23 September 2011

Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)


Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)

Satu hal yang terkadang membuat saya kalang kabut sendirian ketika ada saudara yang datang dari daerah adalah oleh-oleh titipan dari Ibu saya yang luar biasa. Contohnya minggu lalu, ketika Paklik (bahasa Jawa untuk Paman) datang dari Paron, walaupun saya telah berpesan jangan membawa apa-apa tetap saja Ibu menitipkan hasil bumi dari kebun sendiri yang memang melimpah ruah. Jika hanya beberapa buah saja mungkin masih bisa diterima, tapi bagaimana jika satu kardus besar mangga, pisang kepok dan ubi jalar? Alhasil saya harus memeras otak untuk membagikannya kesana dan kemari. Buah mangganya dengan sukses saya transfer ke Depok, ke rumah tante Sopiah, untuk dibagikan ke tetangga. Sementara pisang dan ubinya... Hmm, kalau yang satu ini saya agak pelit untuk berbagi karena selain pisang kepok kuning dari kebun di belakang rumah Paron sangat manis dan lezat,  pisang dan ubi jalar juga merupakan bahan baku untuk membuat aneka kue, roti dan cake yang mantap. Salah satunya adalah cake coklat pisang yang saya posting ini. 

Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)

Saya cukup sering menampilkan cake berbahan dasar pisang, beberapa di antaranya saya kukus dan hasilnya tidak mengecewakan. Kali ini saya berganti resep ke cake pisang yang dipanggang, menggunakan pisang kepok yang dilumatkan dan segunung coklat bubuk maka jadilah cake coklat pisang yang lezat. Karena sudah lama saya tidak berbagi kue di kantor maka hari ini saya bawa si cake coklat pisang dan mencetak hit. Dalam sekejap kue ludes dan semua bilang top banget!  ^_^  
Membuatnya relatif mudah, seperti biasa karena malas harus mengeluarkan mikser maka saya mencari resep cake yang cukup diaduk-aduk saja sebentar dan panggang atau kukus. Sebagaimana yang telah sering sekali saya katakan di beberapa artikel resep, jenis cake dengan proses pembuatan seperti ini sangat mengandalkan pada baking powder yang anda gunakan karena kita tidak memasukkan udara ke dalam adonan dengan mengocoknya hingga kembang. Baking powder yang baik akan bekerja dengan maksimal dan membuat cake yang anda hasilkan mengembang dengan sempurna. Saran saya gunakan jenis double acting baking powder, ulasan amatiran ala saya mengenai baking powder jenis ini bisa anda baca disini.

Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)

Selebihnya, tidak ada yang sulit dalam proses pembuatan cake ini. Jika anda merasa terlalu merepotkan harus menghiasnya dengan coklat ganache, skip saja bagian tersebut. Tanpa coklat ganache pun cake tetap terasa sedap. Tertarik untuk membuatnya sendiri di rumah? Berikut resepnya ya.

Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)


Cake Coklat Pisang 
Resep diadaptasikan dari web Joy of Baking - Chocolate Banana Cake 

Untuk 16 potong 

Bahan:
- 245 gram tepung terigu serba guna/protein sedang
- 300 gram gula pasir (resep asli 400 gram)
- 75 gram coklat bubuk, gunakan yang kualitasnya baik
- 2 sendok teh baking powder double acting, pastikan fresh
- 1/2 sendok teh vanili bubuk atau 1 sendok teh vanilla extract
- 1/2 sendok teh garam
- 2 butir telur ayam ukuran besar
- 400 gram pisang kepok/pisang raja/pisang ambon (kira-kira 5-6 buah pisang ukuran sedang), lumatkan
- 240 ml air hangat
- 120 ml susu cair
- 120 gram mentega/margarine cair atau bisa menggunakan minyak sayur

Coklat ganache:
- 200 gram coklat masak blok
- 150 ml krim kental
- 1 sendok makan atau 14 gram mentega

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak kawat di tengah oven. Olesi loyang segi empat ukuran 22 x 22 cm dengan margarine dan taburi dengan tepung atau alasi dengan kertas minyak. Sisihkan.

Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung, gula, garam, baking powder dan vanili bubuk. Aduk rata. Sisihkan.

Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)

Siapkan mangkuk besar lainnya, tuangkan air hangat, mentega cair dan susu cair ke dalam mangkuk, aduk hingga tercampur rata. Jika air masih terlalu panas, biarkan sejenak hingga mendingin agar telur tidak matang. Masukkan telur ke dalamnya dan aduk dengan spatula balon hingga tercampur baik. Tambahkan lumatan pisang, aduk rata.

Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)

Masukkan campuran tepung terigu dan coklat ke dalam larutan susu dan mentega, aduk dengan spatula hingga tercampur rata. Tuangkan adonan ke dalam loyang dan panggang selama 40 - 45 menit atau hingga adonan tidak menempel ketika lidi kita tusukkan ke tengah cake. Keluarkan dari oven dan biarkan mendingin sejenak di loyang + 10 menit. Keluarkan dari loyang, balikkan cake di rak kawat dan lepaskan kertas minyak yang melekat secara hati-hati, biarkan cake benar-benar mendingin sebelum kita oleskan ganache.

Coklat ganache sebagai toping

Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)
Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)

Siapkan mangkuk stainless steel, masukkan coklat blok yang telah dipotong-potong ke dalamnya. Panaskan krim kental, dan mentega dengan cara di tim (bisa menggunakan microwave) hingga mentega larut. Begitu krim mendidih, angkat dan langsung tuangkan ke coklat blok, biarkan selama 5 menit.  Aduk hingga coklat meleleh dan menjadi satu adonan yang kental dan smooth.

Resep Cake Coklat Pisang (Chocolate Banana Cake)

Jika ganache telah benar-benar dingin, kocok menggunakan hand mikser atau kocokan kawat hingga lembut dan mengembang. Kemudian ratakan ganache di atas permukaan cake. Biarkan ganache mengeras.

Potong-potong cake dan siap disajikan. 

Sources:
Web Joy of Baking - Chocolate Banana Cake



88 komentar:

  1. untuk cake coklat pisang yg ini, bs d buat dg d kukus ga??

    BalasHapus
  2. Hi ... Mo Tanya, untuk krim kentalnya pakai merk apa yah? Soalnya ga pernah beli krim kental. Plis info Nya yah, kepengen buru2 nyoba resepnya nih.

    BalasHapus
  3. Halo Mba Herlyna, salam kenal ya. Sebenarnya krim kental merk apapun oke saja. Saya di rumah biasa pakai merk Roselle dan Elle n Virre. Sayangnya Roselle ukurannya tidak ada yang kecil, 1 liter dan krim kental jika telah dibuka harus ditutup rapat kembali (saya pakai lakban dan plastik wrap) dan simpan di kulkas. Kalau mau sekali pakai sebaiknya beli yang merk Elle n Virre saja, ukurannya ada yang 150 ml. Selamat mencoba.

    BalasHapus
  4. mba...makasi bgt ya resepnya...aku Lg bLajar ni.. ^^

    BalasHapus
  5. Oke, semua juga belajar kok Non, tenang saja lama2 juga pinter kok hehehe

    BalasHapus
  6. hai mba Endang...Dianti lagi disini:)
    barusan aku coba resep yg ini...alhamdulillah suami & anak2ku pd suka:). manisnya pas, tp kok punyaku teksturnya ga seperti hasilnya mba Endang ya? sepintas ky tekstur kue sarang semut hehehe tp lembut enak:D. kira2 kenapa ya mba? apakah overmixed?
    -dianti-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dianti, wow thanks atas sharing uji cobanya ya. Hmm, saya agak bingung juga kenapa bersarang. Saya kok jadi ngebayanginnya kaya martabak terang bulan kalo dengar kata-kata bersarang wakakkakak. Kemungkinannya:

      1. Baking powder: double acting kan ya MBa? coba kurangi takarannya jadi 1 1/2 sendok teh
      2. Over mixing, bisa juga, karena tekstur menjadi bantat. Biasanya kue2 bersarang kan rada-rada kenyal n bantat ya.
      3. Dicoba saja lagi ya Jeng, ini kue rada2 mirip sama brownies pisang kukus yang baru saja saya posting. bedanya brownies kukus pisang pakai coklat blok di adonan jadinya lebih mantep rasanya.

      Thanks before! Sukses ya. ^_^

      Hapus
    2. Susu cairnya bisa pake skm di cairin g mba?

      Hapus
    3. bisa ya, SKM atau susu bubuk dicairkan, oke ya

      Hapus
  7. baru liat ini... hehehe weekend nanti bikin ah...

    BalasHapus
  8. Mbak Endang, aku barusan nyoba resep ini... Tapi hasilnya kok bantet ya? Enak sih untungya :p
    Menurut mama aku kalo kena air sih biasanya emang ga ngembang, tapi ini kan bahannya memang pake air hangat. Bingung juga jadinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Mira, wah kenapa ya? Saya baru saja bikin pagi ini di rumah adik dan baik2 saja jadinya hehehe. Memang resepnya pakai air dan adonan agak encer. BP nya double acting kan jeng? bukan yang single acting. Aduk adonan seperlunya saja, kalau itu diikuti pasti hasilnya bagus kok.

      Hapus
    2. eh, aku ga tau itu double acting atau single acting... bedainnya gimana yah? aku pakenya sih yang merk koepoe-koepoe.

      Hapus
    3. Halo Mba Mira, coba baca artikel saya di tips dan info, di bagian atas. Ada mengenai baking powder, nah disana saya jelasin bedanya BP double dan single. Selamat membaca ya. ^_^

      Hapus
  9. mb,.. aku udah coba bikin. kurang pd dengan resep mb ini soalnya pernah bikin dengan cara ini, kuenya bantat,.. jadi pake resep brownis kukus yang ditambah pisang. subhanallah mb rasanya legit banget dan ini baru pertama aku buat cocco glancenya,.. makasih ya mb,..

    oy, aku udah banyak bgt copy resep mb yg ada di blog ini,.. makasiiih banget lho mb.,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, wokeh, kenapa kurang pede gampang banget kok asalkan menggunakan baking powder yang benar. Silahkan di copy resepnya, moga sukses ya ^_^

      Hapus
  10. mba krim kental nya bisa pake yg anchor ya uht whipping cream? thanks yaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Deswita, betul bisa pakai Anchor atau elle n virre yang whipping cream kok, tapi kalau ada yang labelnya double cream lebih nendang hehehe

      Hapus
  11. hallo mba..ini resep ke 3 yang saya coba dari blog ini, n Alhamdulillah sukses lagi:) saya bikin yang versi kukus mba..secara belum punya oven hehe..melihat tekstur adonan sebelum dikukus sempet ciut juga saya kalau-kalau kue ini g sukses..tapi syukurlah kekhawatiran saya tidak terjadi..TFS ya mba..ditunggu terus nih resep2 masakan yang enak mudah n murah seperti ini:)
    regards,
    yayuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yayuk, sip Mba, thanks atas sharingnya ya. Moga suka dengan resep2 lainnya juga. Saya belum coba resep ini versi kukusnya, tapi mendengar resep ini sukses dikukus jadi senang juga.Hehehe.

      Hapus
  12. mbak, mau nanya krim kental itu yg gimana yah ? terbuat dr apa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Krim kental atau kepala susu, bentuknya sama seperti susu cair tapi sangat kental sekali, mirip santan instan kara ya. Terbuat dari susu dengan kadar air yang lebih rendah. Krim ini bisa dikocok hingga kaku sebagai toping cake. Biasanya dikemas dalam kotak kecil 200 ml atau 1 liter, merk macam2: roselle, elle n vire, predident. Dijual di supermarket di bagian dairy product bersama dengan keju dan yogurt.

      Hapus
  13. Salam kenal dr sekti.... hari ini sy coba cakenya.. & surprise sy sukses bgt di cakenya... legit banget & mengembang dg baik... tapu ganacheanya knp tdk tdk bisa mengeras ya? Apa krn sy pakai whippy cream? Krn ditoko bahan kue dekat rmh habis, penjualnya suggest utk pakai itu... brp lama ganachea mengeras ya? Thanks for all...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sekti, pakai whippping cream gak papa kok, karena kkrim tersebut juga merupakan salah satu krim kental untuk frosting & ganache. Pakai yamg non dairy cream jadi gak terlalu meleleh di suhu ruang. Saya biasanya cake saya masukkan ke kulkas supaya ganache cepat keras.

      Hapus
  14. mbak klo boleh tau non dairy cream merk apa ya yg dipake? thx before

    BalasHapus
    Balasan
    1. Agak susah untuk non dairy cream ya, saya biasa pakai merk Avoset, harganya nggak semahal dibanding yang dairy cream, kalau gak salah 35 rb untuk 1 liternya. Sayangnya gak dijual bebas di supermarket, hanya ada di toko bahan kue.

      Hapus
  15. Mbak susu cairny bisa dari susu bubuk + air ga?yani-jember.

    BalasHapus
  16. Hai mbak, td sdh cb resep ini cm ada masalh dgn hasil akhir, cakenya setlh dngin atasnya keras tp dlmny lmbut cm agak kenyal n ada sdkit rongga, saya pake hercules 2 sdt lokal n pake susu fullkrim kiloan yg beli d toko bhn kue, jauh dengan hasil kuenya mbak endang..malah cake coklat simple dlm satu wadah hasilny jauh lebih sukses n lembut, kira2 knp ya mbak?trimaksih..yani-jember.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yani, banyak faktor mengapa cake gagal, mulai dari bahan yang dipakai, mengukur, mengaduk, mengukus/memanggang. Untuk cake diatas sangat mudah dibuat tetapi pastikan bahan yang digunakan tepat. Gunakan BP yang double acting untuk adonan cake yang hanya diaduk2 saja seperti ini.

      Hapus
  17. he.he kata bu guru waktu SD malu bertanya sehat di jalan. Hallo mb Endang,saya nekat tanya ya.walau'pun pertanya'an sy kelihatan silly.maklum br mau mencoba bikin kue dg semangat 45. Dlm resep kue'ny mb Endang yg pake pisang,ukuran pisang yg d pake itu pisang yg udah di kupas /belum. Mb Endang yg baik hati,tolong jwb ya (merayu mode On)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sip silahkan tanya, kalau ada waktu pasti saya balas cepat, walau sekarng saya suka lambat balasnya hhihiihi. Pakai pisang yang sudah dikupas ya Mba untuk ukurannya. Sukses ya! ^_^

      Hapus
  18. Mba endang.. pisang nya pake pisang buai bs ga? Itu pisang yg lgsg dimakan yg ga perlu diolah dlu.. tfs mba.. oya izin copy resep ya mba :) bwt dpraktekin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep bisa kok, asalkan pisangnya mmeiliki tekstur lembek bisa digunakan untuk kue dan cake

      Hapus
  19. Hai mbak Endang, semalam saya bikin cake ini krn kebetulan punya pisang kepok yg sdh matang. Penampakan permukaan kue retak2 spt foto di atas, tapi saya tdk pakai ganache. Gula saya hanya pakai 250g, dan rasa manis sdh sesuai selera saya. Hanya panggangnya lama sekali... hampir 2 jam. Api sedang (oven tangkring), rak tengah. Rasanya .... cukup enak, tapi saya lebih cocok brownies pisang kukus -nya mbak Endang. Yg ini lebih padat teksturnya walaupun sama2 diaduk saja. Mungkin krn proses panggang ya, mbak. Yg ini aroma lebih harum. Aroma coklat memenuhi ruangan rumah. Terima kasih.
    Sisca - Surabaya
    Sisca - Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sisca, wah thanks sharingnya disini. yep masih moist yang brownies pisang kukus ya. Keknya dikukus bisa juga resep diatas, manggang kadang memang lamaaa banget. hehhee

      Hapus
  20. mb aku udh bikin cake ini sore td dan hasilnya traraaaa bantatttt T_T plus tengahnya krg mateng pdhl aku panggang smpe hampir 2 jam waktu dipanggang ngembang cantik mb tp pas keluar lgs pesssss jd flat hehe semua bhn udh sesuai mb ngaduk jg ga lebay,dr keseluruhan semuanya aman sumber mslhnya ada di alat panggangnya mngkn mb soalnya aku pake panci serbaguna waakk gubrak! pas demo panci ini.sukses bikin cake tp kok pas aku pake gatot hadehh yah ini deh hasilnya kepedean hehe soalnya blm punya oven mb udh pingin cpt2 nyoba tp dr rasa enak uenyaaak bgt mb nyoklat pol
    pantang menyerah besok2 mau bikin lg tp kukus aja deh hehe
    maksih mb
    yeni sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba Yeni, waduh itu panci serba guna yang ke gimana ya, wakkakak, saya belum pernah dengar ada panci ajaib. Tapi gpp mba, ini kan baru percobaan pertama mungkin jadi tahu masalahnya, next bs lebih oke.

      thanks Mba Yeni atas sharingnya ya Mba ^_^

      Hapus
  21. hai mbak endang salam kenal... akhirnya nyobak jg deh bikin cake ini, takut2 hasilnya bantat, maklum beginner nih mbak, eh alhamdulillah kuenya sukses, pdhl cmn ngandalin gelas ukur ma feeling suami aja karna blm pnyk timbangan..hehe
    mbak utk tepung terigu misalnya mau diganti almond flour atau buckwheat flour, takarannya apa tetap sama?
    next pengen nyobain apple cake resep2nya mbak endang...
    makasih yah mbak endang uda mau sharing resep2 gak ribet, terutama buat pemula kyk saya ;)
    maya - jkt

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba maya, thanks sharingnya ya, bisa diganti almond atau buckwheat cuman takaranya keknya mesti ditrial sendiri ya, dan mesti combine tepungnya. kalau mau bebas gluten keknya harus campur jenis tepung lain kaya tapioka atau tepung beras, saya takutnya kalau semua pakai almond atau buckwheat terlalu remah dan gak elastis ya.

      Hapus
  22. Haiii mba...xixixi aq suka jln2 d blog mba :) cm blm ad praktekin resepx..mau nyoba yg ini..ini bs d panggang ga mba? Oh iy skalian mau tany ols yg terpercya jual bahan2 cake loyang dll apa ya mba nmx? Thanks b4

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ayena, untuk toko alat dan bahan kue saya biasanya beli ke titan ada websitenya googling saja titan baking. Toko WT. titan dan wt ada di jalan fatmawati. toko ani dan anie's shop di senen, toko loyang di jalan santa, tendean. semua di jakarta ya.

      Hapus
  23. Hiii mba...aq datang lg...xixi aq ga bc bener2 resepx mba..ternya d panggang toh...tak kirain td d kukus..xixixi ijin catet resep ya mbaa...bsk rencanax mau praktekin..thanks mba...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ayena, silahkan dicoba resepnya ya, semoga suka. cake diatas bisa dipanggang bs dikukus juga kok. sukses yaa

      Hapus
  24. Susah ya mba cari bp yg double acting di supermarket, ada di rmh cm yg single acting...bisa ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa2 saja Mba, asalkan sudah terbiasa dan kualitasnya oke yaaa, saya pengalaman sih gak pernah sukses ^_^

      Hapus
  25. hai mba endang ini pertama kali ak nongol d blog mba kenalin ak dengan ita,, seneng banget dengan kue yg coklat2 :D terutama anak2 dan swamiku hehehe,, kalo kuenya ak gak pake pisang boleh kan mbak ?? soalnya anakku paling gak doyan pisang tiap makan pasti muntah :D mohon sarannya mbak,,selain pisang kira2 enak d campur buah apa ?? kalau strawberry apakah boleh ?? biar asem2 manis gitu hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ita, salam kenal ya. Untuk resep diatas, syaa belum tahu apakah skip pisang mempengaruhi hasilnya ya, mungkin Mba bisa coba cari resep cake coklat lainnya yang tidak menggunakan coklat.

      kayanya kalau stroberi kurang pas ya hahhaha, selain teksturnya yang tidak sepdat pisang rasanya juga gak masuk di cake. Mungkin bisa pakai labu kuning kukus dilumat, parutan kasar wortel atau zukini ya,

      Hapus
  26. mba..salam kenal..saya priscillia br mau belajar bikin2 kue..cm belum punya oven..almarhum mama dl punya oven listrik sm oven yang pake gas tp gak berani pake..nah kalo resep ini di kukus gimana caranya ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan kalau mau dikukus mba, tidak perlu dirubah bahan dan prosesnya. cara mengukus cake coba baca di tips sukses mengukus cake ya, silahkan di lihat bagian tips dan info

      Hapus
  27. Hikz yang ini aku jadinya bantat mba *garuk2 kepala :(((

    Mau coba yang lain lagi ahhb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai Baking powder double acting Mba, jangan yang single acting biasa.

      Hapus
  28. bismillah.. mba qu udh coba resep ini, alhamdulillah rasanya mantap. tapiii kenapa ya mba cakenya bisa jadi menyusut? pas di oven ngembangnya bagus baget tp setelah keluar dari oven jadi mengecil..
    trus qu mw tanya lagi ni mba, krim kental & buttercream beda ya mba? hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba hera, kemungkinan karena cake belum matang sempurna sehingga masih lembab di bagian dalamnya. sehingga ketika dingin cake jadi turun. tips, panggang agak sedikit lebih lama ya.

      biarkan cake di loyang/pan sekitar 15 menit supaya uap air menghilang karena pan yang masih panas, baru pindahkan ke rak kawat.

      loyang warna gelap lebih menahan panas dan membuat cake mampu matang dengan baik

      Hapus
  29. Hi mba... wah pengen bgt nyoba... tp drmh lg g ada krim kental ni, g bsa dgnti susu cair y mba... hehhe *males mode on

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nisa, pakai susu cair saja bisa kok Mba hehehe

      Hapus
  30. Saya barusan recook setengah resep. Ga pnya stock BPdouble acting...so..BP biasa ditambah dikit takaran nya. Tepung, coklat bubuk, garam dan vanili diayak...gula pasir saya blender halus. Trus saya tambahin dikit pasta coklat. Hasil nya ueennaakk mbak...! Teksturnya lumayan lembut, manis nya pas. Thanks for sharing resep nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Monika, thanks sharignya yaa, senang sekali resepnya disuka. ^_^

      Hapus
  31. Halo mba endang. Aku mau tanya klo ga pake krim kental gmn yah? Ga punya mba pingian bikin padahal. Apa ada cra bikin krim kental? Makasih jawabannya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Azam, untuk ganache-nya krim kental ganti saja dengan sedikit susu cair bercampur mentega. Ini takaran pengganti krim kental : 180 ml susu + 73 gram mentega leleh, kocok dengan mikser hingga tercampur baik, kalau mau kental tambahkan sedikit maizena.

      Hapus
  32. Malam mba endang... Makasiiih bgt lhoo resepnyaa... Aq br nyoba skali lgsg sukses mbaa.. Dan kt suamikuu enaaakk bgt...
    Tpi aq gk pke pisang dan ganache nya.. Cm aq tambah takaran coklat bubuknya.. Aduuuhh... Feeling guilty bgeet mbaa mlm" mkn inii... Pengen nambah" truuss...
    Tp koq tekstur cakenya lbh padat dr yg mba buat yaa.. Ato krn coklat bubuknya lbh bnyak??
    Bsok aq mau coba buat ayam panggang spicy dr resep mba jg..
    Makasiih bgt ya mba.. Blog nya membantu bgt buat aq yg msh blajar masak..
    Sukses truus mbaa.. Dan ciptakan resep" yg enak" trus ya mbaa...
    Slamat malam... ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Indri, salam kenal ya dan thanks sharingnya. Tekstur cake ini memang agak padat ya, tapi saya bingung juga, kalau mba skip pisang berarti takaran pisang diganti dengan apa ya? Terigu kah? Mungkin kalau diganti terigu yang membuat cake jadi lebih padat.

      Moga ayam panggang spicynya juga sukses yaaa. ^_^

      Hapus
  33. Beleive it or not? Adonan cake pakai air, trus di bake...hasilnya woooow gak nyangka..super moist..gak bantet padahal pakai 2 telur saja.(padahal pas membuat adonan ada rasa ragu 90%), sempet mau di kukus saja, tp pnasaran pingin praktekin...hasil nya........thengkyuuuuuu untuk resepnya sis, God bless you more

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba lilis, thanks sharingnya ya mba, senang sekali resepnya sukses dicoba. Yep sebenarnya pakai air bisa2 saja, fungsinya agar adonan gak terlalu pekat, nah biasanya fungsi air ini kemudian digantikan dengan susu cair supaya rasanya lebih sedap ya.

      Hapus
  34. izin copy resep2 mba Endang ya,,,,
    seneng deh klo baca resep2 di blog mba,, ^^ ~dina, jkt~

    BalasHapus
    Balasan
    1. silahkan mba dina, selama untuk keperluan pribadi saya tidak masalah kok.

      thanks sharingnya yaa

      Hapus
  35. Dear Mbak Endang.
    Saya barusan bikin.. dan enakkkk :D
    Pisangnya saya pake 6 karna mau berasa bgt....dan utk margarine n double creamnya saya lelehin di microwave lebih gampang :)
    Thank you mbak Endang n JTTnya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya ya mba Ivana, senang sekali resep cake pisangnya sukses dan disuka yaaa

      Hapus
  36. Tadi malam eksekusi ini mbak versi kukus tanpa ganache. . .
    Kayaknya lebih mantap versi panggangnya yaa mbak. . .
    Kukusnya juga mantap, tapi pengen coba versi panggang *nunggu otriknya dulu* hahahah. . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba risa, thanks sharingnya ya, yep cake panggang memang lebih wangi ya, tapi cake kukus lebih moist yaa

      Hapus
  37. Mba endang, kemarin saya baru buat cake ini, waktu di oven sukses berat ngembangnya. Setelah saya keluarkan dari oven juga sukses...sukses berat turunnya hiks. Cake saya jadi padet dan jauh dari kata2 moist hahaha. Kok bisa langsung anjlok gitu ya mba cake yang saya buat, padahal bukan lagi bikin chiffon. Makasih mba atas koreksinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. cake diatas tidak dikocok dengan mikser mba, jadi benar2 bergantung dengan baking powder, saya meminta di resep untuk pakai BP double acting ya, setahu saya yang single acting tidak akan sukses, selebihnya cake ini sangat mudah.

      Hapus
  38. Ya Ampun barusan bikin cake ini berhasil ! Dipanggang tp tekstur nya moist ya wkwkwkwk
    Blog JTT ini kayak jadi "kitab online" saya kalo mau bikin kue2. Wajib Fardhu 'ain buka blog ini. Sukses terus mbak! Makasih banyaaaaaakkkkkkkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, thanks sharingnya ya, senang sekali resepnya berhasil dicoba dan disuka. sukses selalu yaa

      Hapus
  39. pisang emang luar biasa, selain enak rasanya juga manfaatny mantep banget
    saya paling suka makan sambel kulit pisang bakar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya ya, wah sambal apaan itu ya, keknya menarik hehehe

      Hapus
  40. Halo mba endang,, aku udah coba resep nya... Wah enak... Makasih ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Syifa, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka. Sukses selalu yaa

      Hapus
  41. Pagi mb endang... mb, kalo ngga salah di resep aslinya ada 120ml minyak canola/safflower/corn, saya mau tanya... kalo utk minyak yg flavorless itu, contohnya merk apa ya mbak ? Trmksh atas bantuannya ya mbak ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba niken, di supermarket biasanya saya pakai merk mazola ya. merk lain ada crisco, venola.

      Hapus
  42. kayaknya lezat bgt nih kue coklat pisang,
    wajib coba buat di rumah ini :D

    BalasHapus
  43. saya coba resepnya ya mbak, siapa tahu bisa juga bikin sendiri. terima kasioh sudah berbagi.

    BalasHapus
  44. Hai mba endang... krim kental untk ganache nya itu sama dgan whip crem cair nggak? Tapi kalau ga ada whip cream cair gimana mba? Soalnya di tempat sy adanya yg bubuk. Mohon bantuannya mba. Terimakasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Uki, untuk ganache resep diatas bisa pakai cooking cream atau whip cream cair ya. Saya belum pernah pakai jenis bubuk mba. Ganache juga bs dibuat dari DCC dan mentega tanpa cream ya.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...