18 November 2015

Review Produk Baru - LOCK&LOCK Hard&Light + Resep Simple English Muffin



Saya cinta pan! Bukan sembarang pan tentunya tetapi pan yang dilapisi dengan coating yang bagus sehingga tidak lengket walau tanpa olesan minyak dan aman bagi kesehatan. Memiliki gagang yang nyaman dipegang dan bagian penting lainnya adalah bobotnya tidak terlalu berat. Bagi saya yang terkadang menghabiskan waktu berjam- jam di dapur mengeksekusi beberapa resep menarik atau ketika ditasbihkan menjadi 'chef dadakan' saat ada acara-acara penting di keluarga, maka sebuah pan yang memenuhi syarat seperti di atas sangat saya andalkan.  Jika diharuskan memilih benda apa yang paling diperlukan di dapur, maka pan menduduki posisi tertinggi dalam peralatan masak yang wajib, kudu, dan harus ada. Panci boleh tidak ada, pisau bisa dieliminir tapi saya akan mengibarkan bendera putih tanda menyerah 'untuk memasak' jika sebuah pan tidak tersedia. 

Saya punya pan andalan tentunya di rumah, waktu itu Wiwin, adik saya, yang menghadiahkan pan tersebut beberapa tahun yang lalu. Entah dimana si Baik Hati itu membelinya, namun pan tersebut cukup bisa diandalkan. Walau handal tetap saja ada kekurangannya, bobotnya lumayan berat terutama di bagian pegangannya. Akibatnya entah telah berapa kali pan jatuh terpelanting ke lantai kala ditangkringkan di kompor hanya gara-gara berat pan tidak seimbang dengan berat gagang! Lebih mengerikan lagi, pernah suatu hari pan berisi minyak panas jatuh 'numplek' membuat saya lari terbirit-birit kabur dari dapur menghindari cipratan minyak panas. Walau handal tampaknya benda tersebut harus dipensiunkan karena berbahaya bagi keselamatan dan kesehatan jiwa. ^_^


Karena pan sangat penting bagi saya maka ketika memutuskan hendak membeli yang baru saya menjadi penuh pertimbangan. Berkali-kali saya berkunjung ke supermarket dan toko peralatan dapur hanya sekedar window shopping melihat aneka pan disana, namun sebuah pun belum pernah  dibawa pulang. Saya bahkan pernah berdiskusi dengan Wiwin mengenai ini dan adik saya ini pun menemui kendala yang sama, cukup sulit memang menemukan sebuah pan yang bagus dengan harga terjangkau. 

Ketika saya sedang dalam dilema, Tuhan pun memberikan jalan keluar. Mba Ashila, Public Relation dari LOCK&LOCK tiba-tiba mengirimkan email meminta saya untuk menjajal salah satu produk baru mereka namanya LOCK&LOCK Hard & Light. Saya telah lama mengenal LOCK&LOCK bahkan banyak menggunakan produk mereka, seperti botol minum kapasitas 1.5 liter yang nangkring di meja kerja saya setiap hari dan sebotol lainnya digunakan untuk jus buah sarapan pagi. Serta aneka wadah bertutup yang saya gunakan untuk menyimpan makanan di chiller dan freezer. So far produk mereka saya sukai karena kemampuannya yang bisa dihandalkan dan harganya yang terjangkau. Terus terang ini adalah produk review pertama yang saya lakukan di JTT, dan jika bukan karena saya yakin dengan kualitas barang yang akan dicoba dan direview maka biasanya saya akan menolak tawaran tersebut.


Ketika LOCK&LOCK Hard&Light tiba minggu lalu, saya pun tak sabar untuk segera mencobanya. Pan berdiameter 26 cm ini terlihat mewah, kokoh dan dilapisi dengan coating yang tampaknya mantap. Selain itu sesuai dengan namanya 'Hard&Light', maka pan ini sangat ringan membuat saya cukup surprised ketika mengangkatnya, sangat jauh berbeda dengan pan milik saya sebelumnya yang berat. Penasaran dengan isi flyer LOCK&LOCK Hard & Light yang menjanjikan, saya pun langsung meletakkan pan tersebut di atas kompor. Ada ratusan resep yang bisa dieksekusi menggunakan pan tersebut tapi satu resep bernama Egg McMuffin dengan Chicken Burger menduduki posisi pertama. 

Untuk membuat Egg McMuffin  yang menjadi salah satu menu sarapan andalan McDonald maka kita harus melewati banyak tahapan: Membuat English muffinnya terlebih dahulu yang akan menjadi roti yang mengapit si telur dan keju; Menggoreng telur mata sapi yang sempurna bulatnya agar pas dengan  lebar English muffin; Dan karena saya menggunakan burger ayam sebagai pengganti smoked beef maka homemade burger ayam pun kudu dieksekusi. Terdengar merepotkan! Tidak jika menggunakan LOCK&LOCK Hard&Light. ^_^


English muffin sebenarnya merupakan sejenis roti bulat yang menggunakan ragi sebagai pengembang, biasanya roti ini dipanggang diatas pan untuk membuatnya matang. Kala disajikan English muffin kemudian dibelah menjadi dua bagian, diolesi dengan mentega dan dipanggang sebentar kedua sisinya, dan disajikan dengan olesan mentega, selai atau sebagai komponen dalam pembuatan Egg McMuffin. Saya memanggang adonan roti menggunakan LOCK&LOCK Hard&Light, sedikit taburan tepung gandum utuh saya tebarkan untuk mencegah bagian dasar roti menjadi cepat terbakar sementara bagian dalamnya belum matang. Hasil akhirnya adalah roti matang dengan fantastis, sama sekali tidak gosong, tidak lengket dan matang hingga ke bagian dalamnya. 

Begitu juga ketika LOCK&LOCK Hard&Light saya gunakan untuk menggoreng telur mata sapi. Tanpa minyak sama sekali telur mampu matang dengan baik, sama sekali tidak lengket dan mudah dibalikkan untuk mematangkan bagian lainnya. Bagian dasar telur pun mulus tidak gosong dan yang menyenangkan adalah pan cukup saya bersihkan dengan tissue dapur untuk menghilangkan sisa-sisa makanan dan langsung lanjut untuk memasak bahan berikutnya. 



Kemampuan dan kualitas LOCK&LOCK Hard&Light untuk meringankan pekerjaan memasak tentu saja membuat saya girang. Peranti memasak berkualitas yang diproduksi oleh LOCK&LOCK ini memang memiliki banyak kelebihan antara lain: Memiliki lapisan Hard-Anodizing; Memiliki berat yang lebih ringan jika dibandingkan dengan produk wajan LOCK&LOCK lainnya; Tahan terhadap goresan dan telah melalui scratch test, lebih dari 13,000 kali menggunakan steel cleaning pad (spons alumunium); Anti lengket dan mudah dibersihkan. 

Nah teknologi Hard Anodized adalah teknologi yang digunakan LOCK&LOCK dalam membuat produk Cookware-nya Hard&Light. Hard-Anodized merupakan bahan yang melapisi alumunium, sebagai bahan utama pan, sebelum pada akhirnya dilapisi dengan coating. Jadi, makanan yang dimasak tidak akan bersentuhan langsung dengan alumunium ketika terjadi scratch pada coatingnya, karena telah dilapisi dengan teknologi Hard-Anodized ini. Teknologi ini menjadikan kegiatan memasak lebih lebih aman dan makanan lebih sehat.


LOCK&LOCK Hard&Light  memiliki finishing film khusus, lapisan oksida pada permukaannya dapat meningkatkan daya tahan dan membuat wajan lebih mudah dibersihkan.  Kelebihan lainnya adalah adanya Hard Anodizing + 3 layer lapisan anti lengket, teknologi Hard Anodizing membuat permukaan Hard&Light tidak berpori ditambah 3 lapisan premium anti lengket membuat makanan yang anda masak tidak menempel di permukaan. Selain itu desainnya yang ramping serta pegangan yang ergonomis membuat Hard&Light lebih ringan dibandingkan wajan alumunium lain serta dapat mengurangi resiko sindrom CTS (Carpal Tunnel Syndrome). LOCK&LOCK Hard&Light terbuat dari 99% alumunium murni, menjadikannya memiliki retensi serta serta konduktivitas panas yang baik.

Pan ini dalam sekejap telah saya gunakan untuk aneka masakan. Tumisan sauerkraut dengan sosis, chicken burger untuk Egg McMuffin yang resepnya akan saya hadirkan di posting lainnya, pan fried dada ayam tanpa minyak untuk bekal makan siang di kantor (selama ini saya selalu waswas dengan kalori yang tinggi dalam 1 sendok makan minyak goreng, kini kekhawatiran tersebut bisa dihilangkan), telur orak-arik tanpa minyak untuk sarapan pagi, serta tentunya banyak masakan-masakan lainnya di masa depan. Anda tidak perlu heran jika kemudian LOCK&LOCK Hard&Light ini akan sering masuk dalam foto step by step resep-resep di JTT.  Tertarik untuk mengoleksinya? LOCK&LOCK Hard&Light bisa dibeli di counter LOCK&LOCK, supermarket besar, atau online di website LOCK&LOCK Indonesia  di http://www.locknlockmall.co.id/ atau klik link disini untuk menuju langsung ke produknya. Untuk ukuran lengkapnya, bisa didapat di Flagship Store LOCK&LOCK Indonesia di Kuningan City, Lippo Mall Puri @St. Moritz, AEON Mall, Kota Kasblanka dan Central Park.

Thanks Mba Alisha dan LOCK&LOCK yang telah menghilangkan sakit kepala saya saat harus memilih pan yang baik, so far saya sangat puas dengan produknya. 

Berikut resep dan proses pembuatan English Muffin, untuk resep Egg McMuffin dengan Chicken Burger menyusul pada postingan berikutnya ya.



Resep Simple English Muffin
Resep diadaptasikan dari website King Arthur Flour - English Muffin

Untuk 7 buah English muffin diameter 10 cm

Tertarik dengan resep roti dengan menggunakan pan lainnya? Silahkan klik link di bawah ini:
- 100 gram tepung terigu protein tinggi
- 170 gram tepung gandum utuh (whole wheat)
- 1 sendok teh ragi instan, pastikan masih aktif
- 1 sendok makan gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 butir telur, kocok lepas
- 150 ml susu cair hangat  
- 20 gram margarine
- sedikit tepung gandum utuh untuk menabur permukaan pan

Cara membuat:

Tepung gandum utuh (whole wheat)

Siapkan tepung gandum utuh, jangan tertukar dengan wheat bran atau kulit ari gandum. Tepung gandum berbentuk butir halus seperti gambar diatas hanya saja lebih kasar jika dibandingkan dengan tepung terigu biasa dan berwarna lebih kecoklatan.


Masukkan tepung (gandum + terigu) ke dalam mangkuk, tambahkan ragi dan gula pasir, aduk rata. Masukkan garam, aduk rata.  Buat lubang di tengah tepung, tuangkan susu cair dan telur kocok, aduk adonan dengan spatula hingga menjadi adonan kasar. Uleni sekitar 10 menit hingga kalis dan smooth. Tambahkan sedikit tepung jika adonan lengket dan susah diuleni. 

Note: jika anda menggunakan mixer heavy duty maka masukkan semua bahan ke dalam mangkuk mikser dan proses hingga smooth dan kalis. 


Tambahkan margarine, uleni kembali hingga adonan tercampur baik dan kalis. Bulatkan adonan, letakkan di mangkuk yang sudah diolesi dengan minyak. Tutup permukaan mangkuk dengan kain bersih. Diamkan hingga adonan mengembang minimal 2 kali lipat. 

Mengingat adonan menggunakan tepung gandum utuh maka mengembangnya tidak terlalu fantastis selayaknya tepung terigu biasa. Waktu mengembang adonan tergentung suhu dapur anda masing-masing, semakin panas suhunya maka ragi akan semakin cepat bekerja mengembangkan adonan. Cek apakah adonan telah mengembang maksimal dengan menusukkan permukaan adonan dengan ujung jari, jika adonan tetap melesak (tidak kembali ke bentuk semula) maka proses fermentasi bisa dihentikan. 

Keluarkan adonan dari mangkuk, bagi menjadi 7 bagian, berat masing-masing sekitar 100 gram. Bulatkan masing-masing adonan kemudian sedikit pipihkan, tata di permukaan loyang yang sudah ditaburi tepung agar tidak lengket. Tutup potongan adonan dengan kain bersih dan diamkan selama 30 menit s/d  1 jam , hingga adonan  mengembang sekali lagi. 


Siapkan pan anti lengket, saya menggunakan LOCK&LOCK Hard&Light, taburi permukaan pan dengan sedikit tepung whole wheat atau bisa menggunakan oatmeal yang diblender halus (jangan menggunakan tepung terigu karena butirannya yang terlalu halus membuatnya cepat gosong dan merusak roti yang dipanggang). 

Panaskan pan dengan api kecil saja, tata 3 buah roti di permukaan pan, atau tergantung dengan besar diameter pan yang digunakan. Panggang roti dengan api kecil, tutup selama dipanggang hingga dasar roti kecoklatan, dengan spatula balikkan roti dan panggang sisi lainnya hingga kecoklatan. Jangan tekan roti selama dipanggang.


Memanggang dengan pan memang memerlukan trick agar roti mampu matang hingga ke bagian dalam namun permukaannya tidak gosong. Gunakan api kecil saja, dan seringlah membalik-balik roti selama dipanggang agar bisa matang merata. Tutup permukaan pan dengan penutup apapun (tidak harus kaca), agar panas di dalam pan merata dan membuat seluruh bagian roti matang. 

Tidak memerlukan waktu lama untuk membuat English muffin ini matang, jika kedua permukaannya sudah kecoklatan seperti gambar yang saya berikan maka roti bisa segera diangkat. 

Apakah bisa dipanggang dengan menggunakan oven? Yep, tentu saja. Panggang dengan oven api atas bawah suhu 170'C selama 20 menit. Atau jika roti yang dipanggang di pan kurang matang maka anda bisa melanjutkan memanggangnya di oven hingga benar-benar matang. 

English muffin ini sedap disantap dengan selai, mentega atau dipermak menjadi Egg McMuffin dengan Chicken Burger yang resepnya akan saya berikan di postingan berikutnya. Yummy!

Source:
Wikipedia - English Muffin




38 komentar:

  1. Mba Endang, boleh tau kisaran harga pan nya??, apakah termasuk tutup??, saya punya 4 pan dengan bermacam ukuran & merk, sering kesal dengan kondisinya lengket Dan susah dibersihkan karena seringnya harus direndam dulu... Trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Emilia, sayangnya saya tidak tahu harganya ya mba, saya sudah email ke PR nya gak ada jawaban,biasanya produk lock&lock gk terlalu mahal ya. Pan ini tidak ada tutupnya ya,

      Hapus
    2. Dear all,

      Saya Artini Asputri, Public Relations LOCK&LOCK Indonesia
      Untuk pan Hard&Light ini bisa dibeli melalui online di
      http://www.locknlockmall.co.id/

      Bila ada yang ingin ditanyakan silahkan ya ...
      Happy Shopping!

      Hapus
  2. Aduuh kok pas banget sih Mba, kemaren2 aku lagi nyari resep English mufin yg mudah, eeeh ternyata hari ini ada :) thanks juga untuk review teflonnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Sandra, moga suka dengan resep english muffinnya yaa

      Hapus
  3. Salam kenal Mba endang...
    Saya juga pake produknya lock & lock e cook tapi yang seri ceramic.. Enak banget dipakenya.. Ga boros minyak pula...
    Ditunggu resep2 cemilan lainnya yang pake pan ya Mba... (Nasib di Negri rantau Dan ga punya oven) jadi ya... Sangat mengandalkan pan lock n lock ini...

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks sharingnya Mba Fieki, wah yang keramik pasti mantap yaaa. Sukses selalu yaa

      Hapus
  4. aduh mba jd mau beli pan nya jg. mba enak dapet gratis hahaha
    masak apapun mudah dengan pan lock & lock hard light ya

    thx sharingnya mba ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Raisa, moga bisa segera kebeli pan nya yaa. Hahahah iya saya dapat gratis ^_^

      Hapus
  5. Saya pikir JTT bersih dari segala review... huhuhuhu... it's okay dink mbak... yg penting ada prolog "titipan sponsor"

    Tina

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehhehe, tidak yaa, kalau produknya bagus dan berkualitas saya tidak keberatan memberikan review ^_^

      Hapus
  6. Mba endang love u full dah, aku udah berbulan bulan (lebay) bolak balik supermarket besar, tbk, dan toko kelontong alat dapur, mencari yg namanya pan ringan, gak jomplang sana sini di kompor dan harga terjangkau pastinya. Pan ku di rumah dengan merk cukup terkenal di pasaran jomplang sana sini mba, lebih berat gagangnya jadi agak serem klo lagi masak, takut kena kaki, itu juga hadiah dari temen wkwkwk. Trims dapet pencerahan ya mba. Btw itu pan nya udah Publish kan ya? Lock and Lock I'm coming ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Dea, thanks sharingnya ya, moga bs segera dapat pan yang sesuai yaa. Kayanya kasus pannya sama dengan yang saya punya dirumah, gagangnya berat banget, sering jatuh ke lantai, hiikss,

      kayanya sih dah publish ya, cuman saya kurang tahu juga, PR nya saya tanya gak jawab hiikss

      Hapus
  7. Wahh pas bgt mba infonya... btw mba itu wkt panggang muffinnya tanpa minyak yah? saya pernah ngelakuin begitu ke pan saya yg skrg ehh... bsk2nya wkt mau saya pakai lagi koq rada lengket sptnya lapisan anti lengketnya rusak. trs mba pannya bener2 datar atw sedikit naik di bagian tengah jadi repot klo masak yg ada kuah sedikit, kuahnya lari di pinggir2 pan jadinya masakan kurang sip hasilnya. itu ada ukuran brp aja mba? atw hanya satu ukuran yah? ditunggu jawabannya ya mba.... soalnya saya bener2 kepincut bgt ama pannya. makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Rita sharingnya.

      saya panggang muffinnya degan sedikit taburan tepung whole wheat mba, jadi adonan gk langsung menyentuh pan ya. Bagian tengahnya nggak cembung, datar ya mba. Nah kalau ukuran saya kurang tahu mba mereka keluarin berapa jenis, yang saya pakai diameter 26 cm.

      Hapus
  8. harga pannya berapa mba???? berbinar-binar pingin beli hehehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba anita, saya sudah email ke PR nya tanya harga, tapi gak ada jawaban,biasanya produk lock&lock gk terlalu mahal ya.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Hai Mas Dony, saya sudah email ke PR nya tanya harga, tapi gak ada jawaban,biasanya produk lock&lock gk terlalu mahal ya.

      Hapus
  10. Waaaaaaah, dulu selagi kerja di mcd menu fav sy itu breakfast dan pastinya egg mcmuffin, pernah kepikiran gmn cara bikin english muffinnya, eh skrg malah keduluan mb endang, wah jd pengen buat sekaligus itung2 nostalgia ttg mcd, secara kl skrg pengen breakfast ke mcd tempat tinggal sy cukup jauh dr mcd terdekat, luv u mb endang, eh ngomong2 itu harga pan dibandrol brp yab?

    BalasHapus
    Balasan
    1. thanks mba Kartini sharingnya, moga2 english muffinnya bs dicoba yaa,

      untuk harga pan, saya sudah email ke PR nya tanya harga, tapi gak ada jawaban,hiiiks, tapi biasanya produk lock&lock gk terlalu mahal ya.

      Hapus
  11. Aaawww...harganya brapa Mbak??? 😍😍😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah mba Lia, saya sudah email ke PR nya tanya harga, tapi gak ada jawaban,biasanya produk lock&lock gk terlalu mahal ya.

      Hapus
  12. Suka mbak, sama wajan barunya.

    Btw mbak Endang sudah pernah nyobain ciabatanya bakershood yg isi potongan buah dan kacang. Tekstur roti agak liat tapi lembut, warnanya coklat kayak english muffin. Rasanya juara lho mbak. Kl sudah, share ke kita2 ya mbak resepnya.

    Big hug

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Devy, saya suka cobain ciabatanya Tours les Jours, keknya mirip2 sama bakershood pnya ya. Kalau ada wkatu pengen coba juga hehhehe

      Hapus
  13. Mbaa.. dihypermart koq blum ada ya.. pan ku dah lengket nih.. beteee :(
    Oia mba sekalian tips bersihin pan yg baik dan benar dunx.. pantat pan ku udah gosong bgt, mumet liatnya, pdhl marble coating, ttp aja lama2 lengket.. apa kalau pakai pan itu gak boleh dipakai masakan agak berkuah ya? Abs peralatan perang yg paling enak dipake itu pan, klo dah lengket gini membetekan sekali deh..

    Bella

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba bella, saya juga kurang tahu apakah produk ini sudah publish atau belum ya, tapi biasanya di supermarket besar ada ya. Pan bs dipkai masakan berkuah tapi memang kudu hati2 ya, misal gk boleh disiram air dingin kalau masih panas karena akan merusak coating

      Hapus
  14. mb endang, aku pake pan ini jauh sebelum mb endang review di sini hehe
    aku pake yg diameter 26 sama 28, benar-benar pan andalan, sampai-sampai pan yang lain jadi nganggur setelah ada pan ini, aku beli di counter lock and lock di lippo mall puri indah

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah makasih sharingnya mba Nunik, jadi senang sekali membacanya hehehhe, jadi saya gak perlu berpindah ke lain hati yaa, ini pan lock & lock pertama saya, so far sih mantap ya hehhehe

      Hapus
  15. Saya tertarik sama resepnya mba, tapi ada beberapa pertanyaan sebelum dieksekusi :)

    1. Kalo tepung gandumnya d ganti terigu aja, berarti berat tepungnya 270gr kah mba?
    2. Apa tepung gandum bisa dibuat dengan memblender oat?
    3. Kalo dipanggang dengan teflon biasa, apa harus menggunakan minyak?

    Makasi mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Hulya, berikut jawaban saya:
      1. yep
      2. tepung gandum utuh beda dengan oat, tapi oat diblender bs dipakai ya
      3. taburi saja tepung oat ya, panggang di api sangat kecil

      Hapus
  16. Mbak Endang, kalau buat gantiin tepung gandum, tepung terigunya protein tinggi, sedang atau rendah? Terus mbak endang biasanya pakai merek apa? Sama kalau dipanggang pakai pan double bisa nggak? Misal h**** c*** ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Rifqi, pakai protein tinggi atau sedang oke ya, saya standar pakai bogasari saja. Bisa dipanggang di double pan ya

      Hapus
  17. Mbak endang, aku suka deh baca tentang alat2 dapur. Soalnya kalau mau cari referensi peralatan dapur masih sedikit sekali di internet. Saran saya, mbak endang sering2 buat postingan khusus bahas alat2 dapur yg biasa mbak endang pakai dan menurut mbak endang recommended. Lumayan mba, kalau2 mba endang sedang di dera malas masak. Hehehe... Btw terimakasih untuk sharing2 nya ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sitti, thanks sharing dan sarannya ya, nanti kalau ada waktu saya akan ulas alat2 dapur heehhe, soalnya alat2 dapur saya juga biasa2 saja ^_^

      Hapus
  18. Hai mba, apakah english muffin setelah matang bisa di taru di freezer?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...