02 Juni 2020

Resep Moist Black Forest Cake


Resep Moist Black Forest Cake

Setiap kali membuat cake black forest, selalu ada kejadian lucu yang menyertainya. Kejadian pertama dulu ketika membuat black forest kukus yang pernah saya post disini. Waktu itu cake dibuat untuk ulang tahun keponakan saya, Kirana. Cake sukses jatuh didalam mobil dan permukaannya porak poranda seakan baru saja dihajar rudal. Kali ini cake black forest kedua juga ada kejadian unik lainnya. Senin lalu, ketika libur hari Kelahiran Pancasila, adik saya, Wiwin, mengundang kami semua untuk pesta steak dirumahnya dalam rangka ultahnya yang jatuh di awal bulan Juni. Saya menawarkan diri membawa saus untuk menemani steak, dan karena kebetulan saya juga sedang ada project endorse dari Ricoman Brown Sugar, sekalian saya membuat cake black forest dengan gula tersebut. 

Senin pagi sekitar jam 10, Wiwin dan suaminya, Azy, datang menjemput saya  di rumah Pete. Setiba di rumah Wiwin, adik saya, Tedy dan keluarganya telah tiba terlebih dahulu. Kedua putrinya Kirana dan Aruna yang kini masing-masing berusia 7 dan 4 tahun meloncat-loncat kegirangan kala melihat cake yang penuh hiasan cherry merah diatasnya. Aruna yang sangat suka dengan perayaan ulang tahun tampak riang, tapi saya melihat ada yang aneh diwajahnya. Poninya dipotong luar biasa cepak hingga mencapai bagian atas keningnya! Kontan saya mengeluarkan komentar, "Una, siapa yang potong rambutnya? Kenapa pendek banget?"

Resep Moist Black Forest Cake JTT
Resep Moist Black Forest Cake JTT


Aruna menyentuh poni yang biasanya menjadi kebanggaannya. Bocah ini menggemari serial Dora, selama ini adik ipar saya, Diar, istri Tedy, selalu memotong rambut Aruna mirip dengan tokoh kartun kesukaannya. Saking sukanya, setiap kali kami iseng menyibakkan poni yang hampir menutup matanya, bocah itu akan berteriak kesal dan mengembalikan lagi poninya menutup kening. Karuan saja saya terkaget-kaget kala hari itu melihat potongan rambutnya yang culun. Wajah Aruna yang ceria kontan berubah muram dan bibirnya tampak cemberut, saya langsung meralat kata-kata sebelumnya, "Wah rambutnya bagus banget! Lucunya. Siapa yang potongin poninya?" Saya menebak, Mamanya salah memotongnya, tapi penjelasan Diar membuat saya tertawa ngakak.  "Pagi tadi waktu mau berangkat, ayahnya kok ya iseng potong poni segala, katanya sudah kepanjangan. Pas dipotong miring, dibetulkan masih miring lagi, akhirnya malah habis poninya. Tadi nangis-nangis ini Mbak, minta rambutnya dikembalikan." Una menyembunyikan wajahnya ke pangkuan Ibunya, "Mama, jangan ngomongin rambut Una," cetusnya, dan kami semua langsung menutup bibir serapat mungkin.

Resep Moist Black Forest Cake JTT
Resep Moist Black Forest Cake JTT

Tapi poni itu akhirnya tetap menjadi pembicaraan seharian. Ketika kami semua berkumpul di kamar bersama Ibu dan adik saya, Dimas, pembahasan dimulai lagi. Aruna tidak memberikan komentar apapun, tapi dia tahu kami semua membicarakan poni tersebut, tangan mungilnya menarik ujung hijab ibunya dan menutup kepalanya. Saat kami semua heboh menyalahkan Tedy yang super keterlaluan memangkas poni hingga sependek itu. Tiba-tiba bocah empat tahun ini berkata kencang, "Una nggak mau dipotong lagi rambutnya! Selamanya!" Tawa kami pecah mendengarnya "Tuh Ted, kapok dah. Gak mau dipotong lagi rambutnya." Tedy yang sedang sibuk bermain game di handphone melirik sekilas putri bungsunya, "Udah, udah, jangan dibahas, ntar ngamuk lagi," komentarnya dengan nada khawatir. 

Kasihan melihat Una yang terlihat sedih dan menyesali diri karena membuat bocah itu menjadi malu dan kesal, kami kemudian teringat dengan cake black forest yang belum disentuh sama sekali di  meja. "Una, yuk tiup lilin ulang tahun dan potong kue saja ya," ajak Wiwin sambil meraih lengan Una dan membawanya ke ruang keluarga. Kami langsung ngacir semua kesana dan heboh mencari lilin. Untungnya masih ada lilin sisa perayaan ulang tahun Ellan, keponakan saya lainnya, tahun lalu. Lilin kecil berjumlah 10 buah itu masih rapi dalam kotak kardusnya di dalam laci dapur. Semua lilin kemudian dihidupkan, dan kue kecil menjelma menjadi bom yang seakan hendak meledak saking banyaknya lilin diatasnya. Melihat api menyala heboh, Una meloncat-loncat dan menjerit kegirangan, lupa dengan poni brutalnya.  Cake black forest ini akhirnya menyelamatkan hari itu. Cake dipotong, es krim dikeluarkan dan kami semua riang gembira, enjoy menikmatinya. 

Resep Moist Black Forest Cake JTT

Menuju ke resep cake. Sudah lama saya ingin mengulang kembali resep cake ini, dulu saya membuatnya versi kukus, walau rasanya lezat tetapi tetap saja versi panggangnya ingin dieksekusi juga. Saya menggunakan resep dari King Arthur Flour, resep aslinya semua bahan hanya dikocok sebentar dengan mikser, kali ini saya modifikasi dengan mengocok putih telur terpisah hingga soft peak baru diaduk bersama adonan lainnya. Cake berakhir dengan tekstur sangat lembut, moist dan ringan. Semua yang mencicipinya berkomentar hal yang sama, dan saya terus terang puas dengan hasilnya.

Membuat cake ini sangat mudah, gula pasir diresep saya ganti dengan brown sugar dan takarannya saya kurangi. Rasa cake menjadi super nyoklat dan tidak terlalu manis, tapi sangat pas berkolaborasi dengan krim yang milky dan manis, serta cherry hitam asam yang dijejalkan diantara lapisan cake. Bagian termahal dalam membuat cake ini mungkin pada cherry hitam, cherry merah untuk topping serta heavy whipping cream yang digunakan untuk melapisi antar cake dan topping

Resep Moist Black Forest Cake JTT

Walau bisa diganti dengan buttercream biasa tapi heavy whipping cream memberikan rasa lebih lezat, creamy tetapi tidak berlemak pada cake. Tekstur whipping cream yang ringan juga lebih lembut, lumer dimulut dan tidak eneg dibandingkan dengan buttercream

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Moist Black Forest Cake

Moist Black Forest Cake
Resep diadaptasikan dari website King Arthur Flour

Untuk 1 loyang diameter 20 cm

Tertarik dengan resep cake lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Carrot Cake dengan Cream Cheese Frosting
Cake Chiffon Coklat dengan Krim Mocha
Cake Coklat Kukus Lapis Selai Strawberry

Bahan adonan:
- 85 gram coklat bubuk kualitas baik
- 225 gram tepung terigu protein sedang/serba guna
- 2 sendok teh baking powder
- 1/2 sendok teh baking soda
- 1 sendok teh garam
- 5 butir putih telur + 3 sendok makan gula pasir
- 250 gram Ricoman Light/Dark Brown Sugar
- 135 gram minyak sayur / minyak goreng
- 5 butir kuning telur
- 2 sendok teh vanilla extract
- 350 ml susu cair + 1 sendok maka air jeruk lemon (aduk dan diamkan 15 menit)

Filing dan topping:
- 1 kaleng cherry hitam, tiriskan, belah masing-masing menjadi 2 bagian. Sisihkan airnya
- 1 sendok makan rum essence, optional
- 100 ml air rendaman cherry hitam
- 350 ml heavy whipping cream, kondisi dingin dari kulkas
- 30 gram gula pasir
- 1 sendok teh vanilla extract
- 100 gram coklat compound diserut kasar
- 15 buah manisan cherry merah

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 180'C. Siapkan loyang diameter 20 cm, alasi dengan kertas baking. Sisihkan.

Resep Moist Black Forest Cake JTT

Siapkan mangkuk, masukkan coklat bubuk, tepung terigu, baking powder, baking soda dan garam, aduk rata dan sisihkan.

Kocok putih telur dan gula pasir dengan mixer hingga tercapai soft peak. Sisihkan.

Siapkan mangkuk, masukkan Ricoman Light/Dark Brown Sugar dan kuning telur, kocok dengan mixer hingga pucat, mengembang dan berjejak (ribbon stage). Masukkan minyak sayur, kocok hingga rata.  

Resep Moist Black Forest Cake JTT

Tambahkan susu cair, kocok speed rendah hingga tercampur rata. Matikan mixer, masukkan tepung terigu, aduk balik dengan spatula hingga tercampur baik saja, jangan over mixing.

Masukkan kocokan putih telur dalam 2-3 tahap, aduk balik dengan spatula hingga tercampur baik.

Resep Moist Black Forest Cake JTT

Bagi adonan sama rata ke 3 atau 4 buah loyang. Tuangkan adonan ke masing-masing loyang. Panggang selama 20 menit. Adonan antri tidak masalah. Keluarkan cake dari oven, diamkan 10 menit agar uap panasnya hilang. Keluarkan dari loyang dan letakkan di rak kawat hingga benar-benar dingin. Sisihkan

Membuat filing:

Resep Moist Black Forest Cake JTT

Masukkan whipping cream ke mangkuk, tambahkan gula pasir dan vanilla extract. Kocok dengan mikser speed sedang hingga kaku. Matikan mikser.

Aduk jadi satu air cherry dengan 1 sendok makan rum essence.

Letakkan sepotong cake di permukaan meja (pastikan cake telah benar-benar dingin ketika krim dioleskan). Oleskan permukaan cake dengan air cherry menggunakan kuas. Lanjutkan dengan mengoleskan krim kocok dipermukaan cake, tata cherry hitam diatasnya. Tumpukkan lapisan cake berikutnya dan tata cherry berikutnya. Lakukan hingga semua lapisan cake habis.

Resep Moist Black Forest Cake JTT

Oleskan krim kocok di permukaan cake, taburi dengan coklat compound serut kasar memenuhi permukaan cake. Tata cherry merah diatasnya, sajikan. 



5 komentar:

  1. Kalau pake gula pasir biasa, ukurannya berapa mbak?
    Terima kasih-Indah

    BalasHapus
  2. Maaf mb Endang, ini cake nya bisa dipanggang bergantian gak? Karena loyang cuma ada 1 hehe

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...