18 Januari 2017

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang


Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang

Setelah sukses mencoba Tahu Crispy Siram Cabai Bawang Garam yang pernah saya posting resepnya disini, maka kali ini saya coba menggunakan bahan lainnya yaitu dada ayam. Potongan dada ayam beku yang lumayan banyak di freezer sudah cukup lama mendekam disana, terus terang saya sudah kehilangan selera dan juga akal hendak mengolahnya menjadi menu seperti apa. Dulu setiap pagi sebelum berangkat ke kantor saya akan membumbuinya dengan merica, garam dan sedikit rempah-rempah a la Meksiko, fillet kemudian saya pan fried sebentar dan menjadi bekal makan siang di kantor. Namun kini, baru membayangkannya saja perut saya langsung merasa 'eneg'.

Beberapa pembaca JTT yang mencoba resep ini bahkan telah memodifikasinya dengan menggunakan bahan lain seperti tempe dan menurut mereka tak kalah lezatnya. Jadi saya pun menggunakan resep yang sama untuk mengolah dada ayam ini. Resep ini juga hadir di buku kelima saya, masih seputar 'homemade cooking', yang mungkin akan launching di bulan Februari bersamaan dengan buku keempat yang bertema 'homemade baking'. Saya akan mengumumkannya di JTT dan media sosial lainnya jika kedua buku tersebut sudah bisa dipesan ya. 

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang
Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang

Untuk membuat ayam cabai bawang garam seperti ini, jika anda menggunakan dada ayam, maka sebaiknya fillet dipotong ukuran kecil sekitar 1,5 cm. Potongan kecil membuat ayam mudah matang ketika digoreng. Berdasarkan pengalaman, terlalu lama menggoreng dada ayam akan membuat teksturnya menjadi keras seperti karet. Tentu saja bukan bagian dada saja yang mantap untuk diolah, fillet paha atau ayam utuh yang dipotong kecil-kecil bersama tulangnya juga tak kalah sedapnya. Saran saya potonglah menjadi ukuran yang kecil, sehingga potongan ayam mampu berbaur sempurna bersama bawang putih goreng yang crispy

Tips berikutnya tentu saja terletak pada proses pengolahan bawang yang tepat. Mengingat menu ini bernama ayam goreng tabur cabai bawang garam maka tentu saja komposisi taburannya terdiri atas cabai, bawang putih dan garam. Bawang putih tentu saja mendominasi bumbu taburannya, karena itu jangan ragu-ragu untuk menggunakan bawang putih dalam jumlah yang banyak. Percayalah bumbu taburan ini tetap sedap disantap bersama nasi panas walau tanpa lauk utamanya. Bawang putih yang telah dicicang halus wajib digoreng terpisah dalam minyak panas yang banyak agar garing dan renyah, bawang putih yang telah digoreng ini baru kemudian dicampur bersama tumisan bumbu dan bahan lainnya. 

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang
Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang

Mengingat masakan ini paling sedap jika dimakan kala baru saja keluar dari wajan maka sebaiknya dihidangkan mendadak ketika akan disantap. Bukan berarti kurang sedap ketika sudah mendingin hanya saja sensasi renyah bawang putih goreng dan kriuk balutan tepung di ayam akan lebih nendang ketika hidangan masih panas.

Berikut resep dan prosesnya yang mudah ya.

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 4 porsi

Tertarik dengan resep yang sedap untuk mendampingi menu ini? Klik link dibawah ini:
Tumis Kangkung Belacan
Mapo Tofu
Buncis, Jamur dan Udang Saus Tiram  

Bahan ayam goreng: 
- 250 gram fillet ayam, potong kecil ukuran 1, 5 x 1,5 cm
- 3 siung bawang putih, dihaluskan 
- ½ sendok teh merica putih bubuk 
- 1/2 sendok teh garam 
- 1 butir telur
- 1/2  sendok makan kecap asin
- tepung bumbu instan untuk menggoreng ayam secukupnya
- minyak untuk menggoreng

Bumbu:
- 8 siung bawang putih, cincang halus
- 10 buah cabai rawit merah, cincang halus
- 1 sendok teh garam

Cara membuat:

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang

Siapkan mangkuk, masukkan semua bahan ayam goreng kecuali minyak, aduk rata. 

Panaskan minyak agak banyak diwajan, masukkan potongan ayam satu persatu ke dalam minyak panas agar tidak lengket satu sama lain. Goreng ayam hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. 

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang

Siapkan wajan, saring minyak bekas menggoreng ayam dan masukkan kembali ke wajan. Gunakan minyak agak banyak untuk menggoreng bawang putih. Goreng bawang putih hingga kuning sedikit kecoklatan, jangan terlalu lama menggoreng hingga terlalu coklat karena bawang akan menjadi pahit. Angkat dan tiriskan. 

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang

Tuangkan minyak bekas menggoreng dari wajan ke wadah lainnya, sisakan sekitar 2 sendok makan minyak. Tumis cabai cincang dan garam hingga cabai sedikit kering. Masukkan bawang putih goreng, matikan api. Aduk tumisan hingga rata.

Resep Ayam Goreng Tabur Cabai Bawang

Masukkan ayam goreng, hidupkan api dan tumis beberapa detik hingga bumbu tercampur merata dengan ayam. Angkat dan sajikan panas. Super yummy!




18 komentar:

  1. Halo mbak endang, akhirnya diupdate juga blognya :). Selama ini saya hanya jadi silent reader, tp resep2 dari mb endang sudah banyak yang saya eksekusi dan hasilnya mantap. Semoga mendulang sukses yg sama ya mbak untuk buku keempat dan kelimanya, juga buku2 berikutnya. Terima kasih sudah berbagi ilmunya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Witri, thanks yaa sharingnya, senang resep2 JTT disuka. Amin atas doanya ya Mba! ^_^ sukses dan sehat selalu!

      Hapus
  2. selamat ya mbak,smoga bukunya laris manis.mbak endang apa bila tanpa cabe apa tetap enak?soalnya untuk anak 3tahun,takut kepedesan.makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba, yep tetap enak walau tanpa cabai ya.

      Hapus
  3. Hai Mbak..
    Makasih buat ide nya, secara aku suka banget sama ayam he he..

    BalasHapus
  4. Buka resto mbak, saya berjanji akan jadi pelanggan setiaaaa

    Ina

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahaha, thanks mba Ina, sayang modalnya belum ada mba ^_^

      Hapus
  5. Thank you resepnya Kak..
    Enak sekali..
    Jelas, lengkap, anti gagal..
    Tuhan memberkati Kakak dan sekeluargašŸ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thnaks yaa, senang resepnya disuka, GBU! sukses yaaa

      Hapus
  6. Buku ohhh buku, mbak endang i can't wait mbak.hehehehe
    semangat mbak endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks Mba Ardina, kalau sudah ada bukunya akan di woro2 yaa

      Hapus
  7. Halo mba endang... saya fans blog nya mba endang.. resep yang saya coba semua berhasil dengan rasa yang mantap... terimakasih mba endang... terus berkarya....

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya Mba, sennag resep2nya dsuka, sukses yaaa

      Hapus
  8. Haii Mba Endang, selalu suka buka blog Mba deh. Ibaratnya kl aku blg ke suami Mba itu guru masak aku. Sukses terus ya Mba, ditunggu aneka resep lainnya. ❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sylvia, thanks sharingnya yaa, senang resep2 nya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  9. Mbak Endang, salam kenal dari Hana di Mojokerto. selama ini jadi silent reader. ngefans banget deh. resep-resepnya semuanya mudah dimengerti dan gampang dipraktikkan.
    plus, ada monolog yang menarik buat dibaca.
    sukses terus mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Hana, salam kenal ya, thanks sharingnya, senang resepnya disuka. sukses yaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...