18 Agustus 2011

Resep Cake Coklat Praktis Dalam Satu Wadah Saja


Membuat Cake Coklat Praktis Dalam Satu Wadah Saja

Selama ini setiap kali berkeinginan membuat cake saya pasti telah membayangkan setumpuk cucian piring yang seakan tak habis-habisnya. Memasaknya memang menyenangkan apalagi menyantapnya yang hanya dalam sekejap, tetapi mencuci perabotan kotornya? Hmm, nanti dulu. Apalagi di rumah Pete tidak ada asisten yang membantu urusan yang satu ini. Jika anda sama seperti saya, suka memasak dan membuat cake atau kue tetapi malas mencuci piring, maka resep cake coklat yang saya tampilkan ini mungkin bisa menjadi alternatif di rumah. Cake ini tidak membutuhkan banyak wadah untuk membuatnya, anda tidak perlu mengeluarkan mikser dan aneka mangkuk sebagaimana cake umumnya karena semua bahan dimasukkan ke dalam loyang, aduk rata dan panggang atau kukus. Cake coklat nan lezat pun terhidang.

Membuat Cake Coklat Praktis Dalam Satu Wadah Saja

Selain prosesnya yang mudah, cake ini juga bebas kolesterol karena tidak menggunakan telur dan rendah akan kalori karena minus mentega, akan lebih baik lagi jika anda menggunakan minyak canola atau minyak zaitun seperti yang saya lakukan. Lantas bagaimana rasanya? Jangan khawatir, walau tidak menggunakan telur dan mentega sebagaimana cake umumnya, rasa cake ini tetap lezat, lembut dan cukup moist. Jadi, jika anda bisa membuat cake coklat yang sedap dengan cara mudah dan murah mengapa harus mencari jalan yang rumit dan mahal? Toh hasilnya tidak jauh berbeda. Namun jika anda ingin cake ini lebih berat dan rasanya lebih nendang memang menambahkan telur dan mengganti minyak zaitun/canola dengan mentega merupakan alternatif lainnya yang bisa dilakukan. Tambahkan saja satu atau dua butir telur kocok ke dalam adonan dan aduk rata, sementara menteganya anda cairkan dulu ya sebelum dicampurkan dengan adonan lainnya. 

Membuat Cake Coklat Praktis Dalam Satu Wadah Saja

Jika anda tidak memiliki loyang teflon anti lengket seperti yang saya gunakan maka anda bisa memakai loyang biasa saja. Olesi loyang dengan mentega dan taburi dengan tepung, kemudian bahan-bahan cake anda campurkan ke dalam wadah terpisah, baru kemudian dimasukkan ke dalam loyang yang telah disiapkan. Tentu saja dengan cara ini bukan hanya satu wadah yang harus anda cuci melainkan dua wadah. Jika memanggangnya cukup merepotkan bagi anda maka cake ini mantap juga untuk dikukus, hasilnya pastinya akan lebih moist dan lembut. Kukus dalam dandang yang telah dipanaskan sebelumnya, tutup permukaan dandang dengan kain bersih baru ditutup rapat dengan penutup kukusan. Kukus selama + 45 menit tanpa penutup kukusan dibuka. Kunci sukses cake seperti ini adalah pada baking powder yang anda gunakan, jadi usahakan untuk menggunakan yang berkualitas dan mempunyai sifat double acting baking powder. Anda bisa klik artikel saya sebelumnya di Mengenal Baking Powder dan Baking Soda di sini untuk mengetahui jenis dan sifat baking powder sebelum membuatnya.

Untuk buah hati anda, cake ini lezat menemani segelas susu atau teh hangat. Jadi, yuk kita buat saja ^_^ 

Berikut resepnya ya. 

Membuat Cake Coklat Praktis Dalam Satu Wadah Saja

Chocolate Cake Pan-Cake
Resep diadaptasikan dari website King Arthur Flour - King Arthur Flour's Original Cake-Pan Cake 

Untuk 1 loyang cake diameter + 23 cm

Bahan:
- 165 gram tepung terigu protein rendah atau sedang (Misal merk Kunci Biru atau Segitiga Biru)
- 200 gram gula pasir
- 30 gram coklat bubuk, gunakan coklat bubuk dengan kualitas yang baik
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh kopi bubuk espresso, optional (saya tidak pakai)
- 1 sendok teh baking powder
- 1 sendok teh vanila ekstrak atau 1/4 sendok teh vanili bubuk
- 1 sendok makan vinegar, bisa diganti dengan perasan air jeruk lemon/nipis
- 85 ml minyak zaitun/canola atau minyak sayur biasa
- 250 ml susu cair dingin (bisa melarutkan 3 sendok makan susu bubuk dengan air biasa)

Cara membuat:
Panaskan oven, set di suhu 175'C. Letakkan rak pemanggang di tengah oven.


Membuat Cake Coklat Praktis Dalam Satu Wadah Saja


Siapkan loyang (anti lengket lebih baik), ayak jadi satu: tepung terigu, coklat, garam, baking powder langsung ke dalam loyang. Tambahkan gula pasir dan aduk rata. Buat 3 lubang di tepung menggunakan ujung spatula. Tuangkan minyak zaitun, vanilla ekstrak, dan vinegar ke masing-masing lubang yang kita buat. 

Membuat Cake Coklat Praktis Dalam Satu Wadah Saja

Kemudian tuangkan susu cair dingin ke seluruh bahan yang terdapat di dalam loyang. Menggunakan garpu atau spatula aduk menjadi satu semua bahan hingga tercampur merata.

Panggang adonan ke dalam oven selama 30 -35 menit atau jika kukus sekitar 45 menit. Tes dengan  tusuk gigi atau tusuk sate apakah cake telah benar-benar matang. Potong-potong cake selagi berada di dalam loyang dan hidangkan hangat-hangat langsung dari loyangnya. Mantap!


Membuat Cake Coklat Praktis Dalam Satu Wadah Saja


Source:
Website King Arthur Flour - King Arthur Flour's Original Cake-Pan Cake



61 komentar:

  1. haii tante salam kenal ya....nama aku rahma
    aduh blognya keyen bgt sehh, aku jd mudah kalo mau belajar masak.. oia tan untuk kue ini emang resepnya gak pakai telur ya????

    BalasHapus
  2. Hai Rahma, salam kenal juga ya.
    Iya Non, resep cake coklat ini gak pakai telur. Kalau Rahma mau pakai, boleh kok tambah 1 atau 2 butir dikocok lebih dulu baru dimasukkan, pasti rasanya lebih lezat. Yang ini cake non cholesterol ya. Hehehe

    BalasHapus
  3. Rahma Said.....
    oww gitu, huahh nanti sore aku mau buat ahh.. emm puasa2 gini postingan tante bikin ngilerr ajah... oia aku udah coba buat Cake Coklat Kukus (Steamed Moist Chocolate Cake) lohh dan hasillnya : emmm yummy, mantab n top markotop... makasih banyak ya tante :)

    BalasHapus
  4. @ Rahma: Wuahh non, maap ya tidak ada niat untuk membatalkan puasa hanya niat untuk membuat ngiler yang lagi puasa, hehehe, hayu dibuat, makannya pas buka puasa kan ^_^

    @ Mba Fiet: Iya Mba, gampang banget, tambahin telor saja supaya lebih enak.

    BalasHapus
  5. tengkyu resepnyaaa mbak ,lagi buat nih.. sambil nunggu manggang nulis2 deh hehehe.. smg kuenya jadi entar
    oia mbak ,gula pasirnya itu di campur ato bt taburan yah? tadi langsung saya campur aja.. *semoga beneeerrr*

    BalasHapus
  6. Halu, hahah, iya sori saya lupa menulis untuk memasukkan gula pasir juga. Bener jeng, gula pasirnya dicampur sama tepungnya ya. Thanks atas pertanyaannya, moga berhasil cake-nya ya ^_^

    BalasHapus
  7. gara2 blog ini,jadi hobbiii bikin kue...#padahal beginner

    BalasHapus
  8. Wakakak, kalu diteruskan hobi bikin kuenya lama-lama gak jadi beginner lagi lho. Tapi jadi expert, bagus kan ^_^

    BalasHapus
  9. Tapi bener deh, tiap kesulitan dg satu resep... main2 ke blog mbak pasti dapet pencerahan... resepnya mudah dan anti gagal. Resep anti gagal tuh blog JTT, Laura in the kitchen, sama joy of backing. Langkah2nya jelas, banyak tips. Makasih banyak ya mbak udah membantu bgt ^_^
    Salam kenal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Milanda, salam kenal ya. Thanks atas komennnya. Hmm sebenarnya kalau bicara gagal sudah tak terhitung lagi percobaan di dapur yang gagal, hanya saja yang gagal2 begini tentu saja nggak ditampilkan tapi diumpetin di tong sampah hahahaha.

      Hapus
  10. Mbak susu cair dingin itu maksudnya susu dr kulkas?kl pake nestle carnation d tambah air bs ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, nggak ya, pakai susu cair biasa suhu ruang saja ya. Bisa pakai SKM/susu bubuk diencerkan dengan air ya.

      Hapus
  11. Mbak, nyampurin adonannya gak pake mixer kah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, nggak ya, cuman diaduk2 saja, untuk resep cake simple tanpa mikser seperti ini pastikan menggunakan baking powder yang double acting ya.

      Hapus
  12. Mbak endang, kmrn sore saya sdh buat cake ini, menurut saya untuk cake yg dpanggang koq teksturny moist spt tekstur kukus hihi..apa memang spt itu?saya tambahkan telur 1..cake ini cocok untuk kondisi bahan yg minim, simple buatny n mulut pingin ngmil Hέe:p•Hέe:p•Hέe:p..oya mbak endang apa punya resep spy popcorn yg kita buat rasanya bs gurih kaya popcorn yg d jual d bioskop 21 gt ya?pake apa kira2?..makasih..yani-jember.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Yani, mungkin karena ditambah telur ya jadi lebih moist. Waktu itu saya buat rada kering menurut saya teksturnya, karena simple jadi saya maklum kalo rasanya gak selembut cake umumnya. Nah kalau yang Mba Yani buat bisa lembut, oke banget tuh.

      Iya popcorn bioskop ya, saya pernah buat cuman rada ribet, mau cari cara lain yang mudah dan murmer, kalau udah di trial pasti saya posting mba ^_^

      Hapus
  13. Barusan kelar nyoba nih mbak...saya kasi jg sedikit soda kue (selain BP), trus dituang di loyang bundar2 kecil diameter 9 cm & dikukus...wih pada ngakak semua kayak bolu kukus...jd cantik & yg penting: enyaaaaaakkkk.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, thanks sharingnya ya, wah idenya boleh juga heheheh. Kalau mau lebih enak tambahin telur Mba, supaya lebih lembut teksturnya.

      Hapus
  14. huaaaa...kalo ga pake telur ternyata engga enak ya ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, silahkan ditambahkan 1 butir telur, kayanya cukup kok.

      Hapus
  15. mbaa,sy udh coba resep ini dan rasanya nyam nyam uenaaaak. Pdhl sm skali g pk mixer. Tp syg krn g pny loyang anti lengket jd aja kuenya pecah hehe.. Yg penting laku keras drumah. Kt suami jg enakan ini drpd yg di mixer. Thanx y mba u resep yg super praktis ini. Novi-bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Novi, wah senang membacanya. Supaya cake nggak lengket di wadah, memang baiknya wadah diolesi mantega dan tabur tepung kemudian adonan diaduk di wadah lain baru dituangkan ke loyang. memang jadinya cake dengan dua wadah sih tapi ini lebih oke supaya gak amburadul hasilnya hehhehe. thanks sharingnya ya ^_^

      Hapus
  16. Lo pke tepung cakra bs g ya mb?pas stok tepung protein sedang g ad

    BalasHapus
    Balasan
    1. sebenarnya bisa2 saja sih Mba, cuman cakra memang baiknya untuk roti/mie karena glutennya tinggi. kurang cocok untuk cake/cookies, tapi masih tetap bisa kok

      Hapus
  17. Salam kenal. Sederhana bgt respx, klo pake loyng biasa yg ukuran brp y mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, salam kenal juga ya. Pakai loyang alumunium ukuran 20 x 20 cm juga bisa ya

      Hapus
  18. Keren"...kuenya enak.. hemat pulaa...thanks resepnya

    BalasHapus
  19. ini abis mateng, bisa dipindah kan ya?ngga harus disajikan diloyangnya?apa nggak lengket ketika dipindah?makasiiiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakai loyang anti lengket ya Mba, yang ada lapisan teflonnya seperti yang saya pakai diatas, atau ya di aduk diwadah lain baru dituang di loyang yg sudah diolesi margarine dan tepung

      Hapus
  20. mbak endang, aku baru cobain bikin ini sedikit di tambah2in. aku tambahin satu telur, 1/4 sdk teh rhum, cincangan kacang almond, lalu atas nya di beri serutan keju. gula nya aku kurangin jadi 150 tp masih kemanisan mnrt ku. enak deh resepnya mbak endang. nyoklat bgt. makasih yah mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Nophie, waah thanks sharingnya ya, hmmm kayanya enak banget. dr cake coklat sederhanya jadi luar biasa yaaa

      Hapus
  21. Enak yang versi kukus, bener pake cetakan kecil,jadinya kayak bolu kukus mekar mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. versi kukus lebih moist kali ya, soalnya kalau panggang kan kering ya. Sip, thanks sharingnya ya mba

      Hapus
  22. Salam kenal yah mbak,oia mbak kalo gak pake vinegar atau air jeruk bisa gak yah mbak?makasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal ya, skip saja vinegar/air jeruknya ya, dan pastikan baking powdernya double acting ya

      Hapus
  23. Udh coba mbak endanggg..suami mkn hampir stgh loyang sndiri,smpe ak jatah. Klo enggak mertua bs gk kebagian..haha. Ak buat pke rice cooker dan hasilny moist sedikit kering dan beremah mngkn kbnyakan BPDA ya mbak?? bwhny crispy dan nyoklat pas buat ak yg lg ngidam kue coklat. Mksih mbak resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, yep mungkin kebanyakan bpda ya, atau kelamaan manggang dan terlalu panas, sehingga cake jadi kering dan remah. saya sendiri belum pernah pakai rice cooker untuk baking.

      Hapus
    2. Iy mbak..soalny ak emg rada lebihin bpda nya..haha. takut gk ngmbang sih. Cuma keesokan hariny jd brownies yg fudgy gt teksturny. Lain x kyna hrs bikin 1hr sblumny dl biar lbh mantap. Hihi

      Hapus
    3. wah mantap tuh kalau bs jadi brownies yang fudgy wakkakak thanks ya mba sharingnya ^_^

      Hapus
  24. Alhamdulillaah, sudah praktek resep ini. Tapi saya menggunakan oven listrik yang tidak bisa saya setting api atas bawah, dan tidak bisa setting suhu 175 DerCel, baru manggang sekitar 15 menitan udah gosong sedikit atasnya jadilah saya oper ke kukusan utk matenginnya :D jadi ga kering tapi juga ga basah, PAS ;)

    Ida Zip

    BalasHapus
    Balasan
    1. wakakka, jadi cake coklat kukus yaaa, gud idea. Thanks sharingnya ya Mba Ida ^_^

      Hapus
  25. Kalau baca resepnya, tampaknya resep ini yang jadi cikal bakal cake cokelat kukus Mba Endang yang melegenda itu ya hehe Mau nyobain bikin yang ini juga ah, tapi versi kukusnya. Tapi tetap aja sih banyak wadah yang harus dicuci nantinya wkwkwk Thanks ya Mba Endang buat resepnya :*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb, mirip ya resepnya? Saya kok gak merhatiin wakakakak, cake coklat kukus saya contek dari sebuah website kok, bukan terinpsirasi dr sini, sumber resep juga saya cantumkan disana. Cake yang ini menurut saya kurang oke, mungkin karena dipanggang ya, jadi kurang moist. Mungkin kalau dikukus akan lebih sedap ^_^

      Hapus
  26. Halo, Mba Endang. Resepnya menggiurkan untuk dicoba nih. Kalau saya pengen cake ini jadi cake pandan, apa takaran tepung terigunya tetap sama Mba? Soalnya, bubuk cokelat kan ga saya pake. Pakenya nanti pasta pandan aja. Makasih sebelumnya, Mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, kalau pakai pasta pandan, bubuk coklat skip dan ganti saja dengan tepung terigu dengan takaran yang sama dengan bubuk coklat yang digantikan.

      Hapus
  27. Hai mbak, baca resepnya mbak ini bikin yg pengen jd niat bikin. Aku tambahin dgn disiram cokkat cair atasnya. Dan hasilnya... alamak bikin lupa timbangan. Wkwkwkwk. Makasih banyak ya resepnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya yaa, senag resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  28. Hi Mbak Endang, sy udh coba resepnya. Terigu sy pake yg serba guna n pakai telur 1 buah (sy bikin 1/2 resep krn mau uji coba dulu). Jadinya ok jg loh. Kuenya lembut. Sy mlh lbh cocok dgn hasil kue ini dibandingkan steamed moist choc cake. Makasih bnyk ya mbak utk resep nya.. Sukses trusss utk mbak Endang😘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Marjanni, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  29. Hay mb endang...
    Banyak bgt resep2 mb yg sudah sy coba...
    Hr ini aq eksekusi bikin ini, aq tambahin telur lg 1, tp stlh aq panggang kow jd retak ya mb ����
    Salah na dmna ya mb, kepanasan kah sewaktu aq oven? Tapi rasa na teutep enakkkk...
    Btw makasi bgt ya mb resep2 na smua oke...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Tinny, bs karena oven terlalu panas, loyang terlalu kecil.

      Hapus
  30. Halo mba Endang...

    setelah mencoba resep2 mba End yang alhamdulillaah anti gagal untuk super beginner sprti saya, pengen nyoba bikin cake ini.
    Di baca2 resep nya, gak pake coklat blok leleh maupun susu coklat.. tp rasanya nyoklat banget kan mba?
    Maklum, semua masakan atau kue buatan saya yg jadi tester nya adalah 4 pasukan krucil plus pak misua, yang ampun2 seleranya ngalah2in judges master chef..hehehe.. kurang pas dikit aja, mereka bisa langsung komen; kurang lembut Ma, kurang nyoklat, bantet, kok seret di leher.. bla..bla..bla..
    Dan sama seperti mba End, setiap habis baking atau masak, saya langsung pura2 lupa kalau peralatan belum dicuci dan berharap krucils dan pak misua yang turun tangan...hehehe
    Jadi tertarik banget mau bikin ini dan semoga nyoklat nendang biar krucils nyikat tanpa komen.

    Btw, thanks mba End utk semua resep nya yang spektakuler

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Edna, untuk resep diatas direkomendasikan pakai coklat bubuk yang kualitasnya oke supaya rasanya memang nyoklat ya. Saya biasanya pakai merk Bensdorp, beli di toko bahan kue karena di SPM belum ada. Coklat bubuk ini warnanya gelap, tidak pahit, sangat terasa coklatnya.

      Hapus
    2. Sudah bikin beberapa hari yang lalu mba.
      Karena gak ada stok coklat bubuk jadinya saya kasih pasta pandan saja. Salahnya, susu baru keluar dari lemari es, begitu mentega leleh dimasukkan, malah jadi padat dan bergerindil. Saya saring mentega dan lelehkan lagi tapi sepertinya sudah kasep.. akhirnya cake nya sukses bantat.. :-D
      Next time mau bikin lagi yang pake coklat bubuk, plus susu yang gak dingin tentunya.. ;-)
      Anyway, makasih infonya Mba. Saya sudah beli Bensdrop nya.

      Hapus
    3. Thanks Mba Edna sharingnya, untuk cake diatas yang penting Baking powdernya, pakai yang double acting seperti merk Hercules, pasti sukses.

      Hapus
  31. setelah kemarin sukses dgn bolu tape
    resep yg ini sukses juga.
    mantap mba, resepnya anti gagal
    aku tambah satu telor biar lembut
    dan berhasil *yeayyy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, wah iyaa, ini cake dah lama banget, memang sebaiknya tambah telur supaya teksturnya lbh moist. thanks sharingnya ya

      Hapus
    2. mba, resep batagornya dong di post ulang gitu, aku klik gak bisa soalnya

      Hapus
    3. tdk ada resep yang dihapus ya, googling saja 'batagor JTT'

      ini resepnya:
      http://www.justtryandtaste.com/2011/07/membuat-batagor-bakso-tahu-goreng.html

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...