08 Agustus 2019

Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Cabai Ijo


Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo

"Dasar angin-anginan," saya masih ingat kata-kata yang diucapkan Ibu dulu ketika saya masih kecil karena minat yang berubah-ubah bagaikan angin. Ketika sedang tergila-gila dengan sepeda maka benda roda dua itu akan dipakai menjelajah hingga kepelosok kampung setiap hari, tak peduli terik ataupun hujan. Ketika sedang maniak dengan permainan monopoli maka seakan tak ada yang lebih berarti didunia ini selain bermain monopoli setiap hari, lupakan pe-er dan pelajaran sekolah. Tapi saat semua euforia itu usai maka boro-boro sepeda atau monopoli disentuh, dilirik sekalipun juga tidak. Saya terkadang sebal dengan sifat 'larger than life' ini, karena terkadang aspek rasional terabaikan, memacu diri untuk meraih apa yang sedang diidamkan walau tenaga dan modal tidak mencukupi. 

Nah kali ini saya sedang tergila-gila dengan olah raga, satu minat yang saya sendiri takjub bagaimana mungkin rasa suka itu bisa muncul. Olah raga adalah kegiatan yang saya benci sejak kecil. Pelajaran olah raga menjadi nightmare setiap minggunya, apalagi jika aktifitas olah raganya adalah bola voli. Setiap kali bola datang menderu, maka bukannya saya berusaha untuk menyambutnya dengan tangan tapi justru kabur melarikan diri. Semua rekan dikelas sebal jika saya masuk kedalam regu mereka, sementara tim lawan justru riang gembira karena bola pasti akan diarahkan ke saya terus menerus.

Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo
Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo

Olah raga yang saya suka dari sekian banyak jenisnya mungkin hanya berenang. Saya bisa melakukannya berjam-jam tanpa merasa capek, walau kemudian badan akan terasa remuk redam keesokan harinya. Nah, akhir-akhir ini saya begitu suka melihat video You Tube mengenai bodybuilder, awalnya saya berminat bukan dengan latihan yang mereka lakukan tapi lebih kepada jenis makanan dan porsi yang dikonsumsi para atlet binaraga ini. Menyaksikan para raksasa ini menyantap ribuan kalori makanan yang sebagian besar hanya nasi, ayam, daging sapi dan ikan menjadi hal yang mengasyikkan tersendiri kala membunuh waktu sepulang kantor. Bodybuilder pria lebih menarik minat karena porsi makan yang sangat banyak dan perjuangan mereka setiap kali menghabiskan makanan yang tampak seakan penuh penyiksaan. Tapi lambat laun saya beralih ke bodybuilder wanita. Lama kelamaan saya justru tertarik dengan latihan olah raga yang mereka lakukan. Para atlet wanita binaraga ini memiliki tubuh berotot dan terlihat super strong. Begitu mudahnya mereka mengangkat barbel ratusan kilogram, yang mungkin bagi pria dewasa biasa akan terasa berat.

Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo

Saya benar-benar berminat dengan lengan berotot, perut six pack dan paha kencang yang mereka miliki, bahkan mengidamkan memiliki bentuk tubuh seperti itu. Dulu, bayangan saya bentuk tubuh yang bagus bagi wanita adalah kurus kering seperti para model yang kekurangan makanan, namun kini mindset itu berubah. Tubuh berisi, berotot dan terlihat kokoh kini justru terlihat lebih menarik.  Saya tahu untuk mencapainya penuh perjuangan dan waktu panjang yang dihabiskan di gym berlatih alat. Para atlit ini memiliki motivasti tinggi, konsisten dan sangat strict dengan makanan dan exercise yang mereka lakukan. Saya tentu saja tidak ingin memiliki tubuh yang terlalu bulky dan penuh dengan otot yang bertonjolan, tapi lengan dan paha yang kencang serta perut rata adalah target yang ingin diraih. 

Enggan harus menggabungkan diri dengan klub gym, saya justru membeli peralatan fitness rumahan. Pertama adalah 2 buah dumbbell seberat masing-masing 2 kg yang murah harganya, di online shop hanya 20 ribu per dumbbell, tak akan membuat kantong jebol. Kardio saya lakukan dengan mengikuti video di You Tube selama 30 menit hingga 1 jam setiap harinya. Tapi itu saja mana cukup membentuk perut six pack! Saya membutuhkan latihan beban. Kardio dan latihan beban (strength) walaupun sama-sama mampu membakar kalori namun memiliki manfaat berbeda. Latihan kardio seperti senam dan lari hanya membakar kalori saat kita berlatih saja. Jika dilakukan dalam kurun waktu yang sama kardio mampu membakar kalori lebih banyak dibandingkan latihan beban, namun latihan beban (strength) membakar kalori bukan hanya pada saat kita berlatih tapi bahkan sesudah latihan tersebut usai.  Umumnya para instrukstur fitness pro akan menganjurkan untuk berlatih angkat beban yang diselingi dengan kardio untuk hasil yang lebih cepat nyata.

Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo

Langkah berikutnya yang harus saya lakukan adalah membeli treadmill sekaligus alat latihan beban bernama home gym. Tapi darimana uangnya? Untuk kedua alat itu saya harus mengeluarkan dana minimal delapan juta. Pusing memikirkan biaya dan nafsu olah raga yang menggebu-gebu, tiba-tiba saya dikagetkan dengan transferan royalti dari penerbit. Hua, pucuk dicinta ulam pun tiba, sepertinya Tuhan pun mendukung rencana saya untuk hidup lebih fit. Treadmill yang saya beli bukanlah jenis yang mahal, namun yang terpenting adalah elektrik. Walaupun tidak bisa diset menanjak (incline) bukan masalah, toh dengan lari dan jalan cepat saya sudah bisa berlatih kardio dengan optimal diselingi dengan senam kardio di You Tube yang masih terus saya jalankan. 

Aktifitas saya sekarang adalah pulang on time dari kantor, tidak singgah ke mal atau tempat lainnya. Setiba dirumah langsung berganti dengan tank-top, celana senam pendek dan sepatu kets, saya berlatih  senam selama 30 menit, dilanjutkan dengan treadmill 30 menit dan berlatih beban selama 1 jam. Hasilnya? Dua hari ini kaki saya terasa kejang-kejang. Badan luar biasa pegal! Bangun tidur adalah saat yang sangat menyiksa karena paha terasa kaku dan punggung yang seakan habis digebukin orang sekampung. Tapi saya sedang termotivasti saat ini, tak ada yang lebih penting selain olah raga. Olah raga! Jadi bangun tidur dan masih berdaster saya justru memakai sepatu dan naik ke atas treadmill. Lima belas menit lari dan jalan cepat dan lima belas menit angkat beban ternyata justru menggebah rasa sakit di badan dan membuat saya lebih fresh dan terasa berenergi kala berangkat ke kantor. Walau baru dua hari dijalankan namun bayangan perut six pack dan lengan berotot menari-nari dikepala. Daya khayal saya memang terkadang keterlaluan. 😁



Menuju ke resep ayam goreng bumbu kuning dengan sambal cabai ijo kali ini. Idenya terlintas kala membaca ulasan kuliner di internet tentang resto masakan Sunda di daerah Jawa Barat yang menjual menu ini. Ayam kampung yang dipotong kecil-kecil, digoreng kering dan disajikan dengan taburan bawang putih goreng renyah dan sambal cabai hijau yang terlihat menggugah selera. Hati saya memang mudah meleleh kalau berhadapan dengan ayam goreng yang garing. Tak tahan, malamnya langsung saya eksekusi dan sikat sendiri di keheningan malam. Tobat!

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo

Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Cabai Ijo
Resep hasil modifikasi sendiri

Untuk 1 ekor ayam

Tertarik dengan resep ayam goreng lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Bahan:
- 1 ekor ayam kampung muda, potong ukuran kecil

Bawang putih goreng:
- 6 siung bawang putih, cincang kasar
- 1/6 sendok teh garam

Bumbu ayam goreng, blender jadi satu:
- 3 butir kemiri
- 3 cm kunyit
- 1 cm jahe
- 1/2 sendok makan ketumbar bubuk
- 3 siung bawang putih
- 1 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok makan tepung maizena

Bahan sambal ijo:
- 5 buah cabai hijau keriting
- 2 buah cabai hijau besar
- 15 buah cabai rawit hijau
- 5 siung bawang merah
- 2 buah tomat hijau, iris kasar
- 1 sendok makan air jeruk nipis
- 2 - 3  sendok makan minyak
- 1/2  sendok teh gula pasir
- 1/2 sendok teh garam
- 1 sendok teh kaldu bubuk / kaldu jamur

Pelengkap:
Lalapan: ketimun, kemangi, daun selada

Cara membuat:
Membuat sambal:

Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo

Rebus semua cabai, bawang merah dan tomat hingga lunak dan matang. Angka, tiriskan dan tumbuk kasar atau proses sebentar di chopper. Siapkan wajan, panaskan 2 sendok makan minyak. Tumis bahan sambal yang telah ditumbuk, hingga harum. Masukkan gula, garam, kaldu bubuk dan air jeruk nipis. Aduk rata, masak hingga mendidih. Cicipi rasanya, seusaikan asinnya, angkat, sisihkan.

Membuat ayam goreng:

Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo

Siapkan ayam, gosok bersih permukaan badan dan rongga perutnya. Potong-potong ayam ukuran kecil, cuci hingga bersih. Masukkan ayam ke dalam mangkuk, lumuri permukaan ayam dengan bumbu yang dihaluskan, tutup mangkuk. Simpan di kulkas minimal 2 jam, atau selama semalaman agar bumbu meresap.

Goreng ayam yang sudah dibumbui. Karena ayam tidak diungkep maka gunakan minyak yang banyak dan deep fried agar ayam benar-benar matang hingga ketulangnya. Jika wajan kecil maka goreng ayam secara bertahap agar benar-benar matang. Angkat tiriskan ayam.

Resep Ayam Kampung Goreng Bumbu Kuning dengan Sambal Ijo

Siapkan wajan, isi minyak agak banyak. Goreng bawang putih hingga matang, warnanya berubah kuning agak kecoklatan. Jangan terlalu lama menggoreng karena bawang putih mudah gosong dan rasanya menjadi pahit. Angkat, tiriskan, sisihkan.

Tata ayam di piring datar, taburi permukaannya dengan bawang goreng. Sajikan dengan nasi, lalapan dan sambal cabai ijo. Mantap!




14 komentar:

  1. Aslm.wrwb mbak endang, saya suka tertawa lebar 😂😄 setiap membaca cerita mbak endang di blog, cerita mbak begitu jujur apa adanya, hehehe..
    Di kala penat memikirkan tugas2, saya pasti rileks membaca cerita mbak..
    Terima kasih banyak ya mbak, saya mau eksekusi resep ayamnya mbak.. 😁 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Amanda, senang cerita2nya disuka, sukses yaaa

      Hapus
  2. mbak........ abis latihan beban.. makannya ayam plus cabe plus nasi besar pasak dari pada tiang nanti.... hahaha
    semangat yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakkaka iya, mengerikan, kapan bs langsingnya tobaaat

      Hapus
  3. Entah kenapa saya selalu menunggu mba endang bikin vlog, entah dari kapan udh jadi silent reader nya, dari jaman Gonta ganti pacar, Ampe sekarang udh punya anak. Sukses terus ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hiiks, saya sendiri juga kepeeengen bikin vlog, cuman belum bs fokus bagi waktunya.

      Hapus
  4. Selain resep, saya selalu menunggu cerita dari mbak Endang yang selalu bikin ketawa

    BalasHapus
  5. Plank deh kak, emank berat sih tapi hasil ny cpt bgt bikin perut kebentuk..😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. kemarin coba plank, baru sebentar dah kaku perut, berhenti dulu wakkakak

      Hapus
  6. Hampir setiap hari sy buka blog.nya mba endang, seringnya bukan buat cr resep masakan tp buat baca cerita terbaru dr mba endang.. hehehe makasih mba sudah berbagi pengalaman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Puji, waah tersanjung saya ceritanya bersedia dibaca waakkak, sukses yaa

      Hapus
  7. Mba, resep ini enaaakkk dan gampang 🤤🤤🤤. Sama mbaaa, saya juga (mulai) lgi tertarik bnget sama bodybuilding, apalagi klo massa otot yg naik metabolisme tubuh jga lebih cepat dlm membakar kalori, cuma emg perjuangannya ituuuu, ada rekomendasi chanel gak mba sering nnton ttg bodybuilding di utube? Hehhe. Terima kasih mbaa 😁🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, saya biasanya suka lihat bodybuilding.com, muscle and strength, Hannah Eden, dan bodybuilder juga punya channnel utube masing-masing,

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...