04 Desember 2015

Resep Chicken Mashed Potato dengan Saus Jamur


Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Mashed potato dengan cincangan ayam dan wortel yang saya posting kali ini terinspirasi dari makanan serupa yang saya santap bersama, Sintya, beberapa minggu yang lalu di resto Cuppa Coffee di Ratu Plaza. Cuppa Coffee adalah salah satu tempat 'nongkrong' favorit saya, terutama yang terletak di dalam mall Ratu Plaza. Suasananya cozy, tidak terlalu crowded sehingga asyik menjadi tempat untuk menyeruput secangkir cappuccino yang mantap sambil mengobrol kesana kemari tak jelas bersama teman dekat. Ditambah lagi, teman saya, Sintya, memiliki kartu diskon 15% Cuppa Coffee untuk semua pembelian makanan dan minuman apapun di resto tersebut. 

Terus terang jika 'nongkrong' di cafe seperti ini maka kami lebih memesan minuman dan kurang berminat dengan makanannya. Namun saat itu entah mengapa saya tertarik juga untuk melongok menu makanan disana. "Chicken mashed potatonya enak Mba," kata Sintya yang pernah mencicipi hidangan ini sebelumnya. Mashed potato dengan ayam, makanan apakah gerangan itu? Pikir saya tidak berminat. Sepertinya bukan kolaborasi yang menarik. Jadi sementara Sintya memesan chicken mashed potato, saya lebih memilih lasagna yang tampilannya tampak menggiurkan di daftar menu. 

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT
Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Kedua makanan pesanan kami datang dalam waktu tidak terlalu lama, tampilannya terlihat menggugah selera. Chicken mashed potato-nya disajikan dalam piring lebar, dicetak dalam bentuk segi empat dan permukaannya disiram dengan saus putih kental yang terlihat menggiurkan. Penasaran dengan rasa makanan ini, saya pun lantas menancapkan garpu ke piring Sintya dan memasukan secuil potongan mashed potato ke mulut. "Hm, rasanya laziz"! Seru saya dengan nada tak percaya ke Sintya yang tampak cengar-cengir melihat tingkah saya.

Selama ini saya selalu membayangkan kentang tumbuk hadir sebagai side dish atau makanan pendamping untuk steak atau tumisan protein hewani lainnya, tak pernah terpikir untuk menghadirkannnya sebagai aktor utama. Namun ternyata mashed potato yang lembut dan creamy ini menjadi semakin bertambah gurih dengan campuran cincangan ayam dan wortel. Praktis, mengenyangkan dan tentunya cukup mudah disajikan. "Bisa jadi ide untuk dicoba di rumah dan dipost di blog Mba," saran Sintya tersebut langsung membuat saya mengangguk setuju. Berdua kami pun menggasak habis sepiring chicken mashed potato dan lasagna, yang rasanya pun tak kalah sedapnya.

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT
Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Saya pernah menampilkan resep mashed potato sebelumnya, anda bisa membaca resepnya dengan mengklik pada link disini. Mashed potato yang sedap sebenarnya sangat mudah dibuat dan biayanya pun murah meriah, namun hingga kini saya sering terheran-heran mengapa restoran selalu membandrolnya dengan harga yang mahal. Nah untuk resep chicken mashed potato kali ini saya masih menggunakan resep mashed potato yang sama, menurut saya resep tersebut sudah cukup mewakili rasa untuk kentang tumbuk yang saya inginkan. Untuk membuat makanan ini tentu saja pertama-tama kita harus mempersiapkan kentang tumbuknya terlebih dahulu. Saya lebih suka mengukus kentang dibandingkan merebusnya, selain membuat kentang lebih cepat empuk juga membuat tekstur mashed potato menjadi tidak terlalu lembek. 

Dalam kondisi masih panas, kentang kemudian dihancurkan dengan garpu hingga lumat, ditambahkan mentega, bumbu-bumbu dan susu cair. Tidak ada susu cair di rumah? Tidak perlu khawatir, kentang tumbuk akan tetap lezat dengan susu bubuk full cream atau susu kental manis.  Susu kental manis di mashed potato? Ah why not! Rasa manisnya akan berpadu dengan garam di resep menghasilkan kentang tumbuk yang gurih dengan sedikit rasa manis yang tidak akan membuat eneg. Percayalah, percayalah. ^_^
 

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT
Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Untuk menghasilkan tekstur kentang tumbuk yang smooth, saya biasanya menyaring kentang lumat dengan saringan kawat yang memiliki lubang-lubang yang agak besar. Malas melakukannya? Skip saja proses ini dan langsung campurkan kentang dengan parutan keju cheddar, rasanya akan tetap sama lezatnya. Nah jika kentang tumbuk sudah siap, maka tinggal dicampurkan dengan tumisan ayam dan wortel yang pada resep ini juga saya tambahakan cincangan jamur champignon di dalamnya. Adonan di aduk hingga rata dan siap disajikan dengan saus cream-nya. 

Membuat saus ini sama sekali tidak sulit, basic-nya adalah saus putih atau bechamel sauce yang berbahan dasar mentega, tepung terigu dan susu cair. Kunci saus yang lezat adalah memastikan tepung matang dengan baik sehingga tidak ada rasa mentah di saus. Caranya dengan menumis tepung dengan banyak mentega (margarine) hingga benar-benar matang, adonan ini disebut dengan roux. Nah untuk mencegah roux cepat gosong sementara tepung belum matang maka pastikan mentega/margarine yang dipakai untuk menumis cukup porsinya dan aduk-aduk roux selama ditumis dengan menggunakan api kecil. Agar saus tidak berbintil-bintil ketika susu cair dimasukkan maka masukkan susu sedikit demi sedikit sambil saus diaduk dengan cepat dan kuat. Paling mudah membuat saus di panci dengan menggunakan spatula balon, sambil tangan kiri menuang susu cair maka tangan kanan menggerakkan spatula dengan gerakan berputar, cepat dan kuat. Pastikan susu terserap dan tercampur dengan baik dengan roux sebelum menambah porsi susu cair berikutnya, dengan cara ini maka saus yang dihasilkan  tidak akan berbintil-bintil. 

Wokeh berikut proses dan resep chicken mashed potato yang super duper mudah ya.  

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Resep Chicken Mashed Potato dengan Saus Jamur
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4  porsi

Mashed potato juga sedap disantap dengan makanan di bawah ini:
Steak Daging  Sapi dengan Saus  Lada Hitam
Crispy Fish and Chips
Barbaque Chicken Wings  

Bahan dan bumbu tumisan ayam:
- 1 sendok makan margarine
- 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
- 3 siung bawang putih, cincang halus 
- 150 gram fillet ayam, cincang kasar
- 1/2 batang wortel, potong dadu
- 3 buah jamur champignon, cincang kasar (optional) 
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/4 sendok teh garam 

Bahan & bumbu mashed potato:
- 3 butir kentang, berat sekitar 300 gram
- 2 sendok makan mentega (mentega akan menghasilkan aroma dan rasa lebih lezat dibandingkan dengan margarine)
- 50 - 100 ml susu cair atau 3 sendok makan susu kental manis atau 2 sendok makan susu bubuk full cream 

- 1/2 sendok teh bubuk merica
- 1/2 sendok teh garam
- 2 - 3 sendok makan keju cheddar parut (optional), gunakan jika anda menggunakan margarine dan bukan mentega
 


Bahan dan bumbu saus putih: 
- 2 sendok makan mentega/margarine
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 buah bawang bombay, cincang halus
- 1 1/2 sendok makan tepung terigu protein sedang 
- 300 ml susu cair, bisa menggunakan susu bubuk yang dicairkan dengan air
- 1/8 buah pala, parut
- 1/2 sendok teh merica putih bubuk
- 1/4 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir   
- 3 buah jamur campignon iris tipis (optional) 

Cara membuat:
Membuat tumisan ayam 

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Siapkan semua bahan, panaskan margarine di pan anti lengket atau wajan biasa. Tambahkan bawang bombay dan bawang putih, tumis hingga harum dan bawang matang.

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Tambahkan ayam cincang, aduk dan tumis hingga ayam matang dan tidak berwarna pink lagi. Masukkan wortel, aduk dan tumis hingga wortel menjadi empuk. Masukkan jamur, aduk rata. Tambahkan garam dan merica, aduk dan masak hingga semua bahan matang. Angkat dan sisihkan. 

Membuat mashed potato

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Siapkan kentang, kupas dan potong-potong dadu. Kukus kentang hingga benar-benar matang dan empuk. Tusuk kentang dengan ujung garpu untuk mengetes kematangannya, kalau garpu bisa keluar dengan mudah dan kentang mudah hancur, angkat kentang dari kukusan.

Letakkan kentang di dalam mangkuk, dengan menggunakan garpu hancurkan kentang hingga lumat. Jika anda memiliki alat penghancur kentang (potato masher atau ricer) anda bisa menggunakannya untuk melumatkan kentang. Selagi kentang masih panas, tambahkan mentega, aduk hingga mentega meleleh dan tercampur dengan kentang. Masukkan susu cair, garam dan merica, aduk rata.  

Siapkan panci kecil, letakkan sebuah saringan kawat di atas panci. Kemudian saring kentang menggunakan saringan kawat dengan lubang yang jarang-jarang, dorong kentang keluar dari saringan dengan punggung sendok sehingga anda menghasilkan kentang yang halus dan lembut.  

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Masukkan keju cheddar parut dan masak kentang lumat dengan api kecil hingga keju lumer dan larut dengan kentang. Aduk cepat dengan spatula dan angkat. 

Tuangkan tumisan ayam di panci berisi mashed potato, aduk perlahan hingga rata. Sisihkan.

Membuat saus putih

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Siapkan pan datar anti lengket atau panci kecil, masukkan mentega/margarine. Panaskan hingga meleleh, gunakan api kecil saja saat membuat saus. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum dan berubah menjadi transparan. Tuangkan tepung terigu, aduk cepat dengan spatula dan tumis hingga tepung matang dan berwarna kuning sedikit kecoklatan. Pastikan tepung ditumis hingga matang agar rasanya tidak mentah di saus. 

Tuangkan 1/4 porsi susu cair, aduk cepat dengan gerakan kuat agar tepung tercampur dengan baik bersama susu dan mencegahnya berbintil-bintil di saus. Tuangkan 1/2 bagian sisa susu, aduk terus dan tambahkan susu sedikit demi sedikit hingga semua porsi susu habis. Masak hingga saus kental dan mendidih. 

Resep Chicken Mashed Potato dengan Jamur JTT

Tambahkan pala, garam, merica dan gula pasir, aduk rata. Masukkan jamur, aduk dan masak hingga jamur matang dan empuk. Cicipi rasanya, sesuaikan rasa asinnya dan angkat. Jika saus terlalu kental tambahkan porsi susu cair.

Tata chicken mashed potato di piring saji dan siram permukaannya dengan saus putih. Siap disantap hangat. Super yummy!



21 komentar:

  1. Weeeww....suka ! Alternatif lain buat pecinta mashed potato, resep mbak En udah bbrp kali saya eksekusi lho, awalnya pake chicken steak terakhir2 hubby request mashed potato aja bt brkfast. Thanks ya, mbak resep ini bakal eksekusi scepatnya....yeaay !
    -Na

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama2 ya mba Na, moga suka ya dengan style ini, walau kalau kebayakan jadi eneg rasanya wakkakak

      Hapus
  2. Baca resep mba yg ini bs membatalkan diet karbo saya nih hahaha tp layak di coba, super mudah bahan & caranya, thx for sharing mba. ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahhaha, jangan banyak2 makannya, soalnya berat kalorinya hehehhe

      Hapus
  3. mbak endangg,, saya request resep boleeeh ?
    sushi dong mbak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. sudah pernah saya posting sushi ya mba, silahkan googling saja 'sushi jtt' ya

      Hapus
  4. Mba, dicara membuat saus putih, bawang putihnya kapan dimasukinnya ya?

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih mba bella koreksinya, memang kurang resep dan kurang proses, ditumis dengan margarine dulu baru masuk tepung ya mba

      Hapus
  5. Mirip kentang tutup yg sering saya buat untuk sarapan suami..biasanya saya tambahin brokoli ditaburin keju diatasnya oven deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya. Yep mirip ya, cuman biasanya saya klau kentang tutup dipanggang lagi di oven

      Hapus
  6. Halo mbak Endang, resepnya Ok banget dweh, aku dah eksekusi, dannnn rasanya juara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resep JTT disuka. Sukses selalu yaaaa ^_^

      Hapus
  7. Mba Endang, saya udah coba resep ini, wueenaak mba. Thanks yah. Mba aku tanya mencetak mashed potatonya supaya rapi kotak begitu pakai apa mba? Makasih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba sharingnya, senang resepnya disuka. Saya cetak pakai loyang kotak mba heheheh,atau pakai wadah apapun yng berbentuk kotak bs ya.

      Hapus
  8. Mba Endang aku salah satu pecinta mashed potato juga seneng banget ada resep ini hehe. Kalo jamurnya diblender bisa ga mba? Ala2 mushroom sauce di baso dagingnya Ikea gitu.. Thank you mba atas responnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haai Mba Abigail, saya belum pernah makan versi jamur di blender, hehehhe. Menurut saya kok enak dicincang saja ya ^_^

      Hapus
    2. Oh gitu.. Oke mba makasih ya mau nyoba weekend ini ah hihi

      Hapus
  9. Mba kalau mashed potatonya disimpen lama di freezer bisa ga ya? Soalnya biar praktis dimakan besok2 nya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengalaman saya kalau simpan kentang rebus di freezer kok jadi gak smooth lagi jadinya ketika di microwave mba, kek kasar2 gitu, tapi kalau mashed potato belum pernah ya, seharusnya tetap bs ya

      Hapus
  10. Hallo, mba Endang

    Cara membersihkan jamur itu, gimana ya mba
    Kan di bagian tengahnya itu ada kaya warna coklat2

    Minta tolong pencerahannya ya Mbaa
    Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba,saya cuman lap dengan tisue bersih, kecuali kalau jamur terlihat kotor banget ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...