22 Juni 2017

Review Reksa Dana PROSPERA Asset Management & Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!


Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

'It's not how much money you make, 
but how much money you keep,
how hard it works for you,
and how many generations you keep it for'

~ Robert T. Kiyosaki


Tidak semua orang suka berbicara mengenai investasi dan menabung. Sejak saya bekerja dan berkecimpung di dunia asuransi, investasi dan perbankan selama lebih dari 15 tahun ini, saya menyadari hal tersebut. Umumnya keengganan utama dikarenakan oleh minimnya pengetahuan tentang produk investasi, dan investasi selalu diasosiasikan dengan sejumlah dana yang besar, serta tidak adanya dana tersisa yang bisa disisihkan setiap bulannya. Memang memerlukan proses dan waktu hingga kita benar-benar sadar bahwa investasi dan menabung berapapun besarnya harus kita pikirkan dan lakukan sejak dini. 

Nah berbicara tentang investasi dan menabung, saya pernah mengulas mengenai perbedaan keduanya pada artikel disini. Di sela-sela resep sambal ikan asin peda yang membuat air liur menetes, saya juga memasukkan  sedikit pengetahuan tentang investasi. Hey, berbagi ilmu yang baik menurut saya tidak dibatasi oleh ruang dan waktu, jadi walaupun hampir 99% isi blog JTT berbicara tentang resep dan makanan, namun sedikit info investasi sama sekali tidak menyakitkan. ^_^

Reksa Dana PROSPERA Asset Management

Investasi dan menabung, walau keduanya memiliki konsep sama yaitu menyisihkan sejumlah dana namun sebenarnya memiliki tujuan, teknik, dan cara yang berbeda. Menabung bukanlah investasi, namun dengan berinvestasi berarti kita sudah melakukan tahapan menabung, dan tahapan perencanaan lainnya seperti menetapkan  tujuan investasi, jangka waktu, pemilihan produk, dan berapa besar dana kita hendak berkembang. Artinya, berinvestasi membuat kita lebih memiliki guidance jelas saat menyisihkan dana setiap bulannya. Nah yang menjadi masalah adalah tidak semua dari kita memiliki pengetahuan mengenai produk investasi, dan jikalau kesadaran untuk berinvestasi tersebut tumbuh di hati muncul kemudian rasa bimbang: "Hendak diinvestasikan kemanakah dana saya? Dan dimana saya bisa memperoleh info mengenai produk investasi yang sesuai"? Itu adalah pertanyaan yang sangat umum bagi mereka yang awam mengenai bidang ini. Karena ketidaktahuan tersebut, wajar jika kemudian kita lebih memilih untuk menyimpan uang dalam bentuk rekening tabungan biasa atau mungkin deposito bank yang terasa mudah walau memberikan imbal hasil relatif rendah. 

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Nah bagi mereka yang masih awam dengan produk investasi, pemula yang ingin mencoba, atau mungkin si sibuk yang tidak ingin terlalu diribetkan dalam urusan mengelola investasi, maka produk investasi Reksa Dana sangat saya sarankan. Dibandingkan saham atau produk investasi lainnya, maka Reksa Dana relatif sangat simple, memberikan banyak pilihan jenis tingkat risiko investasi, mudah memasukkan dana (subscribe), menambah dana (top up), dan mudah pula mencairkannya (redeem). Selain itu produk Reksa Dana saat ini sangat mudah ditemukan dimanapun. Reksa dana dikeluarkan oleh perusahaan Manajer Investasi atau lebih dikenal dengan nama Asset Management, dan produknya bisa dibeli langsung di perusahaan Asset Management atau melalui bank yang berfungsi sebagai agen penjual. 

Jika dulu berinvestasi di Reksa Dana memerlukan dana cukup besar,  kini produknya sangat, sangat terjangkau karena tidak memerlukan dana yang besar untuk kita bisa turut berpartisipasi didalamnya. Saya masih ingat 10 tahun yang lalu kala berinvestasi di Reksa Dana Perusahaan A, saya harus memiliki uang minimal 10 juta sebagai deposit awal, tapi kini hanya dengan seratus ribu rupiah kita bisa menjadi investor. Seratus ribu rupiah? Masa sih? Yep, Prospera Asset Management memiliki banyak produk Reksa Dana dan deposit awalnya rata-rata hanya Rp. 100.000,- saja. ^_^

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Well, sebelum masuk ke produk Reksa Dana Prospera, kita ulas dulu mengenai apa itu Reksa Dana, atau biasa disebut juga dengan Mutual Fund. Definisi Reksa Dana menurut Undang-Undang Pasar Modal No. 8 tahun 1995 pasal 1 (ayat 27) adalah wadah yang dipergunakan oleh masyarakat pemodal (investor) untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi. Intinya, dana investasi dari masyarakat pemodal (investor) yang sangat banyak jumlahnya dikumpulkan dalam sebuah wadah, dana yang telah terkumpul tersebut kemudian dikelola oleh Manajer Investasi dengan cara diinvestasikan ke berbagai jenis produk investasi seperti produk pasar uang (SBI, deposito), saham, dan obligasi. 

Tidak mudah untuk mendirikan perusahaan Asset Management, karena harus melalui serangkaian syarat modal, hukum, dan kepatuhan peraturan sesuai yang ditetapkan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan), perusahaan harus mendaftarkan diri dan mengantongi ijin Wakil Manajer Investasi agar bisa menjalankan usahanya. Inilah yang membedakan perusahaan Asset Management dengan perusahaan pengolaan investasi 'abal-abal' yang melakukan praktek penggalangan dana, menawarkan iming-iming hasil yang tinggi, namun ujung-ujungnya ternyata penipuan berkedok investasi,  dan uang kita raib begitu saja tanpa bisa dipertanggungjawabkan.  

Reksa Dana PROSPERA Asset Management

Demikian pula dengan Manajer Investasi. Tidak sembarang  orang bisa menjadi Manajer Investasi, karena harus melalui ujian WMI (Wakil Manajer Investasi) yang diselenggarakan oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan) dan mengantongi sertifikat terlebih dahulu. Ujian ini lumayan berat dan terkadang perlu beberapa kali test agar bisa lulus.  Artinya, tidak semua orang bisa menjadi seorang Manajer Investasi dan bisa mengelola dana yang begitu banyak dari masyarakat. Memerlukan keahlian, pengalaman, wawasan, dan skill pengelolaan investasi yang mumpuni untuk memikul tanggung jawab yang berat tersebut. Manajer Investasi inilah yang akan melakukan transaksi jual beli ke berbagai produk investasi, bertanggung jawab untuk mengembangkan dana dari masyarakat (investor) tersebut, mengelola dana sehingga produk Reksa Dana kelolaannya memberikan return (hasil investasi) sesuai ekspektasi, memberikan laporan perkembangan dana kelolaannya ke masyarakat (investor), serta berurusan dengan regulasi dan aneka tetek bengek peraturan dan ijin lainnya. Kita sebagai investor cukup duduk manis saja mengamati perkembangan dana yang kita investasikan, dan menerima laporan setiap bulannya. 

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Nah dari sekian banyak perusahaan Asset Management, maka ada satu yang saya rekomendasikan yaitu PT. Prospera Asset Management. Perusahaan ini berdiri pada tanggal 8 Oktober 2004 dan beroperasi sebagai perusahaan Manajer Investasi berdasarkan pada Izin Usaha Nomor Kep-02/PM/MI/2005 yang dikeluarkan oleh Badan Pengawas Pasar Modal (Bapepam & LK) saat ini Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tanggal 19 Januari 2005. Prospera Asset Management telah mendapatkan banyak penghargaan di bidangnya yaitu Best Mutual Fund 2011, Best Mutual Fund 2013, Best Mutual Fund 2014, dan Best Mutual Fund 2015, semuanya dari Majalah INVESTOR. Hal ini tidaklah mengherankan karena Prospera Asset Management memahami bahwa setiap nasabah memiliki tujuan dan perilaku investasi yang berbeda-beda, karena itu dikembangkan juga beragam produk yang dapat memenuhi kebutuhan investasi nasabah. Produk Prospera Asset Management dirancang untuk memberikan hasil investasi yang optimal dalam jangka panjang, ini karena dana masyarakat investor diinvestasikan pada beraneka ragam intrumen investasi mulai dari obligasi hingga saham. Keanekaragaman produk Reksa Dana yang mereka miliki ini membuat kita bisa memilih ragam produk sesuai dengan tujuan dan kenyamanan kita masing-masing.  

Reksa Dana PROSPERA Asset Management

Lantas mengapa Reksa Dana bisa memberikan hasil investasi yang lebih tinggi dibandingkan produk perbankan? Pertama tentu saja karena dana kita dikelola oleh Manajer Investasi, seorang profesional yang mumpuni dan memiliki kapabilitas dibidangnya. Kedua, bayangkan jika ada ribuan orang yang membeli produk Reksa Dana tersebut, dan setiap orang menyisihkan dana sebesar Rp. 1 juta, maka dana yang terkumpul bisa mencapai milyaran rupiah. Dengan dana yang sangat besar dalam sebuah produk Reksa Dana membuat seorang Manajer Investasi mudah untuk memilih dan membeli produk investasi yang beraneka ragam, artinya peluang untuk mendapatkan tingkat imbal hasil yang baik pun semakin tinggi. Jika sebagai investor tunggal maka kita memerlukan dana minimal 1 milyar rupiah untuk  bisa membeli surat utang atau obligasi, namun dengan turut serta di dalam Reksa Dana maka kita bisa ikut mencicipi produk investasi tersebut dengan dana terbatas karena Manajer Investasi memiliki dana cukup untuk membelinya. Leluasa dalam menginvestasikan dananya di berbagai instrumen investasi memungkinkan produk Reksa Dana bisa mendapatkan hasil investasi yang lebih tinggi. 

Reksa Dana PROSPERA Asset Management

Reksa Dana sendiri hadir dalam bentuk bermacam-macam tergantung dari jenis dan komposisi instrumen investasi yang membentuknya. Pada umumnya Reksa Dana terdiri atas Reksa Dana Pasar Uang, Reksa Dana Pendapatan Tetap, Reksa Dana Saham dan Reksa Dana Campuran. Sesuai dengan namanya, maka dana investor diinvestasikan ke produk investasi pasar uang (SBI, deposito), surat utang/obligasi (biasa disebut juga dengan pendapatan tetap), saham, dan campuran dari ketiga produk investasi tersebut. 

Komposisi masing-masingnya adalah sebagai berikut: Reksa Dana Pasar Uang, minimal 80% dana nasabah diinvestasikan ke produk pasar uang seperti SBI, deposito dan surat utang yang jatuh temponya kurang dari 1 tahun, reksadana jenis ini memiliki resiko terendah namun juga pertumbuhan nilai investasi yang terbatas; Reksa Dana Pendapatan Tetap, minimal 80% dana nasabah diinvestasikan ke obligasi atau surat utang, risiko reksa dana ini lebih tinggi dibandingkan reksa dana pasar uang dan memberikan hasil lebih rendah dibandingkan reksa dana saham dan campuran; Reksa Dana Saham, minimal 80% dana nasabah diinvestasikan ke saham, merupakan jenis reksa dana dengan potensi hasil investasi dan risiko paling tinggi; sedangkan Reksa Dana Campuran merupakan campuran dari pasar uang, saham dan surat utang dimana porsi masing-masing maksimal 79%, reksa dana ini memberikan potensi imbal hasil lebih tinggi dibandingkan reksa dana pasar uang dan pendapatan tetap, dengan risiko lebih rendah dari reksa dana saham. 

Reksa Dana PROSPERA Asset Management

Kesimpulannya, reksa dana saham merupakan jenis reksa dana dengan risiko paling tinggi tetapi juga dengan potensi imbal hasil terbesar. Sesuai dengan prinsip investasi 'high risk high return/gain'. Tugas kita sebelum membeli jenis produk reksa dana yang sesuai adalah menentukan besarnya risiko yang berani kita tanggung, semakin besar potensi tingkat imbal hasil yang kita inginkan maka tentunya akan semakin tinggi risiko yang akan dihadapi.  Nah Prospera Asset Management sendiri memiliki 7 produk Reksa Dana yaitu Reksa Dana Pasar Uang Prospera Dana Lancar; Reksa Dana Pendapatan Tetap Prospera Obligasi Plus dan Prospera Obligasi; Reksa Dana Saham Prospera BUMN Growth Fund, Prospera Bijak dan Reksa Dana Saham SMC (Small Mid Capital); dan Reksa Dana Campuran Prospera Value Fund dan Prospera Balance. Masing-masing produk memiliki kelebihannya sendiri, namun yang saat ini akan kita bahas adalah Reksa Dana Prospera BUMN Growth Fund. 

Reksa Dana PROSPERA Asset Management

Sesuai dengan namanya maka Reksa Dana Prospera BUMN Growth Fund memiliki komposisi minimal 80% dan maksimal 100%  dana  diinvestasikan ke saham (Efek Bersifat Ekuitas), dimana 55% saham-saham tersebut diterbitkan oleh BUMN (Badan Usaha Milik Negara). Seperti diketahui maka saham-saham BUMN seperti Telkom, PT. Gas Negara, Bank Mandiri, Bank BNI memiliki kinerja yang baik dan relatif mempunyai pergerakan harga yang lebih stabil, artinya dana kita diinvestasikan ke saham perusahaan yang terkenal handal. Minimal deposit atau dana investasi hanya 100 ribu rupiah, dan minimal penambahan dana (top up) juga sebesar 100 ribu rupiah. Jadi bisa dibayangkan hanya dengan dana 100 ribu rupiah saja  kita sudah bisa ikut mencicipi manisnya Reksa Dana Prospera BUMN Growth Fund

Ketika kita membeli reksa dana maka produk ini dijual dalam satuan unit,  kita bisa membeli unitnya langsung atau mengkonversi uang rupiah kita ke dalam bentuk unit. Contoh, per hari ini harga  1 unit Reksa Dana Prospera BUMN Growth Fund adalah Rp. 1169,52, jika kita berinvestasi sebesar Rp. 100.000,- maka kita akan mendapatkan unit sejumlah 100.000 : 1169,52 = 85,5 unit. Semakin banyak dana yang kita investasikan maka jumlah unit yang kita peroleh akan semakin besar. Tentu saja pembelian dan penjualan unit reksa dana akan dikenakan biaya, umumnya biaya pembelian maksimal sebesar 2% dan biaya penjualan unit kembali maksimal sebesar 2% (sebelum 1 tahun). 

Reksa Dana PROSPERA Asset Management

Harga per 1 unit reksa dana ini berubah-ubah tergantung dengan NAB (Nilai Aktiva Bersih) hari itu. NAB adalah nilai yang menggambarkan total kekayaan bersih reksa dana setiap harinya. Secara jangka panjang NAB  ini akan semakin meningkat sehingga nilai per 1 unit reksa dana pun akan semakin naik. Perlu diketahui semua produk reksa dana ketika diluncurkan pertama kali memiliki Nilai Aktiva Bersih awal Rp.1.000,-  (seribu Rupiah).  Apakah nilai NAB ini bisa mengalami penurunan? Sebagaimana semua jenis produk investasi lainnya maka nilai NAB akan berfluktuasi mengikuti kondisi pasar saat itu. Naik dan turun adalah hal yang biasa dalam dunia investasi, yang perlu kita perhatikan adalah pertumbuhannya dalam jangka panjang. Reksa Dana Prospera BUMN sendiri selama kurun waktu 1 tahun ini mampu memberikan imbal hasil sebesar 12,47%, pencapaian ini terbilang sangat baik ditengah kondisi pasar modal yang akhir-akhir ini  kurang stabil. Untuk melihat pergerakan nilai unit setiap hari dari seluruh reksa dana yang diperjualbelikan di Indonesia bisa dipantau dari harian Kontan, Bisnis Indonesia, Kompas, atau website www.infovesta.com. 

Reksa Dana PROSPERA Asset Management

Jika anda berminat berinvestasi di reksa dana Prospera Asset Management, maka ada 4 kelebihan yang akan diberikan: Kemudahan proses investasi; Risiko terukur dengan baik; Kemudahan pencairan dana, dan;  Hasil investasi yang konsisten dan optimal dalam jangka panjang. Tiga belas tahun berkibar di industri reksa dana, saya yakin PT. Prospera Asset Management sangat handal dan terpercaya dalam pengelolaan dana nasabah, sehingga kita tidak perlu harus 'dag-dig-dug' menyerahkan dana karena dana tersebut akan dikelola secara profesional oleh Team Manajer Investasinya. 

Prospera Asset Management terletak di Gedung TCC Batavia Tower One, Lantai 9 - Suite 6 & 7, Jl. KH. Mas Mansyur kav. 126 Jakarta Pusat. Informasi lebih detail bisa diakses di website Prospera Asset Management (www.prosperaasset.com). Atau bisa langsung juga kontak ke Sintya di nomor (021) 29529408 ext 101 dan (WA/SMS) di 0812 80300472, atau email di  priscilla.sintya@prosperaasset.com. Bahkan jika jika ada kelompok arisan atau group yang berkeinginan untuk diedukasi mengenai investasi dan Reksa Dana maka rekan saya Sintya dan teamnya bisa datang lho untuk memberikan materi secara cuma-cuma. Mantap kan! Jadi yuk buruan segera saving uang kita dengan jalan yang cerdas yaitu dengan berinvestasi di Reksa Dana Prospera Asset Management. ^_^

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!
Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Wokeh sekarang kita menuju ke resep perkedel ayam kentang yang super sedap ini. Ide resepnya saya dapatkan dari Mba Marisa Masrur yang mengirim pesan melalui IG JTT. Beliau bereksperimen mengutak-atik resep nugget ayam yang resepnya pernah saya share disini. Resepnya hampir sama dengan resep nugget tersebut, namun kali ini bentuknya berupa perkedel yang terbuat dari campuran kentang dan daging ayam cincang. Dari gambar yang beliau kirimkan, tampilannya terlihat mengesankan, dan menurut Mba Marisa keluarganya justru suka versi kentang dan ayam ini. Tadi malam, penasaran dengan rasa perkedel ayam yang terlihat maknyus itu sayapun berkesperimen membuatnya. Resepnya secara garis besar sama seperti resep nugget yang pernah saya bagikan, yaitu menggunakan mayonnaise, bawang bombay, bawang putih dan aneka saus seperti saus tiram, kecap Inggris, kecap ikan dan minyak wijen. Beberapa saus saya cantumkan optional, artinya anda bisa menghilangkannya dari  resep, namun jika ada sebaiknya gunakan saus tersebut karena akan membuat perkedel ini memiliki rasa berbeda dari perkedel kentang umumnya. 

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!
Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Untuk mempercepat proses, saya menghaluskan bumbu, ayam, dan kentang goreng dengan menggunakan food processor. Cara ini super duper cepat, praktis, dan hemat tenaga. Jika tidak memiliki alat ini maka anda bisa menggunakan ayam cincang a la supermarket, tumbuk kentang dengan ulekan, dan cincang bawang bombay dan bawang putih secara manual di talenan. Hasil akhirnya menurut saya tetap sama. Secara umum sebenarnya adonannya cukup keras dan nyaman dibentuk, tapi jika lembek maka tambahkan bread crumbs atau tepung panir hingga adonan tidak terlalu lunak. Saya sendiri karena memiliki banyak stok biskuit keju hasil berburu buy 1 get 1 free di Lotte Mart bulan lalu, kali ini memproses si biskuit di food processor dan mengubahnya menjadi bread crumbs yang gurih. Biskuit juga bisa dihancurkan secara manual dengan memasukkannya ke dalam kantung plastik dan memukulnya dengan kayu penggilas hingga menjadi remahan kecil. Bread crumbs dari biskuit ini saya pergunakan juga untuk melumuri permukaan perkedel kala akan digoreng. 

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!
Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Perkedel ini agak lembek ketika masih mentah, namun menjadi keras dan padat usai dikukus. Nah perkedel kukus bisa disimpan dalam chiller selama 5 hari, atau freezer hingga 1 bulan lamanya. Ketika akan dimakan, cukup letakkan di suhu ruang hingga lunak kembali, celupkan ke kocokan telur dan lumuri dengan bread crumbs, kemudian goreng hingga kecoklatan. Sedang menghindari minyak? Tata perkedel yang sudah dilumuri bread crumbs di loyang beralas kertas baking atau silpat, panggang dengan suhu 200'C selama 20 - 25 menit atau hingga permukaannya coklat keemasan. Rasanya tetap yummy dan permukaannya tidak kalah crunchy dengan versi gorengnya. Ssst.... Versi yang panggang tentu saja lebih sehat. ^_^

Berikut  resep dan prosesnya yang mudah ya. 

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Perkedel Kentang Ayam Maknyus!
Ide resep dari Mba Marisa Masrur.
Resep diadaptasikan dari Nugget Ayam Wortel JTT

Untuk 28 - 30 buah perkedel masing-masing berat 80 gram

Tertarik dengan resep sejenis lainnya? Silahkan klik link resep dibawah ini: 
Kroket Kentang Isi Ayam dan Wortel
Bitterballen  alias Kroket a la Negeri Belanda
Korokke Daging Sapi dengan Saus Tonkatsu  

Bahan perkedel:
- 1 kg kentang
- 600 gram dada/paha ayam fillet
- 2 buah bawang bombay, berat 225 gram
- 30 gram bawang putih, sekitar 10 siung
- 200 gram mayonnaise
- 2 butir telur
- 2 sendok teh merica bubuk
- 3 sendok makan gula pasir
- 1  sendok teh garam
- 1 1/2 sendok makan saus tiram
- 1 sendok makan kecap Inggris (Worchestershire Sauce) (optional)
- 1 sendok teh minyak wijen (optional)
- 1 sendok makan kecap ikan (optional)
- 4 batang daun seledri, cincang halus
- 3 sendok makan bawang merah goreng
- beberapa sendok makan bread crumbs atau biskuit keju dihancurkan jika adonan agak lembek

Bahan pencelup:
- 2 butir telur kocok lepas untuk mencelupkan perkedel
- bread crumbs atau biskuit keju dihancurkan untuk melumuri permukaan perkedel

Cara membuat:

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Siapkan kentang, kupas, cuci bersih dan potong ukuran 2 x  2 cm. Goreng kentang dalam minyak panas hingga matang kecoklatan. Angkat, tiriskan dan biarkan mendingin. Proses kentang dengan food processor hingga halus, atau tumbuk halus dengan menggunakan ulekan. Masukkan kentang tumbuk ke sebuah mangkuk besar, sisihkan.

Masukkan bawang bombay dan bawang putih ke dalam food processsor, proses hingga tercacah halus. Bawang bombay dan bawang putih bisa dicincang manual biasa di atas talenan. Tuangkan kedua jenis bawang ke dalam mangkuk berisi kentang. 

Siapkan fillet ayam, proses dengan food processor hingga halus. Bisa menggunakan ayam giling atau ayam cincang yang siap pakai. Tuangkan gilingan ayam ke dalam mangkuk berisi kentang tumbuk. Sisihkan. 

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Saya menggunakan biskuit keju asin sebagai bread crumbs untuk melumuri perkedel. Anda bisa menggunakan bread crumbs biasa atau tepung panir, atau jenis biskuit keju apapun. Biskuit saya masukkan ke food processor dan proses hingga menjadi remahan kecil sebesar bread crumbs, sisihkan. Kita akan menggunakannya untuk melumuri perkedel ketika akan digoreng atau untuk ditambahkan ke dalam adonan perkedel jika teksturnya terlalu lembek.  

Masukkan sisa bahan perkedel lainnya ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Saya mengaduknya menggunakan jemari tangan agar adonan mampu tercampur dengan baik. Cicipi rasanya dengan menggoreng secuil adonan, sesuaikan rasa asinnya. 

Note: saya menambahkan sekitar 6 sendok makan bread crumbs ke dalam adonan karena teksturnya sedikit lembek.

Olesi permukaan telapak tangan dengan sedikit minyak goreng agar adonan tidak lengket saat kita membentuknya. Ambil adonan seberat 80 gram atau sesuai ukuran yang anda inginkan. Bentuk bulat pipih dengan diamater sekitar 3 cm. Tata di sebuah loyang datar. Lakukan hingga semua adonan habis dibentuk. 

Siapkan kukusan jangan isi dengan air terlalu banyak agar ketika mendidih tidak membasahi perkedel. Olesi permukaan saringan kukusan dengan minyak goreng. Tata adonan perkedel yang sudah dibentuk di permukaan saringan, jangan bertumpukan. Jika kukusan anda kecil maka kita perlu mengukusnya beberapa kali secara bergantian. Kukus selama 25 menit dengan api sedang, matikan api, biarkan perkedel sedikit mendingin agar mengeras. Keluarkan dari kukusan dan tata di wadah datar. 

Resep Perkedel Kentang Ayam Maknyus!

Sampai pada tahap ini perkedel sebenarnya sudah matang, bisa langsung digoreng atau tata perkedel di wadah yang memiliki tutup rapat. Lapisi antar tumpukan perkedel dengan kertas baking atau plastic wrap agar tidak lengket. Perkedel kukus tahan selama 3 hari di chiller atau 1 bulan di freezer. 

Jika anda hendak menggorengnya. Celupkan perkedel kukus di kocokan telur, goreng di minyak panas hingga coklat keemasan, atau lumuri dengan bread crumbs, goreng di wajan anti lengket dengan minyak yang agak banyak hingga permukaannya coklat keemasan. 

Ingin versi lebih sehat dan bebas minyak? Tata perkedel yang sudah dilumuri bread crumbs di loyang datar beralas kertas baking atau silpat, panggang selama 20 menit di suhu 200'C hingga permukaannya coklat keemasan. Perkedel siap disantap bersama nasi hangat atau dimakan begitu saja dengan cabai rawit dan cocolan saus sambal atau tomat. Super yummy!



26 komentar:

  1. Weeeeeehhhh.....cerita gaya baru ini keren sekali mba Endang : perkedel kentang dan reksadana. Muaantap eeuuuuy, aku suka sekali narasi pengiring gaya baru ini. Membuat blog ini makin unik, lanjutkan...... Jempooool mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkakaka, thanks mba Anna, moga info investasinya gak terkesan 'memaksakan diri' di artikel. Keknya baru kali ini info investasi tandem sama perkedel.

      Hapus
  2. Jadi agak ngerti reksa dana... maklum biasa berkutat di dapur doang... seru mbak, mantap deh. Gak cuma dapt resep masakan tapi juga dapat resep investasi...☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Nina, senang informasinya berguna hehehe

      Hapus
  3. kayaknya klo gak salah mba sintya itu pernah dsebut di narasi mba endang sahabatnya y mba, kpn2 tak kontak nomernya mau tanya2 dulu soale nek baca2 sendiri judule mumet wkwkwkw... perkedel rasa invest wkwkwk sip markusip --anni smg--

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, iya Mba Anni, Sintya itu sohib saya yag sering muncul namanya di JTT wakkaka

      Hapus
  4. Mba endang,
    Klu ayamnya diganti daging gmn y?kira2 tetep maknyus g hehe

    BalasHapus
  5. mb, gimana saranny u/orang yg jauh dr peradapan kota bila ingin coba"invest d reksadana?o y, klo g d kukus apa perkedel ttp enak bl d simpan d freezer bbrp wktu?thx
    vita

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Vita, tidak masalah ya, semua formulir untuk membuka rekening bisa dikirimkan via post, dana ditransfer langsung ke no rekening reksadana masing2 bukan ke sales. Laporan perkembangan dana akan dikirimkan setiap bulan.

      Sebaiknya kukus ya, karena kalau tidak berarti ayam msh dalam kondisi mentah.

      Hapus
  6. Wah..kalo mbak endang yang menerangkan tentang investasi jadi gak begitu mumet bacanya,hehe..jadi pingin nyoba berinvestasi di reksadana,maaf kepo mbak..mbak endang kerja di PT.Prospera?
    Terima kasih resep-resepnya mbak
    IIN-Malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Iin, thanks yaaa, senang penjelasan artikelnya bisa dimengerti.

      Bukan, saya kerja di perusahaan sekuritas. Teman saya, sitya yang kerja di PT. Prospera hehehheh.

      Hapus
  7. Hehehe.. Maaf Mba.. Saya wong ndeso.. Lelet mikirnya.. Ga mudeng2 diterangin soal saham gitu.. Wkwkwk.. Sekali lg maaf ya..

    Btw, maaf telat ngucapinnya :

    Selamat Hari Raya Idul Fitri 1438H
    Minal Aidin Wal Faizin
    Mohon maaf lahir dan batin..
    Semoga Mba Endang selalu diberkati Tuhan.. Aminnn...

    Joyce

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minal Aidin Wal Faizin
      Mohon maaf lahir dan batin juga Mba Joyce. Hahaha, gak papa Mba, santai saja, memang investasi terkadang butuh waktu untuk bs dimengerti, saya dulu juga begitu wakakkakak.

      sukses selalu yaaa

      Hapus
  8. Assalamualaikum Mba Endang btw saya pengikut blog mba resepnya enak2, terakhir saya nyontek resep mie goreng jawa uenak tenan.. Skali2 boleh dong share resep tahu tepo ala pak rus ngawi hehe. Trims.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam mba, thanks ya sudah menyukai resep JTT. Tahu tepo Pak Rus belum pernah cicip, tapi resep tahu tepo sepertinya tdk terlalu susah hehehhe. Moga kalau ada waktu bs dieksekusi mba. thanks yaa

      Hapus
  9. Kalau lagi buntung resikonya gimana ya mbak??
    Apa modal kita akan minus?Atau gimana sih mbak?
    Maaf kepo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, investasi selalu naik turun, tapi reksadana relatif lebih aman dan penurunanya gak banyak. Yep, modal kita bs minus ya, makanya investasinya janganka panjang dan modal kita diberikan kesempatan berkembang dulu.

      Hapus
  10. Halo mbak Endang, saya follower baru blog mbak. Resep-resepnya mbak sangat menarik buat dieksekusi nih, bikin laper mata aja,hehehe. Mbak, kalo boleh saya tanya, mbak Endang pake food processor merk dan tipe apa? serta berapa budget yang harus disiapkan buat beli food processor? Maklum saya pemula di urusan dapur. Trims sebelumnya mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mei, thanks ya sudah menyukai resep JTT. Saya pakai food pro merk Phillips dan so far baik2 saja sudah beberapa tahun dipakai. Harga bs dicek saja di intrernet mba, banyak online shop yang jual ya

      Hapus
  11. Hai Mba Endang, mohon maaf lahir batin ya mba.
    Btw, no nya Mba Sintya yang dicantumin tadi juga sekalian no WA kah? Mau nanya-nanya lebih lanjut mba kalau boleh :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mohon maaf lahir dan batin juga ya Mba. Yep, nomor diatas bisa WA juga ya Mba, silahkan tanya2 langsung ya, Sintya akan sangat senang sekali kalau ada yang ingin bertanya produk supaya lebih jelas. ^_^

      Hapus
  12. PT. Prospera hanya ada di jakarta y mb? kalau di surabaya kira2 perusahaan apa y yang kinerjanya seperti PT. Prospera?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Prosera kayanya sih cuman Jakarta ya.Perusahaan asset management banyak ya, coba buka website infovesta.com, disana bs dilihat kinerja masing2 reksadana yang perusahaan yang mengeluarkannya.

      Hapus
  13. Mba endang, biskuit kejunya merk apa? Mau buat mpasi babyku, dicampur wortel dan brokoli + keju bs ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya kemarin pakai merk Ritz mba. Bs dicampur sayuran dan keju ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...