04 Januari 2017

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze & Happy New Year 2017!


Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

"You only live once, but if you do it right, once is enough." 
~ Mae West



Hi All! Happy New Year 2017! Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa melimpahkan kita semua berkah dan rahmat yang luber di tahun 2017, dan semoga semua pengalaman di tahun 2016 menjadi pelajaran berharga bagi kita semua. Amin. 

Wow! 2016 yang penuh dengan kesibukan luar biasa akhirnya berlalu juga dengan sangat, sangat cepat. Serasa baru saja menarik nafas dan tahun telah berganti menjadi 2017.  Sejujurnya,  saya tak ingin waktu berlalu sedemikian cepatnya. Andai saya bisa mengeremnya sedikit perlahan sehingga roda berputar di kecepatan lima kilometer perjam ingin rasanya itu saya lakukan. Namun apa daya, waktu sepertinya ingin mengebut a la Formula 1. Tapi pergantian tahun tidak ada jeleknya juga,  tahun yang baru berarti harapan baru, cita-cita baru, resolusi baru, rencana baru, mimpi baru, motivasi baru untuk melakukan hal yang lebih baik dan untuk meraih hal-hal yang belum tercapai di tahun lalu. Kita memang hidup hanya sekali saja di dunia ini, namun jika kita melakukannya dengan benar maka sekali saja sudah cukup. ^_^ 

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Apa yang sudah dicapai di tahun 2016? Hm, pertanyaan tersebut berulangkali saya renungkan dimalam tahun baru di rumah Pete sambil mendengarkan petasan dan kembang api, 'Dar! Der! Dor!' yang memekakkan telinga dan membuat sedikit 'jantungan'. Kalau mau ditelusuri ada satu hal berkesan yang terjadi dalam hidup saya di tahun lalu, apalagi jika bukan keinginan untuk memiliki rumah pertama. Bagi anda yang membaca artikel JTT sebelumnya dengan seksama tentunya tahu dengan cita-cita saya yang satu ini. Tahun 2016 merupakan tahun dimana keinginan untuk mempunyai rumah sendiri, terasa super menggebu-gebu sehingga enam bulan terakhir ini waktu weekend habis didedikasikan untuk survey perumahan dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Sejak tahu betapa mahalnya harga sebuah rumah dengan ukuran imut sekalipun maka rasa sesal merambati dalam hati, mengapa tidak sejak dulu saya menabung untuk membelinya?!

Masih ingat dalam benak lima tahun lalu saya terbahak ketika sahabat saya, Novi, bercerita dia membeli sebuah rumah di daerah Cisauk, Tangerang. Menurut saya, betapa nekatnya Novi memiliki rumah di daerah yang sulit untuk dijangkau dan terasa 'ujung berung' seperti itu. Sepuluh tahun yang lalu Novi membelinya seharga 190 juta rupiah, sebuah rumah mungil yang sesuai untuk pasangan muda yang baru menikah. Ketika berkunjung ke perumahan teman saya tersebut dua bulan lalu, saya dibuat terkejut dengan harganya yang fantastis. Rumah seperti milik Novi kini dibandrol dengan harga lebih dari 600 juta rupiah! "Untung aku dulu mati-matian nekat beli Ndang, walau KPR-nya baru beberapa bulan lagi lunas sih. Sekarang kayanya aku nggak sanggup beli rumah seperti ini lagi," dan saya harus mengakui betapa tepatnya keputusan tersebut.

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze
Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Jika sudah seperti ini, terkadang saya menyesali semua waktu yang sudah berlalu. Menyesali saat-saat dimana memiliki sebuah rumah tidak pernah terlintas dalam benak, walau Ibu saya berulangkali berteriak, "Nabung tho Nduk, supaya bisa beli rumah sendiri," atau kata-kata kakak saya, Wulan, "Beli rumah lah Ndang. Kalau kamu sudah punya rumah sendiri, hati akan terasa tenang, karena tidak ada seorangpun yang bisa membuatmu pergi dari sana." Saat itu saya selalu beralasan tidak memiliki uang muka (DP) yang cukup untuk membeli rumah. Namun alasan itu sebenarnya hanyalah dicari-cari saja, karena alasan sebenarnya adalah malas menabung, mempertahankan gaya hidup berfoya-foya, dan ujung-ujungnya setiap bulan gaji ludes tanpa bentuk yang jelas. Bahkan rasa malu tidak kunjung muncul, kala adik saya, Tedy, yang bekerja belum terlalu lama dan berusia jauh lebih muda dari saya, telah memiliki sebuah rumah sendiri. 

Alasan lainnya adalah enggan mengambil kredit rumah yang membutuhkan belasan bahkan puluhan tahun untuk melunasinya. Rasa takut terikat hutang pada Bank sehingga kaki tidak bebas melangkah dan harus bekerja di kantor belasan tahun agar bisa melunasinya menghantui diri ini. Padahal sepuluh tahun yang lalu hidup saya sama seperti sekarang ini dan kemungkinan sepuluh tahun berikutnya pun akan seperti ini juga, artinya saya tetap harus bekerja agar bisa survived. Bedanya adalah sepuluh tahun yang lalu berlalu begitu saja tanpa memiliki properti satupun sedangkan sepuluh tahun yang akan datang saya akan memiliki sebuah rumah yang bisa saya tata dan modifikasi sesuka hati ini.

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Setelah perjuangan panjang melakukan survey dan survey, dua minggu lalu rasa putus asa semakin membuncah karena tidak ada satupun rumah yang 'sreg' di hati. Adik saya, Tedy, yang tinggal di Cilebut, dengan baik hati menawarkan kembali untuk menemani survey, "Kali ini kita ke daerah Bogor saja Mba Endang, daerah Dramaga dan sekitarnya, lumayan banyak rumah dijual dengan tanah luas." Berbekal dua buah alamat dan no telp agen rumah tersebut, kami pun berkeliling Bogor dan mengecek  beberapa rumah di daerah perkampungan dengan ukuran tanah yang cukup luas. Kali ini semua surat-surat untuk proses pengajuan KPR saya bawa sebagai jaga-jaga jika tiba-tiba ada rumah yang sesuai dan bisa langsung dibooking. Tedy tertawa ngakak melihat map berisikan aneka berkas-berkas tersebut, "Lihat rumahnya saja belum, sudah siapin semua surat-suratnya," komentarnya tidak saya perdulikan, saat itu saya dalam kondisi di ujung desperado sekaligus optimis. Bingung? Saya juga!

Survey di Bogor berakhir mengecewakan, rumah-rumah di perkampungan memang memiliki tanah yang besar minimal 200 meter persegi dengan harga yang cukup murah, yang jadi masalah lingkungan rumah-rumah tersebut kurang mendukung, seperti jalan yang terlalu kecil, jauh dari stasiun dan angkutan umum lainnya, serta dikelilingi semak belukar yang gelap dan kesan yang kumuh.  Kami pun kembali ke Cilebut dengan tangan hampa, kala stres mulai merambati diri, kami mengobatinya dengan menyantap mie goreng Solo dengan ayam kampung yang sedap dan murah. Makanan memang selalu menjadi pelarian saya untuk mengobati hati, tak heran jarum timbangan semakin ke kanan.  ^_^

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Tapi Tuhan sepertinya tahu dengan penderitaan saya dan tampaknya merasa sudah cukup menguji kesabaran ini. Ketika perjalanan pulang ke rumah Tedy, saya melihat spanduk besar promo perumahan baru di sepanjang jalan Cilebut, salah satu spanduk perumahan tersebut menarik minat saya dan kami pun langsung singgah di kantor pemasarannya. Cilebut Residence adalah perumahan yang sudah sejak lama menarik minat saya karena lokasinya yang tidak terlalu jauh dari stasiun Cilebut, kompleks perumahan yang sangat rapi dan terkesan ekslusif, design yang oke dan kualitas bangunan yang tidak asal-asalan. Sayangnya rumah di perumahan ini luar biasa mahal dan sangat jauh dari budget sehingga keinginan memilikinya hanya sekedar mimpi.  

Untungnya kali ini Cilebut Residence 2 dibuka dan lokasinya hanya sekitar 400 meter dari stasiun sehingga bisa dijangkau hanya dengan berjalan kaki saja. Ukuran rumahnya memang lebih kecil dari Cilebut Residence 1 namun tentu saja harganya lebih masuk bagi kantong saya, plus promo DP yang kecil (dan bisa dicicil 3 kali!), serta bebas semua biaya bahkan termasuk biaya KPR sekalipun. Tanpa pikir panjang saya langsung membayar booking fee dan Tedy melancarkan protes berat, "Eh, eh, Mbak Endang, apa nggak sebaiknya kita pulang dulu dan diskusi? Masa langsung bayar booking fee?" Saya menatapnya dengan tenang, "Nggak, langsung saja. Lokasi rumah yang hook sangat sedikit dan sudah banyak yang dibooking. Besok mungkin unit yang aku incar ini udah terjual," dan semua surat-surat yang sudah dipersiapkan langsung saya serahkan bersama segepok booking fee yang saya pinjam dari Tedy, karena uang cash di rekening saya sangat terbatas jumlahnya. Hari Selasa, beberapa tabungan saham akan dijual untuk mengembalikan hutang dan membayar cicilan DP pertama. 

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Jadi begitulah proses pembelian rumah pertama saya yang super spontan setelah mengarungi enam bulan melakukan survey gila-gilaan ke berbagai lokasi dan menghabiskan dana yang tidak sedikit untuk bensin dan makan. Kini saya masih harus menunggu kabar dari Bank apakah pengajuan saya disetujui atau tidak. Semoga saya berjodoh dengan rumah tersebut, dan jika Bank menyetujui maka saya masih harus menunggu rumah tersebut ready, sekitar tahun depan karena saat ini masih berupa tanah rata. Apakah anda memiliki pengalaman yang sama atau mungkin lebih seru kala membeli rumah pertama seperti cerita saya diatas? Dengan senang hati saya akan membacanya di kolom komentar. ^_^

Nah, menuju ke resep cinnamon rolls dengan cream cheese glaze yang kali ini saya hadirkan. Tidak ada yang istimewa dengan resep ini kecuali siraman cream cheese yang terasa gurih manis di permukaan roti hangat nan empuk.  Kolaborasi roti gulung empuk beraroma kayu manis dan cream cheese memang tidak ada duanya! Cinnamon rolls bukanlah roti yang asing di JTT karena beberapa versi pernah saya hadirkan sebelumnya, anda bisa klik pada link disini dan disini. Untuk resep adonan rotinya kali ini saya menggunakan resep baru, hasilnya adalah adonan yang tidak terlalu lemas dan lengket sehingga mudah digulung. Kelemahan resep cinnamon rolls sebelumnya adalah adonan yang sangat lembek sehingga susah digulung dan dipotong, membuat bentuknya menjadi tidak keruan. 

Tips untuk memotong adonan roti adalah dengan menggunakan benang. Benang akan membuat potongan yang tajam, bersih dengan bentuk yang rapi, berbeda dengan pisau yang ketika ditekan dipermukaan adonan akan membuatnya kehilangan bentuk. Cara memotong dengan benang sangat mudah, cukup lingkarkan seutas benang (saya menggunakan benang jahit biasa) di gulungan adonan, dan benang disilangkan hingga adonan terputus.  

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Untuk glazenya, sangat mudah dibuat. Glaze yang cantik adalah yang memiliki tekstur licin, dan mulus, bukan bergerindil. Untuk mendapatkannya maka semua bahan cukup di tim dengan api kecil hingga meleleh, tanpa proses tim maka cream cheese tidak akan berubah menjadi smooth sehingga tampilannya kurang maksimal di permukaan roti. Selain smooth maka warna glaze juga berperan penting. Tips agar glaze berwarna putih adalah menggunakan mentega dan bukannya margarine. Sayangnya saya tidak memiliki mentega di kulkas, dan margarine membuat glaze menjadi berwarna sedikit kekuningan, mirip seperti susu kental manis. Basic glaze hanyalah campuran cream cheese, mentega, susu cair dan gula bubuk, untuk rasa yang lebih oke maka sedikit susu kental manis, dan vanilla extract bisa ditambahkan. Jika glaze terlalu kental maka tambahkan beberapa sendok susu cair, dan jika terlalu encer maka tambahkan cream cheese. Untuk rasa cheesy dan gurih yang lebih kuat maka cream cheese bisa ditambahkan lebih banyak.  

Berikut resep dan prosesnya ya. 

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze
Untuk 9 - 10 potong rolls 

Resep hasil modifikasi sendiri 

Tertarik dengan resep roti gulung lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Cinnamon Bun - Roti gulung kayu manis yang bikin ketagihan
Pumpkin Cinnamon Raisin Rolls - Roti Gulung Labu Kuning dengan Kismis dan Kayu Manis
Cinnamon Scrolls - Let's rock and roll!  

Bahan adonan roti: 
- 550 - 600 gram tepung terigu serba guna (protein sedang) 
- 1 sendok teh garam 
- 3 sendok makan susu bubuk 
- 2 sendok teh ragi instan, pastikan fresh 
- 3 sendok makan gula pasir 
- 1 butir telur, kocok lepas 
- 250 ml air hangat, suam kuku 
- 3 sendok makan mentega/margarine 

Bahan isi, aduk hingga tercampur rata: 
- 3 sendok makan mentega/margarine 
- 5 sendok makan gula pasir 
- 2 sendok teh kayu manis bubuk 
- 2 sendok teh vanilla extract 

Olesan: 
- 1 butir telur kocok lepas dengan garpu atau 50 ml susu cair 

Bahan glaze: 
- 1 sendok makan mentega (margarine akan membuat glaze berwarna kekuningan) 
- 80 gram cream cheese (sekitar 3 - 4 sendok makan) 
- 1 sendok makan susu kental manis 
- 4 s/d 5 sendok makan gula bubuk 
- 1 s/d 2 sendok makan susu cair 
- 1/2 sendok teh vanilla extract 

Cara membuat:

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Masukkan semua bahan isi roti ke mangkuk, aduk hingga rata. Sisihkan.

Siapkan mangkuk mikser, masukkan tepung terigu, garam dan susu bubuk, aduk rata. Tambahkan ragi instan dan gula pasir, aduk rata. Tuangkan telur, dan air hangat. 

Note: pastikan air hangat yang digunakan tidak terlalu panas, celupkan jari anda untuk mengetes suhu air. Jika jari terasa nyaman maka air bisa digunakan. Suhu air yang terlalu panas akan membuat ragi mati. 

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Proses adonan dengan kecepatan sedang hingga terlihat lembut, mulus dan terasa membal (elastis kala di tekan). Adonan tidak menempel di dinding mangkuk. Tambahkan mentega/margarine dan proses hingga tercampur baik dan adonan kalis. 

Note: jika diuleni manual dengan tangan mungkin memerlukan tambahan 50 gram tepung terigu agar tidak terlalu lengket di tangan.

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Olesi sebuah mangkuk dengan minyak, bentuk adonan menjadi bulat. Letakkan adonan di mangkuk, tutup dengan kain dan diamkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat ukuran semula. Kempiskan adonan, tutup kembali dengan kain dan diamkan 10 menit. 
 
Panaskan oven, set disuhu 180'C api atas dan bawah. Olesi sebuah loyang dengan margarine. Saya menggunakan loyang segiempat ukuran 20 cm yang memuat 9 potongan adonan. Gunakan ukuran loyang sesuai dengan jumlah potongan roti yang akan dibuat. 

Siapkan meja, taburi permukaan meja dengan tepung terigu. Tuangkan adonan di permukaan meja. Lebarkan adonan dengan kayu penggilas atau dengan telapak tangan. Bentuk adonan menjadi segiempat dengan ukuran 35 x 45 cm. 

Olesi permukaan adonan dengan bahan isi secara merata menggunakan spatula. Sisakan sekitar 2 cm tanpa olesan di bagian paling bawah adonan. Gulung adonan dari bagian paling atas sambil adonan dipadatkan. Ketika mencapai bagian bawah, tipiskan adonan paling bawah yang tidak diolesi bahan isi dengan menekannya menggunakan ujung jari agar adonan menempel dengan baik kala gulungan direkatkan. Letakkan bagian sambungan di bawah gulungan adonan. 

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Potong adonan menjadi 9 atau 10 potongan (sesuaikan ketebalan dengan ukuran loyang). Saya memotongnya dengan benang, lingkarkan benang jahit disekeliling adonan, silangkan benang diatas adonan hingga adonan putus terpotong. Cara termudah agar ukuran roti seragam adalah dengan memotong ditengah adonan, baru kemudian masing-masing potongan dipotong lagi dengan ketebalan yang sama.

Tata potongan adonan di loyang. Olesi permukaan adonan dengan kocokan telur, tutup adonan dengan kain dan diamkan 10 menit. Panggang selama 30 menit atau hingga permukaan roti tampak coklat keemasan. Keluarkan dari oven, dinginkan di rak kawat. 

Membuat cream cheese glaze: 

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Masukkan cream cheese, mentega dan susu kental manis di dalam mangkuk tahan panas. Letakkan mangkuk diatas panci berisi air mendidih, jaga jangan sampai dasar mangkuk menyentuh air. 

Masak dengan cara tim sambil cream cheese diaduk-aduk menggunakan spatula balon hingga mentega dan cream cheese meleleh. Masukkan gula bubuk, aduk hingga smooth. Angkat mangkuk dari panci, masukkan susu cair dan vanilla extract, aduk rata. 

Jika glaze terlalu kental tambahkan susu cair sedikit demi sedikit hingga tercapai kekentalan yang diinginkan. Glaze memiliki tekstur serupa dengan susu kental manis. 

Resep Cinnamon Rolls dengan Cream Cheese Glaze

Tuangkan glaze di permukaan roti yang telah dingin. Siap disajikan.



69 komentar:

  1. Selamat Tahun Baru 2017 mbak Endang. Thank God akhirnya impian memiliki rumah tercapai. Semoga semua prosesnya lancar ya mbak (pembangunan, pembayaran dan semuanya) smp masuk rumah baru th depan semua dilancarkan.
    Doa sy juga mbak Endang sehat selalu, kerjaan lancar, dipermudah segala urusan & tetap ngepost resep :)
    Jgn lupa ntar klo rumahnya sdh jd share fotonya ya :)

    Sekali lg semoga di thn 2017 ini kita makin diberkati. (ImeL)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met Tahun Baru ya Mba Imel, thanks sharing dan amin atas doanya ya. Semoga Mba Imel dan keluarga juga semakin sukses dan tetap sehat selalu di tahun 2017 ya.

      Hapus
  2. Alhamdulillah mba endang nongol lg... met thn baru 2017 y mba semoga thn ini lebih dilancarkan semua urusan dipermudah
    Mudah"an kpr ny d acc y mba biar impian mba endang bs tercapai aamiin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru juga Mba Indi, sukses dan sehat selalu di tahun 2017 ya. Amiiiin atas doanya ya mba.

      Hapus
  3. Mbak ukuran loyang 20x20x15cm ? Melotot. Ini mata, yang baca bener apa nggak. Tinggi loyang 5cm kali bukan 15cm ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met tahun baru 2017 ya mba Rina, semoga selalu diberikan kesehatan dan berkah yang banyak dari Allah Yang Maha Kuasa Mba.

      Tidak perlu melotot mba, memang salah ketik ya. thanks, sudah dikoreksi. ^_^

      Hapus
  4. Alhamdulillah... tahun baru semangat baru ya mba.. semoga Allah memudahkan urusan rumahnya sesuai dengan harapan.. Amien..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin, Mba Misla, moga sukses dan sehat selalu untuk Mba dan keluarga juga yaa.

      Hapus
  5. Mba Endang ntar tetanggaan dong.. aku d Cilebut Residence 1. Bole kursus privat ma mba Endang ga ya ntar?? :)
    Cari yg djual di Cilres 1 aja mba. Lebih oke dr Cilres2. Walopun kabupaten tp deket banget ma kota Bogor n aksesnya k toll n stasiun jg oke banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adik saya di Pesona Intiland mba, hehhehe. Menurut saya sama saja ya, masih di sekitar situ juga. Dan jika didepan pesona intiland jadi dibangun stasiun, menurut saya sepanjang jalan cilebut akan dikepung kemacetan angkot yang parah hahahah.

      Hapus
  6. Wah selamat tahun baru mba endang. Pengalaman kita sama mba. Alasan ga ambil kpr juga sama plus masih galau mau tinggal di Jakarta ato kota lain. Tapi makin ditunda kok ya harga properti makin ga terjangkau. Akhirnya muter2 beberapa bulan. Ga nemu. Tau2 diajak temen lihat tmpt sekarang. Apartemen dalam gang. Sekali lihat jatuh cinta dan ksh booking fee. Piji Tuhan udah beli walopun utang lama hiks. Semangat terus ya mba. Rumah itu jodoh2an kok. Yg penting punya sendiri ya mbaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Harsi, met tahun baru juga ya mba, sukses dan sehat selalu yaa. Thnks sharingnya, pengalaman yang sama, mencari tempat tinggal memang mumetnya tujuh keliling. Masalahnya jika dananya unlimited mungkin gak mumet yaaa, yang jadi masalah dana terbatas ini hiiikss

      Hapus
  7. Happy nu year mba! Postingan pertama langsung bikin aku ngiler hahahaha, duh jadi pengen nge bake lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Happy new year jug mba Sandra, sukses dan sehat selalu yaa. ayo dicoba resepnya, moga suka ya

      Hapus
  8. Hai mb endang , salam kenal ya mb
    Sy simay dari surabaya..bole request ya mb... kpn diposting resep bebek goreng pake bumbu kuning mb endang ��

    Makasih buat sharing resep resep yg selalu oke punyaa��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Simay, menurut sya sama saja dengan resep ayam ungkep bumbu kuning yang pernah saya share disini mba, silahkan digoogling saja resepnya ya.

      Hapus
  9. mba endang...nanti klo rumahnya udah ditempati aku main ya???sekalian belajar masak :)(miss u ~iin~)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo Iin, apa kabarnya?? Yeeep, monggo main hahhaha, kek KPR udah di approved saja hehehhe

      Hapus
  10. Happy new year mbak endang, makin sukses ya di 2017. Mba mau nanya, itu mixernya model apa ya, and merk apa..saya cari gak ketemu...:) .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Met tahun baru juga ya mba theresia, sukses dan sehat selalu yaa. Mikser merk Bosch mba, tapi yang pengocoknya ada didalam mangkuk, ini pinjem dari adik saya gara2 bikin buku baking, wakakkak

      Hapus
  11. Biasanya SR, tapi kisah Mbak Endang kali ini bikin jadi pingin nulis komen.

    Saya ngerasain hal yang sama Mbak. Nyari properti dari tahun 2014. Survey rumah, mentok di DP. Survey apartemen, dana cuma cukup buat nyicil apartemen yang belum jadi, enggak ada dana buat ngontrak sambil nunggu apartemen jadi. mundur lagi...

    Cari apartemen yang udah jadi dari tangan kedua, eh lha kok harus cash. Pending lagi.

    Tapi semua emang udah ada jalannya dari Allah. Akhirnya dapat rejeki buat beli apartemen second dengan harga di bawah harga pasar. Memang apartemennya kecil, tapi punya sendiri.

    Semoga proses KPR nya lancar ya, Mbak. Thanks for sharing stories and recipes.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nadia, Kasus kita sama mba, kemarin saya udah mau deal rumah second di kampung di cisauk, tapi mintanya cash tobattt, mana ada saya uang ratusan juta cash hiks.

      Alhamdulilah akhirnya ketemu apartemen yang sesuai ya mba, walau kecil yang penting milik sendiri.

      Sukses dan sehat selalu ya Mba! ^_^

      Hapus
  12. Selamat tahun baru mb Endang, semoga semakin sukses ya...
    ikut senang mbak sudah dapat rumah yg diidam-idamkan, semoga proses kedepannya lancar.
    wah ini resep yg aku tunggu-tunggu mbaa,, segera dieksekusi deh, nanti aku kabari hasilnya mbak. mudah2an berhasil,, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat tahun baru juga Mba Agustinah, sukses dan sehat selalu ya. Amin atas doanya dan thanks sharingnya ya, moga suka resepnya setelah dicoba.

      Hapus
  13. Alhamdulillah akhirnya tercapai rumah impiannya selamat y mba smoga berkah n prosesnya dlancarkan amin. cinnamon bun yg yummy mnrtku plg enak glaze lemon suegerrr, sukses terus mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks ya Mba, amin atas doanya. Sukses dan sehat selalu juga yaa. Yep, lemon glaze lebih segaar ya hehehhe

      Hapus
  14. Akhirnya beli rmh dicilebut jg ya mba endang..

    Ingat ga mba aku pernah infoin klo temenku beli dicilebut resindece jg krn deket stasiun.. Alhamdulillah ya mba rejekinmba endang.. Sukses terus biar bs melunasi cicilan rmhnya ya mba😘😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Lina, yep, akhirnya cilebut residence 2, tapi masih proses KPR dan blm tahu approved atau tidaknya hiks. Moga2 bs disetujui. Thanks ya mba! sukses selalu juga yaa

      Hapus
  15. selamat tahun baru mb endang, selamat yaa atas rumah barunya... mohon maaf mb endang , saya biasanya SR, tapi saking penasaranna saya memberanikan diri mau tanya , itu mixzer yg dipakai nguleni merk apa mb endang
    saya ini newbie yg jarang buat masak ato baking, tahun 2017 ini pengen banget bisa baking :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat tahun baru juga Mba Dwi, thanks yaa. Saya pakai mikser Bosch yang pengocoknya ditengah mangkuk ya mba, typenya saya lupa, hehehhe, ini juga minjam punya adik saya wakkaka

      Hapus
  16. Duuh... baca ceritanya mulai dari awal sudah bikin deg2an. Ketemu rumah impian nggak yaaa. Akhirnya... taraaaa nemu juga. Alhamdulillah... semoga lancar semuanya mbak, dan bisa segera masak memasak di rumah yang baru. Aamiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Devy, thanks yaaa, belum selesai prosesnya mba, masih harus tunggu dari Bank apakah KPRnya diapprove atau nggak. ini lagi deg2an nunggu kabarnya wakakkak.

      Hapus
  17. Selamat pagi mbak Endang, wah kemarin survey ke dramaga bisa mampir ke rumah saya tuh ... selamat yah mbak sdh mendapatkan rumahnya semoga di 2017 ini mbak Endang dimudahkan segala urusan dan rencana oleh-NYA. Aamiin3x YRA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat pagi juga, thanks yaa, amin atas doanya. Sukses dan sehat selalu! ^_^

      Hapus
  18. Selamat Tahun Baru 2017 mbak Endang. Semoga diberkati dengan kesehatan, kesuksesan dan kebahagiaan.
    aku mau tanya mbak, kemarin aku sudah coba resep ini tapi tidak pakai glaze karena tidak ada cream cheese nya. susah cari cream cheese di daerah ku. ada resep lain untuk glaze tanpa cream cheese gak ya mbak? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thans yaa. Selamat tahun baru juga Mba Starla, sukses dan sehat selalu ya. Amiin atas doanya.

      Bs pakai glaze lemon dari 4 sendok makan gula bubuk, 1 sendok teh air jeruk lemon, 1 sendok teh parutan kulit jeruk lemon, aduk rata. Kalu terlalu kental tambah beberapa tetes susu cair mba

      Hapus
  19. Aaah akhirnya mendaratkan diri di Cilebut ya Mbak. Padaal saya ngarep Mbak bakalan melirik daerah Serpong biar saya deket kalau mau kursus baking, hehhe. Tapiii... selamat ya Mbak udah nemu rumah yang cocok. Semoga prosesnya lancar yaaah. Saya jadi inget pengalaman serupa di akhir 2015. Ada masa beberapa akhir pekan berturut-turut saya selalu hunting rumah. Ada semacam "deadline" yang diam-diam saya tetapkan agar dapat rumah di tahun itu takut tahun berikutnya harga makin tak terjangkau. Tapiii kok ya nemu-nemu, bosen juga hunting mulu. Sampai pada akhir pekan terakhir, saya komat-kamit dalam hati, kalau hari ini ga dapet rumah, mau vakum aja dulu nyari rumah dan mau berangkat umroh aja. Ehhh ternyata... di hari itu nemu rumah yang walaupun super duper imut, lumayan cocok dari segi ini-itu. Alhamdulillah semua prosesnya lancar dan udah hampir setahun ini saya tempati. Tapi umrohnya belum kesampaian karena duitnya udah abisssss. Mudah-mudahan berikutnya bisa umroh. Amiiin. Aihhhh kok jadi curcol yaaak.

    Pokoknya, sekali lagi, turut berbahagia untuk Mbak Endang. Semoga berkah berlimpah selalu yaaah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nanik, wkakkaka iya, sudah keliling kemana2 stress berat akhirnya mendarat disitu2 juga hehehehe. Ini juga belum tentu KPR di approve mba, belu, ada kabar dr bank.

      Kayanya kasusnya sama dengan saya, takut kalau tahun berganti harganya tambah naik, atau niat beli rumahnya ganti jadi lainya hehehe. Senang membaca akhirnya rumah impian Mba Nanik sudah bs ditemukan. sukses dan thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  20. hi mba aselamat tahun baru yaa. dan selamat atas DP rumahnya smoga cepet beres dan bisa segera ditempati :D aku mau nannya beberapa hal ya mba hehe

    1. resep ini dengan resep andalan si peter reinhart enak mana mba?ato ada perbedaan apa di tekstur nya?heheh

    2. Cheese glaze ketika disiram ke roti apakah akan menyerap habis ke roti stelah beberapa jam atau keesokan harinya? ato akan tetep keliatan adonan putih cheesenya ya mba? hehe

    Thank you

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks yaa, selamat tahu baru juuga. Sukses juga yaa.

      Berikut jawaban saya:
      1. untuk rasa dan tekstur sama enaknya ya, hanya saja adonan yang ini lebih mudah dibentuk krn tidak lembek.

      2. cheese glaze sebaiknya disiram ketika roti akan disantap saja, karena kalau terlalu lama roti akan lembab dan basah.

      salam

      Hapus
    2. mba sekarang jarang nih update cake, roti, dan sejenisnya? lagi hobbynya bikin main course ya mba? hehehe

      iya mba aku ud coba review bahan2nya. sepertinya ad perbedaan di cairan ya. yang ini lebih sedikit :D

      Hapus
    3. oh iya mba 1 lagi. aku pakai tepung cakra emas yang khusus roti smuanya gak apa ya?hehhee

      Hapus
    4. tidak masalah pakai tepung apapun mba, tepung khusus roti tentunya lebih baik ya.

      Hapus
  21. Baru sempat mampir.
    Selamat Tahun Baru, mba Endang.

    Semoga Bank segera ACC ya, mba.
    Semoga semua harapan mba Endang tahun ini terwujud. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks ya mba Sitti, sukses dan sehat selalu juga yaa. Amin atas doanya ^_^

      Hapus
  22. Ikut seneng harapan mb endah dah mulai terwujud..moga lancar ya semuanya.. oya kalo cream cheese diganti keju cheddar gan mba..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks mba Marta, nama saya endang ya hehehhe. Bisa diganti cheddar asalkan kejunya bs lumer seperti cream cheese saja ya

      Hapus
    2. Sory mb bukan pastry maksudnya croissant.. maklum msh ajar-ajaran jd bingunh ma istilah2nya.hehe.. oya utk adonan roti, menteganya ak ganti korsvlet gmn mba..?? soale kok cinrol ini kayak model model kue croissant ya mba.. mf ni agak bandel dr resep mba endang.. ga tau jdnya kayak apa..

      Hapus
    3. hanya bentuknya saja yang sama mba, tapi ini roti ya

      Hapus
  23. Maaf mba..typo itu..pdhl dah ngetik endang kok jd endah yah..hihihi.. oya mba cinrol ini sejenis pastry bukan ya.. tp kok ga ada yg bahan buat pastry itu apa y namanya.. yg mirip mentega itu lo mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Marta, its okay yaa. Bukan puff pastry ya, maksud mba mungkin korsvet ya, cinnamon roll itu roti ya.

      Hapus
    2. Oh... kalo pake otang gimana mba..bisa anteng sempurna ga ya.. Ak ga punya oven api atas bawah

      Hapus
    3. bisa, tapi sya snediri tdk punya pengalaman pakai otang Mba

      Hapus
  24. Allow mba Endang cantiik,. Sdh lama aq jadi secret admired nya loohh,. Mksy buat resep2 nya yang yameeh2 dan sangat sesuai dgn selera saya,
    Utk sapi lada hitamnya resep pertama yang pernah saya cobaa, dan suksess bangett, semua suka.. ^_^

    Duuhh senengnyaa aq akan jd tetanggaan sama mba endang, aq di CilRes 1 nya mbaa..
    Klo adik nya mb dimana nya.?


    Tetep berkreasi dan trimakasih ya sdh berbaik hati bagi2 resep resepnya,daan utk cerita2 nya yg kadang ajaib yg jd pingin baca dan nunggu tiap ada cerita dan resep baru lagiihh..

    Sukses ya mba, dan semoga selalu penuh Barokah dari Allah Swt.. Aamiin yRa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Lusya, thaks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Hahahaha, kita dekatan yaaa. Adik saya, Tedy, di pesona intiland ya. Gak jauh juga dari Cilres ^_^

      Hapus
  25. Hallo Mba Endang salam kenal dari sy ya... Sy salah satu pengagum resep2, Mba.. Resep Mba sll. jd favorit & pasti sukses setelah dipraktekkan, so Many Thanks buat resep2 nya. Baca cerita Mba...di atas tentang perjuangan Mba buat memiliki rumah, sy jd ingat perjuangan kami buat punya rumah dg doa & jerih payah (Ceilee.. Melo banget ya Mba He He..) sy sll termotivasi buat membeli rumah, biar cm kecil yg penting rmh sendiri. Dulu sy suka parno dg dp & cicilannya, takut macet di tengah jalan. Tp sy percaya setiap niat baik pasti akan di ridhoi Allah SWT... Alhamdulilah... Th 2006 rumah itu spt kami miliki, & th 2010 kami menempati nya, & sekarang rumah itu sdh berkali2 lipat harganya. Sy sangat bersyukur kepada Allah SWT... Mempunyai rumah kami, krn mempunyai lingkungan yg baik & rapi serta dekat dg bandara, sekolah, RS, dan mall ( He..He..) maaf ya Mba jd curhat... Selamat ya Mba buat rumah barunya.. Smg semua nya lancar & sesuai harapan serta membawa keberkahan & kebahagiaan. Amin YRA

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo salam kenal juga yaaa. Wah thanks sharingya ceritanya yang sangat menginspirasi dan bermanfaat buat lainnya. Seandainya saja saya sejak dulu sudah memiliki pikiran untuk membeli rumah mungkin saat ini cicilan tersebut sudah hampir selesai hiiks.

      Memang awal mau mencicil selalu takut putus ditengah jalan dan mikir betapa beratnya harus menyisihkan dana tiap bulan, padahal uang gaji habis kemana tdk jelas juga hehhehe.

      sukses selalu yaaa

      Hapus
  26. 😊 saya selalu senang kl dengar seseorg mencapai milestone dlm hidupnya dan memiliki rumah idaman adalah salah satu diantaranya bagi saya... Th 2010-2011 adalah masa2 galau bagi kami, pengen pisah dr org tua tp duit pas2an.. akhirnya dgn berdoa, berusaha plus nekat akhirnya bisa juga punya rumah.. kecil tp hommy dan punya lingkungan yg bagus... Krn ada yg blg, kenaikan harga property, tdk sebanding dgn kenaikan gaji karyawan- hahaha... It's so true, at least for me... *Jd curcol 😅... Keep sharing the good recipes ya mbak... Pengen nyobain resep ini nih... Doakaann...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ira, wah samaaa, saya suka cerita yang menginspirasi dari pengalaman pribadi orang ybs. Membuat kita tergugah untuk mengikutinya juga hehehe. Thanks sharingnya ya, setuju dengan kata2: kenaikan harga property gak sebanding dengan kenaikan gaji. Hiiks. sukses selalu yaaa

      Hapus
  27. Halo mba Endang, mau tanya kl susu bubuknya di skip perlu di tambahkan terigu ga yah? Lagi blm sempet beli susu bubuknya tp bahan lain lengkap, tkt ga jadi kl ada bahan yg kurang. Makasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shanty, skip saja mba, tdk perlu tambah terigi ya. Gak masalah kok diskip, tetap enak ya. Kalau mau lebih oke bs ganti air hangat di resep dengan susu cair hangat atau susu kental manis yang dicairkan.

      Hapus
  28. Wah kl susu kental manis aku ada. Kl gt aku pakai susu kental manis yg di cairkan. Makasi tips nya mba Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, bs ganti pakai susu kental manis Mba, saya sering ganti pakai SKM.

      Hapus
  29. Hi mba endang.. smg berkah dgn rmh barunya ya aamiin.. oya mba sy mau nanya itu raginya di masukkan gak lama setelah garam masuk, itu gpp mba? Krn biasanya garam di masukkan bareng sm mentega. Utk hasil rotinya sndiri lembut kah? Dan teksturnya terlalu berrongga atau 'lebih rapat'? Oya mba bisa bertahan brp hr di suhu ruang? Tx ya mba.. sukses sll..
    *Irma

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Irma, thanks ya. Berikut jawaban saya:
      1. selama ragi tidak langsung bersentuhan dengan garam tidak masalah ya
      2. tekstur tdk berongga besar, tapi lembut dan empuk
      3. di suhu ruang mungkin sekitar 3 - 4 hari dalam plastik (tidak kena udara langsung) dan tidak dalam kondisi disiram toping cream cheesenya

      Hapus
  30. assalamualaikum, mau nanya mbak kalo cream cheese nya diganti chedar quick mealt bisa g?ukurannya sama?makasih ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk resep ini umummya pakai cream cheese, bisa2 saja ganti cheddar tapi saya blm pernah coba ya.

      Hapus
  31. Hai mbak..
    Pingin tanya ttg vanilla ekstrak..
    Kalo boleh tau, mbak pakai merk apa ya? Di tbk dekat rumah, hanya ada 1 merk.made in germany. Tp ada kandungan alkoholnya :(
    Ada info merk apa yang harum tapi non-alkohol barangkali? Thanks a lot mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, saya kurang tahu merknya ya, saya pakai vanilla ekstrak eceran saya beli di titan toko bahan kue.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...