26 Januari 2018

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting


Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Sejak gempa 6.1 skala Richter kemarin di Jakarta, hidup kami di kantor diwarnai rasa kekhawatiran yang cukup kental. Setiap hari karyawan membicarakannya entah itu di lift atau di meja kerja masing-masing. Rasa khawatir itu semakin bertambah ketika gempa susulan datang lagi keesokan harinya dan hari ini. Walau umumnya kami tidak merasakan getarannya karena hanya sekitar 5,1 skala Richter namun gempa susulan itu membuat kami susah move on. Bangunan perkantoran biasanya dirancang untuk bisa bertahan menghadang gempa hingga 8 skala Richter namun bayangan betapa kami dibuat kocar-kacir dengan kekuatan gempa yang jauh lebih rendah di hari Selasa kemarin tetap menakutkan.

Apalagi gempa yang terjadi sebanyak 3 kali dalam 4 hari ini selalu terjadi di siang hari, disaat jam istirahat kantor. Beberapa rekan bahkan bercanda tidak akan mendekam dikantor ketika waktu makan siang dan lebih memilih untuk berada diluar gedung. Kejadian kemarin memang masih baru dan segar dalam ingatan, jadi wajar-wajar saja kami masih dalam kondisi paranoia. Namun sebagaimana gempa-gempa yang pernah terjadi di Jakarta sebelumnya maka waktu akan mengaburkan kejadian tersebut dari ingatan. Kami semua akan kembali ke kondisi normal. Apapun yang terjadi, berserah diri pada Yang Kuasa adalah jalan yang terbaik dan berdoa semoga kejadian itu tidak terjadi lagi. Amin. 

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT
Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Menuju ke cake wortel yang saya share ini. Sebenarnya sudah beberapa kali saya membuat jenis cake ini, resepnya bahkan telah ditayangkan di JTT sejak lama dan bisa diklik pada link disini dan disini. Carrot cake memang unik dan memiliki rasa yang khas, perpaduan antara wortel yang manis, aneka rempah, dan tekstur yang moist memang luar biasa. Sebuah kafe di Senayan City bahkan menjual potongan cake ini dengan harga fantastis, padahal membuatnya sendiri sangat mudah dengan biaya yang sangat terjangkau. Dari beberapa kali trial carrot cake, terus terang belum ada satupun yang membuat hati saya puas. Entah karena cake kurang moist, teksturnya kurang lembut, atau terlalu kering, selalu ada alasan yang membuat hati saya berbisik satu hari nanti harus bisa membuat cake wortel yang super mantap sebagaimana versi kafe-nya.

Nah weekend lalu dalam rangka setor resep untuk Ricoman Brown Sugar, saya lantas mengeksekusi resep carrot cake yang simple ini. Resepnya saya ambil dari blog Gimme Some Oven yang resep-resepnya memang maknyus, tentu saja setelah disesuaikan dengan kondisi di dapur. Hasilnya mantap! Dengan bahan-bahan yang relatif sederhana cake wortel kali ini hadir dengan rasa dan tekstur maksimal. Agar tampilannya benar-benar seperti cake wortel seharusnya maka saya juga menghiasnya dengan frosting yang terbuat dari cream cheese. 

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT
Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Asal muasal cake wortel sendiri masih simpang siur. Banyak ahli sejarah kuliner percaya jika cake ini berasal dari puding wortel di abad Pertengahan yang sering disantap masyarakat Eropa. Evolusi pada makanan ini terjadi pada masa itu tatkala gula dan pemanis lainnya dirasa terlalu mahal untuk kebanyakan orang dan sulit ditemukan dipasaran. Sebagai solusinya masyarakat mulai menggunakan wortel sebagai pengganti gula. Resep cake wortel muncul di awal tahun 1827 didalam sebuah buku masak Perancis yang diterbitkan di Inggris. Resep abad 19 lainnya berasal dari sekolah housekeeping, Kaiseraugst (di Canton of Aargau, Swiss). Menurut Culinary Heritage of Switzerland, cake wortel merupakan salah satu cake yang paling populer di Swiss, terutama untuk kue ulang tahun anak-anak. Popularitas kue wortel dihidupkan kembali di Inggris saat terjadi Perang Dunia Kedua.

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT
Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Sesuai dengan namanya maka bahan utama cake wortel selain tepung, gula dan mentega tentu saja adalah wortel. Beberapa resep lainnya menambahkan cincangan nanas kalengan, kacangan-kacangan seperti walnut dan almond di adonan. Saya pernah share cake wortel dengan cincangan kacang mete dan choco chips, rasanya menurut saya not bad hanya kurang moist. Nah untuk resep kali ini kita hanya menggunakan wortel saja, bisa menggunakan jenis wortel apapun namun wortel dengan warna jingga yang gonjreng akan memberikan tampilan cake yang lebih bagus. Wortel perlu diserut kasar, bisa menggunakan parutan buah untuk rujak, atau cara termudah adalah menggunakan food processor. 

Umumnya cake wortel memiliki warna kecoklatan karena penggunaan brown sugar didalamnya. Brown sugar bisa digantikan dengan palm sugar atau gula palem bubuk, atau jika tidak ada maka gantikan porsi brown sugar dengan gula pasir. Tentu saja gula pasir akan membuat warna cake agak pucat dan mungkin sedikit kurang menarik, walau bukan berarti tidak bisa. Sebagaimana penjelasan saya mengenai brown sugar sebelumnya maka gula jenis ini mengandung molases yang memberikan warna gelap pada gula dan tekstur moist pada produk baking, selain juga membuat rasa dan aroma cake menjadi lebih sedap. Pada resep ini saya menggunakan brown sugar merk Ricoman, tersedia dalam dua jenis yaitu dark dan light brown sugar. Brown sugar merk ini mungkin cukup sulit ditemukan di supermarket dan minimarket, tapi mudah dibeli di online shop. Harganya pun sangat terjangkau dengan berbagai ukuran.

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT
Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Untuk satu resep cake wortel dibawah saya bagi menjadi 2 loyang  diameter 20 cm, atau jika anda ingin cake hadir dengan lapisan yang lebih banyak maka bagi adonan menjadi 3 lapisan. Saya memanggang adonan satu persatu karena oven yang berukuran kecil, namun dengan baking powder double acting maka adonan yang antri bukanlah menjadi masalah. 

Nah jika berbicara tentang cake wortel, sebagaimana red velvet cake, maka tidak bisa dipisahkan dengan frosting atau cream yang menghiasi antara layer dan permukaan cake. Frosting umum untuk kedua jenis cake ini adalah cream cheese. Kendala utama kala membuat cream cheese frosting adalah adonan yang encer (kurang pekat) sehingga sulit dioleskan pada cake. Biasanya ini terjadi karena jenis cream cheese yang memang kurang pekat. Saran saya gunakan jenis cream cheese batangan karena memiliki tekstur padat, dan bukan cream cheese dalam cup yang banyak mengandung air. Kondisi cream cheese bisa dingin atau suhu ruang namun kondisi yang dingin membuat tekstur frosting lebih pekat dan mencegahnya mudah encer.

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT
Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Kunci penting lainnya membuat frosting berbahan cream cheese adalah jangan kocok terlalu lama hingga mentega meleleh dan membuat tekstur frosting encer.  Ketika tampilannya telah smooth segera masukkan gula bubuk dan proses 1 atau 2 menit hingga terlihat homogen dan lembut. Jika frosting terlalu kaku tambahkan 1 atau 2 sendok makan susu cair agar konsistensinya tidak terlalu berat, dan jika terlalu encer maka tambahkan beberapa sendok makan gula bubuk kedalam adonan. 

Untuk menata cake, pastikan kondisinya telah benar-benar dingin sebelum frosting diaplikasikan. Kondisi cake yang hangat akan membuat frosting meleleh, cara tercepat adalah dengan memasukkan cake ke dalam chiller hingga dingin baru frosting dioleskan. Supaya tampilan cake lebih menarik, cincangan kacang almond panggang atau pistachio bisa ditaburkan di permukaan cake. Nah, frosting mungkin akan tersisa karena tidak semuanya terpakai untuk dioleskan di cake, masukkan sisa frosting ke dalam wadah tertutup dan simpan di chiller hingga 3 hari atau freezer hingga 1 bulan lamanya. 

Berikut ini resep dan prosesnya ya.

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting
Resep diadaptasikan dari blog Gimme Some Oven - The Best Carrot Cake

Untuk 1 buah cake diamater 20 cm

Tertarik dengan resep berbahan sayur lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
- 250 ml minyak sayur
- 150 gram gula pasir
- 150 gram Ricoman Light Brown Sugar
- 5 butir telur
- 2 sendok teh vanilla extract
- 390 gram tepung terigu protein sedang
- 2 sendok teh kayu manis bubuk
- 1/2 sendok teh cengkeh bubuk
- 2 sendok teh garam
- 2 sendok teh baking powder double acting
- 1 sendok teh baking soda
450 gram wortel serut kasar

Bahan frosting:
- 200 gram cream cheese, kondisi lunak, potong kubus
- 150 gram mentega, lunak suhu ruang
- 2 sendok teh vanilla extract
- 1 sendok teh garam
- 250 gram gula bubuk, ayak

Bahan pengoles loyang, aduk jadi satu:
- 1 sendok makan tepung terigu
- 1 sendok makan mentega
- 1 sendok makan minyak sayur

Bahan lainnya:
Cincangan kacang almond panggang atau pistachio (optional)

Cara membuat:
Siapkan oven, panaskan oven disuhu 170'C, api atas dan bawah.  Letakkan rak pemanggang di tengah oven. 

Siapkan 2 buah loyang diamater 20 cm, olesi permukaanya dengan bahan pengoles loyang hingga rata menggunakan kuas. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan tepung terigu, kayu manis dan cengkeh bubuk, garam, baking powder dan baking soda. Aduk rata, sisihkan.

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Siapkan mangkuk mikser, masukkan minyak sayur, gula pasir dan Ricoman Light Brown Sugar. Kocok dengan speed sedang hingga gula mulai larut. Masukkan telur satu persatu sambil dikocok dengan kecepatan sedang hingga adonan kental, dan lembut.  Tambahkan vanilla extract, kocok rata. Matikan mikser.

Masukkan campuran tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan dalam 3 tahapan. Aduk balik perlahan adonan menggunakan spatula hingga tercampur baik. Jangan berlebihan mengaduk (over-mixed), jika adonan sudah terlihat homogen segera hentikan mengaduk.

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT


Masukkan serutan wortel dalam 3 tahapan, aduk balik hingga tercampur rata.  Tuang adonan ke dalam dua buah loyang dengan porsi yang sama (sekitar 700 gram di masing-masing loyang). Panggang selama 45 menit hingga matang atau tes dengan menusukkan lidi ditengah cake, jika tidak ada adonan yang menempel di lidi maka cake telah matang.

Keluarkan dari loyang diamkan 10 menit agar uap panasnya hilang. Balikkan cake di rak kawat dan biarkan hingga benar-benar dingin sebelum dihias dengan frosting. Atau masukkan ke chiller kulkas untuk mempercepat cake mendingin.

Membuat frosting:

Resep Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting JTT

Siapkan mangkuk mikser, masukkan cream cheese dan mentega, kocok dengan kecepatan sedang hingga menjadi adonan yang halus (smooth) dan bebas gerindil. Masukkan vanilla extract dan garam, kocok rata.

Turunkan kecepatan mikser menjadi rendah, masukkan setengah porsi gula bubuk, kocok hingga tercampur baik. Tambahkan gula dan kocok hingga tercampur rata. Naikkan kecepatan menjadi sedang dan kocok hingga frosting menjadi smooth. Jika adonan terlalu pekat tambahkan 1 atau 2 sendok makan susu cair, dan jika terlalu encer tambahkan gula bubuk.

Menata cake:

Letakkan sebuah cake yang telah dingin di piring saji, olesi permukaanya dengan frosting. Tumpukkan sebuah cake lainnya dan olesi permukaannya dengan frosting sesuai selera. Taburi permukaannya dengan cincangan almond jika suka. Sajikan. Super yummy!

Sumber:
Wikipedia - Carrot Cake



20 komentar:

  1. Waah...manteeep nih susunan menu mbak Endang..ada cemilan, appetizzer,main dish,sampai latte.anyway fotonya tambah seger aja mbak..
    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Nur, senang resep2 JTT disuka Mba,sukses yaaaa

      Hapus
  2. Mbak kalau ga ada cream chese, dan apa yaa?

    Irma krw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Irma, cream cheese hanya buat frosting Mba, ganti saja pakai buttercream biasa.

      Hapus
  3. Aku pernah bikin carrot cake, karena waktu itu aku masih pemula banget, aku pake BP single acting, kuenya ga ngembang, heheπŸ˜‚πŸ˜‚
    Tapi semenjak main di blog ini, aku beli BP double acting, widiwww, ngembang trus cakenya, bahkan brownis pun ikut ngembang (padahal brownis ga usah pake BP tp aku ngeyel) πŸ˜πŸ˜πŸ˜…
    Aku jga susah banget ngelakuin teknik aduk balik, jadinya aku pake mikser tapi kecepatan rendah aja, hehe 😁😬😬

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ika, wakakak iya, sejak pakai double acting semangat baking yaa, karena pasti sukses hehheheh

      Hapus
  4. Mba...prolognya curahan hatiku banget mba...thx mba endang atas sharing crt n resepnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiiiiks, apalagi banyak berita2 bersliweran gempa kemarin bukan yag terakhir mba, kita disuruh siap2 huaaaa

      Hapus
  5. Mbak Endang, saya ikut simpati atas kondisi Mbak saat ini karena gempa. Tawakkal dan berserah diri pada Allah Subhanahu wata'ala kuncinya Mbak. Ikhtiar dari kita juga ada, semisal menyiapkan tas yang isinya alat - alat semisal baju cadangan, minuman, biskuit , pembalut, senter dll. Banyak lah guideline di medsos. Mila

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Mila, thanks tipsnya ya, sangat bermaanfaat sekali, saya justru belum kepikiran tapi menurut saya itu ide bagus mengingat sudah ada peringtan akan ada gempa susulan kedepannya.

      Hapus
  6. Sy suka frosting krimciz, tp belum pernah coba pakai tambahan mentega. Rasanya eneg nggak ya mbak. Krn sy kurang suka frosting dg bahan mentega.

    BalasHapus
    Balasan
    1. menurut saya malah nggak dominan cream cheese ya, jadi justru nggak terlalu eneg karena cream cheese sangat strong rasanya

      Hapus
  7. Mbak mau nanya resep ini kalau saya pakainya loyang bulat diameter 22 cm apakah hasil kue nya bisa setinggu seperti di foto?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tebalnya tentu saja tdk akan sama mba, agak lebih tipis

      Hapus
  8. mbak, kalau misal saya pakai kertas roti dioles mentega alias tanpa menggunakan pengoles loyang apakah bisa? hasilnya sama nggak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Mba, oles margarin saja, tdk perlu pakai pengoles loyang, selama kertas rotinya oke ada lapisan anti lengketnya ya

      Hapus
  9. Mba,kalau misalnya saya tidak pakai baking soda dan hanya dengan baking powder double acting apakah tidak apa apa?dan jika boleh, baking powdernya ditambakan berapa banyak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mba, skip saja baking soda, ganti porsi baking soda dengan baking powder double acting

      Hapus
  10. Mba endang, tks resepnya ya...pengen segera eksekusi :) Mba, kalau sy pakai dark brown sugar, apakah takarannya berubah ya ? dan hasilnya apakah jadi lbh gelap ya mba? Tks

    BalasHapus
    Balasan
    1. takaran sama saja,dan yep hasil lbh gelap tapi sama enaknya

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...