07 Januari 2012

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih


Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Besar kepala, sombong dan breaking the rules, tiga hal yang seringkali saya lakukan jika sedang mencoba satu resep di dapur. Entah telah berapa puluh kali panci dan penggorengan yang tergantung di dapur rumah Pete menjadi saksi bisu kecerobohan saya sebagai manusia, dan mentertawakan saya secara diam-diam ketika satu resep gagal dengan sukses dan keluhan saya yang tinggi rendah berkumandang di seantero rumah. "Belajarlah dari pengalaman", tiga kata yang ampuh ini memang benar namun sulit untuk diterapkan, seperti tatkala saya sedang bereksperimen membuat cake persimmon, hari Minggu lalu. 

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih
Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Ketika tersadar masih memiliki 5 butir persimmon yang sangat, sangat masak dan sebentar lagi membusuk maka saya iseng menyulapnya menjadi cake persimmon. Resep dari web David Lebovitz terbaca begitu mudah prosesnya dan  terlihat lezat. Buah kuning berbedak yang jika di negara kita disebut dengan nama kesemek ini lantas saya hancurkan hingga halus menjadi bubur dan siap di masukkan ke adonan cake. Saya mencoba setengah resep dengan takaran 1 cup bubur persimmon. Tapi....bubur persimmonnya masih tersisa setengah cup lagi, sayang kan jika tidak dimanfaatkan? Toh hanya setengah cup? Tidak akan berpengaruh banyak ke cake dan pasti cake-nya akan terasa lebih lezat! Jadi dengan yakinnya saya tambahkan lah setengah cup lagi ke adonan.  

Dan olala saudara-saudara, cake yang ketika di dalam oven mengembang dengan cantiknya dan membuat saya girang dan besar kepala, langsung mengempis kala keluar dari oven selayaknya balon yang di tusuk dengan paku besar, meninggalkan cekungan kawah yang dalam di bagian tengahnya. Sukses! Saya pun sukses meratapi diri. Mubazir? Tentu tidak! Masih ada sekitar dua puluh orang di kantor yang bersedia menyantap cake gatot (gagal total) dan masih, masih memujinya dengan mengatakan "Enak kok! Cake bantet begini justru lebih oke"! atau.... "Pasti Endang yang bawa ya? Cake-nya tembem dan padet". Gubrak!

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih
Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Lantas apa hubungannya cake persimmon dengan cake ubi jalarnya Ibu Martha Stewart ini? Well begini ceritanya, cake persimmon tadi, rencananya jika berhasil akan saya siram dengan coklat putih sebagai frosting-nya. Nah, coklat putihnya telah terlanjur saya buat dan sayang kan jika tidak dimanfaatkan? Saya juga masih punya ubi jalar yang telah saya kukus dan simpan di freezer, jadi dengan sedikit kreatifitas saya sulap si ubi menjadi cake dengan coklat putih sebagai frosting-nya. Yummy!  Sebenarnya cake ini dipanggang, tapi saya iseng mencoba versi kukusnya karena cake kukus memang terasa lebih moist dan lembut. Bahan-bahannya mudah diperoleh dan proses membuatnya juga simple. Namun jangan meragukan rasanya ya, karena cake ubi jalar dengan coklat putih yang menyelimutinya ini terasa sangat lezat. Teksturnya begitu lembut, pulen dan legit. Rasa ubi jalarnya bahkan tidak terasa. Tedy yang tidak begitu suka dengan cake dan makanan manis pun ikut memujinya ketika mencomot serpihan cake yang saya potong untuk merapikan permukaan kue yang tidak rata. 

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih
Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Jika anda tidak ingin menggunakan frosting coklat putihnya maka skip saja bagian tersebut, karena tanpa frosting pun cake tetap terasa lezat. Nah, cake ubi jalar kukus ini bisa menjadi salah satu alternatif camilan sehat di rumah untuk disajikan ke keluarga. Jadi tidak melulu hanya menggunakan tepung putih saja, sekali-sekali umbi-umbian yang sangat berlimpah di negara kita ini sedap juga untuk dijadikan campuran kala membuat kue atau cake. Berikut resepnya ya. 

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih
Resep diadaptasikan dari web Martha Stewart - White Chocolate Sweet Potato Cake

Untuk 1 buah cake diameter 20 cm

Bahan:
- 350 gram ubi jalar warna kuning atau jingga, saya menggunakan ubi cilembu.
- 3 butir telur ukuran kecil atau 2 buah telur ukuran besar
- 200 gram gula pasir
- 125 ml minyak sayur (saya menggunakan minyak zaitun)
- 120 gram tepung terigu protein rendah (misal Kunci Biru)
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok makan kayu manis bubuk
- 1/2 sendok makan pala bubuk
- 1 sendok teh baking powder (pastikan fresh, cek masa kedaluarsanya, gunakan yang double acting)
- 3 sendok makan air
- 50 gram kacang mete panggang cincang atau almond panggang cincang untuk adonan cake (saya tidak pakai)
- 50 gram kacang mete panggang cincang, atau kacang almond iris yang dipanggang untuk taburan

note: gunakan sendok ukur yang tepat untuk mengukur bahan-bahan agar memberikan hasil maksimal. 1 sendok teh dengan sendok ukur skala internasional setara dengan 1 sendok makan Indonesia.

Coklat putih untuk frosting:
- 200 gram coklat blok
- 200 ml krim kental
- 2 sdm mentega

Cara membuat:
Siapkan loyang, saya menggunakan loyang bongkar pasang diameter 20 cm. Olesi dengan mentega dan taburi dengan tepung terigu pada permukaannya. Sisihkan.

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih
Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Kupas ubi jalar, cuci bersih dan potong kotak ukuran 2 x 2 cm. Kukus hingga matang dan empuk. Angkat dan haluskan ubi jalar hingga halus. Sisihkan dan biarkan hingga benar-benar dingin. 

Siapkan mangkuk, ayak jadi satu tepung terigu, baking powder, kayu manis, garam dan pala bubuk. Sisihkan.

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Siapkan mangkuk mikser, masukkan gula pasir dan telur. Kocok dengan speed sedang hingga kental, pucat dan mengembang. Masukkan minyak teruskan mengocok hingga tercampur baik.  Tambahkan ubi jalar kukus dan teruskan mengocok hingga terbentuk adonan yang halus dan ubi tidak terlihat bergumpal-gumpal.

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Turunkan kecepatan mikser hingga pada posisi paling rendah, masukkan tepung terigu dan air sedikit-demi sedikit sambil terus dikocok hingga terigu tercampur baik. Matikan mikser segera. Jangan berlebihan mengocok.

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Tuangkan adonan ke loyang yang telah disiapkan. Kukus di dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya hingga airnya mendidih. Tutup permukaan dandang dengan kain bersih dan kukus selama 50 menit atau hingga lidi yang ditusukkan ke tengah adonan maka tidak ada adonan yang menempel. Jangan buka penutup kukusan hingga cake matang.

Keluarkan cake dari kukusan, biarkan hingga agak setengah mendingin di loyang. Lepaskan cake dari loyang dan dinginkan sempurna.

Cake yang terbentuk permukaannya tampak retak dan merekah, dengan menggunakan pisau roti yang tajam iris melintang bagian atas cake sehingga permukaannya menjadi rata. Kita akan menyiramkan coklat putih di atasnya.

Membuat frosting:

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Potong-potong coklat putih menjadi ukuran yang lebih kecil. Masukkan potongan coklat ke mangkuk tahan panas. Didihkan krim kental hingga mendidih, tuangkan krim ke mangkuk berisi coklat, tambahkan mentega dan aduk hingga coklat dan mentega meleleh dan menjadi cairan kental yang smooth.

Mengoleskan coklat: 


Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Bagi cake menjadi tiga bagian, paling mudah memotong cake dengan menggunakan benang. Ambil seutas benang agak panjang, lingkarkan benang di sekeliling bagian cake yang akan kita potong dengan ketebalan yang diinginkan tarik pertemuan antara dua benang dengan tangan kanan sementara tangan kiri menahan permukaan cake agar tidak bergeser. 

Letakkan irisan pertama di piring datar. Oleskan potongan cake pertama dengan coklat putih leleh, jika coklat terlalu encer masukkan sebentar ke kulkas hingga menjadi sangat kental dan mudah dioleskan. Tumpukkan cake kedua keatasnya. Oleskan kembali coklat di permukaan cake kedua dan tumpukkan potongan cake terakhir di atasnya. 

Resep Cake Kukus Ubi Jalar dengan Frosting Coklat Putih

Siram cake dengan coklat hingga seluruh permukaannya tertutup, rapikan dengan spatula dan tarik lelehan coklat yang mengalir di piring dengan spatula hingga menutupi bagian samping cake dengan baik. Taburi permukaan cake dengan kacang mete cincang atau almond iris. 

Cake siap disajikan dan diiris sesuai selera. Jika coklat belum keras sehingga menyulitkan untuk memotong cake maka masukkan cake ke dalam kulkas sebentar. Yummy! 

Source:
Web Martha Stewart - White Chocolate Sweet Potato Cake



49 komentar:

  1. aduuuuh mana bisa diet klo dah mampir kesini, xixixi...sy tertarik banget dgn cake ubi ini. ntar mau coba ahh...sy mau coba ganti tepungnya dengan tpung beras.saya lg menggalakkan bikin2 dari tp. beras ni mbak. bilangnya sih lebih mudah dicerna n baik untuk diet. walopun susah juga krn hrus eksperimen sendiri n rasanya gak selembut trigu ,T_T...

    BalasHapus
  2. Haloo Mba Anita, apa kabarnya Jeng? Ini cake ubi enak banget, suerr. Saya belum pernah coba buat cake dari tepung beras, keknya gud idea juga. Mmm, kalo dr beras merah atau hitam lebih sehat lagi dong ya....pengen coba ahhhh. Thanks ya Bu atas sarannya. Sukses selalu! ^_^

    BalasHapus
  3. haloo mbak.... aku dah bikin lho, dan hasilnya lembut bgt, yummy dech tp sayang keluarga nggak ada yg suka, jadi aku kasih ke tetangga, biar lebih tertarik aku kasih cincang an coklat kali ya soale yg aku bikin mmg gak pake toping cuma polosan gitu aja, makasih resep nya ya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, hehhehe, yep nggak semua familer dengan rasa cake bercampur ubi jalar ya. Padahal lebih sehat dibandigkan dengan menggunakan tepung terigu saja hehehhe. Sip, thanks atas komennya ya ^_^

      Hapus
    2. Aq coba bikin cake ini mba, tapi aq tambahkan cream cheese home made biar ada gurih2 nya bisa jadi alternatif juga mba celinet..plus diberi topping keju parut. Bikin pagi malam sudah habis, untuk pala dan kayu manis aq skip..rasanya enyaak, cm tekstur lebih padat karena ada ubi kali ya.

      Hapus
    3. Hai Mba Hana, wah makasih atas sharingnya ya, kayanya mantap tuh modifnya. Memang cake ini teksturnya agak padat ya mba

      Hapus
  4. hai mba.. dsni aku kesulitan cari baking powder yang double acting,dan ku baca" di resep"nya mbak ada beberapa yang harus pake baking powder,, boleh gak kalo aku ganti sama cake emulsifier aja ??mohon informnya trm ksh :)

    putri@malang

    BalasHapus
    Balasan
    1. BP double acting terutama berguna untuk cake2 yang tidak menggunakan mikser sama sekali. Jika mau menggantinya dengan cake emulsi maka telur, gula, emulsi dan mentega harus dikocok hingga kembang terlebih dahulu baru bahan lain dimasukkan. Jika tidak maka cake akan bantat.

      Hapus
    2. Halo Mbak :)
      takaran (sendok ukur) yg digunakan diresep ini ikut skala yg internasional ato dah dibikin versi indonesianya ya?

      thx.

      Hapus
    3. Untuk sendok ukur, saya masih pakai skala international, saya menggunakan sendok ukur khusus untuk baking. Bisa dibeli di supermarket atau Ace Hardware, harganya terjangkau kok heheh.

      Hapus
  5. mba..semalem uda nyoba..rasanya mantap..cuma bentuknya..ga karuan gt..saya masukin kulkas malah berasa kayak mkn puding gt..terlalu lembut jd ga brasa makan cake yg da sensasi seret-seretnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Selfi, yep cake ini memang lembut banget, mungkin karena ubi jalarnya, dan yep bentuknya memnag rada2 kacau wakkakaka. Thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  6. Alo mba endang... makasih ya resepnya
    saya newbie yg lagi belajar baking krn pgn bikin kue homemade buat baby saya 9bln
    barusan saya habis bikin kue ini mba, tp maaf sebelumnya saya melakukan beberapa penyesuaian dalam pembuatannya. cake ini saya buat tanpa gula,garam n belum pake topping
    Alhamdulillah sukses n cakenya ennnaaakkkk bin lembut mba
    baby saya jg makan dgn hap...hap...
    cm saya mau nanya mba, keingetan pas last minute pengocokan, air yang 3 sendok itu dimasukinnya kapan ya mba? ato mungkin saya terlewat membacanya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Kiki, thanks sharingnya ya. Betul harus disesuaikan kalau untuk baby ya. Sip, senang membaca modifikasinya. Haiya, saya lupa untuk airnya, dimasukkan bergantian dengan terigu ya, supaya konsistensi adonan gak terlalu padat. Sukses ya!

      Hapus
    2. owh gitu mba... rencananya wiken ini pengen bikin lagi tapi versi kumplit seperti yang mba buat. versi baby aj udah enak, apa lagi yang kumplit hehe... thanks bgt ya mba (^^)

      Hapus
  7. makasih resepnya ! sangat membantu :)

    BalasHapus
  8. mba endaaaang.... selamat menjalankan ibadah ramadhan, eh hehe, maksudnya mau sharing bin melapor, cakenya manissss bangeet. gula 200gr gak kebanyakan tah? belum mateng sih, itu baru aja masuk kukusan, tapi tadi saya udah nyicip adonannya.. enak, cuma mungkin next time gulanya mau coba dikurangi ('next time', seakan pede banget yg sekarang bakal sukses dan bakal diulang). coklatnya tadi beli colatta yg dark, semoga menetralkan manisnya dikit. ntar melapor lg insyaallah kalo udah difrosting. oya krim kental diganti apa ya mbak, susu cair sm mentega bisa?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hsalo Mba Yani, thanks ya. Yep cake ini memang kemanisan ya, haha, harusnya saya koreksi gulanya biar gak terlalu manis. Wah kalau pakai frosting tambah manis keknya ya. Bisa pakai susu cair dan mentega, coba lihat2 resep frosting di cake lainnya Mba.Sukses ya! ^_^

      Hapus
  9. mbaakk.. udaj bikiiin.. tp sy kasih kcg mete spt d resep asli.. enak yaaa, lembut pisan hehehe.. gak pake toping pun ttp enyaaakk.. top bgt dah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kemanisan ya Mba? Banyak yang kumplin kemanisan, enaknya memang gak usah pakai topping ^_^

      Hapus
  10. sy mbayangkan manisx topingx jd eneg makax gak pake mbak..
    mnurut sy manosx tnp toping pas, enak.. pas buat tajil buka puasa hehehe.. mantap dah.. always ludes des des.. cake kukus ala mbak endang d dapur sy hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep Mba Shinta, gak usah pakai toppingnya. Banyak yang kumplin kemanisan, padahal takaran gula udah saya kurangi dr resep asli, tetep saja manisss hahhahha.

      Hapus
  11. Salam kenal mb, saya pengunjung setia blog ini beberapa resep sdh saya praktekan dan alhamdulullah hasilnya tdk mengecewakan....trima ksh
    atas sharing resep kue2 nya ya mb.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Eny, salam kenal juga ya Mba. Thanks sharingnya ya, senang resep JTT bisa dipraktekkan dengan sukses. Salam, ^_^

      Hapus
  12. hi mba endang, sejak nemu blog ini saya suka lihat resep2 disini buat ide masak tiap hari nya hehe
    kebetulan lagi banyak ubi di rumah, pengin bikin resep ini, tapi ga ada mikser. apa ya yang harus di adjust kalau saya bikin nya ga pake mikser ? thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indi, salam kenal. Kalau nggak ada mikser cuman diaduk2 saja, maka pastikan pakai pengembang nya baking powder double acting ya, agar bisa mengembang maksimal.

      Hapus
  13. mbak mau nanya kalau adanya kayu manis yg batangan diapapin ya?
    luluk

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya saya pakai untuk sup atau soto ya, kalau untuk cake pakai yang bubuk.

      Hapus
  14. udah nyoba bikin dan hasilnya maknyus mba :) ngefans bgt sama web ini, resep2nya mudah dipelajari dan takarannya juga pas bgt xixiixix aku pengen coba versi panggangnya nih, harus pakai berapa derajat mba?api atas bawah?
    makasih yaa mba endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Winnie, silahkan dipanggang Mba, resep aslinya memang dipanggang. pakai suhu 170'C saja, api atas bawah, panggang sekitar 45 - 50 menit ya

      Hapus
  15. Hai mbak, Salam kenal.. :-) aku udh nyobain resep nya mbak yg versi panggang.. Hasilnya lembutt Dan enakkkk..tapi sayang cakenya kok gak bisa ngembang ya mbak..tinggi cakenya cuma 3 cm..APA krn aku pake baking powder yg biasa ya mbak, bukan yg double acting spt diresepnya mbak? Soalnya aku gak punya bk double acting mbak..gimana ni mbak biarcake bikinanku bisa ngembang? Makasih mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, yep baking powder double acting akan membuat cake mengembang lebih lebay ya dibandingkan yang biasa. Tapi banyak faktor lainnya juga sih kalau urusan membuat cake hehehhe. Coba kocok telur dan gula lebih maksimal Mba, mungkin itu membantu cake lebih naik ya.

      Hapus
  16. Halo mba Endang salam kenal, saya Siti ibu 2 anak dr depok. Saya sudah sering sekali praktek cake nya mba & alhamdulillah berhasil semua, nah mlm ini baru aja jd resep ini. Ngembang sampe mekar tp emang tekstur cakenya ga ngeres ya mba kaya bolu? Atau aku yg gagal?
    Makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya bingung tekstur cake ngeres itu gimana ya mba? cake ini ngembang lumayan tinggi, saya rasa mba gak gagal, kalau gagal pasti bantat kan ya. teksturnya padat dan lembut.

      Hapus
  17. mb endang, klo pake ubi bias gk?? soalny saya punya stok ubi ungu kukus, bingung mau diapain, sisa bkin bola2 ubi isi keju sama coklat. makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok mba, gak harus kuning ya, asalkan ubi rambat ok kok

      Hapus
  18. mbak mau nanya,itu coklat putihnya pakai merk apa ya mbak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai merk tulip ya, yang mudah ditemukan di pasaran saja hehehhe

      Hapus
  19. Mba ..ak berhasil buat cake ini..pake ubi unngu..hasil cake nya bagus..cuma warnanya jadi hijau lumut..rasanya maknyuss..thank you mba..keep posting

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba imelda, waah akhirnya sukses nyoba yag ini yaa hehhehe. mantappp, thanks sharingnya yaa

      Hapus
  20. Barusan coba resep ini, jadinya uennnnaaak lembuuut. Krn pakai pala dan kayu manis bubuk, ada sensasi rasa seperti palm suiker hehehe. Saya ngukusnya 2 kloter soalnya cm punya dandang kecil utk loyang kecil. Kloter kedua baru naik kukusan, yg pertama udah ludessss hahaha, semua suka alhamdulillah. Meski ga pake topping udah enaak.. Makasih resepnya yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Mawar, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya disuka. yep memang cake ini lembut banget yaaa,

      Hapus
  21. Sya baru cb resep ini mb, tp kok hasilnya ga tinggi kaya punya mb Endang ya, pdhal sy sdh pake double acting utk baking powdernya. Kalo mengocok sampai kental, pucat dan mengembang itu brp lama ya mb ? Makasih - fita

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Fita, cara di atas memang agak tricky dan susah ya, karena ketika minyak masuk sering kali adonan turun. mengocok sampai ribbon stage tergantung miksernya, beda mikser bs beda waktunya. Sekitar 8 - 10 menit dengan hand mikser.

      Coba mba pakai resep diatas tapi dengan cara di resep cake tape di bwah ini:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/07/resep-cake-tape-belanda.html

      minyak dimasukkan ketika adonan telur dan ubi sudah tercampur baik, dan diaduk saja dengan spatula, jangan pakai mikser. Tepung masuk dan diaduk dengan spatula saja.

      Hapus
  22. Mba, masih bingung, krim kental itu yg gimana ya mba? kalo beli ditoko namanya apa? terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba baca pada link disini ya:
      http://www.justtryandtaste.com/2015/04/cream-cheese-pound-cake-info-seputar.html

      bs di beli di supermarket besar. merk misal: elle n vier; roselle; president; anchor

      Hapus
  23. Saya akan coba resep I I sepertinya enak dan sehat untuk cemilan keluarga, tapi kalo gila pasir di ganti brown sugar atai palm sugar bisa ga ya, sepertinya akan mengubah tekstur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok mba, mungki berubah warna saja, kalau rasa menurut saya lbh gurih palm sugar

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...