17 Januari 2018

Resep Brown Sugar Muffin


Resep Brown Sugar Muffin

Jika saja saya bisa mendengar 'curhat' tetangga didepan rumah kala menyaksikan tingkah polah dan perjuangan saya memotret aneka makanan di teras, mungkin saat ini telinga saya sudah sepanas wajan penggorengan. Setiap weekend dan terkadang dipagi hari sebelum berangkat ke kantor, berdaster dengan rambut dijepit awut-awutan, saya beraksi diteras bersama sebuah kamera, tripod dan aneka pernak-pernik propping yang heboh. Saya sangat yakin dari jendela tingkat atas dengan mudah si tetangga bisa melihat semua aksi yang saya lakukan di teras walau selama ini jendela-jendela tersebut selalu tertutup rapat. 

Teras rumah Pete bahkan sudah tidak berbentuk teras umumnya. Dua buah meja besar untuk meletakkan background kayu nangkring disana dan sebuah kursi untuk memanjat keatas meja kala harus memotret dari sisi atas berada dibaliknya. Tampilannya sudah persis TPU 'dadakan' yang didirikan disudut-sudut jalanan kala pilkada. Hal yang 'memalukan' lainnya adalah seringkali jika perut sudah kelaparan berat, dan makan harus tertunda karena masakan perlu difoto terlebih dahulu, maka saya menyantapnya langsung di teras saat itu juga. Saya yakin, betapa bingungnya si tetangga ini dengan adegan-adegan yang terjadi. Untungnya pagar rumah yang tinggi menghalangi pemandangan orang yang berlalu-lalang dijalanan, jadi saya tak terlalu peduli jika hanya tetangga didepan rumah saja yang menyaksikannya. 😄

Resep Brown Sugar Muffin
Resep Brown Sugar Muffin

Pada weekend kemarin saya mencoba hal yang lain yaitu merekam satu resep untuk mewujudkan cita-cita membuat video memasak. Nugget pisang menjadi menu perdana yang dicoba karena super mudah. Kali ini semua bahan-bahan untuk memasak saya impor dari dapur, dan kehehohan di teras bertambah dengan tumpukan baskom dan mangkuk. Karena saya tidak memiliki extended arm atau boom arm yang dipasang di tripod agar kamera bisa mengambil gambar tegak lurus dari atas, maka saya menggunakan tripod yang sedikit dimiringkan. Nah agar si tripod tidak terjungkal karena beban kamera yang berat, saya lantas menggantungkan sekantung tepung tapioka pada kaitan yang tergantung dibagian bawah tripod. Biasanya para fotografer betulan akan menggantungkan sekantung pasir (sandbag), tapi karena ini amatiran maka sekilo tepung atau beras didalam kantung kresek yang tergantung dibawah tripod sudah cukup menahannya tidak tersungkur kedepan. Hasilnya tidak benar-benar tegak lurus, mungkin hanya membentuk sudut 70 derajat, tapi itu sudah lumayan. Benar-benar modifikasi abal-abal yang menggelikan jika seseorang melihatnya dari kejauhan.

Resep Brown Sugar Muffin
Resep Brown Sugar Muffin

Kamera pun di setting, peralatan dan bahan-bahan yang telah ditimbang diletakkan pada wadah-wadahnya. Untuk mengetes hasil gambar, saya lantas menshoot beberapa action dan melihatnya di layar kamera. Not so bad lah! Jadi aksi pun dimulai. Ini adalah rekaman proses memasak yang pertama, walaupun di teras hanya ada saya seorang diri bersama puluhan semut yang berbondong-bondong datang karena mencium aroma gula, entah mengapa jantung ini deg-degan juga. Satu hal yang saya sering lakukan kala memasak adalah melakukannya secepat mungkin, siapa sih yang ingin berlama-lama didapur bukan? Akibatnya terkadang adonan terciprat dan berloncatan kemana-mana. Jika di dapur maka tetesan tersebut cukup dilap dengan sehelai serbet, beres. Tapi didepan kamera hal sekecil apapun tentu saja terekam, sepertinya saya harus menyesuaikan speed memasak kalau hendak melakukan proses shooting lagi. 

Resep Brown Sugar Muffin
Resep Brown Sugar Muffin

Lelah, capek, kesal, tidak puas, ingin berteriak adalah berbagai perasaan yang saat itu berkecamuk didada kala melakukan proses merekam. Saat sesi membuat nugget selesai dan menunggu makanan tersebut matang dikukusan, iseng saya lantas mengecek hasil film di laptop. Tobat! Adalah ungkapan yang pertama kali saya cetuskan kala melihatnya. Menyaksikan rekaman tangan sendiri terasa super aneh, lebih aneh lagi kala menyadari lengan saya terlihat super gendut seperti timun suri dengan jemari-jemari jumbo seperti terung telunjuk. Kulit saya yang sawo matang jika dilihat dengan mata telanjang, kini tampak sewarna sawo gosong (akibat lighting yang kurang bagus), dan keseluruhan adegan video terasa kacau. Boro-boro hendak melakukan proses editing, saya bahkan enggan melihatnya untuk kedua kalinya. 

Anda pernah melihat video 50 detik a la BuzzFeed yang sering nongol di Instagram? Terlihat ringkas, simple dan mudah bukan? Selama ini pendapat itu lah yang bercokol didalam benak saya. Kenyataannya sama sekali tidak mudah! Bukan berarti saya putus asa, sama sekali tidak. Karena semua ini membuat saya super penasaran! Jauh dilubuk hati saya berkata pada diri sendiri jika benar-benar serius maka semua hambatan tersebut bisa ditaklukkan. Jadi saat ini saya sedang mempersiapkan beberapa hal untuk memoles proses shooting menjadi lebih oke seperti tambahan lampu yang menunjang lighting, serta penyangga kamera agar posisinya benar-benar bisa overhead. Saya tidak ingin berinvestasi terlalu mahal pada peralatan penunjang ini, jadi memanfaatkan alat-alat seadanya dirumah hal yang akan dilakukan.

Resep Brown Sugar Muffin
Resep Brown Sugar Muffin

Wokeh sekarang ke resep brown sugar muffin kali ini. Umumnya saya membuat muffin dengan adonan yang cukup diaduk-aduk saja, kali ini saya mencoba versi berbeda. Mentega dan telur dikocok terlebih dahulu hingga mengembang agar tekstur muffin lebih ringan dan tidak terlalu padat. Saya menggunakan brown sugar merk Ricoman, bagi anda yang penasaran dimana bisa memperoleh gula ini dan harganya maka beberapa toko online sudah menjualnya. Harganya sangat terjangkau, ukuran 1 kg hanya sekitar 45 - 50 ribu rupiah saja, tersedia juga ukuran 500 gramnya. Brown sugar biasanya diresep tidak menggantikan posisi gula pasir seutuhnya, jadi tetap harus di mix antara gula pasir dan brown sugar. Aroma brown sugar lebih harum, dan memberikan tekstur moist pada produk baking. Apakah brown sugar bisa digantikan dengan gula palem? Yep, tentu saja, bisa digantikan dengan gula palem bubuk atau gula pasir ya.

Berikut resep dan prosesnya.

Resep Brown Sugar Muffin

Brown Sugar Muffin
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 12 buah muffin

Tertarik dengan resep muffin lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Muffin Keju Cheddar
Chocolate Muffin - Muffin Coklat yang super nyoklat!
Muffin Kukus Ketan Hitam & Keju

Bahan:
- 60 gram mentega/margarine
- 50 gram minyak sayur
- 100 gram brown sugar (saya pakai merk Ricoman jenis Light Brown Sugar)
- 70 gram gula pasir
- 2 butir telur ukuran besar
- 1 sendok teh vanilla extract
- 1  sendok teh baking powder double acting
- 1 ½ sendok teh kayu manis bubuk
- ¼ sendok teh  garam
- 320 gram tepung terigu protein sedang/rendah
- 225 ml susu cair

Bahan untuk mengoles muffin:
- 2 sendok makan mentega leleh
- 3 sendok makan brown sugar (saya pakai merk Ricoman jenis Light Brown Sugar)
- ½ sendok makan kayu manis bubuk

Bahan pengoles loyang, aduk jadi satu:
- 1 sendok makan margarin
- 1 sendok makan minyak sayur
- 1 sendok makan tepung terigu

Persiapan:
Panaskan oven,  set disuhu 175’C, letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang muffin dengan 12 lubang, olesi permukaannya dengan bahan pengoles,  sisihkan.

Aduk jadi satu di sebuah mangkuk:  baking powder, baking soda, kayu manis bubuk,  garam, dan tepung terigu. Sisihkan.

Masukkkan 3 sendok makan brown sugar dan kayu manis bubuk ke dalam mangkuk, aduk hingga rata. Kita akan gunakan campuran ini untuk ditaburkan ke muffin ketika kue telah matang.

Cara membuat:

Resep Brown Sugar Muffin

Siapkan mangkuk mikser, masukkan mentega/margarine, minyak sayur, brown sugar, dan gula pasir. Kocok dengan kecepatan rendah hingga tercampur baik, naikkan kecepatan menjadi tinggi dan kocok hingga mengembang, putih, terlihat ringan dan lembut. Masukkan vanilla extract, kocok hingga rata.

Masukkan sebutir telur ke dalam adonan, kocok dengan kecepatan sedang hingga tercampur baik dan adonan homogen. Masukkan telur kedua, dan kocok hingga tercampur rata. Pastikan adonan tercampur dengan baik sebelum memasukkan telur berikutnya. Matikan mikser.


Resep Brown Sugar Muffin

Masukkan campuran tepung dengan cara diayak langsung diatas adonan, berselang seling dengan susu cair. Bagi dalam 3 tahapan dan pastikan tercampur dengan baik setiap tahapannya sebelum ditambahkan tepung terigu atau susu cair berikutnya.  Aduk dengan teknik aduk balik menggunakan spatula. Jangan berlebihan mengaduk, jika sudah tercampur dengan baik segera hentikan.

Tuangkan adonan ke dalam loyang muffin yang sudah disiapkan menggunakan sendok sayur, kira-kira ¾ tinggi loyang. Masukkan loyang ke dalam oven dan panggang selama 40 menit atau hingga permukaan muffin terlihat mengeras, coklat keemasan dan ketika lidi ditusukkan di tengah muffin tidak ada adonan yang menempel di lidi.

Keluarkan dari oven dan diamkan 5 menit untuk menghilangkan uap panasnya. Keluarkan muffin dari loyangnya dan tata di rak kawat.  Olesi permukaanya dengan mentega leleh menggunakan kuas dan taburi permukaan muffin dengan campuran brown sugar dan kayu manis bubuk. Atau celupkan permukaan muffin ke campuran brown sugar dan kayu manis bubuk. Sajikan.



10 komentar:

  1. Mba Endang, kalo ga punya brown sugar, gula pasir nya tambah berapa bayak ya? Apa bisa di ganti gula merah kering? -emilia-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba emilia, bs pakai gula palem bubuk atau ganti semua dengan gula pasir mba, takaran gula sama ya

      Hapus
  2. Mbak endang..antara mixer biasa dan stand mixer(yg ada mangkok adonannya)_tp bukan heavy duty ya mbak...lebih baik yg mana yaa mbak?kl mbak Endang posting yg cake jd galau pengen punya mixer tp suka bingung milih yg mana..hehe
    Terimakasih banyak mbak Endang...semoga dimudahkan bikin vidionya
    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Nur, yang stand mixer lebih enak karena gak capek kudu megangin miksernya dan bs ditinggal2 ya. Saya dulu punya philips stand mixer hanya saja stand nya sudah rusak, bahan plastik mudah patah, tapi miksernya sendiri sampai skrg masih baik2 saja dan sudah hampir 8 tahun bo hehehehe

      Hapus
  3. mbak Endang, terima kasih atas resep2nya dan jerih payahnya dlm berbagi ilmu memasak.. jazaakillahu khairan. semoga dibalas dengan keberkahan usia.

    membaca prolognya bikin merasa nggak sendirian dlm menghadapi byk tantangan saat memulai sesuatu yg baru untuk continuous life improvement, meskipun di bidang yg berbeda. semangat ya mbak! semoga menjadi amal jariyah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, senang resep2 dan artikel JTT disuka. Amin atas doanya ya, sukses dan sehat selalu Mba.

      Hapus
  4. sering lihat muffin ini di asian food channel mba,, jd pingin bikin nih cuman harus nyari dulu bp double actingnya mb endang.. aku belum nemu2
    alma-bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Alma, beli onlen saja Mba, banyak kok BP hercules dijual harganya juga sangat terjangkau, sekaleng gede paling cuman 40 rb bs buat bikin banyaaak kue

      Hapus
  5. Baking powder yg double acting apa boleh diganti dgn yg biasa dgn takaran yg sama atau double mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda reaksinya ya Mba, memperbanyak BP single acting (biasa) bukan berarti kue akan mengembang tapi justru rasanya jadi aneh.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...