12 Agustus 2019

Resep Inside Out Sushi dengan Abon


Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT

Malam hari berjalan di supermarket Cold Storage di Takashimaya Department Store di Singapura, mata saya melotot melihat jajaran sushi yang di sale hingga 70%. Bayangkan, aneka macam sushi dan sashimi nan cantik terlihat masih fresh dalam packaging mika dibandrol dengan harga yang jika dikurskan hanya dua puluh ribu hingga empat puluh ribu rupiah saja. Isinya lumayan banyak dalam satu paknya. Untuk mengetes rasanya, saya hanya membeli dua bungkus saja dan langsung menyesal kemudian. Sushinya terasa lezat dan bahan-bahannya juga fresh. Saya berjanji, besok akan kembali kesana lagi dan membeli lebih banyak. 

Rencana kemudian dieksekusi menjadi aksi, keesokan harinya dipukul delapan malam, saya kembali lagi ke Takashimaya. Kali ini saya begitu kalap dan langsung memasukkan 6 pak sushi dan sashimi ke dalam keranjang belanja, berjalan riang kembali ke hotel yang terletak tak jauh dari area itu dengan hati puas.  Setiba di hotel, belanjaan segera dibuka dan digelar diatas lantai. Saya duduk bersila dan mulai berpesta sushi sendirian. Potong demi potong masuk ke dalam mulut. Aneka sashimi dengan topping salmon, cumi-cumi, udang, tobiko, dan unagi disikat hingga ludes. Masuk kebungkusan sushi ke empat saya mulai merasakan hal yang aneh.  Aroma salmon dan aneka seafood yang tadinya baik-baik saja kini mulai tercium amis di hidung. Rasa mual perlahan dan pasti merambati perut hingga naik ke kerongkongan. Akhirnya saya ngibrit lari sekencang-kencangnya ke toilet, muntah dengan sukses. 

Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT
Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT


Setelahnya saya tergeletak diatas tempat tidur dengan perasaan yang tak keruan. Bungkusan sushi yang masih dilantai tak dihiraukan. Sialnya setiap kali teringat dengan aroma dan rasanya, saya kabur kembali ke toilet menumpahkan entah apapun yang ada didalam perut. Emoji emoticon berwajah green saat itu sangat tepat disematkan ke muka saya. Tobat, itu adalah rasa eneg super dahsyat yang kedua kalinya saya alami dalam hidup sejak peristiwa menyantap bihun goreng yang beraroma aneh di warung Chinese food didekat kantor.

Tidak ada yang salah dengan sushi yang saya beli, rasanya masih sama enak dan fresh-nya dengan versi kemarin, hanya saja semua kelezatan itu sirna ketika disantap over dosis. Okeh saya tahu, apapun yang over tidak baik hasilnya, tapi saya belum pernah mengalami kelebihan makan hingga timbul rasa eneg, paling banter hanya perasaan kekenyangan saja. Mungkin juga karena pembelian kedua ini porsi sashimi jauh lebih banyak dibandingkan dengan sebelumnya. Saat itu saya berpikir, kapan lagi bisa menyantap sashimi salmon dengan harga murah bukan? Kejadian yang saya ceritakan ini terjadi sekitar empat tahun nan lampau kala sedang berlibur ke Singapura, namun rasa mual akan sushi tetap bertahan hingga detik ini. Tak ada yang bisa menggoyahkan saya untuk kembali mencicipi makanan ini bahkan jika gratis sekalipun. 

Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT
Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT

Walau saya sekarang tidak doyan sushi, tapi bukan berarti keinginan bereksperimen membuat makanan ini sirna.  Sudah lama saya ingin trial membuat sushi jenis inside out seperti postingan kali ini. Jika biasanya nori, rumput laut pembungkus sushi, berada diluar maka kini justru nasinya yang berada disisi luar. Kebetulan saya baru mendapatkan kiriman abon endorse dari IG jadi permukaan sushi bisa ditutupi dengan abon. Terus terang, abon bukanlah jenis makanan yang sering tersedia di rumah, seingat saya bahkan sudah bertahun-tahun lamanya tidak pernah membeli dan menyantap abon. Bukan karena saya tidak suka dengan rasanya, justru kebalikannya, 'tapi yang jadi masalah adalah abon biasanya berakhir menjadi camilan dan bukannya sebagai teman lauk makan nasi atau roti. 

Umumnya inside out sushi seperti ini menggunakan tobiko yaitu telur ikan berwarna jingga yang biasa menjadi pelengkap makanan Jepang, telur ikan ini dilumuri ke permukaan nasi sushi. Tapi abon bisa menjadi alternatif ide lainnya yang bisa dicoba. Rasa abon yang Indonesia banget sepertinya cocok untuk mengurangi aroma dan rasa khas sushi terutama nori yang agak amis, yang tidak semua orang suka. 

Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT

Membuat sushi super mudah, tidak harus sama mengkuti pakem resep sushi Jepang yang biasanya menambahkan rice vinegar ke dalam nasi. Atau jika mau praktis bisa menggunakan sushi vinegar yang sudah ditambahkan bumbu. Saya biasanya hanya mencampur nasi dengan sedikit gula, garam, dan white vinegar (cuka), atau terkadang hanya nasi plain saja tanpa bumbu. Isinya bisa disesuaikan dengan selera, tapi yang paling mudah adalah telur dadar, tuna kalengan, wortel rebus, dan ketimun. Untuk membuat inside out sushi, maka nori yang  sudah ditempeli dengan nasi kemudian dibalikkan. Isi lantas ditata dipermukaan nori dan digulung padat menggunakan alas bambu khusus untuk membuat sushi atau sushi mat. Tidak ada sushi mat? Sushi bisa digulung menggunakan tatakan piring makan atau lembaran plastik. Jika nasi sudah menjadi gulungan, permukaannya kemudian ditaburi dengan abon dan dipotong-potong sesuai selera. Setelah sekian lama tidak menyantap sushi, kali ini 3 potong sukses masuk kedalam perut tanpa ada reaksi lebay. 😅

Berikut resep dan prosesnya ya.

Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT

Inside Out Sushi dengan Abon
Resep modifikasi sendiri

Untuk 10 buah

Tertarik dengan resep masakan Jepang lainnya? Silahkan klik link dibawah ini:
Hamburg Steak (Japanese Hambagu)
Kari Daging Jepang
Bahan:
- 1 mangkuk nasi panas (300 gram)
- 1 sendok makan air panas
- 1/4 sendok teh gula pasir
- 1/4 sendok teh garam
- 1/4 sendok teh cuka apel, atau cuka biasa
- 2 lembar nori
- 1 butir telur kocok lepas + 1/6 sendok teh garam
- 1 batang ketimun, kupas, iris tipis
- 1 batang wortel, kupas, iris tipis
- abon sapi / ikan secukupnya

Cara membuat:

Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT

Goreng telur menjadi dadar tipis, angkat, iris panjang tipis, sisihkan. Siapkan irisan ketimun dan wortel kukuas. Aduk jadi satu: air panas, cuka, gula dan garam, sisihkan.

Masukkan nasi panas ke mangkuk, tambahkan larutan gula. Aduk hingga rata.

Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT

Siapkan bamboo sushi mat di permukaan meja, letakkan selembar plastic wrap menutupi sushi mat. Letakkan nori diatasnya. Tata nasi tipis memenuhi permukaan nori. Balikkan sehingga posisi nori berada diposisi atas. Tata ketimun, wortel dan telur dadar diatas nori. Jangan isi terlalu banyak.

Resep Upside Down Sushi dengan Abon JTT

Gulung nori sambil dipadatkan hingga menjadi gulungan sushi. Lepaskan dari mat. Taburi permukaan loyang dengan abon, gulingkan sushi hingga abon menutupi permukaannya.  Potong-potong sesuai selera, santap dengan kecap asin dan wasabi. Mantap untuk bekal si kecil atau pengisi perut. 




4 komentar:

  1. kl buat sushi pas dipotong srg hancur itu kenapa ya mba En?

    BalasHapus
    Balasan
    1. rata2 karena nasi kurang padat saat menggulung, isi terlalu banyak, dan pisau kurang tajam mba

      Hapus
  2. assalam Mbak Endang..
    Simpel banget ternyata, trus kalo gak nemu nori gmana ya?
    bisa diganti bahan lain gitu?

    tati-Kendari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walaikumsalam Mba Tati, kalau nori kayanya harus ya disushi. Tapi kalau nggak mau pakai nori berarti nasi diisi dengan bahan isi dan digulung.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...