04 Maret 2020

Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum


Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT

Dari kemarin saya kepengennya makan makanan yang berkuah, berbumbu ringan dan pedas. Cocok banget dengan hujan yang mulai turun lagi dan kondisi badan yang sedang tidak fit. Swear, sejak Covid-19 mewabah, saya jadi parno sendiri. Ketika kepala mulai pening dan agak demam, perasaan mulai deg-degan, padahal tidak ada histori pernah mengunjungi negara berisiko atau bertemu dengan orang yang baru saja kembali dari sana. Tapi menjaga daya tahan tubuh sangat penting di musim hujan seperti ini, dan makanan berkuah segar selalu menjadi kudapan yang saya cari. 

Hampir tiap hari saya menyantap sup, soto, bakso, hingga mie atau bihun kuah. Kebetulan sekali, kemarin saya menemukan satu warung bakso kuah dengan iga dan kwetiaw yang lekker dan murah harganya di lantai dasar mal Ambassador. Teman kantor yang pernah datang kesana yang merekomendasikannya. Penjualnya adalah seorang ibu yang masih muda, hanya sendiri melayani pembeli, namun bekerja dengan sangat cekatan dan cepat. Bahkan pesanan pembeli sekian banyak dengan aneka ragam permintaan bisa diladeni dengan tepat. 

Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT
Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT

Seporsi kwetiaw kuah, berisikan 5 butir bakso, dan iga hanya sekitar 30 ribu rupiah. Porsinya banyak, kuahnya melimpah plus rajangan daun sawi dan tauge. Rasa kuahnya segar, baksonya garing dan daging iganya lembut dan empuk. Kami langsung memberikan pujian ke si ibu yang diterimanya dengan senyum sumringah. Sayangnya beliau hanya buka sampai pukul tiga sore saja. Tidak masalah, yang jelas kini saya punya warung bakso langganan dengan harga murah dan sedap, jadi ketika makan siang kehabisan gaya hendak menyantap apa, saya punya menu favorit yang gak pernah bosan disantap. 

Walau siangnya sudah kenyang dengan semangkuk kwetiaw kuah, malamnya saya masih ingin makan yang berkuah-kuah. Hidung mulai meler dan kepala terasa nyut-nyutan, saya malas menegak panadol, akhirnya justru mengeluarkan ikan tengiri dan pernak-pernik membuat tom yum ikan. Berhubung tidak ada kwetiaw, saya pakai bihun jagung yang teksturnya lembut. Semua bumbu tom yum cukup dicincang, dan tidak sampai 30 menit, sepanci tom yum ready disikat. Mantap!

Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT
Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT

Kuahnya saya pakai kaldu udang. Sudah jadi kebiasaan jika memasak udang, maka kepala dan kulitnya yang baru saja dikupas saya ceburkan ke panci bersama air, rebus hingga menjadi kaldu. Rebusan kemudian saya saring, dan kaldunya disimpan di freezer. Berkali-kali ini saya lakukan hingga tak terasa saya punya banyak sekali kaldu udang dalam bungkusan plastik, bahkan kaldu ayam pun ada. Nah kalau kaldu ayam ini saya buat dari potongan kepala dan kaki ayam yang tidak saya konsumsi, atau terkadang jika ada tulang-tulang ayam dari ayam panggang, saya kumpulkan didalam freezer. Ketika sudah agak banyak baru saya rebus dan kaldunya dibekukan. Lumayan ketika membuat sup sayuran atau tom yum, rasa kuahnya lebih nendang dengan kaldu ini.

Entah tom yum merah dari tom yum paste yang pernah saya buat, bisa dicek pada pada link disini, atau tom yum bening dengan bumbu yang dirajang atau cincang seperti resep kali ini, keduanya menurut saya sama sedapnya. Hanya saja tom yum bening begini lebih mudah dibuat dan rasanya tak kalah sedap, selama ada daun ketumbar, serai, daun jeruk purut, lengkuas dan kecap ikan. Kebetulan, daun ketumbar yang sempat menghilang beberapa waktu ini sekarang muncul lagi di supermarket. Saya beli seikat dan dilengkapi dengan akarnya. Akar daun ketumbar sedap menjadi bumbu kuah tom yum, jadi saya cuci bersih dan rebus bersama kuah. 

Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT

Kali ini saya pakai fillet ikan untuk proteinnya, tapi diganti dengan udang atau seafood lainnya tak kalah sedap. Untuk ikannya, gunakan  jenis ikan berdaging putih seperti tengiri, kakap, ikan ekor kuning, dori, atau gurami. Ikan berdaging putih memiliki tekstur lembut dan cocok untuk hidangan berkuah.

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT

Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum
Resep modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan resep hidangan berkuah yang mantap dimusim hujan? Silahkan klik link dibawah ini ya:
Soto Ayam Kampung Mbak Ayu
Pindang Iga
Soto Banjar

Bahan:
- 500 gram bihun rebus 
- 400 gram fillet ikan tengiri/kakap atau ikan berdaging putih lainnya, potong sesuai sesuai selera
- 15 buah jamur shiitake, iris tipis (bisa diganti jamur lainnya)
- 1 ikat keil daun ketumbar, rajang kasar
- 2 tangkai daun bawang, rajang kasar
- 2000 ml kaldu ikan atau udang, atau air biasa

Bumbu:
- 1 sendok makan minyak untuk menumis
- 15 buah cabai rawit merah, cincang halus
- 6 siung bawang merah, cincang halus
- 4 siung bawang putih, cincang halus
- 2 batang serai memarkan dan rajang kasar
- 4 cm lengkuas, memarkan, rajang kasar
- 5 lembar daun jeruk purut, sobek kasar
- 3 sendok makan minyak ikan/fish sauce
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 buah jeruk lemon peras airnya atau 3 butir jeruk nipis
- beberapa batang akar ketumbar jika ada

Cara membuat:

Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT

Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis cabai, bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas dan daun jeruk purut hingga harum dan layu. Angkat, sisihkan.

Panaskan kaldu udang/ikan di panci. Saya buat kaldu dari potongan kepala dan kulit udang yang direbus dan disaring. Masukkan tumisan bumbu, rebus hingga mendidih dan kuah menyerap bumbu. 

Resep Bihun dengan Sup Ikan Tom Yum JTT

Masukkan fillet ikan dan jamur, masak selama 5 menit hingga ikan dan jamur matang. Masukkan semua bahan lainnya, termasuk daun ketumbar dan daun bawang. Masak hingga mendidih. Cicipi rasanya, sesuaikan asin asamnya sesuai selera. Angkat dan sajikan dengan bihun rebus, taburan daun ketumbar dan kucuran jeruk nipis.



0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...