19 April 2018

Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)


Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Online shop memang luar biasa, begitu luar biasanya hingga menggempur toko dan supermarket konvensional. Kondisi ini sangat terasa dengan sepinya toko-toko di mall, kecuali food court dan resto yang sepertinya saat ini lebih menjadi tujuan utama pengunjung. Saya sendiri terus terang pengguna online shop sejati. Hampir aneka produk yang diperlukan saya beli dari sana. Begitu mudahnya berbelanja di online shop menjadikan saya 'sedikit' kecanduan. Bagaimana tidak? Aneka produk yang sulit ditemukan di toko, jikalau ada kita harus menempuh jarak dan waktu untuk menemukannya, kini bisa diperoleh diujung jari. Tinggal klik dan klik, barang akan tiba saat itu juga jika menggunakan Go Send, atau dua hari jika menggunakan jasa kurir titipan kilat. So far saya belum menemukan kendala berarti selama membeli barang secara online

Sebenarnya produk seperti apa sih yang saya cari di online shop? Banyak! Mulai dari rempah unik dan susah ditemukan ditoko seperti biji allspice dan yellow mustard seed, atau kacang-kacangan mentah seperti chickpeas, cannelloni beans, lentil; benih tanaman seperti basil, tomat cherry, paprika; peralatan makan dan penunjang fotografi, hingga perlengkapan bertukang seperti bor dan tang. Di online shop, barang-barang yang susah ditemukan di toko atau lebih mahal harganya, tersedia dan lebih murah.


Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)
Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Walau fenomena ini cukup merugikan pemilik toko, dan mall, namun mau tidak mau berbelanja secara online di 'jaman now' ini memang  tidak bisa dihambat lajunya. Hanya dengan gadget ditangan, pembeli bebas memilih barang dan membandingkannya antar toko. Bahkan selisih harga lima ribu perak saja menjadi pertimbangan serius, dan mampu membuat calon pembeli pindah ke toko lain. Tak heran kini pemilik toko online juga berlomba-lomba memberikan pelayanan prima dan kemudahan. Contohnya ketika kemarin saya membeli cake stand di sebuah toko online, ketika barang yang tinggal satu-satunya tersebut sedikit cacat, pemilik toko tidak segan-segan menelpon dan menginformasikannya sambil menawarkan produk lain yang hampir sama atau pembatalan pesanan. Hal simple seperti ini plus produk yang bagus membuat kita pun menjadi pelanggan setia. 

Tapi walau produk di online shop sangat menarik, ada beberapa barang seperti pakaian, tas dan sepatu tidak pernah saya beli disana. Alasannya sepele, kualitas bahannya susah dinilai dengan melihat fotonya saja. Khusus untuk pakaian, terkadang ukurannya tidak sesuai dengan body bongsor ini. Jadi daripada kecewa dengan produknya lebih baik saya tetap kembali ke toko pakaian di mall di sebelah kantor.

Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)
Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Pengetahuan saya akan produk online shop bertambah minggu lalu ketika seorang pembaca JTT menyarankan untuk membeli produk segar seperti fillet ayam, ikan dan daging seperti yang pernah dilakukannya. Beberapa toko disarankan karena terpercaya dengan produk fresh-nya dan harganya lebih murah dibandingkan dipasar. Terus terang saya tergelitik untuk mencobanya tapi masih menunggu hingga harganya sedikit lebih turun. Di pasar Blok A, sekilo fillet dada ayam dibandrol dengan harga lima puluh ribu rupiah, dan harga itu juga yang dicantumkan di online. Berdasarkan pengalaman pembaca JTT yang memberikan saran, seringkali harga dada ayam hanya empat puluh lima ribu rupiah perkilo, jadi ketika ditambah dengan ongkos kirim maka harganya tidak akan jauh berbeda. Nah bedanya produk online diantar langsung didepan rumah, karena walau pasar tidak jauh jaraknya namun seringkali  saya tidak memiliki waktu hendak berkunjung kesana. 

Minggu lalu ketika mengunjungi Ibu di rumah adik di Mampang, saat berdiskusi dengan Ibu dan adik saya, Wiwin, tentang menu diet, kami lantas tercetus untuk mengisi menu dengan putih telur. Selama ini saya selalu memisahkan putih dan kuningnya, namun berujung pada tumpukan kuning telur yang pusing hendak diolah menjadi apa. Cake dengan kandungan kuning telur yang banyak juga terasa mengerikan hendak dikudap. Saya lantas mengecek ke sebuah layanan online shop dan surprised menemukan ternyata putih telur pun dijual disana. Selama ini saya membeli putih telur dari rekan kantor, Pak Kustandi, yang memiliki tetangga penjual kue. Harganya sama sekali tidak mahal, namun stoknya tidak bisa selalu ada, tergantung si tetangga sedang mendapatkan pesanan kue atau tidak. Sebuah toko dengan segambreng review dan bintang-bintang menjadi pilihan selain tentu saja karena harganya yang lebih murah, sekilo putih telur hanya dibandrol sebelas ribu rupiah. 


Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)
Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Saya pesan di malam hari, dan menggunakan jasa Go Send, putih telur tersebut kami terima di hari Minggu yang lalu. Kondisinya sangat memuaskan, fresh dan bersih. Banyak yang memberikan komentar di Instagram ketika saya menceritakannya di Insta Story, beberapa meminta nama si toko, beberapa mengatakan didaerahnya harga putih telur sangat murah, beberapa menyarankan saya menghubungi penjual jamu untuk mendapatkan putih telur! Halo, saya sudah menemukan cara termudah membeli putih telur, cukup dengan klik klik singkat di gadget dan produk dikirim hingga ke gerbang rumah, dan kini disarankan untuk mencari ke tukang jamu. Antara 'gondhok' dan bingung dengan si pemberi saran, tapi semua komentar tetap saya terima dengan lapang dada dan percaya bahwa mereka bermaksud baik. 

Ada juga komentar yang mengatakan bahwa memisahkan putih dengan kuning telur sendiri lebih bersih karena beli di online tidak jelas apakah telur dicuci atau tidak ketika dipecahkan. Well, saran tersebut ada benarnya, tapi apa bedanya kala kita membeli cake dan kue di bakery yang mengandung telur bukan? Apakah kita tahu si pemilik bakery mencuci telurnya atau tidak? Jadi kembali lagi, think positive saja. So far, putih telur yang saya beli sangat memuaskan, rasanya sama seperti ketika saya memecahkan telur sendiri di rumah, dan sedap dipakai untuk aneka lauk mulai dari putih telur kukus, dadar, hingga putih telur campur tahu kukus. Semua sedap!


Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Oke menuju ke resep black pizza kali ini. Jika melihat menu di Pizza HUT, maka black pizza adalah menu baru yang saat ini sedang gencar diiklankan. Nah membuat black pizza sendiri sangat mudah, yang terpenting kita memiliki arang aktif atau active charcoal-nya. Dimana mendapatkannya? Saya membelinya di online shop! Ada banyak pilihan arang aktif disana, pastikan untuk membeli arang aktif untuk kue atau roti. Kalau melihat artikel yang bertebaran di net mengenai active charcoal maka arang aktif ini memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi. Arang aktif memiliki potensi untuk memerangkap racun dan bahan kimia di dalam tubuh, membantu racun dan bahan kimia  itu untuk keluar sehingga tidak diserap oleh tubuh. Manfaat lainnya adalah mampu mengurangi perut kembung akibat produksi gas yang berlebihan, serta menurunkan kadar kolesterol. 

Membuat adonan pizza atau roti dengan arang aktif sangat mudah. Cukup mencampurkan sekitar 15 gram active charcoal untuk 1 kilogram tepung yang digunakan. Arang aktif sendiri berbentuk tepung ringan berwarna hitam legam dan tidak memberikan rasa pada makanan yang dibuat darinya. Ketika bahan kue yang mengandung arang ditambahkan air, maka arang akan larut dan memberikan warna hitam pada adonan. Arang aktif bisa digunakan untuk adonan cake, roti atau kue kering. 

Nah untuk resep pizza kali ini saya menggunakan resep adonan yang tidak perlu diuleni, proses membuatnya sangat mudah dan hasilnya mantap. Adonan berwarna hitam gelap sebagaimana pizza yang dijual di resto. Toppingnya sendiri saya buat dua macam, tuna melt dengan jagung manis, serta topping sosis dan pepperoni, keduanya simple dan sedap. Berikut resep dan prosesnya ya.


Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Black Pizza
Resep adonan pizza hasil modifikasi sendiri

Untuk 2 buah loyang pizza ukuran 22 cm


Bahan adonan pizza:
- 400 gram tepung terigu protein tinggi
- 1/4 sendok teh ragi instan
- 7 gram arang aktif khusus kue/roti
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh gula pasir
- 1 sendok makan minyak goreng
- 350 ml air hangat, suam kuku (celupkan ujung jari kelingking, jika terasa nyaman bisa digunakan)

Bahan topping:
- 1 kaleng tuna, cacah menjadi ukuran kecil
- 3 sendok makan jagung manis pipilan
- 1 sendok makan mayonaise
- keju mozarella atau keju cheddar mudah meleleh, parut kasar
- 1 buah sosis sapi, potong dadu
- 6 lembar pepperoni, masing-masing dipotong menjadi 4 bagian
- daun basil segar (optional)

Bahan saus:
- 1 sendok makan minyak zaitun untuk menumis
- 1/2 buah bawang bombay, cincang kasar
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 3 buah tomat merah, cincang kasar
- 1 buah cabai merah besar (optional), potong kasar
- 2 sendok makan puree tomat (pasta tomat)
- 1 sendok teh cabai bubuk
- 1 sendok teh oregano kering
- 1 sendok teh basil kering
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh merica bubuk
- beberapa lembar daun basil segar, rajang kasar (optional)

Membuat saus dan topping:

Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Siapkan panci, panaskan minyak. Tumis bawang bombay dan bawang putih hingga harum. Tambahkan tomat dan cabai, masak dengan api sedang hingga tomat lunak. Tambahkan puree tomat, cabai bubuk, oregano, basil, aduk rata.

Masukkan gula, garam dan merica. Aduk rata. Masak hingga kental. Angkat. Biarkan agak dingin dan proses diblender hingga halus. Cicipi rasanya. Tambahkan daun basil segar (jika pakai). Sisihkan.

Membuat adonan pizza:


Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Siapkan mangkuk, masukkan tepung, ragi instan, arang aktif, aduk rata. Tambahkan garam, aduk rata. Tuangkan air hangat suam kuku, dan minyak goreng, aduk hingga rata.  Adonan yang terbentuk lembek. Tutup permukaan mangkuk dengan plastic wrap/penutup lainnya. Masukkan ke kulkas minimal 12 jam.

Menata pizza:
Untuk topping tuna melt


Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Aduk jadi satu di mangkuk: tuna, jagung dan mayonnaise. 

Keluarkan adonan pizza dari kulkas, bagi adonan menjadi 2 bagian. Siapkan loyang diameter 22 cm. Tata dan lebarkan 1/2 bagian adonan pizza di permukaan loyang. Olesi dengan saus permukaannya, ratakan campuran tuna, tutup dengan keju parut sesuai selera. Panggang di oven 175'C hingga matang. Angkat dan sajikan

Untuk topping sosis dan pepperoni

Resep Black Pizza (Topping Tuna Melt dan Topping Sosis-Pepperoni)

Siapkan loyang diameter 22 cm. Tata dan lebarkan 1/2 bagian adonan pizza di permukaan loyang. Olesi dengan saus permukannya, tata potongan sosis dan pepperoni. Taburi keju parut sesuai selera. Beri beberapa lembar daun basil (optional). Panggang di oven suhu 175"C hingga matang. Angkat dan sajikan. Super yummy!

Sumber:
Draxe.com - Top 10 Activated Charcoal Uses & Benefits



24 komentar:

  1. Waaah... Enak nih. Ga harus beli yang Mahal, bisa bikin sendiri.. 😉, btw, Saya selalu buat pizza rumahan dengan adonan roti sosis JTT sebagai resep roti pertama yang bisa saya buat 3 tahun yang lalu... dari resep roti sosis JTT itu, bisa di modif dengan pemakaian arang juga kah, mba Endang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Emilia.

      semua jenis adonan roti bs ditambah arang mba, tinggal porsi arangnya saja menyesuaikan. 15 gram arang untuk kurleb 1 kg tepung.

      Hapus
  2. Mba Endang, ini proses proofing-nya min. 12 jam. Apa ga asam mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. tidak jika didalam kulkas, kalau suhu ruang akan asam

      Hapus
  3. Horree, akhirnya resep ini muncul di web. Terus terang sy lbh mnikmati baca web ktimbang IG krn prolog mba Endang slalu mnarik utk dsimak. Oya, pizza ini dpanggang brp lama mb? Sy baru beli oven M**O,ada yg bilang utk oven low watt spt ini, baiknya pakai api bawah dulu, baru api atas, apa bnar bgitu mb? Trmksh atas jawaban n share resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, saya pakai langsung api atas bawah karena low watt jadi suhunya tidak bs disamakan dengan oven yang memiliki daya tinggi. Suhunya saya set maksimal, kalau resep meminta suhu 170'c saya pakai 190 - 200"c agar suhu dalam oven bisa maksimal dan benar-benar panas. Kalau nggak hasil baking kurang maksimal, ini pengalaman saya ya. Bahkan kalau pakai oven listrik dengan watt tinggi saya selalu pakai api atas bawah bersamaan. Pernah pakai satu saja, bawah, dan cake gak naik hiks. kecuali oven gas ya, pakai api bawah saja

      Hapus
    2. Oh, begitu ya mbak. Kemarin sy coba pake ovennya, pake resep pizza bun 1 resep jd 2 loyang diameter 20 cm, sy panggang suhu 175 selama 15 menit, jadinya bawahnya kurang kering, sy tambah 10 menit ttap tdk kering. Krn bingung sy siasati panggang dl di teflon spt biasa, baru toppingnya sy matangkan pake api atas sj suhu 200 slama 10 menit, eh jadi kkeringan toppingnya. Spertinya hrs sering di-uji coba oven ini, biar dpt settingan yg pas. Maaf mb En, jd curcol. Oya, 7gr arang kira2 brp sendok takar mbak? Krn blm ada arangnya kmarin sy pakai pewarna hitam mbak, alhasil krn kurang pewarna jadinya grey pizza, hehehe.. trima kasih mbak

      Hapus
    3. 7 gram arang sekitar 1 1/2 sdt mba, tapi kalau pakai pasta pewarna harus lebih banyak biasanya supaya warnanya keluar

      Hapus
  4. pengen bikin tapi ga pake punya oven...mba, punya trik2nya ga?

    btw udah nyoba resep dari mba endang ada kali 20an, no fail (yess), tapi ga pernah nyoba roti2an karna ga punya alat tempurnya... kali aja ada yg punya trik2nya gitu? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, untuk pizza hasilnya kurang maksimal kalau tanpa oven. Karena permukannya gak bs kering dan garing serta keju susah meleleh. Tapi saya pernah baca2 sih kalau mau terpaksa juga, bikin roti pizzanya tipis2 saja, jangan beri topping berat dan tutup rapat selama proses pemanggangan agar panasnya maksimal sehingga keju mau meleleh dengan baik.

      Hapus
    2. Salam kenal mbak Yuli, kalau sy pake teflon tebal merek Signora, pake api kecil dan selama mmanggang ditutup. Memang sih toppingnya jd kurang kering (biasanya topping seperti bawang bombay atau sosis sy tumis dl sebentar dgn margarin) tp lumayanlah mbak, utk konsumsi sendiri keluarga sy sdh cukup puas

      Hapus
  5. Hai Mba Endang, saya ikut2an beli lho putih telur di toko yg sama dgn Mba Endang beli haha...
    diorakarik pakai cabe dan daun bawang yang banyak. ngirit dan enaaakk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. memang enak dan low kalori hahahah, cuman kudu cari2 resep alternatif buat ngakalinnya hehehe

      Hapus
  6. Dear mbak endang. Mbak mau nanya... untuk adonan yg di simpan 12 jam d kulkas... apa berlaku juga buat adonan roti lain??bukan hanya untuk.resep i i kan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Rini, semua jenis adonan roti boleh diinapkan hingga 12 jam di kulkas mba, jadi bukan hanya berlaku pada pizza saja. Umumnya pizza akan lebih baik rasa rotinya kalau nginap semalaman di kulkas' dibandingkan cuman 1 jam di suhu ruang

      Hapus
  7. Hai mba, kalau boleh tau bisa share tmpt beli putih telurny?hehehe terima kasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, saya beli di tokopedia, tokonya halo cake ya

      Hapus
  8. Mba Endang, boleh kah di share tekstur roti yang adonan pizza ini dibanding dengan tekstur roti adonan pizza pepperoni yg bisa disimpan di freezer ituh?? Soalnya ak dah jatuh cinta sama tekstur yg bisa disimpan, tp pegel juga klo ngulen smpe berpeluh.. hehe makasiih

    Putri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Putri, hampir sama sih, hanya saja lebih garing dan liat yang pepperoni ya.

      Hapus
  9. Halo mba endang aku silent rider setiamu.
    Mba Endang lebih enak dan pas mana saus di resep ini dengan saus di resep meatball yg mba endang gunakan untuk pizza leftover meatballs? karna resep disana tidak menggunakan bawang putih dan di resep ini tidak menggunakan saus tiram.

    BalasHapus
    Balasan
    1. enak ini Mba menurut saya hahhahaha, saus tiram optional, harusnya gak pakai karena kan ini italian food, sedangkan saus tiram cocoknya buat makanan asia, cuman menurut saya pakai saus tiram jadi gurih wakakkak

      Hapus
  10. Mbak kl dough sudah ditata diatas loyang dan ditopping lalu simpan difreezer bisa tidak ya? Jadi nanti sewaktu2 tinggal oven

    BalasHapus
    Balasan
    1. saran saya panggang adonan setengah matang, baru beri topping dan freezer. kalau adonan mentah bs lembek dan soggy jika diberi topping dan tidak langsung dipanggang

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...