28 Desember 2015

Resep Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel


Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Mood memasak saya akhir-akhir ini benar-benar drop hingga ke titik nol. Tidak ada satu pun resep masakan  yang mampu membuat saya menyeretkan kaki dengan semangat ke dapur sambil menenteng kamera. Ada masa dimana nafsu untuk berkarya di dapur susah bercokol di hati seperti kali ini, biasanya kondisi ini tidak berlangsung lama, tetapi sepertinya kali ini akan lebih lama dibanding sebelumnya. Jika sudah dilanda rasa malas begini maka saya biasanya lantas lebih memilih menikmati makan diluar atau menyantap makanan instan seperti oatmeal atau sereal instan lainnya. Bagi saya oatmeal bukan hanya tepat disantap di pagi hari saja, namun sedap dikudap kapan pun, dimana pun, setiap saat. Tak bosan-bosannya saya menyantap semangkuk oatmeal yang dilembutkan dengan susu cair dan ditaburi dengan kismis dan kucuran madu. Atau semangkuk oatmeal dengan kecap asin, taburan abon atau pampis ikan tongkol yang super pedas.  Bagi saya makanan simple tersebut (kala perut lapar) menjadi hidangan paling sedap sedunia. ^_^

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT
Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Namun kala libur minggu lalu saya terpaksa menggebah pergi rasa malas menjenguk dapur ini. Alasannya ketika membuka kulkas mencari makanan apapun yang bisa dikunyah, mata saya menatap fermentasi kubis alias sauerkraut yang beberapa waktu lalu saya buat dan resepnya telah saya bagikan di JTT. Untuk melihat proses pembuatan homemade sauerkraut, anda bisa klik pada link disini. Walau sauerkraut mampu bertahan berbulan-bulan lamanya di chiller kulkas namun sebegaimana kimchi (fermentasi sayuran a la Korea), maka seiring dengan waktu rasanya akan semakin asam. Tak ingin membuatnya menjadi mubazir dan susah ditelan karena terlalu asam saya pun mengeluarkan botol berisi sauerkraut dan mulai berpikir untuk menciptakan makanan darinya. 

Walau sauerkraut akan memberikan manfaat terbaik ketika dimakan begitu saja (tidak dipanaskan dengan suhu tinggi) karena probiotik yang terkandung di sauerkraut segar yang sebenarnya bermanfaat untuk kesehatan, namun rasa bosan menyantap sauerkraut membuat saya terpaksa mengolahnya menjadi makanan lainnya. 

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT
Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Ada banyak resep seru untuk mengubah sauerkraut menjadi makanan sedap, namun yang paling mudah dan umum ditemukan adalah tumisan sauerkraut yang dimasak dengan simple herbs dan sosis atau sup sauerkraut dengan potongan daging sapi.  Makanan-makanan ini umum di temukan di Jerman dan beberapa negara Eropa lainnya, tentu saja mereka menggunakan daging babi sebagai protein hewaninya. Berhubung ingin memanfaatkan roti baguette yang sudah mendekam lama di freezer maka tumisan sauerkraut dengan sosis menjadi pilihan saya untuk menemani santap siang saat itu.

Nah untuk mengurangi rasa sauerkraut yang terlalu asam, maka satu atau dua butir apel bisa ditambahkan ke dalam tumisan. Anda juga bisa menambahkan rajangan kubis segar, serutan wortel atau jenis sayuran lainnya ke dalamnya.  Bumbu tumisan ini sangat sederhana, namun untuk membuatnya sedikit berbeda adalah penambahan biji adas atau caraway seed. Biji adas memiliki bentuk yang mirip dengan jintan hanya saja berukuran lebih besar dan berwarna sedikit lebih putih dibandingkan jintan. Biji adas bisa dibeli di supermarket atau pasar tradisional. Aroma adas yang unik membuat masakan ini terasa berbeda dan lebih spesial. Tidak ada biji adas? Skip saja bumbu ini dari resep karena menggantikannya dengan bumbu lain atau jintan akan memberikan rasa yang jauh berbeda.

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT
Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Selain biji adas maka daun dill juga akan memberikan aroma yang mantap. Daun dill segar banyak dijual di supermarket besar. Daun ini berbentuk seperti jarum panjang (mirip dengan daun cemara pinus), aromanya harum dan segar. Karena supermarket All Fresh tidak memiliki daun rempah ini kala saya berkunjung kesana, maka saya menggunakan daun dill kering yang banyak dijual dalam kemasan botolan. Anda bisa menemukan dill kering di supermarket di bagian bumbu rempah kering.  

Umumnya tumisan ini menggunakan sosis sapi yang digoreng terlebih dahulu hingga kecoklatan permukaannya. Untuk sosis saya penggemar berat merk Kanzler yang menurut saya memiliki cita rasa sedap dan tekstur yang kenyal dan padat, walau tentunya semua merk sosis bisa digunakan di dalam resep ini atau bahkan suwiran ayam panggang dan daging sapi juga mantap sebagai penggantinya. Nah tumis sauerkraut ini mantap disantap sebagai pengisi sandwich atau bersama sepiring nasi hangat. Mantap!

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep masakan dari kubis lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
Kubis Gulung Isi Tumis Nasi dan Daging Sapi
Sup Ayam Asam Pedas a la Chinese 
Membuat Tahu Isi Super Pedas 

Bumbu:
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 2 buah bawang bombay ukuran sedang, cincang kasar
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 2 sendok teh cabai bubuk
- 1 sendok makan cabai kering cincang kasar atau 2 buah cabai merah besar, cincang halus
- 1/4 sendok teh biji adas utuh
- 200 ml kaldu ayam 
- 1/2  sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica putih bubuk 

Bahan:
- 3 buah sosis sapi, potong serong setebal 1,5 cm 
- 1 buah apel, potong kasar
- 250 gram sauerkaut (resep homemade sauerkraut silahkan klik link disini)
- 1 genggam daun dill, cincang halus atau 1 sendok makan daun dill kering
- roti baguette atau roti jenis lainnya sesuai selera

Cara membuat:

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Siapkan sauerkraut, tiriskan dari airnya. Sisihkan.

Goreng sosis sapi hingga matang, angkat dan tiriskan. Sisihkan.

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Siapkan pan datar, atau wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bawang bombay hingga harum dan transparan. Tambahkan bawang putih cincang, aduk dan tumis hingga matang. Masukkan apel, sauerkraut, cabai bubuk, cabai kering, dan biji adas. Aduk, hingga rata. Tuangkan kaldu ayam, dan masak hingga apel menjadi empuk.

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Masukkan garam, merica bubuk dan daun dill. Aduk dan tumis hingga daun dill layu dan matang. Cicipi rasanya tambahkan garam jika kurang asin. Masukkan sosis goreng, aduk rata.

Tumis Sauerkraut dengan Sosis dan Apel JTT

Masak tumisan hingga kuah mengering. Angkat dan sajikan tumisan sebagai pengisi baguette atau roti jenis lainnya. Super yummy!



4 komentar:

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...