13 September 2011

Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit


Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit

Ingin makan cake coklat tengah malam tetapi semua bakery telah tutup? Atau malas keluar rumah karena telah terlanjur nyaman di depan televisi namun mulut ingin mengudap cake coklat? Atau ingin makan cake coklat namun ogah membuatnya dalam porsi besar? Nah, jika di rumah anda kebetulan memiliki microwave maka resep Chocolate Mug Cake kali ini mungkin bisa menjadi solusi bagi anda yang mengalami masalah diatas seperti saya. Simple dan sangat cepat, hanya dalam 5 menit segelas coklat cake yummy bisa anda nikmati.

Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit
Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit

Tentu saja jika dibandingkan dengan versi cake coklat yang dipanggang atau dikukus, maka cake coklat yang ini kurang begitu lembut. Tapi jika mengingat proses pembuatannya yang sangat mudah maka kekurangan tersebut bisa termaafkan. Tips untuk membuatnya adalah pastikan takarannya benar-benar sesuai dan tepat. Dua sendok makan kocokan telur adalah takaran yang paling pas,  1 butir telur terlalu banyak untuk 1 gelas cake dan menggunakan putih atau kuningnya saja cenderung membuat cake cenderung bantat. Aduklah bahan-bahan hingga tercampur baik dan bebas gumpalan. Cake coklat ini akan lebih lezat jika ditambahkan chocolate chips yang banyak, sayang stock chocolate chips saya telah habis sebagai gantinya saya menggunakan serutan coklat blok.  

Berikut resepnya ya.

Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit

5 Minute Chocolate Mug Cake
Resep diadaptasikan dari web Instructable - 5-Minute Chocolate Cake

Untuk 1 gelas cake coklat

Peralatan yang anda perlukan:
- Microwave
- Mug diameter 7 cm dan tinggi 10 cm

Bahan:
- 4 sendok makan tepung terigu serba guna atau protein rendah
- 4 sendok makan gula pasir 
- 2 sendok makan coklat bubuk
- 3 sendok makan susu cair
- 3 sendok makan minyak sayur
- 2 sendok makan telur kocok
- 3 sendok makan coklat chips
- beberapa tetes vanila ekstrak atau seujung kuku bubuk vanili

Cara membuat:

Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit
Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit
Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit

Siapkan mug, masukkan semua bahan kecuali coklat chips ke dalam mug, aduk menggunakan sendok hingga tercampur baik dan bebas gumpalan. Adonan pekat dan kental. Taburkan coklat chips pada permukaannya.

Resep Chocolate Mug Cake Dalam 5 Menit

Masukkan mug berisi adonan ke dalam microwave dan masak selama 5 menit. Keluarkan dan  cake siap disantap. Enjoy! 

Source:
Web Instructable - 5-Minute Chocolate Cake 



74 komentar:

  1. resepnya oke punya deh....
    udah sya coba...tp dengan takaran yg dilipat gandakan, karna yg mo makan kuenya banyak..(anak2)
    trs telur jg saya mixer dlu dg gula dan sdkt tambahan TBM....
    alhamdulillah hasilnya persis klo bikin kue pake oven biasa...krn sebelum pake resep ini hasilnya selalu kering krn pke microwave oven..
    tengkyu yah...atas sharenya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, thanks atas sharingnya ya. Senang mendengar kuenya sukses. Wah modifikasinya boleh juga tuh, kuenya menjadi lebih enak pastinya hehehe. Sukses selalu!

      Hapus
  2. HI Mba Endang, OMG...i really like your blog ini mba...really help for the beginner like me. Salam kenal ya mba.
    Eniwe...mo nanya donk mba, minyak sayur itu sama aja minyak goreng biasa ya mba? merek yang bagus apa mba? maklum beginner ni mba...bener2 ga tau soal masak memasak (kecuali masak mie instan hehehehe) tengkyu in advance and keep the good work ya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Genovia, thanks ya untuk komentarnya dan salam kenal juga. Minyak sayur itu minyak yang terbuat dari tumbuhan seperi minyak sawit (Bimoli, simas dll atau minyak goreng biasa ya), minyak zaitun, canola, biji bunga matahari dll. Kalau mau latihan saya jamin pasti sebentar saja jago masak kok hehehhe. Sukses ya.

      Hapus
  3. Mbak, untuk pematangan cake ini apakah bisa dikukus? Langsung dikukus saja begitu atau bagaimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, yep bisa dikukus kok. Masukkan saja ke mug/wadah tahan panas dan kukus selama 14-20 menit. Kukusan harus panas dulu ya.

      Hapus
  4. Mbak, salam kenal... :) mau coba cake ini, tapi apa bisa d oven? Saya blm punya microwave :D terimakasih Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tria, sip, bisa dioven kok, Micro hanya cara praktis saja, kalau mau dioven justru lebih baik, pakai suhu 170'C waktu sekitar 15 - 20 menitan ya.

      Hapus
    2. Mbak endang. Saya punyanya oven listrik biasa. Bisa gak mug dipakai di oven? Apa jenis mug khusus?

      Hapus
    3. Hai Mba, setahu saya bisa yaa, mug yang bisa dipakai microwave biasanya bs buat oven juga

      Hapus
  5. mbak kalau ini dikukus bisa ndak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya rasa bisa ya Mba, belum pernah coba sih tapi teorinya bisa ya

      Hapus
  6. Hi mba saya suka skali blog ini..salam kenal..mba saya sudah coba resep ini..tapi kok 5 menit bau gosong ya mba?itu gara2 apa ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rinny, salam kenal juga ya. thanks sudah menjadi penggemar JTT. untuk cake diatas, coba kurangi waktunya karena beda micro bisa beda kekuatannya tergantung wattnya si micro. kebetulan micro saya kurang canggih dan butuh waktu lebih lama untuk memanggangnya.

      Hapus
    2. Mba endang..salken saya mau nanya nih microwave saya modelnya yang sekaligus oven mbak trs watt nya 220 kira2 butuh berapa menit ya mba trims

      Hapus
    3. halo mba Virly, saya sendiri belum pernah pakai oven semi micro ya, jadi kayannya mba harus tral error sendiri ya, set saja di 3 menit kalau belum matang bs ditambahkan waktunya.

      Hapus
  7. Hi mba makasi buat sarannya. .mba maaf mau tanya lg..saya pengen nyoba chicken cordon bleu..tapi disini gak da yg jual keju kraft yg cepet meleleh atau keju mozarella (hiks maklum kota kecil)..kalo pake keju kraft biasa kalo pas digoreng gak akan meleleh kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rinny, yep keju kraft biasa keknya gak akan melelh sempurna ya, tapi bisa diparut kasar kejunya Mba, supaya membantu bisa meleleh.

      Hapus
  8. Mba sy udh cb resep ini tp kog udh dimskin ke microwave 10 menit tp kuenya ga keras2. Lapisan atas aja agak mengeras ky puding tp bwhnya msh cair spt awal adon cm lbh smooth texturenya. Gimana tuh mba? Sy pake microwave oven di tombol grill. Thx
    picky

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah mba Picky, saya juga bingung, microwave saya cuma 5 menit sudah keras.

      Hapus
    2. mba endang, sesudah sy coba 2x akhirnya bs jg buat cake ini di microwave. skrg jd makanan favorit krn gampang bgt n enak. thx mba.
      picky

      Hapus
    3. Halo Mba Picky, mantap! Akhirnya tahu juga tricknya yaa. Sip, thanks sharingya

      Hapus
  9. Salam kenal mbak,.. smlm aku nyoba resep ini,...sukseeeessss,....anakku bilang,..enaaakk,..hehehehe,..makasiih mbak endang #pelukpeluk,....:) nggak sabar nyoba resep2 just try yg laiinnya,...

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga ya mba, waah ikutan senang cake nya berhasil dicoba ya. thanks sharingnya ya mba

      Hapus
  10. hallo mbak endang,
    salam kenal dari saya, saya suka sekali dgn catatan2 resepny mbak. setelah sya hampir putus asa bkin cake kukus yg selalu gagal, akhirny sya nemu resep cake dalam mug JTT, dan tarra akhirny aq bisa bkin kue sndri dirumah. blm pnya open ma mixer tryta bukanlah kendala buat belajar msak,

    makasih mbk endang :-) brownies kukus dalam mugku yummy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sutarni, thanks sharingnya yaa, senang sekali resep JTT disuka dan sukses dicoba. Sukses dengan trial resep berikutnya yaaa

      Hapus
  11. Baru dua hari lalu baca resep ini dan sudah dua kali bikin,hmmm enak,buat yang lagi malas,thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya ya, senang resepnya sukses dicoba ^_^

      Hapus
  12. heloo mba Endang,
    minta tipsnya dong agar adonan bisa tercampur dengan baik, krn saya ragu didalamnya kan ada gula pasir...
    thankyuuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, waduh saya hanya ngaduk biasa saja Mba, kalau mau memastikan gulanya halus pakai gula bubuk saja ya

      Hapus
  13. Hallo mbak Endang ... selamat pagi n salam kenal ... Saya tidak sengaja nyangkut di blog mbak minggu yang lalu n langsung jatuh cinta sama blog mbak .. makanya subscribe deh ... : )

    Boleh tanya ya mbak? Oven panggang gas saya tidak memiliki tombol pengatur temperatur dengan angka, tetapi hanya dengan Low / Middle / High. Nah temperatur berapa sampai berapa tho yang dianggap Low? kemudian Middle dan High?

    Thank you in advanced and Have a nice day ... : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Lany, selamat pagi dan salam kenal juga ya. Thanks sudah suka dengan JTT dan subscribe blog saya ya.

      Yep, oven gas dirumah saya juga gak pakai suhu hehehe, saya biasanya pakai feeling. Untuk memanggang cake/cookies pakai saja middle mba, sedangkan untuk memanggang pizza atau roti perlu suhu tinggi jadi pakai high. Selebihnya harus pakai trial error, sering dicek ya, karena oven itu ibaratnya kek belahan hati harus ada chemistrynya hehehehe

      sukses selalu!

      Hapus
  14. Mba Endang Indriani,takaran sendok makan nya munjung apa peres

    BalasHapus
  15. Aku udh buat mbak barusan hehe. Buatnya 1 1/2 resep, pake otrik dan di ramekin. Td ku tambahin baking powder jg hehe. Di tambahin susu cairnya sedikit lg krn pas ngaduk adonannya cenderung kalis bukan kental hehehe. Hmm oh iya pake suhu 175°c 20 menit timer ovenku blm mateng mba, jd td ku tambah2in 20menit timen oven, sepertinya timer ovenku cenderung lebih cepat dr seharusnya sih.. tp gatau jg sih, lupa disamain sama jam di hp td hehe. Utk rasa enak, kaya bronis, cm teksturnya agak kering yaa. Tp cucok lah.. tengkyu mbaak! -Tania.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Tania, thanks sharingnya ya, yepp untuk tekstur memang kurang moist ya, namanya juga cake instan wakkakak, cuman memang kalau lagi kepengen makan yang manis2 dan coklat bisa jadi pelipur lara hehehhe

      Hapus
    2. Iya dan ngenyangin bgt mbak cakenya hehe. Mau nanya boleh ya mbak, kalo manggang kue pake di otrik pake loyang alumunium biasa gpp kan ya? aku baru beli oven, nah pas mau beli loyang , ditanyain sama yg jual, emang gpp otrik pake loyang almnium? Laaahh, aku jd bingung sendiri hahaha. Ga mesti pake loyang teflon kan? Sama mau nanya lagi, utk resep pizza tanpa nguleni, apakah bisa pizza di panggang di pyrex mbak? Belum punya loyang apa2 aku hahaha. Makasih banyak ya mba sblmnya. Tania

      Hapus
    3. Halo Mba, yep pakai loyang alumunium gak masalah ya mau pakai oven apapun tetap bisa y.

      untuk pizza bs panggang pakai pyrex ya mba

      Hapus
  16. hai mbak endang. jika cake ini dikukus bisa tidak ya? karna sy ndak pny microwave

    thanks

    BalasHapus
  17. Dear Mbak Endang....
    Aku bikin cake ini di suatu sore yg dingin ketika aku lg males ngeluarin mixer... males pake oven.. n pengem makan cake secepatnya... aku inget pernah baca resep quick cakenya JTT ^^ dannnnn berhasillll Mbak...
    Thank you Mbak Endang n JTTnya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ivana, thanks sharingnya ya mba. Memang kadang ngeluarin mikser itu bikin ogah wakakka. Tapi saya banyak resep cake yang cuman aduk2 saja, hanya saja memang bahannya banyak, kalau cuman mau makan seporsi saja susah yaa hehheh

      kemarin saya bahkan dengar di radio ada yang jual cake mix microwave ini wakakkak, padahal buat sendiri gampang ya

      Hapus
    2. Iya Mbak...total selama minggu ini saya udah 3x bikin hahaha... masi terkesima sama cake yg 5 menit jadi...
      Ngeluarin n nyuci mixer stlh dipakai itu kdg ogah :D
      Hahaha... klo saya gak baca JTT saya yakin pasti saya juga ikutan beli.

      Thank youuu pake bangettt utk ilmunya ^^ ya Mbak Endang... sukses terus

      Hapus
    3. halo Mba Ivana. thanks yaaa sharingnya yaa, senang sekali resepnya bermanfaat. Banyak juga resep2 JTT yang cuman diaduk2 saja Mba tanpa mikser, dan yep samaaa saya paling males ngeluarin mikser. tapi gimana lagi, sedihnya jadi food blogger hehehheh

      Hapus
  18. Mba aku ga punya oven listrik dan microwave kalo pake oven kompor ( manual ) bisa gak mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba novy, harusnya bisa ya mba, basicnya adalah cake biasa ya

      Hapus
  19. mba endang yg baik, mau tanya2 tp agak keluar dr tema, hehehe.
    soal oven, kl ovennya mba Endang ada pengatur suhu realnya tidak, angkanya gt?. Saya agak kebingungan kl petunjuknya dipanggang dgn suhu semisal 165 derajat krn oven saya hanya ada suhu api dgn low-medium dan high. matur suwun sblmnya y mba:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Tika, yep oven saya ada angka diseputar tombol putaran waktu dan suhunya ya, jadi saya bs mengira2 suhunya.

      Hapus
  20. Mbak endang..salam kenal mbak
    Sepertinya sy menemukan persamaan dengan mbak..sama2 suka coklat he..he..
    Mbak cake ini di oven kompor pakein cup muffin bisa ya?? Trm ksh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Indria, salam kenal juga ya. Thanks sharingnya ya, senang resep JTT disuka. Bisa pakai oven kompor dengan cup muffin ya

      Hapus
  21. Mbak endang..blognya mbak daebak bgt dah!! I adore you mbak..ha..ha..kalo pake oven kompor wadahnya pake apa mbak?? Trm ksh mbak
    * iin*

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pakai loyang atau wadah apapun ya Mba Iin, tidak harus mug seperti yang saya tmpilkan ya

      Hapus
  22. Akhirnya, ada kue yang bisa dibikin pake microwave. Besok mau coba ah, pas si Ibu lagi ke luar kota hehe
    Mba, mau nanya dong. Itu satu telur bisa buat berapa cup kue ya? Mug-nya dikasih mentega dulu ga dalemnya supaya ga lengket? Takutnya kue yang lengket di mug itu susah dibersihin. Thank u Mba.

    --Aisyah--

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin 1 telur bs untuk 3 atau 4 cup ya, saya kurang tahu juga 1 telur berapa sendok jadinya. bs diolesi margarine supaya gak lengket mug-nya ya.

      Hapus
  23. Mbak, aku udah coba. Takaran bahannya sama, karena terlalu padat dan pekat maka saya tambah sedikit air jd konsistensinya agak kental gt, nah saya masak dg kukusan yg sudah panas selama 20 menit. Hasilnya seperti bantat, padat, dan tidak ada rongga2 seperti di gambar mbak. Apa yang salah ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kunci utama membuat cake ini hanya BP harus double acting dan tidak boleh mengaduk berlebihan, selebihnya sesuai resep diatas ya

      Hapus
    2. Mba endang, mau tanya apakah resep ini menggunakan bp? Soal nya saya sudah baca berkali2 pada bahan di resep tidak di cantumkan bp. Makasih mba :)

      Hapus
    3. haa, iya gak pakai BP yaa, heheheh, bisa pakai sekitart 1/8 sendok teh supaya ngembang dengan baik

      Hapus
    4. Okedeh mba, bookmarked! Resep buat kalo lagi ngidam kue atau yg manis2 dan keburu males mengingat setumpuk cucian saat bikin cake^^y
      Makasih mba endang, sehat selalu dan tetap menginspirasi ya^^

      Hapus
    5. Thanks Mba Vivi, semoga kuenya disuka, sukses yaa

      Hapus
  24. Hai mba, salam kenal. Saya sudah sering main2 ke sini n udah coba lumayan banyak resep tapi pancake n chocolate mug ini yg paling sering diulang (karena berhasil mba n orang rumah suka).

    Makasih ya mba resepnya, untuk resep ini saya buat untuk tahun baruan tapi agak saya modif. Karena orang rumah banyak, pake mug agak merepotkan, jadi saya takar untuk 6 mug tapi dipanggang pake loyang. Saya tambahkan sedikit soda kue juga oreo dan keju untuk lapisan. Saya panggang dengan oven microwave 30mnt. Rasanya enak dan yummy, kata ade saya mirip brownies, seneng banget mba. Makasih sekali lagi (^.^)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mba Glory, thanks sharingnya yaa.

      actually resep ini memang sama dengan resep brownie ya, cuman masalah kepraktisan dan cara panggang saja. Senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  25. Mba klo gk pake susu penggantinya apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasaya susu hanya diganti santan. tapi rasanya sedikit berbeda, aroma santan lebih kuat ya

      Hapus
    2. Mb tadi pagi aku coba buat tp dikukus. Kok kuenya kurang padet menyatu ya mb? jdnya malah terlalu basah

      Hapus
    3. kemungkinan karena kukus, mengandung banyak uap air, panggang saya rasa tdk akan basah. Coba biarkan dingin atau masukkan kulkas, kue akan lbh padat

      Hapus
  26. Td pagi aku nyoba lg mb, kali ini berhasil. Pas td sore di inget2 lg aku lupa pake minyak tp malah bagus hasilnya padet

    BalasHapus
  27. Balasan
    1. nggak ya, selama mugnya memang safe buat microwave

      Hapus
  28. Mba endang^^
    Saya sudah bikin ini kemaren.. tapi eh tapi mba, rupa nya bikin kue tidak semudah membaca resep :(
    Saya mau share hasil trial mba..

    Awal nya saya ikuti resep mba, panggang selama 5 menit.. ngga tau nya masih basah bgt mba kaya ngga terpanggang.. akhir nya saya panggang lagi 5 menit.. eh atas nya keras.. dalem nya masih seperti awal adonan.. akhir nya karna saya buru2 jadi aja saya cemilin tuh 'kue adonan' saya gado *kacau ini*

    Sambil saya pikir2 salah saya dimana ya.. resep nya mudah sekali masa saya tetep gagal.. akhir nya saya putuskan untuk kembali memasukkan adonan ke dalam micro.. kali ini saya set 10 menit.. pikir saya kalo masih gagal, saya gado aja deh adonan nya *tetep enak kok* wkwk

    Eee akhir nya jadi mba^^ dan hebat loh mba, adonan udah diem lebih dari 12jam, cake nya masih ngembang! Tapiiii ga sampe disitu mba.. tengah nya masih basah sedikitttt jadi persis chocolate lava.. saya geleng2 kepala sendiri jadi nya mba.. giliran resep lava di coba, malah jadi cake semua.. ini kok ga sengaja malah jadi lava.. tapi enak kok mba lembut dan berasa jadi ada filling nya.. mungkin lembut karna saya panggang tidak lama ya.. baking memang amazing ^^ wkwk

    Betul ya mba emang penting nya trial unuk mengenal baking tools sendiri.. dan pengalaman adalah guru terbaik^^
    Maaf kepanjangan hhe
    Jgn bosen baca sharing trial saya ya mba :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Vivi, thanks sharingnya yaa, sangat bermanfaat bagi pembaca lainnya. Yep, memang trial error dengan peralatan baking dan cooking kita sendiri sangat penting. Karena setiap tools baking akan memberikan hasil yang tdk sama, contoh oven dan microwave, karena beda merk dan jenis pasti suhu dan waktu yang diperlukan untuk memasak jadi berbeda. Oven yang saya pakai sekarang memerlukan banayaak sekali cake dan aneka makanan gagal sebelum akhirnya saya tahu bagaimana menggunakanya dengan benar hehhehe.

      sukses selalu yaaa

      Hapus
  29. Hai Mbak Endang... salam kenal ya, selama ini saya tukang nyimak aja. Senang banget dapat resep ini dan barusan saya coba. Ikut resep JTT tapi saya microwave 3.5 menit. Sempurna dan enak sekali. Makasih ya. Resep JTT memang top ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal mba Tasya, thanks sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaaa

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...