16 Agustus 2011

Resep Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam


Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam

Coba tebak, berapa waktu yang dibutuhkan untuk membuat linguini dengan bayam Jepang, tomat cherry dan daging ayam yang saya posting ini? Total termasuk dengan persiapan membuatnya hanya membutuhkan waktu 20 menit saja, dan hasilnya adalah sepiring linguini yang sangat lezat, pas untuk mengganjal perut saya yang keroncongan karena seharian berpuasa. Meeting di kantor hingga pukul 8 malam, berbuka hanya dengan segelas air putih dan sepotong wafer coklat dan malas jika harus menghabiskan waktu lagi dengan mampir di warung untuk membeli makanan, membuat saya berusaha mencari resep praktis yang lezat dan cukup mengenyangkan. Kreasi linguini yang saya ciptakan di dapur ini tidak mengecewakan hasilnya.

Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam
Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam

Selain linguini, sejenis pasta tipis yang panjang, anda bisa menggunakan spaghetti atau jenis pasta lainnya. Tomat yang digunakan pun tidak harus menggunakan tomat cherry yang imut-imut ini, tetapi bisa menggunakan tomat biasa yang dipotong dadu, dan bayamnya bisa menggunakan bayam biasa saja. Untuk tomatnya, sebaiknya pilih yang berwarna merah ya, selain lebih lezat dan terlihat menarik pada makanan anda, tomat merah juga banyak mengandung vitamin dan antioksidan. Tahukah anda bahwa lycopene yang terkandung pada tomat merupakan salah satu antioksidan yang paling ampuh? Lycopene adalah pigmen yang memberikan warna merah pada tanaman, misalnya pada ganggang merah, semangka, tomat dan grapefruit. Di dalam tubuh kita pigmen ini berfungsi sebagai antioksidan alami yang melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas yang terbentuk saat sel-sel tubuh merubah oksigen menjadi energi. 

Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam
Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam

Dalam beberapa penelitian, dikatakan bahwa lycopene yang terkandung pada tomat, terutama yang dimasak, mampu membantu untuk mencegah kanker prostat, walaupun kemudian ada penelitian lainnya yang memberikan hasil yang berseberangan. Lycopene juga diketahui mampu meningkatkan kemampuan kulit untuk melindungi dari pengaruh sinar UV. Dalam dunia pengobatan, konsumsi buah tomat juga dikaitkan dengan penurunan resiko seseorang terkena kanker payudara dan kanker leher.  Lycopene tidak diproduksi oleh tubuh kita, karena itu untuk memperolehnya kita harus mengkonsumsi makanan yang kaya akan lycopene. Olahan tomat yang telah dimasak, seperti saus spaghetti, jus tomat, saus tomat, dan saus pizza, sejauh ini merupakan sumber lycopene yang utama terutama pada konsumsi makanan masyarakat Amerika. 

Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam
Bayam Jepang

Lycopene juga lebih mudah diserap oleh tubuh jika dikonsumsi dalam kondisi telah dimasak, dibandingkan dikonsumsi saat tomat masih dalam kondisi segar. Dalam suatu penelitian, dibuktikan bahwa lycopene pada tomat akan dilepaskan 2,5 kali lebih banyak jika tomat dipanaskan terlebih dahulu, pemanasan ini membuat lycopene lebih mudah tersedia dan gampang diserap oleh tubuh kita. Selain itu, karena pigmen ini larut dalam lemak maka menambahkan sedikit minyak pada saat memasak tomat akan membuat lycopene menjadi mudah diserap.

Berikut resepnya ya.

Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam

Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 porsi

Bahan:
- 100 gram linguni kering
- 150 gram bayam Jepang atau bayam biasa
- 15 butir tomat cherry belah 2
- 1/2 potong dada ayam, potong dadu
- 2 sendok makan keju cheddar parut

Bumbu:
- 3 butir bawang putih, cincang halus
- seujung kuku Italian seasoning
- 4 sendok makan minyak zaitun
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh kaldu bubuk
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 3 buah cabai merah keriting, rajang halus

Cara membuat:

Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam

Siapkan panci ukuran sedang, masukkan 1 liter air dan 1/4 sendok makan garam, masak hingga mendidih. 

Patahkan linguini menjadi dua bagian, masukkan ke dalam panci berisi air mendidih. Rebus hingga al dente, pas matangnya, tiriskan, siram dengan air dingin untuk menghentikan proses pematangan linguini sehingga tidak terlalu lembek. Sisihkan.

Linguini dengan Bayam Jepang, Tomat Cherry & Dada Ayam

Menggunakan panci bekas merebus linguini, panaskan minyak zaitun. Tumis bawang putih hingga harum dan kecoklatan, masukkan cabai keriting, daging ayam, Italian seasoning, aduk rata. Masak hingga ayam matang, tambahkan daun bayam, aduk dan masak hingga layu.

Masukkan garam, merica, kaldu bubuk dan tomat cherry, masak hingga tomat matang. Masukkan linguini, aduk merata, cicipi rasanya. Angkat.

Linguini siap disajikan. Yummy!

Sources:
Wikipedia - Tomato



8 komentar:

  1. Enak bgt, udh sy cobain. Gampang dan sehat..my fave ever. Jempol utk Endang muah muah muah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks yaaa, yep, ini cara memasak pasta yang paling mudah, murah dan sehat hahahha

      Hapus
  2. Halloo mbaak endang.. Salam kenal :). Saya ijin nyontek resep2 mbk endang blh ya. Ur recipe Looks so simple and delicious for begginer like me :D..

    #Irma_medan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Irma, silahkan dicontek Mba, semoga suka ya dan thanks sharingnya disini. sukses yaaa ^_^

      Hapus
  3. mb endang, klo dganti mie yg bwt spaghetti bs gk y?? - ifi_

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ifi, bisa ya mba, pakai pasta jenis apa saja oke ya

      Hapus
  4. Mb endang, italian seasoning itu apa??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bumbu rempah khas masakan Italia, bisanya terdiri atas basil, thyme, rosemary, dan oregano. Bisa dibeli di supermarket seperti car***fur dalam botol kecil, biasanya namanya mixed herbs atau Italian seasoning.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...