05 Januari 2018

Resep Juicy Chicken Karaage


Resep Juicy Chicken Karaage

Jika sudah tergila-gila dengan satu makanan maka serasa setiap hari menu harus diisi olehnya. Nah chicken karaage ini sekarang masuk dalam list makanan terfavorit saya bulan ini, sebenarnya sejak bulan lalu, tapi jika belum dieksekusi dirumah rasanya masih ada yang mengganjal dihati. Walau menu yang sama sudah pernah diposting di blog beberapa tahun yang lalu, kala itu masih menggunakan kamera jadul dengan kualitas gambar agak buram dan resep yang kurang tokcer, kini saya posting ulang dengan rasa dan tampilan yang lebih baik. 

Karaage sebenarnya adalah teknik memasak a la Jepang dengan cara menggoreng aneka bahan makanan dalam minyak yang banyak (deep fried). Bahan makanan yang bisa diolah dengan cara ini bervariasi selayaknya gorengan a la Indonesia umumnya seperti cumi-cumi, gurita (octopus), gobo, ayam, atau ikan. Ayam merupakan protein hewani yang paling populer diolah dengan cara ini, tak heran jika nama chicken karaage lebih familer ditelinga dibandingkan squid karaage atau fish karaage. 

Resep Juicy Chicken Karaage
Resep Juicy Chicken Karaage

Ada berbagai macam bumbu yang bisa ditemui ketika kita hendak memasak ayam goreng a la Jepang ini dan mencari resepnya di internet. Saya sendiri berusaha membuatnya mirip selayaknya chicken karaage yang biasa disantap di restoran Jepang. Ada rasa unik yang membedakannya dengan ayam goreng a la Western atau ayam goreng lokal umumnya. Menurut saya karena penggunaan soy sauce (kecap asin) dan minyak wijen didalam rendaman bumbunya. Saran saya, jika anda hendak mengeksekusi si ayam goreng ini maka jangan sungkan-sungkan untuk menggunakan kecap asin berkualitas baik karena akan memberikan rasa yang lebih maksimal di masakan. Merk kecap asin andalan saya adalah Lee Kum Kee jenis Premium Light Soy Sauce, ini bukan promosi, tapi terus terang sejak menggunakannya pertama kali beberapa tahun yang lalu maka saya tidak pernah menggantinya dengan kecap asin merk lain. Sebotol kecap asin ini memang memiliki harga lebih mahal dibandingkan jenis soy sauce lain apalagi jika dibandingkan merk lokal, namun rasanya memang jauh berbeda. 

Resep Juicy Chicken Karaage
Resep Juicy Chicken Karaage

Merk kecap asin lainnya yang pernah saya pakai adalah Kikkoman. Menurut saya rasanya juga sedap tetapi terlalu asin. Ketika dipakai untuk cocolan sushi maka rasa asinnya sanggup merusak rasa sushi yang mild. Jika menggunakan merk ini maka sesuaikan porsi kecap asin atau garam dari resep. Untuk minyak wijen, nah saya sudah mencoba aneka merk, tapi karena saya termasuk pecinta Lee Kum Kee maka saya pun menggunakan merk yang sama. Tidak semua orang suka rasa dan aroma minyak wijen, tapi saya menyukainya. Menurut saya, untuk masakan tertentu minyak wijen memberikan rasa unik yang membuat masakan menjadi jauh lebih spesial. 

Membuat chicken karaage super duper mudah. Untuk ayamnya saya menggunakan  fillet paha yang memiliki tekstur daging lebih berlemak dan juicy. Kondisinya sudah berbentuk fillet ketika saya membelinya dari sebuah supermarket dan tanpa kulit, jadi sesuaikan dengan selera apakah anda hendak menggunakan  kulit ayam atau membuangnya, kedua alternatif ini sama sedapnya di chicken karaage yang dibuat. Jika menggunakan fillet dada, buat potongan yang jangan terlalu tebal (tapi jangan juga terlalu tipis), agar bumbu bisa meresap masuk tetapi tidak membuat fillet terlalu kering kala digoreng. Daging ayam perlu direndam dalam bumbu marinadenya minimal 4 jam, paling bagus jika direndam semalamam. 

Resep Juicy Chicken Karaage

Nah bumbu marinade ini super simple dibuat, saya menambahkan susu cair karena susu atau buttermilk mampu membuat tekstur daging ayam lebih empuk, lembut dan juicy. Alergi susu? Skip saja bahan ini, gantikan dengan air biasa dan 1 sendok makan tepung maizena. 

Karena ayam ini harus dibalut tepung sebelum digoreng maka saya menceburkannya kedalam campuran tepung maizena bersama sedikit merica, garam dan cabai bubuk. Tepung maizena dikenal mampu memberikan tekstur garing renyah pada aneka gorengan. Saya tidak terlalu merekomendasikan penggunaan tepung bumbu, bukan karena kurang garing, tapi karena rasanya yang asin. Bumbu marinade yang kaya saus sudah memberikan rasa asin, jadi sesuaikan garam jika anda hendak menggunakan tepung berbumbu siap pakai.  Hal yang paling mengesalkan kala membuat gorengan dengan balutan tepung kering seperti ini adalah tangan yang belepotan adonan, nah untuk mengakalinya saya memasukkan campuran tepung ke dalam wadah plastik. Ayam cukup diceburkan ke dalam wadah berisi tepung dan dikocok hingga terbalut dengan baik. Cara praktis ini membuat tangan kita bebas tepung dan adonan. 

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Juicy Chicken Karaage

Juicy Chicken Karaage
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan resep ayam goreng lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Ayam Goreng Terasi
Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang
Ayam Goreng Spicy

Bahan:
- 500 gram fillet paha ayam, potong ukuran 4 x 5 cm
- minyak yang banyak untuk menggoreng

Bumbu perendam ayam:
- 3 siung bawang putih
- 2 cm jahe
- 1 sendok teh merica bubuk
- 3 sendok makan soy sauce (gunakan yang premium)
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok makan minyak wijen
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 150 ml susu cair

Bahan dan bumbu tepung:
- 6 s/d 8 sendok makan tepung maizena
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk

Cara membuat:

Resep Juicy Chicken Karaage

Siapkan mangkuk untuk merendam ayam, masukkan potongan ayam. Saya pakai fillet paha, bisa menggunakan fillet dada yang diiris agak tipis.

Siapkan gelas blender dry mill, masukkan semua bumbu perendam ayam ke gelas blender. Proses hingga halus. Tuangkan bumbu ke ayam, aduk rata. Tutup mangkuk berisi ayam dengan plastic wrap, simpan ayam di kulkas minimal 4 jam (saya menyimpannya selama semalam).

Siapkan sebuah wadah plastik yang memiliki tutup, masukkan semua bahan dan bumbu tepung untuk membalur ayam. Tutup wadah dan kocok hingga rata.

Siapkan wajan anti lengket dan beri minyak agak banyak, panaskan dengan api sedang.

Resep Juicy Chicken Karaage

Masukkan 2 atau 3 potongan ayam ke dalam wadah berisi tepung. Tutup wadah dan kocok hingga tepung melumuri permukaan ayam dengan baik. Angkat ayam dengan garpu, ketukkan untuk membuang kelebihan tepung. Goreng ayam di minyak panas, gunakan api kecil saja saat menggoreng agar permukaan ayam tidak mudah gosong tetapi bagian tengahnya matang.

Note: jika anda ingin mencicipi rasa ayam apakah sudah pas asinnya maka goreng sepotong ayam terlebih dulu hingga matang dan sesuaikan garam di sisa rendaman ayam di mangkuk.

Goreng ayam hingga permukaannya kecoklatan, angkat dan tiriskan di rak kawat. Sajikan segera dalam kondisi hangat dengan nasi putih dan saus cabai. So yummy!

Sumber:
Wikipedia - Karaage





8 komentar:

  1. Enaaak..ngabisin nasi seceting...mbak endang gelas n botolnya cakep..unyu2
    Nur_padasan

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mba Nur, yep memang ngabisin nasi seceting mba wakkakak

      Hapus
  2. mba endang kalau mau disimpan di freezer, bisa kah? bisa tahan brapa lama mba? matur nuwun

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa mba, menurut saya baiknya digoreng setengah matang seperti yag dijual di pasaran (dalam kemasan), baru dibekukan. ketika akan dimakan baru digoreng sampai kering. tahan 3 blan mba

      Hapus
  3. Mba, kalo misalnya mau bikin ini tapi pake sayap ayam bisa ngga? Kalo bisa, brp kg sayap utk 1 resep ini? Makasi mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa Mba, untuk jumlah sayap saya kurang tahu ya, yang jelas berat ayam 500 gram

      Hapus
  4. Hi mbak Endang, selamat Tahun Baru ya.... hanya mau menambahkan, selain susu dan buttermilk - air jeruk juga bisa bikin daging ayam lebih empuk dan juicy, ga kering gitu.. saya suka pakai jeruk peras sekitar 1-2 butir (tergantung ukuran jeruk dan banyaknya ayam).
    Lalu kalo kikkoman, buat celupan sushi dan sashimi - saya biasanya tambahkan mirin dan sedikit air buat ngencerin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Maria, thanks tipsnya yaa, akan saya coba triknya, keknya enak ada aroma dan rasa jeruk peras, harum!

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...