15 Desember 2020

Resep Mi Ayam Rica


Resep Mi Ayam Rica JTT

Ada yang menanyakan resep ini di IG, awalnya saya tidak berminat mencobanya, menurut saya mi ayam paling enak tentunya mi ayam yamin yang manis asin gurih, bukan mi ayam bercitarasa pedas seperti ini. Tapi beberapa waktu lalu saya melihat ada yang post hidangan ini di Facebook, tampilannya terlihat menggugah selera, akhirnya saya putuskan untuk mencobanya. Resep untuk bumbu rica-ricanya saya pakai yang pernah di posting disini, saya masih ingat ketika membaginya di Instagram beberapa waktu lalu, banyak orang Manado yang komplain dengan resepnya. Intinya ayam rica-rica original itu tidak menggunakan banyak bumbu sebagaimana woku yang lebih kompleks. Selama ini banyak resep bersliweran di internet, dimana ayam rica dan ayam woku hampir sama kompisisi bumbunya, yang membedakan hanya ayam rica menggunakan banyak cabai merah sementara ayam woku menggunakan kunyit sehingga kekuningan tampilannya.  Well, ternyata keduanya berbeda sama sekali. Ketika mencicipi kedua masakan ini di resto Manado Beautika di daerah Hang Lekir, Jakarta Selatan, saya jadi bisa membedakannya dengan lebih yakin.  

Resep Mi Ayam Rica JTT
Resep Mi Ayam Rica JTT


Tapi untuk resep dibawah, berhubung karena kali ini si bumbu rica dikolaborasikan dengan mi kuning rebus, maka resepnya saya modif menurut selera. Bawang putih, kemiri, dan rajangan daun bawang saya tambahkan. Menurut saya kemiri akan memberikan tekstur lebih creamy pada mi; bawang putih karena saya doyan banget dengan bumbu ini dan tentunya akan membuat mi lebih pas disandingkan dengan kuah kaldunya, serta rajangan daun bawang yang seakan menjadi ciri khas mi ayam.  Rasanya sih masih tetap sedap, tapi mengapa tangan saya terasa gatal hendak meraih botol kecap dan mengguyurkannya banyak-banyak ke mangkuk mi ya? Tobat, tetap saja lidah Jawa ini terasa tak puas jika menyantap mi ayam yang tidak terasa manis.

Resep Mi Ayam Rica JTT

Untuk proteinnya, saya pakai paha ayam fillet yang diproses sebentar di chopper hingga tercacah halus. Bisa pakai fillet dada ayam, dan jika tidak ada chopper maka cincang saja sebentar fillet di talenan agar terpotong kasar, tidak harus tercincang halus. Bisa juga pakai ayam utuh yang dipotong kecil-kecil dan dimasak bersama bumbu ricanya, ketika akan disantap cukup aduk ayam rica dengan sayuran dan mi rebus. Kuah sebenarnya optional, saya bahkan tidak menggunakannya sama sekali ketika melahap seporsi mi yang telah difoto. Jika tak ingin ribet membuat kuah, bikin saja tumisannya agak sedikit berkuah nyemek-nyemek sehingga mudah melumuri mi ketika diaduk menjadi satu di mangkuk.

Berikut ini resep dan prosesnya ya.

Resep Mi Ayam Rica JTT

Mi Ayam Rica
Resep modifikasi sendiri

Untuk 3-4 porsi

Tertarik dengan resep mi yang lezat lainnya? Silahkan klik link resep dibawah ini:

Bahan:
- 600 gram mi kuning yang telah direbus
- 300 gram daging ayam cincang
- rebusan sawi, horenso, pak choi
- irisan daun bawang untuk taburan
- bawang merah dan bawang putih goreng untuk taburan 

Bumbu dihaluskan:
- 10 buah cabai rawit merah
- 5 buah cabai merah keriting
- 5 siung bawang merah
- 4 siung bawang putih, optional
- 3 kemiri sangrai
- 2 cm jahe

Bumbu dan bahan lainnya:
- 2 sendok makan minyak untuk menumis
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja, memarkan
- 3 lembar daun jeruk, sobek kasar
- 200 ml air
- 1/2 buah jeruk nipis, peras airnya
- 1 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh gula pasir, optional
- 2 batang daun bawang rajang kasar

Bahan dan bumbu kuah:
- 1 sendok makan minyak
- 5 siung bawang putih cincang halus
- 600 ml air kaldu ayam
- 1 sendok teh  garam
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk

Cara membuat:

Resep Mi Ayam Rica JTT

Panaskan 2 sendok makan minyak di wajan. Tumis bumbu yang ditumbuk kasar, bawang merah iris, serai, daun jeruk, hingga harum, warnanya berubah lebih gelap. Tambahkan minyak jika bumbu mudah gosong dan bumbu tumisan belum tanak benar.

Masukkan daging ayam cincang, aduk dan tumis hingga tidak pink lagi. Masukkan air, gula, garam, kaldu bubuk, aduk dan masak hingga mendidih dan mengental. Masukkan daun bawang, aduk dan tumis hingga daun bawang layu dan matang. Cicipi rasanya, sesuaikan asinnya. Angkat, sisihkan.

Resep Mi Ayam Rica JTT

Membuat kuah:
Panaskan minyak di panci, tumis bawang putih hingga harum dan matang. Tuangkan air kaldu, garam, dan kaldu bubuk, masak hingga mendidih. Angkat.

Penyajian:
Rebus mi telur kuning hingga matang, tiriskan.

Bagi mi dalam 3 buah mangkuk, tambahkan tumisan ayam diatasnya. Tata rebusan sayuran. Taburi dengan daun bawang, bawang merah dan bawang putih goreng. Sajikan dengan kuahnya.



0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...