12 Juni 2020

Resep Caesar Salad


Resep Caesar Salad JTT

Ini salah satu salad favorit jika bersantap di resto, saya pasti selalu memesan salad ini diantara jenis lainnya yang ada di menu. Caesar salad memiliki rasa saus unik yang dulu saya susah menciptakannya sendiri di rumah. Salad ini simple, biasanya hanya berupa potongan selada romain yang di-topping dengan crouton dan serutan keju. Tapi sausnya yang agak dominan asam memang memiliki taste yang khas. Beberapa kali mencoba belum menemukan rasa pas, hingga akhirnya saya terdampar di sebuah video You Tube cara membuat saus caesar yang maknyus. Kuncinya pada penambahan anchovies, sejenis ikan teri basah yang diasinkan atau diawetkan dalam larutan minyak atau air. Anchovies ini yang memberikan  rasa gurih pada saus. Sayangnya awetan ikan kecil ini cukup mahal harganya hanya untuk beberapa potong didalam kaleng. Merknya terbatas, dan hanya dijual ditoko online saja. Saya pun mengurungkan niat untuk membuat saus caesar salad kembali hingga akhir tahun lalu traveling ke Aussie dan menemukan anchovies di supermarket Woolworths, lansung saja saya sikat sebotol. 

Resep Caesar Salad JTT
Resep Caesar Salad JTT

Jika jalan-jalan ke luar negeri, sasaran saya yang utama bukan obyek wisatanya tapi supermarket atau pasar tradisionalnya. Bagi saya tak ada yang lebih menggairahkan selain melihat-lihat aneka produk seru yang dipajang disana. Tak peduli obyek wisatanya mau sepopuler apapun, atau se-iconik apapun, supermarket jauh lebih menarik. Ketika ke Aussie lalu, saya bahkan berkunjung ke Woolworths berkali-kali, dan setiap kali datang kesana saya pasti menemukan beberapa barang untuk dibawa pulang. Bukan hanya aneka makanan, buah dan sayur, bahkan sepasang sekop dan garpu kebun juga saya beli hingga kakak saya menggeleng-gelengkan kepala takjub dengan barang belanjaan saya. Perabotan dapur juga menjadi incaran utama lainnya, dulu ketika jalan ke Swedia dan IKEA belum dibuka di Indonesia, saya membawa pulang talenan besar kayu IKEA yang tobat berat dan menghabiskan space koper. Padahal kini talenan itu ada di IKEA Alam Sutra dan Sentul. Belum lagi sebuah panci super jumbo made in Jerman yang bisa memasak rendang hingga 5 kg saya bawa pulang ke tanah air. Gubrak!

Resep Caesar Salad JTT
Resep Caesar Salad JTT

Wokeh kembali ke resep. Caesar salad umumnya selalu menggunakan potongan crouton jadi sebelum membuat saladnya yang simple, croutonnya harus dipersiapkan terlebih dahulu. Saya suka membuat crouton untuk camilan, dan karena Lotte Mart sering menjual roti tawar whole wheat diskon buy 1 get 1 karena masa expired yang sudah mendekati, saya biasanya membuat sekaligus banyak dengan roti tersebut. Untuk resep kali ini saya pakai baguette yang diiris agak tipis menyerong. Permukaannya dioles dengan mentega cair, segambreng bawang putih, merica dan oregano, bisa pakai Italian seasonings. Roti kemudian dipotong dadu dan dipanggang hingga garing. Wow, alamak enaknya! Susah berhenti snacking makanan ini. Selain mantap untuk menemani salad, crouton sedap juga disantap bersama sup krim kental, jadi gak ada ruginya membuat banyak sekaligus.

Resep Caesar Salad JTT
Resep Caesar Salad JTT

Untuk sausnya, jika tidak ada anchovies bisa digantikan dengan kecap ikan, at least saus masih berasa aroma gurih khas ikan. Biasanya saus menggunakan full mayonnaise, tapi saya ganti sebagian dengan yogurt agar lebih low kalori, atau jika benar-benar ingin lebih sehat bisa pakai full yogurt. Keju parmesan termasuk kudu ada di dalam saus, tapi jika susah bisa digantikan dengan keju cheddar biasa. Saus tahan hingga 3-4 hari didalam kulkas dalam wadah tertutup rapat ya.

Berikut resep dan prosesnya.

Resep Caesar Salad JTT

Caesar Salad
Resep didaptasikan dari berbagai sumber

Untuk 2 porsi

Tertarik dengan resep salad lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Honey Mustard Salad Dressing
Creamy Salad Dressing
Vietnamese Salad Rolls

Bahan salad:
- 1 bonggol selada lettuce, bisa pakai selada romaine atau daun selada jenis lainnya, sobek kasar
- keju Parmesan untuk taburan

Bahan crouton:
- 1 buah roti baguette atau roti tawar
- 3 sendok makan mentega dicairkan
- 2 siung bawang putih, cincang halus
- 1/2 sendok teh  oregano kering bubuk
- 1/6 sendok teh garam

Bahan saus salad:
- 5  sendok makan yogurt plain
- 4  sendok makan mayonnaise
- 1 sendok teh yellow mustard
- 1/2 buah jeruk lemon peras airnya
- 3 ekor anchovies, bisa diganti 1 1/2 sendok makan kecap ikan
- 1  sendok makan kecap Inggris
- 1/4 sendok teh merica hitam tumbuk kasar
- 2 siung bawang putih cincang
- 1/4 sendok teh garam
- 80 ml extra virgin olive oil
- 4  sendok makan keju Parmesan parut

Cara membuat:

Resep Caesar Salad JTT

Aduk jadi satu mentega cair, bawang putih, oregano bubuk, dan garam, di mangkuk. Siapkan roti baguette, iris tipis. Olesi permukaannya dengan cairan mentega. Potong roti menjadi bentuk dadu, tata di permukaan loyang beralaskan silpat atau kertas baking. Panggang di oven suhu 200'C api hingga garing. Bolak-balik setiap beberapa menit agar merata keringnya. Keluarkan dari oven, sisihkan.

Bahan saus:

Resep Caesar Salad JTT

Masukkan yogurt plain, mayonnaise, yellow mustard, air jeruk lemon, anchovies, kecap Inggris, merica bubuk, bawang putih dan garam ke dalam food processor, proses hingga smooth

Masukkan minyak zaitun dan keju parmessan bubuk, proses hingga halus. Cicipi rasanya, sesuaikan asin dan asamnya. Sisihkan.

Resep Caesar Salad JTT

Tata daun lettuce di piring saji, kucuri dengan saus salad. Taburi permukaannya dengan crouton dan serutan keju Parmesan. Sajikan. Super yummy!



0 komentar:

Posting Komentar

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...