22 Mei 2019

Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste)


Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT

Resep ini sudah lama diangan-angankan untuk dibuat, mungkin sejak sekitar 2 tahun yang lalu. Tapi hingga weekend lalu belum pernah terwujud, membayangkan prosesnya terasa ruwet padahal ketika dilakukan super mudah. Saya pernah membaca teknik membuatnya disebuah blog mengenai masakan Thai, namun ketika hendak dieksekusi artikelnya tak jua ditemukan. Tom yum paste atau nam prik pao adalah saus cabai Thailand yang biasanya menjadi bumbu dasar kuah tom yum. Walau sup tom yum memiliki banyak variasi dan beberapa jenis tidak menggunakan nam prik pao, namun tom yum yang populer di Indonesia dan mancanegara umumnya menggunakan saus pedas kemerahan ini didalam kuahnya.

Weekend lalu saya membulatkan tekad untuk mewujudkan angan-angan sejak dua tahun lalu tersebut. Semua bumbu dan rempah dipersiapkan. Awalnya saya hendak menggunakan terasi lokal sebagai pengganti terasi Thailand (Thai shrimp paste) tapi setelah mengecek deretan bumbu di supermarket dan menemukan terasi Thailand merk Pantai yang tidak mahal harganya, akhirnya saya putuskan untuk menggunakan versi ini agar cita rasa nam prik pao menjadi lebih otentik. Hasilnya, mantap saudara-saudara! Tak kalah lezat dengan versi restonya, dan versi ini jelas lebih sehat karena tanpa bahan pengawet dan pewarna. 

Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT

Untuk membuat saus tom yum, kita membutuhkan cabai merah kering. Cabai kering membuat saus lebih gonjreng warnanya dan lebih pedas tanpa memerlukan segunung cabai. Bayangkan jika menggunakan cabai merah segar, 120 gram cabai kering pada resep dibawah mungkin lima kali lipat cabai merah segar. Cabai kering juga membuat tekstur saus lebih halus, lebih kesat dan lebih tahan lama disimpan disuhu ruang. Saus tom yum umumnya memang bisa disimpan dalam jangka panjang, untuk mencapai kondisi itu maka semua bumbu yang digunakan wajib digoreng agar kandungan air didalamnya hilang. Saya sendiri belum tahu hingga berapa lama saus bertahan disuhu ruang, hanya saja hari ini adalah hari ke-lima sejak saus dibuat dan hanya diletakkan di meja dapur. So far kondisinya masih baik-baik saja, walau sepertinya saya harus segera masukkan ke chiller agar lebih tahan lama.

Hal lainnya yang mungkin perlu diperhatikan saat membuat saus tom yum homemade adalah terasi Thai dan kecap ikan (fish sauce). Masakan Thai umumnya sering menggunakan kedua bahan ini didalam bumbunya. Terasi Thai atau shrimp paste berbentuk seperti pasta lembek berwarna coklat keabu-abuan, berbeda dengan terasi lokal yang berbentuk batangan dan keras. Walaupun masuk kedalam jenis terasi namun aromanya tidak sekuat terasi lokal kita. Jika Thai shrimp paste susah ditemukan bisa digantikan dengan terasi lokal hanya tentunya porsinya tidak sebanyak di resep agar sup tom yum tidak berubah menjadi sayur asem. 

Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT
Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT

Untuk kecap ikan, karena saus ini termasuk penting dalam memberikan aroma sedap didalam masakan maka gunakan kecap ikan yang berkualitas baik. Sejak seorang teman memperkenalkan merk Narcissus maka kecap ikan ini yang sekarang saya stok di pantry. Aromanya khas, rasanya nendang, mantap untuk aneka tumisan, nasi goreng, mi goreng dan cap cay. Narcissus umumnya dijual di toko yang menjual bumbu Chinese food, namun saya cek di online shop sudah banyak juga yang menjualnya. Tidak perlu khawatir kehalalannya karena sudah ada logo halal menempel di botolnya.

Kembali ke proses pembuatan saus tom yum, semua bumbu rempah yang akan digunakan sebaiknya digoreng dulu sebelum dihaluskan. Saya menggorengnya terpisah antara bawang merah, bawang putih dan rempah seperti lengkuas, jahe, serai dan daun jeruk. Masing-masing bumbu memiliki waktu matang yang berbeda-beda karena itu sebaiknya tidak menggorengnya secara sekaligus. Apakah bisa menggunakan cabai merah segar?  Mengingat cabai merah kering agak susah diperoleh dipasar maka bisa menggunakan cabai segar, hanya sebaiknya goreng terlebih dahulu cabai hingga matang dan agak kering, baru dihaluskan. Mengapa tidak menghaluskan semua bumbu ketika masih dalam kondisi segar baru kemudian ditumis? Menggoreng bumbu terlebih dahulu akan membuatnya lebih matang dan kering, dibandingkan menumisnya langsung saat kondisinya segar.

Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT
Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT

Bumbu yang telah digoreng kemudian dihaluskan hingga benar-benar smooth dengan blender. Pasta tom yum instan yang dijual di supermarket umumnya memiliki tekstur sangat halus sehingga ketika dimasak didalam sup tidak tampak serpihan cabai dan bumbu didalamnya. Menghaluskan bumbu dengan blender adalah cara terbaik untuk membuat teksturnya benar-benar halus. Bumbu yang telah dihaluskan kemudian ditumis bersama dengan bahan lainnya hingga airnya benar-benar habis, teksturnya pekat dan kental. Garam, gula, dan asam menyesuaikan karena toh ketika akan dipergunakan didalam sup kita akan menambahkan porsi gula, garam dan air asam sesuai dengan porsi kuah yang akan dipakai.

Lantas bagaimana mengolah saus tom yum menjadi sup tom yum? Gampang, cukup masukkan beberapa sendok makan saus kedalam kuah sup, tambahkan rempah segar seperti lengkuas, serai, daun jeruk purut, kecap ikan, air jeruk nipis, gula dan garam. Bahan isinya bisa seafood, ayam, jamur, atau bakso ikan. Mantap!

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT

Saus Tom Yum (Tom Yum Paste)
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 10 - 15 porsi tom yum

Tertarik dengan resep masakan Thailand lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Pad Thai
Tom Yum Campur Kuah Bening
Kari Ayam Merah a la Thai

Bahan:
- 130 gram cabai merah kering
- 100 ml minyak untuk menumis
- 120 gram bawang merah, iris tipis
- 60 gram bawang putih, iris tipis
- 3 batang serai, ambil bagian putihnya saja, iris tipis
- 4 cm lengkuas cincang kasar
- 3 cm jahe, iris tipis
- 3 cm kunyit, iris tipis
- 5 lembar daun jeruk purut, rajang halus
- 80 - 100 gram shrimp paste (terasi Thailand)
- 200 ml air asam jawa yang kental
- 150 gram gula jawa, sisir halus
- 3 sendok makan gula pasir
- 2 sendok teh garam
- 80 - 100 ml kecap ikan (fish sauce)
- 3 sendok makan ebi sangrai, dihaluskan
- 2 sendok teh kaldu jamur

Cara membuat:

Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT

Cuci bersih cabai merah kering, tiriskan. Masukkan ke panci, isi air hingga cabai terendam, rebus hingga cabai lunak. Angkat, tiriskan. Haluskan cabai di blender hingga smooth, atau tumbuk secara manual. Sisihkan.

Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT

Siapkan wajan, panaskan 100 ml minyak. Goreng bawang merah hingga agak kecoklatan, aduk-aduk selama bawang digoreng agar merata matangnya. Tiriskan. Gunakan minyak bekas menggoreng bawang merah untuk menggoreng bawang putih. Goreng bawang putih hingga kuning keemasan, angkat dan tiriskan.

Goreng serai, lengkuas, jahe dan kunyit diminyak bekas menggoreng bawang, hingga coklat keemasan. Masukkan irisan daun jeruk dan goreng hingga daun garing. Angkat dan tiriskan. 

Resep Homemade Saus Tom Yum (Tom Yum Paste) JTT

Haluskan semua bumbu yang telah digoreng menggunakan blender atau tumbuk seperti biasa di ulekan hingga halus. Sisihkan.

Siapkan wajan dan minyak bekas menggoreng bumbu, panaskan. Masukkan cabai dan bumbu yang dihaluskan. Aduk dan tumis hingga harum dan berubah lebih gelap warnanya. Tambahkan minyak jika bumbu susah mendidih dan matang. Masukkan shrimp paste, air asam, gula jawa, gula pasir, garam, kecap ikan, ebi dan kaldu jamur. Aduk dan masak dengan api kecil hingga saus mengental, pekat dan airnya benar-benar habis. Cicipi rasanya, sesuaikan asin, manis dan asamnya. Angkat, masukkan ke wadah dan simpan dikulkas jika telah dingin. 



4 komentar:

  1. Wah, bisa dicoba nih. Selama ini selalu jastip ke temen yang lagi jalan di Thailand bumbu Tom Yum instan yang hallal. Mungkin dengan ini bisa bye bye jastip

    BalasHapus
  2. Hi... mb endang, sy tya.. sy pengikut blognya mb endangoh...,☺ sy beberapa kali juga komen di blognya mba endang. Maaf ya mba, sy pakai akun suami sayah. Pembajakan hp, hehehe... mb, klo boleh tau.
    Beli terasi thailandny di mana ya mb?
    Trus bedany bumbu tom yum yg ini dengan yg sebelumnya mb endang posting apa mb?
    Dan trus klo boleh nanya lagi, hehhee... tom yumkan biasanya asem, apakah asemny hanya dr asem jawa atau ada tambahin jeruk lemon atau nipis atau limo?

    Maap ya mb nanyanya kebanyakan... heheh

    Sehat selalu ya mb endang..

    Oia, sy lihat di igny mb endang. Ada manggo apa gitu sy lupa, sepertinya di blogny mb endang blm ada ya?


    Terima kasih ya mb endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. terasi merk pantai, ini jenis terasi Thailand, saya beli di lotte mart tapi online shop juga banyak yang jual, tutupnya warna pink.

      jenis tom yum macam2, tapi yang paling umum yang pakai chili paste seperti resep diatas. umumnya basic chili paste pakai asam jawa, hanya ketika nanti di gunakan pada kuah tom yum ditambahkan jeruk nipis spy lebih asam

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...