18 Desember 2014

Palmiers dari Puff Pastry Instan



Super mudah dibuat, lezat dan tampilannya pun cantik dipandang mata. Itulah deskripsi tepat untuk menggambarkan kue kering bernama palmier yang kali ini saya tampilkan. Bahan utamanya terbuat dari puff pastry yang dengan sedikit usaha melipat dan memanggang menjadi kue kering yang mungkin bisa untuk mengisi stoples kaca di rumah saat perayaan Natal di minggu depan. Puff pastry memang sangat fleksibel untuk diolah menjadi aneka makanan dan camilan. Apakah itu pie, molen, picnic roll atau danish pastry (jenis puff pastry yang dipanggang dengan olesan selai atau krim di atasnya). Untuk pie, molen dan picnic roll saya pernah posting resepnya sebelumnya, silahkan anda klik di link yang saya sertakan di bawah.

Sebenarnya saya juga pernah menampilkan resep palmier di tahun 2011, saat itu saya membuatnya bukan dari puff pastry melainkan dari adonan yang terbuat dari mentega (dalam jumlah yang banyak), tepung terigu, gula  dan cream cheese. Hasilnya memang renyah dan empuk, lumer seketika kala kue terkena lidah. Sayangnya palmier terlalu  rapuh sehingga harus dihandle dengan hati-hati dan sulit untuk disimpan dengan baik tanpa membuat kue menjadi remuk. Jangan khawatir, tentu saja kue yang kali ini saya hadirkan berbeda dengan palmier yang waktu itu pernah saya buat. 

Peach Puff Pastry
Pisang Molen Coklat Keju dengan Puff Pastry Instan
Picnic Roll Daging Sapi - Ayam dengan Telur Rebus
Palmiers 


Jika anda penggila camilan pasti anda mengenal kue kering yang garing, crispy, manis dengan rasa butter yang kuat bernama Genji pie. Kue ini dulu sempat menjadi favorit saya karena rasanya yang lezat. Ketika saya pertama kali kerja di Jakarta, saat itu gaji saya yang sangat minim sekali hanya cukup untuk membayar kos, transportasi dan makan dengan menu sederhana setiap bulan, maka Genji pie adalah snack yang saya beli ketika gajian tiba saja. Bagi karyawan yang baru meniti karir di kota keras seperti Jakarta maka harga pie tersebut lumayan mahal bagi dompet saya. Sambil mendekam di atas kasur sempit yang terkapar di lantai yang dingin, saya menikmati malam Minggu sendiri dengan menyantap dan menikmati secara perlahan potongan pie dalam keheningan kamar kos. Semua letih dan stress setelah bekerja selama sebulan sirna ketika momen itu tiba. ^_^

Dulu, sebelum saya mengenal adonan bernama puff pastry, maka saya sering bertanya-tanya sendiri bagaimana caranya membuat kue yang berlapis-lapis renyah seperti Genji pie. Hingga kemudian saat saya mulai membuat blog JTT dan banyak membaca aneka resep, maka saya pun menjadi tahu bahwa pie favorit tersebut sebenarnya bernama palmier dan sangat mudah dibuat jika selembar adonan puff pastry tersedia di tangan.


Palmier berasal dari bahasa Perancis yang berarti pohon kelapa (palm tree)  atau kuping gajah (elephant ear). Kue ini merupakan pastry a la Perancis yang memiliki bentuk seperti kelapa atau kupu-kupu, terkadang disebut juga sebagai kue daun kelapa, kuping gajah, french hearts, sol sepatu, atau kaca mata. Palmier umumnya terbuat dari puff pastry, adonan yang proses pembuatannya dengan cara dilipat, mirip seperti adonan croissant hanya saja biasanya tidak menggunakan ragi. Palmiers dibuat dengan melipat dan menggilas adonan dan mentega secara berulang hingga terbentuk ratusan lapisan adonan yang renyah bernama puff pastry. Adonan lantas di tipiskan, kemudian permukaannya ditaburi dengan gula pasir dan dua sisinya dilipat hingga bertemu di bagian tengah. Kemudian adonan yang telah dilipat atau digulung tersebut dipotong dengan ketebalan 1.5 cm dan dipanggang hingga kecoklatan dan garing. Biasanya sebelum dipanggang potongan adonan digelindingkan ke dalam butiran gula pasir atau versi lainnya dengan olesan madu pada permukaannya. 

Walau mudah dibuat namun tentu saja anda harus memiliki adonan puff pastry terlebih dahulu. Jika kota dimana anda tinggal tidak memiliki supermarket besar yang menjual puff pastry instan, maka anda mungkin harus membuat adonan puff pastry sendiri. Prosesnya sebenarnya mudah, namun membutuhkan ketelatenan, keuletan dan kekuatan. Kenapa saya katakan kekuatan? Karena adonan sangat keras dan harus digilas dan dilipat berulang kali. Untuk resep homemade puff pastry silahkan klik di-link di bawah. Nah jika anda sudah memilikinya maka pekerjaan membuat palmier sangatlah mudah. 

Palmiers sedap dimakan begitu saja atau dengan olesan madu atau selai di permukaannya. Saya sendiri sangat suka menyantapnya dengan selai strawberry andalan. Berikut resep dan prosesnya ya. 

Membuat Adonan untuk Kulit Pastry - Homemade Butter Puff Pastry


Palmiers dari Puff Pastry Instan
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 20 buah palmiers 

Tertarik dengan resep berbahan dasar puff pastry? Silahkan klik link di bawah ini:
Tart Telur dengan Puff Pastry Instan
Step by Step Croissant Renyah dan Lezat
Peach Puff Pastry

Bahan:
- 1 lembar puff pastry instan ukuran 20 x 20 cm
- gula pasir secukupnya
- kayu manis bubuk secukupnya
- garam halus

Pelengkap:
- selai strawberry
- madu 

Olesan:
- margarine/butter cair secukupnya

Cara membuat:
Siapkan oven, set disuhu 170'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven. Siapkan loyang, alasi permukaannya dengan kertas baking. Sisihkan. 


Siapkan selembar puff pastry instan. Jika beku maka biarkan di suhu ruang hingga lemas. Taburkan permukaannya dengan gula pasir, banyaknya gula tergantung dengan selera anda. Dengan menggunakan kayu penggilas atau botol maka gilas permukaan puff pastry dengan perlahan hanya agar butiran gula masuk dan menempel di permukaannya. 

Berhubung karena kayu penggilas saya tiba-tiba raib maka saya menggunakan botol saus spaghetti. ^_^


Taburi permukaan puff pastry dengan kayu manis, jika anda suka. Atau skip proses ini. Kemudian lipat kedua sisi puff pastry ke arah tengah dengan lebar lipatan kira-kira 2 cm, hingga kedua lipatan bertemu di tengah-tengah.


Taburi permukaan lipatan dengan gula pasir, dan gilas dengan kayu penggilas agar gula melekat. 


Lipat adonan hingga menumpuk menjadi satu tumpukan. Kemudian potong-potong adonan setebal 1.5 cm. Tata potongan adonan di permukaan loyang. Anda bisa mengolesi permukaan adonan dengan mentega atau margarine cair.


Panggang selama 15 menit atau hingga permukaan pastry menjadi kuning kecoklatan. Keluarkan dari oven, dinginkan dan siap disantap. Simpan di dalam stoples tertutup rapat untuk masa simpan yang lama dan menjaga kerenyahan kue. Yummy!

Source:
Wikipedia - Palmier

TESTIMONI PEMBACA

Indah Yanu:
Percobaan pertama bikin palmiers, pake puff pastry instan. Belom seperti punya genjie tapi rasanya udah enak. Resepnya pake resep di webnya Justtryandtaste Blogspot. Apakah mungkin karena motongnya terlalu tebal ya?

 



35 komentar:

  1. seeep , makasih idenya ya dik Endang ,, simplicity ''s d best

    BalasHapus
  2. Mba Endang,
    wuih..ternyata dengan puff pastry instant mudah dan cepat ya mba buatnya..
    iya mba nih palmiers genji pie favorit saya juga..
    thanks mba sharingnya...ntar mau coba buat juga..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba monica, thanks yaaa. puff pastry bs diolah menjadi macam2 makanan yang enak. Yep, genji pie sayangnya sekotak cuman dikit banget yaaa hehehe

      Hapus
    2. mba Endang,
      saya sudah coba mba..ternyata enak dan mudah sekali buatnya..
      terima kasih sudah sharing ya...
      oh iya sudah posting di blog juga...he he he semangat..buat..ga lama langsung muncul di blog..
      makasih lagi ya mba...

      Hapus
    3. hai mba monic, thanks sharingnya yaa, waah mantap udah dipost diblognya juga, saya udah lihat. Fotonya mba monic juga makin sip markusip makin bikin ngecessss.

      Hapus
  3. Mba endang,
    kalau bubuk kayu manisnya di ganti sama selai strawberry atau apalah bisa kan?

    Btw makasih yah Mba karena JTT milik Mba endang ini aku jd di percaya pegang dapur sama Mamah :D (telat bilang makasih nya x_x), maaf juga aku udah praktekin banyak resepnya tapi ngga bilang" hihii *pencuri.
    terimakasih banyak mba Endang ^_^ semoga tambah sukses.

    Salam
    Syifa

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba syifa, bisa ya, tapi sebaiknya olesan strawberrynya jangan terlalu tebal ya. Thanks sharingnya yaa. senang sekali JTT disuka dan bs membantu praktek di dapur, ^_^

      Hapus
  4. Wah kita sama neh mba, doyan genji pie. Eh kalo ak semua pie monde itu doyan sih hahahaha. Resepnya bakalan ak coba, mo cari puff pastrynya dolo ke carefour. Thx resepnya ya mba. Oiya, minggu kemarin mama mertuaku datang dan nginap di rumah beberapa hari. Skrg ak udah pede masak2 buat mama berkat resep2 JTT. Chicken wingnya dipuji2 mama dan pas mo pulang, mama minta bikinin tumis oncom pake leunca buat dibawa (soale di Surabaya ga ada oncom katanya). Nyontek resep JTT lagi deh, pas di kereta mama BBM bilang oncomnya enak banget, blio makan siang di kereta pake lauk oncom bikinanku xixixixixixixi
    Makasih ya mba, udah bikin ak bisa masak. Hug hug hug

    Sugi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sugi, thanks sharingnya yaa, keknya pujian mertua paling ditunggu dan diharap oleh para menantu yaa wakkakak. Senang sekali resep JTT disuka dan sukses selalu ya!

      Hapus
  5. wah gampang banget mba bikinnya.. ga nyangka ternyata cemilan favorite saya yang biasa beli di supermarket ternyata segampang ini... lebih baik bikin sendiri ya..

    mba sy rekues resep chicken pie ukuran besar dong... bukan yang pot pie.. lumayan buat hidangan taun baru hehe :D ditunggu ya mba, oiya puff pastry instan satu bungkusnya kisaran berapa ya? thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Haruna, chicken pie ukuran besar basicnya sama dengan yang pot pie ya, pakai saja puff pastry instan sebagai pienya. Gunakan loyang besar, kalau bisa cari loyang keramik atau pyrex. Resep supnya bisa pakai yang di chicken pot pie, bisa pakai sup instan dan tinggal tambah ayam atau sayur saja. Jangan lupa kasih jalan udara di permukaan pie.

      harga puff pastry instan edo sekitar 35 rb ya, 1 kotak isi 4 lembar dengan ukuran 20x20x20 cm

      Hapus
  6. waaaahh,lemparin sepiring mb,hehe..
    Kasih keju parut enak gak ya mb?
    Tpi keju campur kayu manis pasti aneh.
    Mb Endang,tak ksh resep tahu campur ala keluarga aku gak mb?
    Yg psti beda ama yg lain.aku kalo pas bkin sehari bsa gadoin 4-5X,hehe..kemaruk amat yah,haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, pakai keju parut enak tuh kayanya mba, skip saja kayu manisnya ya. Wah boleh tuh resep tahu campurnya wkkakakak. thanks yaa

      Hapus
  7. hi mbak,, ini manggangnya pake api atas bawah atau atas dulu baru bawah y? trs taronya di rak bawah atau tengah? thanks ya mbak -NIA-

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai api atas bawah mba, pakai rak bawah. jangan over baked ya karena akan membuat puff pastry jadi keras.

      Hapus
  8. halow mbak endang...tanya resep nich mbak..sambal ijo yang seperti di rumah makan padang, saya sudah beberapa kali nyobambikin sambal ijo tapi kok rasanya ga seperti yg di rumah makan padang, siapa tau mbak endang ada resep dan tipsny..trimakasih..yani_bogor..

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba yani, saya pernah bikin ayam cabai hijau, ini linknya:
      http://www.justtryandtaste.com/2013/03/ayam-goreng-cabai-hijau-cetar-menampar.html

      moga sesuai yaa hehehhe. kalau ayamnya gak mau digoreng, setelah di ungkep matang langsung disiram pakai sambal saja.

      Hapus
  9. mb Endang,dr Pollaris nih,,hehe.
    Ini resep tahu campurnya ;
    - kol (rajang halus),ketimun (ptg dadu),tauge (blansir),tahu (bumbui bwg garam,ptong2 greng stngah mtang),kacang greng utk tburan,seledri cincang,telur rebus.
    Kuah sambal ; 5 bwg ptih,3 kemiri,7 cabai rawit,7 cabai merah (rebus semua tadi hingga lunak,lalu haluskan dg 1 ons kacang tanah goreng).
    tumis bahan sambal hingga harum,masukkan 400 ml santan encer,tmbahkan 3/4 biji gula merah(baca per),5 sdm kecap manis,garam,kaldu bubuk.msak dg api kecil hingga kuah berkurang,tmbahkan 100 ml santan kental.msak hingga kuah sedikit mengental,tpi gak kental n gak encer loh ya,nah lohh.tmbahkan bwhg mrah greng,wiiiss sajikan ama bhan2 di atas..
    kuah sambalnya hrus manis,asin pedas n jng kental2 ya mb.tpi jgn encer jga.heheheh.
    di coba n di posting ya mb,hahahah(maksa)..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Elmi, makasih atas resep tahu campurnya ya mak polll enaknya yaaa, udah lama banget pengen coba bikin saus tahu campur ini, akhirnya daku dapatkan Mba.

      Nah di jakarta ada yang jual mie selat, rasa sausnya sama dengan resep saus tahu campur dari Mba Elmi. Udah lama banget coba bikin cuman gagal terus, rasanya gak nendang, sampai kemarin coba resep dari Mba wakakkak, seneng banget. Kalau di jakarta, sausnya rada asem2 dikasih cuka.

      saya akan posting resepnya di Resep Pembaca JTT hehhehheh. Thanks yaa, sukses selalu!

      Hapus
  10. Wow, mba Endang, mantap banget dah resepnya. Simple bgt. Izin untuk mencoba buat ya kuenya, hehe

    BalasHapus
  11. Mba Endang.. Ternyataaa.. Favorit kita samaan... Saya suka banget Genji Pie.. Tapi isinya dikit banget T.T Ga sangka bikinnya ternyata simple ya ^^
    Mba Endang, kalau bole tahu puff pastry instan nya merk apa?
    Thanks before, Mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Vinsensia, iyaa, kalau gak ingat betapa banyaknya kandungan lemak Genji Pie, mau rasanya tiap hari ngemil itu, enak banget. Sayangnya, palmiers diatas gak selembut genji pie, mungkin karena kualitas dari puff pastrynya ngaruh banget ya.

      saya pakai merk Edo Mba, keknya yang agak mayan yang itu ya, bis dibeli di car**fur atau spm lainnya

      Hapus
  12. saya suka saya suka...
    mbak, itu adonan setelah diiris kan kelihatnya tipis trus cara memekarkanya gmn? digilas kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Mursil, nggak digilas ya, akan mekar dengan sendirinya ya.

      Hapus
  13. Teringat ada puff pastry instant yang sudah lama mendekam di kulkas. . .
    Akhirnya, saya berniat eksekusi menu ini. . .
    Waktu buka freezer, si puff pastry instantnya sudah berjamur hiiiiiii. . .

    Jadi, saya beli ulang, dan enaaaak. . :D

    Makasi yaa mba resepnya. . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba risa sharingnya, bikin molen isi pisang coklat mba puff pastrynya hehhehe

      Hapus
  14. Alhamdulillaah, sukses bikin palmiers resep ini. Tapi ga secantik punya Mba Endang :D agak kenyal pas dipotong jadi rada penyet dan kecil-kecil buatan saya. Harga puff pastry instan edo sekarang 40 ribuan. Lumayan dari pada beli genji pie cuma dpt dikit :p
    terima kasih banyak, Mba Endang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ida, thanks sharingnya yaa. Hanya sja memang Genji pie rasa susunya kerasa banget ya, mungkin puff pastrynya dia pakai susu dan butter yang oke sedang kita pakai edo yang kurng milky rasanya wakkakak. Kudu bikin sendiri puff pastrynya mba, gempor mode on ^_^

      Hapus
  15. Salam kenal mb endang, my inspirasi ^^
    aku follow IGnya jg loh :)

    BalasHapus
  16. saya pernah bikin palmiere ini, tapi bagian permukaannya kecoklatan krn cpt gosong krn taburan gula kali ya? dan permukaan ini yg notabene menmpel langsung k loyang (kertas), naah klo genjie pie kan permukaan putih sempurna dan pinggirannya yg kecoklatan..kira2 gmn trik nya biar permukaan ttp putih dan pinggiran yg coklat sempurna, makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga tidak bs bikin seperti genji pie mba, kue pabrik pasti punya trik2 sendiri, lagi pula ini menggunakan puff pastry instan yang rasa dan teksturnya juga kurang oke.

      Hapus
  17. Mba kalo nyimpen kulit pastry instan itu sebaiknya di freezer atau chiller?

    BalasHapus
    Balasan
    1. freezer ya mba, kalau mau dipakai dicairkan saja di suhu ruang sampai lemas

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...