11 Maret 2020

Resep Sup Ayam ala Kamboja


Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT

Ketika membaca artikel di CNN berjudul '30 Cambodian foods every visitor needs to try', saya langsung ngiler berat melihat salah satu menunya yaitu Sngor ngam nov sach moan atau sup ayam dengan acar jeruk nipis. Hidangan berkuah selalu menjadi favorit saya, terutama hidangan berkuah yang terasa asam pedas. Mau apapun bentuknya pasti berhasil membuat air liur menetes. Begitu melihat salah satu bahannya adalah acar jeruk nipis (yang saya miliki setoples di kulkas berbulan nan lampau), weekend-nya saya langsung menggebah diri mengeksekusinya didapur. Saya pakai ayam kampung yang lebih gurih rasanya. Resepnya dimodifikasi dari berbagai website masakan Kamboja, dan saya kutik-kutik sendiri agar sesuai dengan selera. 

Acar jeruk  yang saya buat beberapa bulan lalu, resep dan prosesnya bisa diklik pada link disini, ketika saya keluarkan dari kulkas, kuah rendamannya berubah kental dan pekat mungkin karena pectin yang terkandung didalam jeruk membuatnya seperti itu. Kulit jeruk berubah lunak, dan aromanya harum, sedap. Ketika saya cicipi, rasa asam tetap dominan dan asin tentu saja. Saya membuat acar ini untuk dicampur bersama sambal, tetapi setiap kali sambal terasi dieksekusi selalu lupa menambahkan acar jeruk kedalam bahannya.  Ternyata tidak salah juga menjadi campuran bumbu sup ayam, rasanya tobat maknyusnya!

Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT
Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT

Masakan Kamboja, menurut saya mirip-mirip dengan Thailand dan Vietnam. Rasanya light, bumbunya ringan, segar, menggunakan banyak rempah dan dedaunan segar, dan biasanya memiliki cita rasa asam. Cocok banget dengan selera saya. Walau belum pernah traveling ke Kamboja dan mencicipi langsung kulinernya, tapi melihat tampilan dan bahan-bahannya, sepertinya tidak susah ditebak cita rasanya. Beberapa yang cukup kondang adalah amok fish yaitu sejenis kari ikan dibungkus takir yang terbuat dari daun pisang. Ada juga salad daging sapi dengan jeruk nipis ala Khmer yang sepertinya tidak jauh berbeda dengan Vietnamese beef salad yang pernah saya share resepnya disini. Green mango salad, atau salad mangga muda yang mengingatkan kita pada salad sejenis bernama som tum dari Thailand. Kari merah Khmer, yang mirip dengan kari merah Thai. 

Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT


Aneka dedaunan rempah seperti kemangi, daun ketumbar atau cilantro, daun kesum, culantro atau disini disebut ki walang umum dipergunakan didalam kuliner Kamboja, selayaknya di Thailand. Saya suka aroma dedaunan ini, terutama di salad dan sup. Rasa masakan semakin segar dan menggugah selera. Bahkan saking sukanya saya dengan cilantro, maka memasak tom yum bisa batal jika rempah ini susah ditemukan di supermarket. 

Membuat sup ayam ala Kamboja ini sangat mudah, kalau dilihat-lihat lebih mirip tom yum gai, atau tom yum ayam ala Thailand dengan kuah bening. Bedanya sup ayam Kamboja menggunakan acar jeruk nipis yang membuat aroma dan rasa kuah jauh berbeda dibandingkan tom yum. Ketika saya bawa ke kantor untuk bekal makan siang, teman-teman yang duduk disekitar meja langsung berkomentar, "Aduh Mbak, bawa masakan apa sih? Sup ayam ya, kok wangi banget," saya hanya nyengir mendengar komentarnya. Agar kuahnya bersih dan tidak amis sebagaimana sup ayam umumnya, saya mengikuti teknik memasak ala Chinese dimana ayam direbus dulu sebentar hingga air mendidih. Air rebusan pertama yang keruh dan banyak mengandung 'kotoran' ini  lantas dibuang dan ayam direbus kembali dengan air yang fresh. Air rebusan pertama ini bukanlah kaldu, karena ayam baru dimasak sebentar. Untuk menghasilkan kaldu maka ayam atau protein hewani lainnya harus direbus dalam waktu yang cukup lama.

Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT
Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT

Cara diatas berlaku juga kala kita merebus bebek, daging sapi, iga dan buntut, dengan cara ini sup dan daging bebas aroma bau tak sedap yang sering kali masih terdeteksi walau masakan telah diberi bumbu segambreng. 

Berikut resep dan proses membuat sup ayam ala Kamboja ya.

Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT

Sup Ayam dengan Acar Jeruk Nipis
Resep modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan resep sup ayam lainnya? Silahkan klik pada link dibawah ini:
- 1 ekor ayam kampung (700 gram), potong ukuran kecil
- 1000 ml air
- 2 butir acar jeruk nipis, iris tipis
- 3 siung bawang putih cincang halus
- 3 buah cabai rawit merah, cincang halus, optional
- 2 cm jahe dimemarkan
- 2 sendok makan kecap ikan/fish sauce
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok makan garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 buah jeruk nipis peras airnya
- 2 lembar daun jeruk purut, sobek kasar
- 1 batang serai memarkan
- 2 batang daun bawang, potong 2 cm
- 2 batang daun ketumbar, rajang kasar, bisa diganti daun seledri
- kemangi, optional

Cara membuat:

Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT

Siapkan semua bahan.

Resep Sup Ayam ala Kamboja JTT

Siapkan panci, masukkan  air yang cukup merendam ayam, rebus hingga air mendidih. Masukkan potongan ayam, rebus  hingga mendidih dan kotoran mengapung di permukaan air rebusan. Angkat, buang air rebusan, cuci ayam hingga bersih. Tiriskan, sisihkan.

Merebus ayam sebentar dan membuang air rebusan pertama agar kuah sup bersih dan tidak amis. Cara ini tidak mengurangi kelezatan sup atau membuang kaldu ayam.

Letakkan kembali panci diatas kompor, masukkan semua bahan sup kecuali ayam, daun bawang dan daun ketumbar, ke panci. Rebus hingga mendidih dan bumbu matang dan harum. Tambahkan ayam, masak hingga ayam matang, cicipi rasanya, sesuaikan asinnya. Masukkan  daun bawang dan daun ketumbar, angkat. Sajikan panas. 



1 komentar:

  1. 😍😍😍
    selamat pagi mba endang
    wah seger nich sup ayam na tapi klo mo bikin berarti saya harus bikin asinan jeruknya duu dong...misal asinan jeruk diganti pakai jeruk nipis seger bisa gak ya mba endang....🙄

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...