24 Agustus 2011

Resep Sup Ikan Gurame dan Sawi Asin


Resep Sup Ikan Gurame dan Sawi Asin

Buka puasa weekend kemarin memang luar biasa, luar biasa kenyang maksud saya ^_^. Walaupun saya dan Tedy telah berbuka puasa dengan menyantap iga bakar dan sup konro di resto Haji Mamink, Tebet, namun sampai di rumah ketika memasak untuk sahur saya masih menyikat satu mangkuk sup ikan gurame dan sawi asin yang segar dan lezat ini. Rencananya si sup akan dimakan pada saat sahur karena kebetulan saya masih punya separuh ikan gurame beku di freezer. Tetapi ketika masakan telah matang, baunya harum menguar, rasa kuah yang gurih dan potongan sawi asin yang menggoda membuat saya benar-benar tidak bisa menahan diri. Awalnya hanya semangkuk kecil sup ikan yang saya santap, namun kala trip kedua kali ke dapur saya pun mengambil porsi kedua menggunakan piring besar. Alhasil, perut saya benar-benar membengkak kekenyangan, hati didera rasa berdosa serta tentu saja penyesalan, karena saya harus memasak lauk untuk sahur... lagi ^_^

Resep Sup Ikan Gurame dan Sawi Asin
Resep Sup Ikan Gurame dan Sawi Asin

Ikan gurame biasanya dimasak dengan cara digoreng hingga kering sehingga sirip dan kepalanya menjadi crispy, tetapi ternyata dimasak kuah seperti ini pun oke. Dagingnya yang lembut, gurih dengan tulang yang hanya berada di tengah membuat kita tidak kesulitan saat menikmatinya. Sayangnya, atau lebih tepat untungnya, Tedy tidak suka dengan sup ikan seperti ini. Jadi ketika saya memasaknya, adik saya itu pun sibuk mengomel dan berkomentar bahwa ikan gurame paling enak digoreng saja. Nah, jadi tidak heran jika perut saya hampir meledak kekenyangan, karena satu panci sup ini saya yang menghabiskannya sendiri.

Resep Sup Ikan Gurame dan Sawi Asin

Untuk membuat sup ikan ini tidak harus menggunakan ikan gurame, jenis ikan lainnya bisa anda gunakan, apakah itu ikan air tawar atau air laut. Sebaiknya ukuran ikan agak besar sehingga tidak terganggu dengan duri-durinya saat disantap. 

Berikut resepnya.

Resep Sup Ikan Gurame dan Sawi Asin


Sup Ikan Gurame dan Sawi Asin
Resep hasil modifikasi sendiri 

Untuk 2 porsi

Bahan:
- 1/2  ekor ikan gurame yang dibelah tipis memanjang (saya hanya menggunakan separuh bagian saja)
- 1/2 ikat sawi asin, cuci bersih dan potong-potong
- 1 buah tomat merah, belah 4
- 5 buah belimbing sayur, belah 2 memanjang
- 1/2 liter air

Bumbu iris:
- 3 butir cabai merah keriting, belah memanjang menjadi dua bagian
- 10 butir cabai rawit hijau, iris melintang
- 5 butir bawang merah, iris tipis
- 4 butir bawang putih cincang halus
- 1 ruas jahe, iris korek api
- 3 lembar daun salam
- 2 ruas lengkuas, pipihkan
- minyak untuk menumis 

Bumbu lainnya: 
- 1 sendok makan kecap ikan
- 1/2 sendok makan garam
- 1/2 sendok makan saus tiram 
- 2 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh kaldu bubuk (optional

Cara membuat:
Siangi ikan dan cuci hingga bersih, potong-potong ikan menjadi kira-kira 5 bagian. Remas-remas dengan 1/2 sendok makan garam dan 1 sendok makan air jeruk nipis. Biarkan selama 15 menit. Cuci bersih dan tiriskan. 

Resep Sup Ikan Gurame dan Sawi Asin

Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bumbu iris hingga harum dan matang, masukkan ikan aduk sebentar. Tambahkan air dan masak hingga mendidih. Tambahkan bumbu-bumbu lainnya, aduk rata. Masukkan belimbing wuluh, tomat dan sawi asin, masak hingga semua bahan matang. Cicipi rasanya dan angkat. 

Sup gurame dengan sawi asin siap untuk disajikan dengan nasi putih hangat. Mantap!



4 komentar:

  1. Saya pingin nyoba praktek resep sup gurame ini kayaknya enak. Terima kasih mb Endang dan salam kenal, saya sudah mencoba resep pizza nya (peter reinhart kalo ndak salah) buat temen-temen anak saya, komentar mereka pizzanya enak. Saya ijin untuk ditulis di blog saya tentunya setelah saya praktekkan dan mencantumkan link website jtt di blog saya (marimasaksehat.blogspot.com). Dulu saya pernah membuat sup gurame tapi setelah dingin kuahnya jadi kental dan anyir. Gimana caranya biar kuahnya tidak kental dan tidak berbau anyir. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Anita, salam kenal dan thanks sharingnya ya. Senang sekali resep pizzanya disuk. Untuk sup gurame, saya biasanya membersihkan ikan sampai total, bagian tengah ikan yang berwarna merah saya sikat jadi gak ada darah sama sekali, kemudian rendam dulu dengan garam dan jeruk nipis. Kuahnya memang harus banyak bawang dan bumbu supaya gak amis mba

      Hapus
  2. Biasanya saya bikin dengan kemangi yang banyak. Blm pernah bikin dg sawi asin. Sawinya diapain ya Mb Endang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, yep kemangi di sup memang membuat rasanya jadi segar. sawi asin dipotong2 saja mba, dan rebus bersama kuahnya, rasanya jadi beda dan sedap hehheh

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...