06 Januari 2017

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur (Vegetarian Style)


Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Yeay, it's Friday! Hari yang selalu dinantikan bagi pekerja kantoran seperti saya, rasa senangnya bahkan melebihi libur di hari Sabtu sekalipun. Jumat memberi harapan bahwa dua hari berikutnya akan dipergunakan untuk berleha-leha, atau mengisi waktu dengan kegiatan yang menyenangkan. Sebenarnya lima hari kerja bukanlah pekerjaan yang memberatkan, jauh dari itu. Saya beruntung memiliki kantor dengan boss yang sangat baik, dan memberikan kebebasan untuk berkreasi. Dikelilingi dengan rekan-rekan kerja yang penuh dengan aneka karakter yang sebagian besar menyenangkan, lucu dan terasa kekeluargaan. Tidak ada yang berpenampilan mencolok disini, dan umumnya kami mengenakan busana yang casual saat bekerja sehari-hari. Terus terang saya sangat menyukai gaya kantor yang seperti ini, tidak terlalu resmi dan memiliki aturan berpakaian yang ketat.

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur
Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Kantor seperti ini juga sangat mendukung program penghematan, saya tidak perlu menghabiskan banyak biaya untuk membeli pakaian bergaya 'office look' yang biasanya memiliki harga lebih mahal dibandingkan baju casual. Dulu ketika masih bekerja di sebuah perusahaan Bancassurance, karena berhubungan dengan perbankan maka penampilan menjadi satu hal yang sangat diperhatikan. Jas, kemeja, rok, stocking dan sepatu berhak tinggi, adalah lima perlengkapan busana yang wajib dikenakan pada hari-hari tertentu, plus tentu saja muka yang dibalur bedak dan bibir yang dicat warna-warni menjadi hal wajib lainnya. Terus terang saya cukup tersiksa dengan aturan itu, bagi perempuan tomboy seperti saya yang memakai pakaian sekenanya dan malas berdandan maka kewajiban tampil selalu rapi menjadi tantangan yang saya benar-benar enggan menantangnya.  

Membayangkan berlama-lama di depan kaca, mengoles aneka krim, bedak, mascara, eye shadow, pensil alis atau membuat polesan lipstik tampak sempurna terasa membuang waktu yang menurut saya sangat berharga. Bayangkan jika setiap berdandan menghabiskan waktu tiga puluh menit, dan kita berdandan dua kali dalam sehari yang berarti satu jam waktu terbuang, dalam satu minggu berarti 7 jam dan satu tahun 336 jam! Tobat, 336 jam untuk berdandan? Bukankah waktu sebanyak itu bisa dipakai untuk hal lain yang bermanfaat? Well, ini hanyalah pendapat pribadi saya yang memang memiliki kepribadian 'katrok' dalam soal berdandan, bagi mereka yang memang gemar melakukannya maka 336 jam mungkin terasa kurang. ^_^

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur
Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Wokeh lupakan intermezo diatas, entah mengapa saya menulis tema tersebut, kembali ke resep quiche yang kini saya hadirkan. Quiche (dibaca keesh) merupakan sejenis pie gurih tanpa penutup dipermukaannya, biasanya isi quiche terbuat dari adonan custard dengan tambahan keju, daging, seafood, dan sayuran. Karena berupa pie maka biasanya quiche menggunakan crust (kulit pie) dibagian dasarnya. Makanan ini aslinya berasal dari Prancis dan memiliki banyak variasi, namun umumnya berupa crust yang diisi dengan adonan yang terbuat dari kocokan telur, susu cair, keju dengan tambahan protein hewani dan sayur-sayuran. Sebagaimana pie lainnya maka quiche dipanggang hingga kulit pastry tampak kecoklatan dan isi menjadi mengeras. 

Malas membuat kulit pie yang membutuhkan banyak mentega agar teksturnya renyah maka saya skip pengggunaan kulit dan langsung memanggang isi adonan ke loyang muffin. Hasilnya tidaklah terlalu buruk walau jika menggunakan kulit pie maka rasa quiche menjadi lebih gurih dan tidak terlalu 'eneg' karena perpaduan crust yang asin renyah sangat pas dengan custard yang gurih dan lembek. Jika anda ingin menggunakan crust maka resep kulit pie pada link disini saya rekomendasikan karena sangat mudah dibuat dan memiliki tekstur renyah dan flaky. 

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur
Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Membuat quiche sangat mudah, bahan utama adalah telur, susu cair dan keju. Bahan lain yang bisa ditambahkan seperti tumisan daging sapi atau ayam giling, udang, daging tuna kalengan, dan aneka sayuran seperti brokoli, bayam, wortel, kacang polong, jamur, daun bawang, paprika, dan kembang kol bisa dipergunakan. Untuk versi kali ini saya skip penggunaan aneka daging karena memang tidak ada sepotong pun daging sapi dan ayam beku tersedia di freezer, namun jika anda hendak menggunakannya maka gunakan daging giling dan tumis daging bersama bawang bombay hingga matang baru dimasukkan semua jenis sayuran yang digunakan. 

Untuk sayurannya saya menggunakan bayam, jika anda menggunakan bayam, brokoli, kembang kol, kacang polong dan wortel maka rebus terlebih dahulu sayur yang akan digunakan hingga setengah matang baru dicampurkan ke kocokan telur dan bahan lainnya. Atau tumis sayuran bersama bawang bombay dan daging-dagingan yang digunakan hingga setengah matang. Untuk kejunya, quiche biasanya menggunakan jenis keju feta yang berwarna putih dan bertekstur crumble (remah), dan keju cheddar. Jika anda memilikinya maka tidak ada salahnya menambahkan sekitar 30 gram keju feta yang dihancurkan ke dalam adonan. Untuk resep ini saya hanya menggunakan keju cheddar biasa dan jenis keju yang mudah meleleh sebagai topping-nya.  

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur
Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Ada dua step dalam membuat quiche, pertama menumis bumbu dan sayuran hingga matang, dan step kedua adalah mengocok telur, susu cair dan bumbu lainnya, baru kemudian bahan-bahan dari kedua step ini dicampur menjadi satu bersama keju parut dan bayam rebus. Untuk memanggangnya, saya menggunakan loyang muffin ukuran standar yang memiliki lapisan teflon, untuk mencegahnya lengket maka saya mengoleskan margarine banyak-banyak di permukaan loyang. Hasilnya quiche mampu keluar dengan mudah ketika dilepaskan saat telah matang.

Jika menggunakan kulit pie, maka gunakan loyang pie bongkar pasang, atau jika anda hendak menggunakan loyang muffin seperti ini maka alasi dasar loyang dengan kertas baking yang dipotong bulat dengan diameter yang sama dengan dasar masing-masing cup diloyang. Kertas baking akan mencegah kulit pie lengket didasar loyang, dan kita cukup menggerakkan sebilah pisau dibagian tepian pie untuk melepaskannya. Selain itu tips tersebut maka kulit pie sebaiknya dipanggang dulu hingga setengah matang. Untuk mencegah kulit menggelembung ketika dipanggang maka tusuk-tusuk permukaan kulit pie dengan ujung pisau atau garpu, letakkan selembar kertas baking dipermukaan kulit pie, dan beri pemberat diatasnya seperti beras atau kedelai. Cara ini membuat crust memiliki permukaan yang rata. 

Untuk resep ini, saya skip semua keribetan membuat dan memanggang crust, walau saya sangat suka pie namun membayangkan proses membuat kulit pienya selalu berhasil memudarkan keinginan untuk mencobanya. Quiche tahan hingga 3 hari lamanya di dalam chiller kulkas dalam wadah tertutup rapat, panaskan di microwave jika akan disantap.

Berikut resep dan prosesnya ya.  

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Mini Quiche Bayam & Jamur
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 12 buah mini quiche

Tertarik dengan resep sejenis  lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Quiche Bayam & Tuna
Pie Isi Daging & Jamur
Pie Labu Kuning dengan Biscuit Crust   

Bahan:
- 2 ikat kecil bayam segar
- 10 buah jamur champignon, cincang kasar 
- 4 butir telur, kocok lepas
- 200 ml susu cair

Bumbu:
- 1/2 buah bawang bombay cincang kasar
- 3 siung bawang putih, cincang halus
- 60 gram keju cheddar parut kasar 
- 1 sendok makan kecap Inggris (Worcestershire sauce) (optional)
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica putih bubuk
- 1/8 buah pala parut halus
- 1 sendok makan margarine untuk menumis 

Pelengkap:
- 30 gram keju mudah meleleh yang diparut kasar untuk topping 

Cara membuat:
Siapkan loyang muffin, olesi permukaan loyang dengan margarine/mentega hingga rata. Anda juga bisa menggunakan loyang pie bongkar pasang, atau loyang kaca tahan panas. 

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Siangi  bayam, ambil daunnya saja. Cuci bersih, rebus hingga setengah matang. Tiriskan bayam dan siram dengan air dingin, peras kuat-kuat hingga air habis. Cincang kasar bayam, sisihkan. 

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Siapkan pan atau panci (anti lengket lebih baik). Panaskan 1 sendok makan margarine hingga meleleh. Tumis bawang bombay hingga harum, layu, transparan dan berubah warna menjadi sedikit kecoklatan. Aduk-aduk selama bawang bombay ditumis agar tidak gosong. 

Masukkan bawang putih, tumis hingga harum dan matang, sekitar 1 menit. Masukkan jamur, tumis hingga jamur layu dan setengah matang. Angkat tumisan dan biarkan mendingin.

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Siapkan mangkuk besar, masukkan telur, kocok lepas seperti hendak membuat telur dadar. Masukkan susu cair, aduk rata. Tambahkan bayam, tumisan dan semua bahan dan bumbu tersisa lainnya, aduk rata.  Cicipi rasanya dengan menggoreng sedikit adonan. Sesuaikan rasa asinnya.

Resep Mini Quiche Bayam & Jamur

Tuangkan adonan ke loyang muffin yang sudah disiapkan dengan menggunakan sendok sayur hingga cup hampir penuh. Taburi permukaannya dengan keju cheddar parut. Panggang di oven dengan suhu 170'C hingga permukaan quiche mengeras, keju meleleh dan tepiannya tampak kecoklatan. Sekitar 20 - 25 menit.

Keluarkan dari oven, diamkan hingga quiche agak mendingin di loyang dan lepaskan perlahan dengan spatula. Quiche siap disantap dengan saus sambal dan saus tomat. Yummy!

Source:
Wikipedia - Quiche



12 komentar:

  1. Hi Jeng Endang, semoga dirimu dalam keadaan sehat. Hmmmm udah kebayang enaknya, kapan2 pengen nyoba buat. Tapiii ada yang mengganggu pikiran saya nih untuk makanan yang mengandung bayam (salah satu jenis sayur hijau yang saya suka). Seperti yang kita tau, bayam yang biasa suka dimasak sayur bening, katanya gak boleh disimpan lama dan diangetin. Nah gimana kalo masaknya dipanggang atau buat masakan lain yang tidak berkuah? Serem juga sih ada yang bilang kalo kelamaan bisa beracun, sama seperti kangkung juga. Mungkin Jeng Endang bisa berbagi info? Makasih sebelumnya ya :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Mona, hasil baca2, semua sayuran berdaun hijau sebaiknya tidak dipanaskan berkali2 karena akan rusak kandungan gizinya, dipanaskan disini berarti direbus/kukus dalam waktu lama disuhu tinggi, misal dalam sayur bening. Kalau dipanaskan di microwave, waktunya sangat singkat dan tdk membuat sayuran seperti dimasak berulangkali.

      Hapus
  2. Kesukaan ponakan ini mba endang tp dia suka cuma pake keju ma smoked beef. Pakai bayam lumayan sehat sih yaa. Kapan2 aku cobain. Makasih ya mba resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Harsi sharingnya yaa, bs tambah aneka sayuran supaya ada seratnya hehehhe

      Hapus
  3. Mbak Endang, aku suka juga bikin yang mirip seperti itu, tapi tanpa susu. Sayuran rebus÷telur+keju+garam+merica terus panggang deh... mudah, praktis dan enak. Nanti aku coba resep quiche... susah juga namanya... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi mba Nina, thanks sharingnya yaa, yep skip susu juga oke tapi jadi lebih mirip telur dadar panggang ya hehhehe

      Hapus
  4. Halo mbak Endang, selamat tahun baru dan selamat sudah ketemu rumah barunya, ya:) Senengnya JTT punya resep quiche. Mau bikin quiche sendiri deh biar bisa hemat kaya mbak Endang. Kalo beli di S***b*** 30 ribuan amblas cuma buat beli sepotong:) Salam, Heni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Heni, selamat tahun baru juga yaa, sukses dan sehat selalu. Ah ya, mahal memang di starbuck, supaya lebih mirip pakai kulit pie mba dibawahnya jadi gak melulu adonan isi saja. Sukses yaa

      Hapus
  5. Mb Endang duh seneng banget bisa jadi pembaca setia jtt, di mana resepnya yg serba irit murmer dan mudah dibuat. No ribet, pokok nya.4 thn lalu ku belajar bikin kue dr resep mu mba, kalau itu ku baru merit alias br nikah :-D. Beruntung lah ketemu blog ini bs menyelamatkan nasibku, dan skg ku dah mahir dlm cooking n baking. Sukses trus ya mba e, moga Allah melimpahkan kan Rahmat dan ksh sayang Nya pdmu. Amin atas kemurahan hati mu mau berbagi. Luv u

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Harcicah, thanks sharingnya yaa, senang resep2 JTT disuka. Amin atas doanya, sukses dan sehat selalu ya Mba!

      Hapus
  6. Hai Mba Endang, telur itu bahan wajib ga ya? Karena aku penderita eksim, produk dairy (telur, susu hewani, mentega, dll) itu terlarang banget biar ga kambuh gatelnya. Atau bisa diganti dengan yang lain? Terima kasih!

    Nina

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Nina, syangnya untuk quiche telur itu wajib ya, karena untuk membuat adonan mengeras ketika dikukus.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...