06 Oktober 2017

Resep Penang Asam Laksa


Resep Penang Asam Laksa

Masakan ini pernah saya buat sebelumnya, beberapa tahun yang lalu. Hidangan berkuah, segar, pedas dan asam seperti ini memang selalu membuat semangat saya terpicu untuk memasaknya. Resepnya mudah, bahan-bahannya terjangkau, namun yang membuat ragu untuk sering mengeksekusinya adalah pernak-perniknya yang alamak tobat banyaknya. Membuat asam laksa khas Penang memang bukan pekerjaan sekejap mata, dan bukan buat mereka yang tidak suka ribet. Hm, tapi siapa  sih yang suka ribet bukan? Masakan ini masuk kedalam 50 makanan lezat di dunia versi pembaca CNN yang artikelnya dipublish pada bulan Juli 2017. Penang assam laksa masuk ke peringkat ke-26 bersama dengan masakan dari seluruh dunia lainnya seperti taco dari Mexico, chili crab dari Singapura, ayam goreng dari U.S. dan tentu saja rendang dari tanah air yang masuk di peringkat ke 1, artikelnya bisa diklik disini

Sebenarnya ada tiga varian jenis laksa di dunia: kari laksa, asam laksa, dan kombinasi dari kari dan asam laksa. Laksa yang umum ditemukan di Indonesia adalah jenis kari laksa dengan kuah santan yang gurih. Sedangkan jenis asam laksa umum ditemukan di Malaysia, dan Penang adalah pulau di Malaysia yang menjadi tempat asal muasal laksa jenis ini diciptakan. Karena itu tidak heran jika laksa jenis ini disebut sebagai Penang Asam Laksa. 


Resep Penang Asam Laksa
Resep Penang Asam Laksa

Laksa jenis asam laksa biasanya membuat saya lebih tertarik untuk mencoba, walau jenis laksa ayam dengan kuah santan pernah saya posting sebelumnya, link resepnya bisa diklik disini. Asam laksa bumbunya mudah diracik, dan jika bahan-bahannya kurang lengkap pun tidak masalah karena toh hanya sebagai kondimen saja. Nah weekend lalu saya memiliki kesempatan untuk memasak menu ini, kebetulan semua bahan tersedia di rumah, bahkan segepok daun mint yang jarang-jarang saya beli pun ada. Satu rempah yang menjadi ciri khas Penang asam laksa adalah daun kesum atau kesom (Polygonum minus). Jujur, berdasarkan pengalaman saya, rempah ini susah sekali ditemukan. Selama hidup, saya baru menemukan daun bumbu ini dijual disebuah supermarket elit di Jakarta beberapa tahun yang lalu. Saya sempat membelinya seikat, tidak bermaksud untuk membuat asam laksa, tetapi semata-mata bertujuan untuk menanamnya. Rencana tersebut gagal total, semua stek yang saya tancapkan mati dengan sukses. Untungnya saya sempat mengambil beberapa fotonya, mungkin bermanfaat bagi anda yang penasaran dengan bentuknya.


Daun kesum JTT
Daun kesum (Polygonum minus)

Daun kesum berbentuk seperti tanaman urang-aring, atau mungkin tanaman kangkung  berukuran mini. Batangnya kuat berkayu seperti kemangi atau mint dan berbau harum. Di Malaysia, masyarakat disana umum menggunakannya di dalam masakan, dan asam laksa adalah masakan yang wajib menggunakan daun rempah ini. Di resep laksa kali ini saya menggantikan perannya dengan kemangi, walau harumnya berbeda tapi setidaknya kemangi sedap juga dimasukkan ke dalam hidangan berkuah berbahan dasar ikan. 😁


Resep Penang Asam Laksa
Resep Penang Asam Laksa

Rempah lainnya yang menjadi ciri khas asam laksa adalah bunga kecombrang atau bunga kantan. Karena rempah ini memberikan aroma harum dan direbus bersama ikan saat pembuatan kuah laksa maka usahakan jangan di skip. Hal lain yang membedakan asam laksa dengan kari laksa adalah bahan dasar kuahnya, jika kari laksa kuahnya berbahan dasar santan maka asam laksa berkuah bening dengan rasa asam yang diperoleh dari asam jawa. 

Untuk membuat Penang asam laksa sangat mudah, pertama-tama kita perlu membuat kuah sup ikannya terlebih dahulu. Ikan yang umum digunakan adalah kembung, jenis ikan yang sangat mudah ditemukan di pasar, harganya terjangkau dan selalu ada stoknya di freezer saya. Jika ikan ini tidak ada bisa digantikan dengan jenis ikan apapun lainnya. Ikan cukup direbus hingga matang, dagingnya kemudian dihancurkan dan dimasukkan ke dalam kuah asam pedas. Beberapa vendor penjual laksa yang pernah saya cicipi ketika berkunjung ke Kuala Lumpur beberapa tahun yang lalu menjual asam laksa dengan serpihan ikan berbumbu ditaburkan ke permukaan makanan kala disajikan. Jadi sebagian ikan rebus memang dimasukkan ke dalam kuah laksa, namun sebagian lainnya dihancurkan dan ditumis terpisah bersama bumbu dan dipergunakan sebagai taburan. Saya sendiri memasukkan semua daging ikan ke dalam kuah laksa. 


Resep Penang Asam Laksa

Nah agar kuah asam laksa berwarna merah merona cantik maka kita menggunakan cabai merah kering yang direndam di air panas terlebih dahulu hingga lunak. Jika cabai merah kering sulit untuk didapat maka bisa digantikan dengan cabai merah keriting dan cabai rawit merah. Semua bumbu saya blender hingga halus dan ditumis sebentar agar mengeluarkan aroma yang harum dan matang. Sampai disini sebenarnya 90 persen proses membuat asam laksa telah selesai karena langkah selanjutnya adalah menatanya di mangkuk untuk penyajian.

Laksa baik itu jenis kari laksa atau Penang asam laksa sama-sama menggunakan mie khusus yang berukuran agak besar dan berwarna putih bernama mie laksa. Berhubung mie seperti itu cukup sulit di temukan di supermarket maka saya menggantikannya dengan kwetiaw, walau saya yakin dengan mie kuning, bihun atau bahkan spaghetti pun mantap. Nah perlengkapan pendukung laksa lumayan banyak, mulai dari rajangan ketimun, nanas, daun lettuce, daun mint dan daun kesum (yang saya gantikan dengan kemangi). Rajangan bunga kecombrang segar juga kerap di taburkan di permukaan laksa. Hidangan berkuah ini paling mantap disantap kala panas, di musim hujan seperti ini. Sedap!

Berikut resep dan prosesnya ya.


Resep Penang Asam Laksa

Penang Asam Laksa
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan hidangan ikan berkuah lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Sup Ikan a la Singapore
Lempah Ikan Kakap dengan Daun Kedondong
Papeda, The Delicious Papua

Bahan:
- 1000 gram kwetiaw basah
- 1 kg ikan kembung, siangi dan cuci bersih
- 2 liter air

Bumbu merebus ikan:
- 1 kuntum bunga kecombrang/bunga kantan/kincung, belah menjadi 6 bagian
- 2 buah serai ambil bagian putihnya dan memarkan
- 3 cm lengkuas, belah memanjang dan memarkan
- 3 sendok makan air asam Jawa
- 3 buah asam gelugur

Bumbu dihaluskan:
- 8 buah cabai merah kering, rendam air panas hingga lunak
- 5 buah cabai rawit merah
- 8 siung bawang merah
- 5 siung bawang putih
- 1 1/2 cm lengkuas
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 2 sendok teh terasi
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam

Bahan pendamping:
- 1 kuntum bunga kecombrang, rajang halus
- 2 buah ketimun, kupas, buang bijinya dan rajang tipis memanjang
- 1 batang daun selada, rajang kasar
- 4 siung bawang merah, rajang tipis
- 5 tangkai kemangi atau daun kesum, ambil daunnya saja
- beberapa tangkai daun mint, ambil daunnya saja
- 1/4 buah nanas, rajang tipis memanjang
- 5 buah cabai rawit, iris tipis
- irisan jeruk nipis

Cara membuat:


Resep Penang Asam Laksa

Siapkan wajan, masukkan 2 sendok makan minyak dan panaskan. Tumis bumbu halus hingga harum dan matang, tandanya bumbu menjadi lebih gelap warnanya. Angkat dan sisihkan. 

Siapkan panci, masukkan 1/2 bagian bunga kantan dan semua bumbu untuk merebus ikan. Rebus dengan api sedang hingga mendidih. Tambahkan ikan dan rebus hingga ikan matang. Matikan api kompor, angkat ikan dari kuah. Saring kaldu ikan, buang bumbu rebusannya, dan kembalikan kaldu ke panci. 

Cabik-cabik daging ikan menjadi serpihan kasar. Masukkan ikan dan bumbu tumisan ke dalam kaldu dipanci. Tambahkan setengah bagian rajangan bunga kecombrang, rebus dengan api kecil hingga kuah mendidih. Cicipi rasanya, tambahkan gula dan garam untuk menyesuaikan rasanya, dan air asam jawa jika kurang asam. Matikan api. 

Siapkan mangkuk saji, tata kwetiaw ke dalam mangkuk. Siram dengan kuah laksa dan ikan, sajikan bersama bahan pendamping lainnya. Jika kurang asam kucuri dengan air jeruk nipis, dan tambahkan cabai rawit jika ingin rasa yang lebih pedas. Super yummy!

Sumber:
Wikipedia - Laksa
Wikipedia - Kesum



6 komentar:

  1. Berarti nggak cocok nih buat saya, mba, karena saya tidak suka resep ribet walaupun hasilnya uueennaaak. Mending beli jadi kalo ada, heheheh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahha, yep betul biasanya kalau ribet saya mending beli Mba, tapi asam laksa keknya gak ada yang jual di JKT, kalau ada saya bingung carinya dimana hehehe

      Hapus
  2. Horee rendang juara 1...thanks for sharing mbak Endang...
    Nur_padasan

    BalasHapus
  3. Di Indo rasa masakan ini mirip2 apa ya ? OOT sy suka blender bumbu tapi kadang2 ada rasa pait2nya gt, itu knp ya Mba?

    Lis

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak susah juga, karena rempah2nya memang khas masakan malaysia Mba. Pahit biasanya kurang rebus atau ditumis kurang matang

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...