasanya terbuat dari susu, krim, kuning telur, dan teksturnya lembut. biasanya pakai ice cream maker untuk membuatnya.

      lemon mungkin untuk sorbet bisa mba, kalau es krim mba harus pakai ice cream maker ya. coba cek saja resep sorbet di JTT ada beberapa lainnya, dan prosesnya mirip2 kok.

      Hapus
    2. makasih resepnya mba endang
      jadi ada ide buat usaha dirumah dehhh

      Hapus
    3. sama2 mba Usli, senang sekali resepnya disuka dan membawa berkah hehheh

      Hapus
  12. Mba mau tanya, klo minus jeruk nipis boleh kah? Makasih

    BalasHapus
  13. Mba mantapz resepnya.. Btw sorbet ini dan ice cream homemade bisa bertahan brp lama di freezer ?, tanda sdh tdk boleh dikonsumsi bagaimana?. Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mb, es krim homemade dan sorbet bisa bertahan sampai 3 bulan di freezer ya/

      Hapus
  14. Udah coba mba, tapi bukan pake alpukat. Pakenya mangga arum manis, rasanya enaaaaak banget. Sebelum dibeku-in teksturnya kental abis, pas dibekuin kayak makan frozen yoghurt ih enak :D Makasih mba share resepnya lag

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Theresa sharingnya yaa, senang resepnya disuka, yep pakai mangga pasti sedap hehhehe

      Hapus
  15. Kalau baca tentang minum jeruk nipis di pagi hari, saya pasti ingatnya food combining haha. Mba Endang pernah menjalankan food combining ga? Jika ya, bagaimana pengalamannya? Soalnya pola makan food combining kan sedang gencar-gencarnya dipopulerkan tuh. Yang saya tahu cuma Mba Endang pernah menjalankan OCD.
    Kalau saya dahulu pernah menjalankan diet ala Herbalife (hanya minum susu di pagi dan malam hari, dan makan sepuasnya di siang hari). Itu pun karena kakak saya yang menjalankan diet ini membelikan saya minuman Herbalife itu. Kalau ga, saya juga ga mau haha. Cukup sekali saya diet seperti itu. Memang berat badan saya turun 5 kg dalam 2 bulan, tapi yang ada di pikiran saya kala itu hanya makanan. Akibatnya binge eating pada jadwal "makan sepuasnya" itu. Semua makanan rasanya pengen diembat. BB sih memang turun, tapi saya ga bisa konsentrasi karena hanya memikirkan makanan saja. Setelah dipikir-pikir, jika kita hanya minum susu biasa dengan harga yang lebih murah dari susu Herbalife, BB kita juga akan turun. Hmmm tapi saya termasuk orang yang beranggapan bahwa makan pagi sangat penting sebagai penyumbang energi untuk beraktivitas sepanjang hari.

    Yani

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yani, thanks sharingnya ya.

      Sepertinya semua jenis diet sudah saya coba wkkaka, yang belum hanya diet Atkins karena kudu makan protein hewani lebih banyak dan pantang karbo(biaya mahal!).

      Pernah coba food combining juga, sampai dibela2in beli bukunya. Bukannya tdk berhasil hanya membiasakan diri konsisten itu memang susahnya minta ampun. Jadi kebanyakan diet gagal karena memang tdk disiplin hehhehe.

      pernah juga diet Herbalife, susunya mahalnya ampuuuun, dan menurut saya harga susu tdk seimbang dengan hasilnya wakakkak. AKhirnya kembali ke pola makan banyak sayur, buah, ikan, kurangi nasi, tepung2an, gorengan. Tapi tetap saja, kalau kalori lebih banyak masuk drpd yang dibuang susah kurusnya hahaha. Intinya ya kalori.

      sukses ya mba!

      Hapus
  16. Mbak ini resep nya harus pakai jeruk nipis ya ???

    BalasHapus
  17. Halo mbak Endang, terima kasih atas resepnya ya. Lagi cari2 resep sorbet alpukat, akhirnya mampir disini & ketagihan lihat resep2 yg lain hihi.. Ini mau tanya mbak, kalau air jeruk nipis dganti air jeruk lemon bisa tidak? Saya lihat2 bnyk resep yg menyertakan potongan kulit jeruk nipis d dalam sorbet. Mnrt Mbk Endang, kira2 gmn kalau dtambah lime zest? Oiya, ada tips supaya mencegah alpukat menjadi pahit ga Mbk? (selain menambah susu spt yg Mbk sebut diatas, soalnya lg berusaha mengurangi yg manis2 nih hihi..). Makasih bnyk Mbk Endang, trs berkarya & berbagi dengan para penggemar setia JTT ya <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, air jeruk nipis bs diganti jeruk lemon ya, boleh pakai lemon/lime zest. Alpukat cenderung pahit ketika dibekukan seperti resep sorbet ini, karena itu saya sering kesulitan ketika hendak membuat es krim alpukat. Saya belum menemukan solusinya spy tdk pahit.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...