07 Mei 2019

Resep Kacang Karamel Pedas JTT


Resep Kacang Karamel Pedas JTT

Akhir-akhir ini saya sedang keranjingan belajar Photoshop, entah mengapa sejak melihat para food photographer profesional di You Tube memperbaiki tampilan foto menjadi lebih menarik dan kinclong menggunakan software tersebut, saya pun jadi penasaran ingin mencobanya juga. Padahal sejak dulu software grafis untuk editing foto ini telah terinstal di laptop saya, namun keinginan mengutak-atiknya sama sekali tak pernah muncul. Beberapa kali membukanya, hanya sebatas melihat-lihat fiturnya saja, ketika terasa ruwet langsung ditutup. Bahkan saat keponakan saya, Fatih, yang baru duduk di kelas 1 SMP mengambil kursus Photoshop di sebuah sekolah design grafis saya tetap tak bergeming sama sekali, hanya ber-ah membayangkan bocah usia 12 tahun bermain-main dengan software ini. Tapi keponakan saya yang satu ini memang spesial, sejak kecil sudah suka hal-hal yang berbau komputer, web design dan kelistrikan. Kemampuan otaknya yang diatas rata-rata juga mendukung hobinya yang berat. Dia bahkan beberapa kali berkata hendak membantu saya mengedit cooking video jika proses memasaknya telah berhasil saya rekam. Sayangnya, karena kesibukan dan kegiatan sekolah yang berjibun dan Ibunya yang langsung komplain anaknya hendak diberdayakan, saya tak berani membebaninya dengan pekerjaan ekstra tersebut. 

Resep Kacang Karamel Pedas JTT
Resep Kacang Karamel Pedas JTT

Selain Photoshop, saya juga tertarik dengan software editing foto lainnya yaitu Lightroom, jika photoshop lebih kompleks dalam mendesign dan merubah bentuk maka Lightroom lebih fokus ke pencahayaan, sinar, warna dan kecerahannya. Terus terang Lightroom lebih mudah digunakan dibandingkan Photoshop dan hasilnya terlihat instan. Saya kemudian mencoba trial 7 hari gratis menggunakan software Lightroom dari Adobe melalui website resmi mereka dan semakin kesengsem dengan kemampuannya. Masalah utama saya terbesar saat ini jika melakukan foto makanan adalah kegiatan tersebut harus dilakukan siang hari ketika sinar matahari memancar maksimal. Waktu-waktu di pukul sebelas hingga dua siang adalah jam yang paling bagus saat sinar memberikan efek putih pada foto. Waktu yang terlalu pagi akan membuat foto berwarna kebiruan sedangkan terlalu sore akan berwarna jingga dan kemerahan.

Resep Kacang Karamel Pedas JTT

Waktu pendek untuk sesi foto ini benar-benar menghambat apalagi jika ditambah cuaca yang mendung. Seringkali saya harus pontang-panting menyelesaikan proses memasak dan berlari ke teras mengejar waktu. Rumah besar ini membuat jarak dapur dan teras cukup jauh, jika jalan mondar-mandir ini dilakukan berkali-kali maka seharian saya mungkin sudah menempuh jarak berkilometer panjangnya. Kendala itu juga yang membuat saya mulai belajar menggunakan cahaya buatan dengan lampu LED berdaya tinggi agar cahayanya maksimal dan mendekati cahaya lembut sinar matahari yang menyorot dari balik jendela atau teras. Sayangnya lampu studio yang memberikan hasil ciamik pada foto mahal harganya, saya pun masih skala amatiran, jadi sementara ini cukup menggunakan lampu LED dengan daya yang tidak terlalu tinggi dan sebuah soft-box jumbo agar lampu menghasilkan pendar cahaya yang lembut. Hasil foto terlihat cukup lumayan bagi mata amatiran saya, namun dengan sedikit touch up dari Lightroom membuat foto terlihat lebih terang dan bening.


Resep Kacang Karamel Pedas JTT

Saya kemudian mendaftar untuk mendapatkan license asli Lightroom dari Adobe dengan biaya bulanan sebesar 9,9 dollar. Kartu kredit disiapkan dan proses pendafataran dilakukan mulai dari memasukkan keterangan kartu kredit sebagai alat pembayaran, nama, alamat dan negara. Betapa terkejutnya saya ketika menemukan kenyataan, Indonesia ternyata tidak masuk ke dalam list yang boleh membeli software tersebut. Proses pendaftaran tidak bisa dilakukan jika asal negara tidak dicantumkan. Saya benar-benar tidak mengerti, beberapa negara Asia Tenggara seperti Thailand dan Malaysia juga tidak tercantum dalam list Adobe, namun lucunya Vietnam masuk dan negara dunia ketiga lainnya yaitu Pakistan, Afganistan pun ada didalam list. Ada apa dengan Indonesia? Bukankah kita salah satu negara dengan pengguna internet terbesar di dunia?  Dan seiring dengan makin meningkatkan kebutuhan akan software editing untuk foto dan video karena booming-nya sosmed  seharusnya Adobe mempertimbangkan Indonesia sebagai salah satu pangsa pasarnya. Entahlah.

Kesal terhambat hendak membeli software aslinya, saya berpikir membeli versi bajakannya yang banyak dijual di ITC Ambassador. Bagaimanapun saya harus mulai belajar editing foto dan video secara lebih profesional. Saat ini saya masih menggunakan free trial Lightroom untuk 7 hari yang akan berakhir tiga hari lagi. Saya akui, software ini telah membuat saya jatuh hati.

Resep Kacang Karamel Pedas JTT

Okeh menuju ke resep kacang karamel ini. Sudah lama saya berkeinginan membuat kacang bersalut karamel dengan rasa sedikit spicy dengan aroma daun jeruk dan daun kari. Terutama sejak mencicipi kacang sejenis ketika jalan-jalan ke Thailand dua tahun lalu. Disana bukan hanya kacang tanah saja yang diolah seperti ini, tapi ikan teri kecil yang digoreng garing pun dibalut karamel pedas. Browsing resepnya saya menemukan proses detailnya di website David Lebovitz dan terlihat super mudah. Kacang tanah kupas di pasar sangat murah harganya, jadi jika gagal saya tidak akan terlalu kecewa. 

Kacang lantas saya panggang di oven hingga garing dan matang, step ini penting karena berpengaruh pada renyah atau tidaknya kacang karamel yang dihasilkan. Jika memanggang kacang dirasa ribet maka kacang juga bisa di goreng hingga matang. Dedaunan rempah dan cabai kering pun dipanggang di oven hingga garing. Ternyata memanggang daun rempah hingga kering sangat mudah dan cepat, ide ini sepertinya bisa dicoba jika hendak membuat bumbu bubuk dari daun rempah kering. Selebihnya membuat kacang karamel ini sangat mudah dah hasil kacang renyah dan sedap.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Kacang Karamel Pedas JTT

Kacang Karamel Pedas
Resep diadaptasikan dari website David Lebovitz

Untuk 500 gram kacang

Tertarik dengan resep camilan lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Crouton
Stick Keju Tempe
Oat Brittle

Bahan:
- 500 gram kacang tanah kupas
- 2 sendok makan minyak goreng
- 200 gram gula pasir
- 50 ml air
- 1 sendok teh garam
- 3 sendok teh cabai bubuk

Rempah daun:
- 5 lembar daun jeruk, buang batang tengahnya
- 3 tangkai daun kari, lepaskan dari tangkainya
- 5 buah cabai merah kering keriting, potong 2 cm

Cara membuat:

Resep Kacang Karamel Pedas JTT

Siapkan kacang tanah kupas, masukkan ke mangkuk. Tuangkan minyak, aduk hingga minyak menutupi kacang secara merata. Tebarkan kacang tanah ke sebuah loyang datar beralaskan kertas baking / silpat. Panggang di oven suhu 180'C sambil sesekali dibalik-balik hingga kacang matang tampak kuning kecokalatan dan ketika dicicipi tidak terasa mentah. Proses memanggang kacang hingga matang sangat penting agar kacang renyah ketika telah dilumuri karamel dan terasa gurih.

Kacang juga bisa digoreng seperti biasa di wajan.

Lakukan hal sama dengan daun rempah. Masukkan daun jeruk, daun kari dan cabai kering ke mangkuk, tambahkan 1/2 sendok makan minyak. Aduk dan lumuri permukaan daun dengan minyak hingga rata. Panggang di oven suhu 160'C hingga daun menjadi kering, garing dan renyah ketika dikunyah. Keluarkan dari oven dan sisihkan. 

Hati-hati saat memanggang daun karena mudah over baked dan gosong. Membutuhkan waktu singkat kala memanggang daun (+ 5 menit).

Siapkan wajan atau panci, masukkan gula, air dan garam, aduk rata. Masukkan kacang, aduk dan masak dengan api sedang hingga gula mendidih dan mengkristal.

Resep Kacang Karamel Pedas JTT

Gula akan berubah keras dan melumuri permukaan kacang, taburkan cabai bubuk, aduk dan lanjutkan memasak dengan api kecil hingga gula berubah menjadi karamel. Proses ini memerlukan waktu jadi teruskan memasak dan aduk selama dimasak hingga semua gula meleleh dan berwarna kecoklatan. 

Aduk terus selama dimasak agar merata dan tidak ada kacang yang gosong. Jika semua kristal gula telah berubah menjadi karamel, angkat. Tuangkan kacang ke loyang datar dan biarkan dingin.

Saat telah dingin karamel akan mengeras. Lepaskan   butiran antar kacang yang menempel dengan meremukkannya menggunakan jari tangan. Tuangkan daun-daunan kering, aduk rata. Sajikan.



6 komentar:

  1. Saya juga pengen bgt belajar Photoshop Mba Endang, tp tiap lihat tutorial yg keliatan ribet, jd maju mundur terus. Hehehe. Jd sekarang masih edit foto via ponsel, pakai Lightroom cc & Snapseed.
    Oh ya, untuk Kacang Karamel ini sepertinya mantul untuk dijadikan kudapan hari raya biar ga melulu kacang bawang 😁
    Terima kasih inspirasinya Mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang ribet Mba Lina, saya pakai tutorial di ypu tube wakakkaka

      Hapus
  2. Mantap mba,tapi apa boleh gula pasirnya diganti gula aren, seperti apa takaran dan prosesnya ya.. makasih.. (By Misla)

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kacang ini tidak ya, gula pasir akan berubah menjadi karamel kala dimasak. Gula aren akan memberikan rasa dan tampilan berbeda

      Hapus
  3. Maaf bukan mau komen soal masakannya ya mba.

    Banyak software open-source di luar sana kalai memang sulit membeli software license, satu contohnya untuk Lightroom ada alternatif https://photo.wondershare.com/choose-photo-editor/best-free-paid-lightroom-alternatives.html

    Saya sendiri otodidak desain dan pakai adobe Photoshop sejak versi 7.0, tapi sekarang saya sudah ganti ke GIMP dengan fungsi yang sama tapi free

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya yaa, saya akan coba cek linknya, memang mending pakai software free.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...