20 November 2011

Resep Individual Cheesecakes


Resep Individual Cheesecakes

Sekian lama memendam asa hendak membuat cheesecake akhirnya hari ini keinginan tersebut terwujud juga. Itupun sebenarnya bukan karena didorong semangat ingin menikmati kue yang lezat ini tetapi karena kekhawatiran akan masa kedaluarsa cream cheese di kulkas yang semakin mendekat. Bulan sebelumnya saya harus membuang satu pack cream cheese yang bahkan segel penutupnya pun belum saya buka, karena isi di dalamnya telah berjamur dan membusuk. Penyebab utama saya agak malas membuat cheesecake karena porsinya yang cukup besar sehingga cukup kewalahan saat harus menghabiskannya. Di rumah Pete yang hanya dihuni saya dan Tedy, kami berdua sama-sama bukan penggemar cheesecake. Paling banter hanya satu slice tipis cheesecake yang sanggup kami santap jika kebetulan ada anggota keluarga yang berbelanja cake ini di bakery. Untuk berbagi dengan tetangga rasanya tidak nyaman juga dalam kondisi cake telah terpotong-potong karena cheesecake umumnya diberikan dalam bentuk satu loyang utuh.

Resep Individual Cheesecakes
Resep Individual Cheesecakes

Namun resep cheesecake yang kali ini saya posting sepertinya sesuai untuk mereka dengan anggota keluarga terbatas. Cheesecake ini tidak dipanggang dalam satu loyang utuh melainkan dimasukkan ke dalam kertas cup dengan ukuran pas yang untuk satu orang. Cara ini selain lebih praktis saat menyantapnya juga memudahkan anda untuk memberikannya ke kerabat, teman atau tetangga. Rasanya tetap lezat karena adonan dan resepnya sama seperti ketika membuat cheescake versi loyang yang besar. Kelebihan lainnya adalah saat memanggang anda tidak perlu menggunakan teknik double boiler (au bain marie), karena ukurannya yang kecil membuat cheesecake cepat matang dan terhindar dari retak pada permukaannya. Tentu saja ini  jika anda memanggangnya dengan waktu yang tepat, karena jika terlalu lama memanggang akan membuat cheesecake menjadi kering dan permukaannya tetap akan menjadi retak.

Resep Individual Cheesecakes

Individual cheesecake ini menggunakan resep filling New York style cheesecake, ini merupakan style cheesecake yang paling umum dan simple. Poin penting saat membuat cheesecake adalah pastikan semua bahan-bahan yang anda gunakan dalam kondisi suhu kamar, artinya jika cream cheese dan telur yang akan anda pakai baru saja keluar dari kulkas maka jangan langsung anda gunakan. Letakkan bahan-bahan tersebut di atas meja dapur minimal 3 jam hingga tercapai suhu ruang yang dikehendaki. Dalam kondisi seperti itu cream cheese akan menjadi lembut dan telur juga tidak mengental sehingga cheesecake yang anda hasilkan tidak membentuk gumpalan. 

Selain itu gunakan suhu rendah saat memanggang cheesecake, di resep ini menggunakan suhu 150'C. Cheesecake dimasak perlahan menggunakan suhu rendah hingga mengeras namun bagian tengahnya masih sedikit berguncang ketika loyang kita gerakkan.  Keluarkan dari oven dan biarkan dingin sebelum anda masukkan ke dalam kulkas semalaman atau hingga benar-benar seluruh bagian cheesecake mengeras. Individual cheesecake ini sedap disantap dengan buah-buahan segar seperti strawberry, atau raspberry walaupun menurut saya tanpa itu semua cheesecake ini sudah sangat lezat. Berikut resepnya ya.

Resep Individual Cheesecakes

Individual Cheesecake
Resep diadaptasikan dari website Joy of Baking - Individual Cheesecakes 

Untuk 15 - 20 buah cheesecake

Bahan crust:
- 250 gram biskuit Marie Regal (resep asli menggunakan biskuit Graham)
- 2 sendok makan gula pasir
- 100 gram mentega cair

Bahan pengisi:
- 454 gram full fat cream cheese, suhu ruang
- 130 gram gula pasir
- 1/4 sendok teh garam (resep asli 1/8)
- 2 butir telur, suhu ruang
- 1 sendok teh vanila ekstrak
- 1/2 sendok teh parutan kulit jeruk lemon
- 2 sendok makan air jeruk lemon (resep asli tidak menggunakannya)
- 120 ml sour cream (saya tidak pakai)
- 1 sendok makan tepung terigu (resep asli tidak menggunakannya)

Cara membuat:
Panaskan oven, set disuhu 150'C. Letakkan rak pemanggang di bagian tengah oven. Siapkan loyang muffin, letakkan di masing-masing lubang selembar kertas cup. Sisihkan.


Resep Individual Cheesecakes


Siapkan mangkuk, masukkan biskuit Marie ke dalamnya. Hancurkan menggunakan ujung kayu penggilas atau ulekan yang dibungkus dengan plastik hingga menjadi butiran halus. Saring menggunakan saringan kawat dengan lubang yang jarang, jika masih ada bagian-bagian yang kasar. Biskuit harus benar-benar menjadi butiran halus. 

Tuangkan mentega cair dan gula pasir ke dalam remahan biskuit. Aduk rata menggunakan sendok. Masukkan 1 sendok makan biskuit ke dalam kertas cup, tekan-tekan dengan ujung jari hingga biskuit padat di dasar kertas cup. Bagi rata remahan biskuit pada semua cup. Sisihkan.  

Resep Individual Cheesecakes

Siapkan mangkuk mikser, masukkan cream cheese. Kocok dengan speed rendah hingga lembut. Masukkan gula pasir dan teruskan mengocok hingga tercampur baik. 

Resep Individual Cheesecakes
Resep Individual Cheesecakes

Tambahkan telur satu persatu, pastikan telur tercampur baik sebelum anda menambah telur berikutnya. Teruskan mengocok hingga menjadi adonan yang smooth. Masukkan vanila ekstrak, tepung terigu, air jeruk lemon dan parutan kulit jeruk lemon. Teruskan mengocok hingga semua tercampur rata. Matikan mikser.

Menggunakan sendok makan, tuangkan dua sendok makan adonan ke dalam kertas cup yang telah disiapkan, ratakan permukaannya. Lakukan hingga semua kertas cup terisi dan adonan habis.

Resep Individual Cheesecakes

Panggang cheesecake selama 18 - 22 menit atau ketika permukaannya terlihat mengeras namun bagian tengahnya masih berguncang saat loyang kita gerakkan. Keluarkan dari dalam oven, dinginkan di rak kawat, kemudian tutup permukaannya dengan plastic wrap dan simpan di kulkas selama semalam atau hingga cheesecake benar-benar keras. 

Lepaskan kertas cup perlahan, kemudian dengan menggunakan ujung spatula atau pisau, angkat dasar cheesecake dan pindahkan ke piring saji. Cheesecake siap disajikan dengan buah segar atau siraman coklat leleh di atasnya. Cheesecake ini tahan di simpan dalam wadah tertutup di kulkas selama beberapa hari. Yummy! 

Source:
Website Joy of Baking - Individual Cheesecakes



57 komentar:

  1. Mba, cheesecakeenya dipanggang dgn suhu brp derajat? Kok ga disebutin ya? Trus, mau nanya lg. Biasanya banyak resep mba yg pake minyak sayur. Minyak sayur itu contohnya gmn ya mba? Klo diganti dgn bimoli, dll?

    BalasHapus
  2. Halo, suhu 150'C ada dibagian paling atas cara membuat, jadi oven dipanaskan sebelum mulai membuat kue. Hayo, nggak dibaca dengan teliti ya? Minyak sayur adalah minyak yang terbuat dari tumbuhan, bisa minyak sawit (Bimoli, simas dll) atau minyak zaitun, canola, bunga matahari, kacang. banyak jenisnya.

    BalasHapus
  3. Huaahh.. Maafkan sy mbak. Sy nyari di resepnya aja sih. Makanya ga keliatan. Btw, mbak pas manggang ini pake api atas n api bwh bersamaan? Tlg dijelaskan jg dong.

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, pakai api atas bawah, kalau tidak disebutkan hanya api atas atau api bawah berarti oven di set dengan api atas dan bawah ya.

      Hapus
  4. Mbak, sour cream gunanya apa? Kmrn liat di carrefour, tapi banyak pilihan rasanya gt. Klo misalkan aq mau nambahin sour cream, sebaiknya pake rasa apa ya? Pake yg rasa keju jg bkn? Aq rencananya mau jualan cheesecake dr resepmu mba ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, hmm fungsi sour cream ya, ini hasil baca2 ya, maaf kalau salah. Gunanya untuk membuat cheesecake lebih lembut, lebih creamy, dan membuat gula dan cheesecake bisa tercampur baik sehingga cheesecake menjadi lebih padat. Ada resep yang menggunakan sour cream ada yang nggak. Nah saya suka skip sour cream neh soalnya berat dikocek kalau kudu beli cream cheese dan sour cream. Sour cream saya lihat di supermarket rata2 merk Yummy ya, rasa keju pasti lebih nendang. Hehehe, coba dulu skala kecil, kalau oke baru dahhhh lanjut. Moga sukses usahanya ya! ^_^

      Hapus
  5. Mba Endang yg baik hati, ada resep lapis legitnya ga? Icha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Icha, mohon maaf ya, lapis legit ini salah satu cake yang saya belum buat wakakakkak. Soalnya berat di ongkos dan takut gatot wakaka

      Hapus
  6. halo..mbak endang
    muncul lgi nich diriku...pengen nyoba resep ini tp mo tnya, aku pkek oven listrik frigidaire....biasanya aku oven cake aku set 350f...klo untuk Individual Cheesecake diset brp ya mbak...mksh n brp menit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Reina, cheesecake dipanggang di suhu 150'C atau sekitar 305'F. jadi suhunya harus rendah ya tidak sama dengan jenis cake lainnya.

      Hapus
    2. Untuk lama pemanggangan, antara 15 - 20 menit, atau jika terlihat mulai mengeras tapi masih agak basah di tengah. Ketika dingin akan keras.

      Hapus
  7. oalah mbak saking semangatnya bikin sampe ada yg kelupaan gak dikasih telor hehehehe....tp tetep enak kok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Reina, wah oke juga tanpa telor ya, hmm bisa jadi alternatif lainnya yang murmer hahha. Thanks sharingnya Mba.

      Hapus
  8. halo, mau tanya nih.. kalo crust nya itu pengen dbkin sperti sarang bisa ga yah? di tempelin ke dinding2nya gitu..

    BalasHapus
  9. mba mau nannya ini hasil jadinya kayak cheese cake no baked yg cream cheese nya brasa bgd ato yg agak kue(kayak cheese cakenya cheescakefactory) hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. rasanya kaya cheese cake baked biasa, bukan yang no bake ya.

      Hapus
  10. Kl cream cheese diganti pakai cream cheese gadungan takarannya brp ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shafira, saya belum pernah menggunakan 'creamcheese gadungan' dan seperti apa cc gadungan ini saya juga bingung wakakkak. Kalau pakai homemade cc maka takarannya sama ya.

      Hapus
  11. Sudah saya coba mbak, untuk crust saya sesuai resep. Untuk isi setengah resep. Rasanya enaaak. Hasilnya 12 cup, yang 2 tanpa crust.. Kok kurang crustnya hehee. Kenapa crust saya cenderung padat menyatu ya mbak, tidak seperti punya mbak Endang, kelihatan beremah. Sanny Sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Sanny, mungkin crustnya terlalu padat saat menekan ya, tapi memang harusnya seperti itu, crust padat ya, supaya ketika dilepas dari cetakan gak remah. Sebenarnya crust hanya untuk dasarnya saja ya, jadi gak perlu pakai banyak2. Thanks sharingnya ya

      Hapus
  12. Mbak itu di awal cara pembuatan ada instruksi " Panaskan oven, set disuhu 150'C. Letakkan loyang di tengah oven ", itu maksudnya loyang apa dan fungsinya utk apa ya?. Apakah loyang muffinnya yg hrs dipanaskan dulu ?. Tq mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba via, upps thanks koreksinya ya, bukan loyang tetapi rak pemangggang di tengah oven. sudah saya koreksi diatas. loyang muffin tidak perlu dipanaskan ya mba.

      Hapus
  13. Mba endang,
    Apakah mmg cheese cake ini teksturnya basah dan padat ya? Di bbrp resep org bule, cheese cake nya spt sponge cake gitu kering. Oiya knp terigunya cm sedikit ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cheesecake memang teksturnya padat dan agak basah. kalau seperti sponge cake mungkin itu japanese cheese cake
      http://www.justtryandtaste.com/2011/08/cotton-japanese-cheesecake-lembut-dan.html

      Hapus
  14. Mba endang kalo saya pake merk yummi cheese cream...kok saya bikin rasanya agak asam ya....??? Ada saran ngga mba endang... Oiya kalo saya bikin 1 telur brapa ya kira2 ukuran cheese creamnya...
    Biasa aku lagi belajar2 bikin kue...jadi kurang ngerti... :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Gery, sata pernah pakai yummy hasilnya gak asam, jadi mungkin dicek dulu tanggal cream cheesenya ya,pastikan masa kedalursanya masih lama. kalau 1 telur maka semua bahan lainnya jadi setengah saja ya.

      Hapus
  15. Hehehe...iya mba endang makasih ya mba...saya juga aneh...rasanya agak asam gitu....-_-

    BalasHapus
  16. Oiya mba endang ada resep bikin lady finger untuk tiramisu ngga???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mas Gery, belum saya trial ya, waktunya belum ada, ditunggu saja yaa hhehehe

      Hapus
  17. Halo kak, salam kenal ya aku nadya
    Cheesecakenya btw keliatan menggiurkan ya, mengundang selera nih hahaha ^^
    Btw kak kalo pake cream cheese yang neufchatel itu bisa gak ya atau ada yang beda dari teksturnya?makasih kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba Nadya, bisa pakai neufchatel hanya saja mungkin rasaya gak sematap creamcheese ya. Neufchatel adalah jenis cheese dengan kadar lemak yang lebih rendah (23% lemak susu) karena terbuat dari susu saja, sedangkan cream cheese kadar lemaknya lebih tinggi (33% lemak susu) karena terbuat dari susu dan krim.

      tapi keduanya bisa saling menggantikan ya.

      Hapus
  18. Hai mba endang. Mau tanya, kalo cuman pake api bawah aja bisa?

    BalasHapus
  19. hallo mbak endang..makasih yah buat resep-resepnya yang maknyus..dan bantu banget buat saya yang pemula..next mau eksekusi resep ini..I really adore you :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ruby, thanks sharingnya ya, senang sekali resep2 JTT disuka. Sukses selalu! ^_^

      Hapus
  20. Hai mba endang mau tanya lagi nih.. kalau mau pake keju cheddar biasa bisa ga ya? Dan takarannya brapa ya? Thanks ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, saya belum pernah buat cheesecake dengan cheddar ya, jadi tidak bs memberikan saran ya mba

      Hapus
  21. Mba kalo mw yg rasany kyk cheesecakefactory ato harvest mending pake resep ini ato yg cotton cheesecake? Hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk cheesecake klasik begitu pakai resep individual cheesecake ini ya.

      Hapus
  22. Hi mbak..taun lalu aku pnh bikin resep ini pake creamcheese yummy.hasilnya asem..aku pikirnya creamchese ud rusak secara ditaro disuhu ruang ampe 3jam..dr awal pas masi adonan ak ud icip2.emg agak asem.sampe skrg masi trauma beli creamcheese..hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang cream cheese memang ada jejak rasa asam di dalamnya, karena itu kocok dengan gula halus agak banyak untuk menutup rasa asamnya mba

      Hapus
  23. halo mba endang, beberapa resep cheese cake yg sy baca selalu pakai air jeruk lemon. fungsinya utk apakah? bisa di skip atau diganti jeruk nipis?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nissa, untuk membantu adonan mengental dengan baik, karena asam bercampur susu yang terkandung di cheese cake membuat adona menjadi padat. Jangan diskip ya, ganti dengan jeruk nipis atau vinegar/cuka masak

      Hapus
  24. Halo mbak endang, resep ini bisa dipadukan dengan brownies tidak yah? Jadi brownies cheesecake?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya belum pernah coba, tapi menurut saya bisa ya mba Cindy

      Hapus
  25. Mba endang..salam kenal aku penggemar blogmu dan dah sering nyobain resep2 dsini...sukses semua looh ^_^
    Cuma yg ini aku mau nanya..klo di Perancis cream cheese sebutannya apa ya..aku dah nyoba fromage frais, fromage blanche, creme frais, st moret, kok ga ada yg cocok ya teksturnya...
    siapa tau mb endang bs bantu...hehe makasih mbaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Nilam, salam kenal juga ya, thanks sudah menyukai JTT.

      Cream cheese di perancis, saya juga bingung, lihat merk saja mba, Philadelphia adalah merk cream cheese a la Amrik yang cukup beken dan menurut saya banyak dijual di spm di Europe. St Moret katanya terlalu asin. Creme frais, lebih ke krim kental menurut saya. hehehhe.

      Hapus
  26. Mba kalau sour cream diganti plain yogurt bisa ga? Trs kalau ikutin sesuai resep yang mba kasih di atas (dengan tambahan terigu) tekstur cheesenya akan seperti cake atau creamy? Mohon penjelasannya ya mba. Terima kasih mba selalu menginspirasi resep resepnya. ☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba, untuk cheesecake sepertinya yogurt akan memberikan rasa asam dan kurang creamy, tapi tetap bs2 saja kalau mau dicoba ya. Teksturya cheesecake ini tdk terlalu creamy ya

      Hapus
  27. Halo mbak endang, saya mau tanya resepnya bisa ga digunakan untuk loyang besar? Ada yg perlu disesuaikan lagi ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Puti, yep bs ya, mungkin pakai loyang bongkar pasang diameter 20 cm ya. tdk ada perubahan bahan resep

      Hapus
  28. Mb klo mau d buat spt b'day cake gt utk.pake bahan ini bisa ndak ya?sy mau bikin bt b'day suami sept ini..mohon penjelasanny makasih sblmny mb

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, bisa dipakai buat cake ukuran besar, tapi cake ini sangat empuk ya, kalau buat cake ultah kok keknya kurang kokoh apalagi kalau dikasih hiasan diatasnya.

      Hapus
  29. Mba.. Mau tanya. Kalo di loyang bongpas resep ini untuk ukuran berapa? Dan dipanggangnya pakai aubain atau tidak? Terimakasih ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. diameter 20 cm mba, panggang biasa saja tdk perlu au bain

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...