29 Mei 2017

Review Jakarta Catering & Resep Bakmi Goreng Jawa Spesial


Resep Bakmi Goreng Jawa Spesial

Seberapa sering kita dibuat kebingungan saat mengadakan satu acara di rumah dengan waktu, dan tenaga yang terbatas sementara tamu yang datang kudu diservis dengan makanan yang sedap? Atau saat di kantor sedang mengadakan acara anniversary; launching produk; atau sekedar makan-makan diakhir tahun dan kita diminta untuk mempersiapkan konsumsinya? Saya beberapa kali mengalaminya kala membantu adik saya, Wiwin, mempersiapkan acara arisan di rumahnya, atau ketika seluruh anggota keluarga berkumpul di Jakarta dan kami sedang enggan bercapek-capek di dapur, atau ketika Boss dikantor tiba-tiba berkata, "Ndang, akhir tahun kita mau makan-makan dimana?" 

Jika sudah seperti ini biasanya keluarga saya memilih untuk memesan sate, atau bakso yang sepertinya menjadi menu yang pertama kali terlintas kala kondisi itu terjadi. Atau jika di kantor maka saya akan mengajukan satu atau dua resto di seputaran gedung yang sudah berkali-kali kami pergunakan untuk acara serupa dan anak-anak dikantor pun mulai mengajukan banyak keluhan. Nah sebenarnya solusi termudah untuk masalah tersebut adalah menggunakan jasa katering yang secara profesional akan membantu kita. Di Jakarta dan kota-kota besar di Indonesia lainnya, layanan jasa katering bukanlah hal yang asing dan sangat mudah ditemukan. Yang menjadi masalah hanyalah jasa katering seperti apa yang tepat untuk kita coba? ^_^

Review Jakarta Catering

Review Jakarta Catering
Menu Prasmanan Jakarta Catering

Urusan katering bukanlah hal yang baru bagi saya, pengalaman kerja yang beraneka ragam dan posisi yang berganti-ganti di beberapa perusahaan memang membuat saya menjadi multitasking jika berurusan dengan project, training dan bisnis perusahaan. Dulu di kantor yang lama, saya memulai karir dengan posisi bernama Training Project. Waktu itu Divisi Training merupakan divisi baru dan berfungsi untuk men-support project baru perusahaan yaitu mencetak tenaga pemasaran sebanyak-banyaknya untuk ditempatkan di cabang-cabang sebuah Bank BUMN terbesar di Indonesia. Tugas saya adalah memastikan perut peserta training kenyang selama 20 hari pelatihan yang berat; semua modul training terpenuhi tepat waktu; dan seluruh ruang kelas training selalu siap untuk dipakai setiap hari. Pekerjaan yang lumayan melelahkan dengan banyak hal detail yang harus dilakukan, namun yang paling berat adalah jika urusan katering terhambat karena makanan yang kurang layak. Urusan perut memang hal penting, karena perut yang tidak puas akan membuat kerja otak 'terganggu'. Untuk kasus saya seperti itu. ^_^

Review Jakarta Catering
Menu Nasi Box Jakarta Catering

Nah jika anda kebingungan dengan jasa katering apa yang hendak ditelpon, ada satu perusahaan katering yang sudah lima tahun beroperasi di Jakarta, yang layak dimasukkan ke dalam list, namanya Jakarta Catering. Pemiliknya bernama Ibu Irna Zuffeni. Awalnya usaha mereka dimulai dari katering rumahan yang kemudian berkembang menjadi sebuah perusahaan katering yang besar.  Saya sudah lama mendengar mengenai layanan katering ini, beberapa teman pernah merekomendasikannya karena rasanya yang lezat dan porsinya yang mantap. Waktu lima tahun bukanlah tempo yang singkat bagi sebuah usaha jasa makanan dalam mengembangkan bisnisnya, dan jika Jakarta Catering bisa melaluinya bahkan berkembang menjadi lebih besar berarti memang kinerja mereka cukup mumpuni. 

Review Jakarta Catering
Snack box, dessert dan gubukan Jakarta Catering

Jakarta Catering menyediakan beberapa paket menu prasmanan yang dapat dipilih untuk keperluan acara seperti pernikahan, khitanan, ulang tahun, atau acara kantor. Ada tiga paket prasmanan yang disediakan yaitu Paket Prasma I, II dan III, dimana setiap paket memiliki menu uniknya masing-masing. Nah  semua pilihan menu prasmanan ini didalamnya sudah termasuk sewa untuk pelayanan dan seluruh peralatan yang diperlukan. Jakarta Catering menerapkan minimal order untuk pilihan paket ini, yaitu sebanyak 50 porsi. Bukan prasmanan yang anda cari melainkan nasi kotak yang super praktis? Nah nasi box yang disediakan oleh Jakarta Catering pun memiliki 3 pilihan dengan menu yang tak kalah menggiurkan. Pengalaman saya mengurus katering di kantor, nasi kotak selalu menjadi pilihan yang praktis, mudah dan memiliki azas adil dan merata. Tidak ada peserta yang mendapatkan lebih atau kurang dari yang lain. ^_^

Hanya paket prasmanan dan nasi box?  Tentu saja tidak, layanan katering dari Jakarta Catering juga menyediakan nasi tumpeng komplit, snack box, menu untuk gubukan, aneka nasi seperti nasi bakar, atau  nasi bogana, dan juga bermacam-macam dessert.  Untuk sebuah layanan katering, Jakarta Catering menawarkan menu dan paket sangat lengkap, dan bagi anda yang memerlukan jasa katering untuk pesta pernikahan maka perusahaan ini mampu menyediakannya. Jangkauan Jakarta Catering juga bukan hanya di Jakarta saja, karena mereka juga melayani hingga wilayah Depok, Tangerang, Bogor, dan Bekasi.  Bagi anda yang berminat untuk menghubungi layanan katering ini bisa kontak dinomor 0812-9122-0070 (telp, WA & SMS), atau email di info@jakartacatering.com, atau untuk melihat menu dan tampilannya bisa dicek pada website mereka di Catering Jakarta.

Resep Bakmi Goreng Jawa Spesial

Wokeh sekarang menuju ke resep bakmi goreng Jawa spesial ini. Bakmi goreng ala Jogya yang manis, gurih dan penuh taburan suwiran ayam kampung ini selalu saya incar ketika berkunjung ke Jogya. Di daerah Malioboro dan seputarannya banyak penjual mie goreng ala gerobakan yang hampir semuanya menurut saya sedap. Ciri khasnya adalah tungku anglo dan wajan dari tembikar yang akan memberikan aroma sedap dan unik di masakan. Untuk membuatnya sangat mudah, dan agar rasanya benar-benar spesial maka gunakan ayam kampung muda yang gurih dan tidak alot dagingnya.  Ciri khas utama bakmi goreng Jawa adalah penggunaan kecap manis yang banyak sehingga warna masakan menjadi kecoklatan. Jangan khawatir rasanya menjadi terlalu manis karena dengan saus tiram dan garam yang balance maka citarasa bakmi menjadi nendang. 

Resep Bakmi Goreng Jawa Spesial

Bahan utama penyusunnya tentu saja mie kuning telur, saya hanya menggunakan mie kuning keriting kering biasa yang banyak dijual di toko dan murah meriah harganya. Namun menggantinya dengan mie kuning segar tentunya akan lebih sedap. Berada di luar negeri dan susah menemukan mie kuning? Ganti saja dengan spaghetti, rasanya akan tetap sedap, saya pernah posting mengenai spaghetti goreng sebelumnya, resepnya bisa diklik pada link disini. Bahan lainnya tentu saja protein hewani, saya menggunakan  ayam kampung, tetapi ayam negeri pun oke. Saran saya jika menggunakan ayam potong maka gunakan bagian  paha yang lebih berlemak, lebih sedap rasanya dan memiliki serat lebih halus. Ayam saya rebus terlebih dahulu hingga matang baru kemudian digoreng sebentar supaya lebih kering. Biasanya penjual bakmi goreng di Jogya memanggang ayam sehingga teksturnya lebih kesat. Ayam kemudian disuwir menjadi berukuran kecil. Bahan tambahan lain, saya menggunakan telur orak-arik, jamur dan daun pak choy, tetapi bahan lain seperti rajangan wortel yang dipotong korek api, kol, tauge, sawi hijau dan sawi putih, bakso sapi, dan sosis juga sedap digunakan.

Berikut resep dan prosesnya yang mudah ya.

Resep Bakmi Goreng Jawa Spesial

Bakmi Goreng Jawa Spesial
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 5 porsi

Tertarik dengan resep mie lainnya? Silahkan klik pada link dibawah ini:
Mie Goreng Tek-Tek
Mie Ayam Yamin
Mie Goreng a la Shanghai

Bahan:
- 1  bungkus mie kuning telur kering, berat 200 gram
- 1/2 ekor ayam kampung, berat sekitar 600 gram
- 3 butir telur ayam + 1/4 sendok teh garam, kocok lepas dengan garpu
- 4 batang baby pak choy, potong-potong sepanjang 3 cm
- 1 bungkus jamur enoki, saya pakai enoki yang berukuran besar. Bisa menggunakan jamur merang, champignon, kancing atau jamur tiram

Note: 
Protein lain yang bisa digunakan: sosis, bakso sapi atau ikan, udang atau seafood lainnya
Sayuran lain yang bisa digunakan: wortel, sawi putih atau hijau, kol, brokoli, kembang kol

Bumbu dihaluskan:
- 4 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih
- 4 butir kemiri, disangrai
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1 sendok makan ebi (udang kering) tumbuk halus (optional)

Bumbu lainnya:
- 4 - 5  sendok makan kecap manis
- 1 sendok makan saus tiram
- 1/2 sendok teh garam

Cara membuat:

Resep Bakmi Goreng Jawa Spesial

Siapkan panci, beri 1 1/2 liter air dan masukkan ayam, rebus hingga ayam empuk dan matang. Matikan kompor, tiriskan ayam. Simpan air kaldunya untuk sup atau tumisan, bisa dibekukan hingga 3 bulan lamanya.

Taburi ayam dengan 1/2 sendok teh garam halus secara merata dipermukaannya. Goreng ayam hingga permukaannya agak kecoklatan. Angkat dan biarkan dingin. Jika sudah mendingin suwir ayam menjadi potongan kecil. Sisihkan.

Siapkan wajan anti lengket, beri 1 sendok makan minyak dan panaskan. Goreng telur kocok hingga permukaanya mulai tampak mengeras kemudian orak-arik telur dengan spatula hingga tercabik menjadi ukuran kecil. Lakukan ini ketika sebagian telur sudah agak keras, jika masih lembek maka telur orak-arik akan berubah menjadi bubur telur. Goreng hingga telur matang, angkat dan sisihkan. 

Siapkan panci, masukkan 1 liter air, masak hingga mendidih. Masukkan mie telur kering, masak hingga mie matang. Angkat dan tiriskan. Sisihkan. 

Resep Bakmi Goreng Jawa Spesial

Siapkan wajan, beri 2 sendok makan minyak, panaskan. Masukkan bumbu halus, tumis hingga bumbu matang dan harum, gunakan api sedang saja. Masukkan kecap manis, saus tiram dan garam. Aduk dan masak hingga tumisan mendidih. Jangan khawatir dengan warnanya yang hitam, ketika sudah dimasukkan semua bahan maka akan berubah coklat di bakmi goreng. 

Masukkan pakchoy, aduk dan masak hingga daun layu dan setengah matang. Tambahkan jamur, aduk dan tumis selama 1 menit. Masukkan mie rebus, aduk rata. Gunakan api kecil saja saat mengaduk mie agar tidak gosong sementara bumbu dan bahan belum tercampur baik. Cara termudah mengaduknya adalah dengan penjepit besi. Aduk hingga rata. 

Masukkan suwiran ayam dan telur, aduk rata. Besarkan api menjadi sedang dan masak hingga mie dan semua bahan matang sambil diaduk-aduk. Cicipi rasanya, sesuaikan garam jika kurang asin dan tambahkan kecap manis jika suka versi manis. Matikan api dan sajikan dengan kerupuk bawang, irisan cabai rawit, tomat dan ketimun. Super yummy!



12 komentar:

  1. Mba endang, kl mie telur yang dipakai merk apa ya? Sampai sekarang saya belum menemukan mie telur yg cucok dimulut..

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya yang enak mie kuning segar ya, tapi saya pakai merk apapun di mie kuning kering dipasaran mba. Memang kurang maksimal hiiks

      Hapus
  2. assalamualaikum mba end selamat menjalankan ibadah puasa, wah mba rendangmu penyelamat sahurku hehehe... puasa baru djalankan bbeberapa hari aja bangun sdh kesiangan tralala untung rendang sdh ada n ortuku jg seneng dgn resep rendang mba end lumayan mba bisa buat hantaran klo ke ortu hehehehe.. terimakasih mba utk resep2mu yg sip markusip --anni smg--

    BalasHapus
    Balasan
    1. walaikumsalam mba Anni, wah rendang memang mantap buat stock ya, bs berbulan2 di freezer mba hehehe.

      selamat berpuasa juga ya mba. thanks sharingnya yaa

      Hapus
  3. Asw... Mba saya baru pertama komen neeh..
    Kalo di rumah, biasanya ibu mencampurkan kecapny langsng ke mie, jd diaduk pake tangan sambil diawur2 n ditambah minyak goreng biar mie g gumpal..Hehe
    Btw, klo dibikin mie nyemek pasti enak deeh mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mas Gilang, iyaa, cara itu sama seperti orang2 di kampung saya di Paron Mas. Tapi katanya kecap yang dimasak akan berubah menjadi karamel dan membuat aroma dan rasanya lebih sedap, jadi saya lebih suka versi kecapnya ditumis. Tapi semua kembali ke selera ya. Thanks sharingnya yaaa. Salam buat Ibunda. Met berpuasa ^_^

      Hapus
  4. Mba kenalkan saya Niar..pengunjung setia blog dan IG-nya mba tp silent reader hehe. Kebetulan besok mau bikin bakmi jawa buat sahur. Makasih banyak yaa
    Oh iya mau cerita2 dikit ya..jadi tadi menu buka puasa bikin ayam goreng lengkuas dr JTT. Begitu magrib tiba..saya icip ayamnya. Masya Allah asinnya. Begitu saya buka ulang resep dari mba ternyata saya yg salah. 2-3 sendok teh garamnya kebacanya 2-3 SENDOK MAKAN ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal Mba Niar, thanks ya sudah menyukai JTT. Waah, 2 -3 sendok makan kayanya bs untuk 5 ekor ayam Mba hehhehe.

      Hapus
  5. Hii mb endang..sy uda mulai ngikuti resepnya sejak 2013..superrr laff mbak buat mbak endang yg mau bagi2 resepnya yang anti gagal..
    Envy banget mbak dg kebaikanmu..pasti banyak ibu2 yg terbantu dg share resepnya mb endang..
    Nah..Kl mie ini biasa saya masaknya stelah step memasukkan kecap sampai sedikit mendidih lalu sy kasih air panas mbak..baru sayur dan mie..supaya hasil akhirnya gak terlalu kering dan lebih nyemek..😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ririt, thanks ya sudah menyukai JTT, thanks tips dan sahringnya yaa. sukses selalu! ^_^

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...