14 November 2011

Resep Toad in the Hole


Resep Toad in the Hole

Toad in the hole adalah makanan tradisional ala Inggris, makanan ini terdiri dari sosis yang dimasak di dalam adonan puding Yorkshire, umumnya disajikan dengan sayuran dan kaldu bawang yang kental. Asal muasal nama "Toad-in-the-hole" sendiri seringkali menimbulkan perselisihan. Banyak yang menyatakan bahwa nama yang tidak lazim tersebut diberikan karena makanan ini bentuknya menyerupai katak (toad) yang sedang menongolkan kepalanya dari dalam lubang. Namun ada pula rumor yang mengatakan bahwa makanan ini pernah disebut juga sebagai "Frog-in-the-Hole", walaupun sedikit sekali bukti-bukti yang mendukung teori tersebut. Sebutan lainnya yang juga digunakan, namun kurang populer adalah sosis katak (sausage toad).

Resep Toad in the Hole
Resep Toad in the Hole

Resepnya sendiri sangat sederhana dan mudah. Sebuah loyang berisi minyak dan sosis dimasukkan ke dalam oven dan dipanaskan selama 15 menit sementara  adonan dipersiapkan. Adonan yang terdiri dari tepung terigu, susu cair, telur, garam dan merica bubuk kemudian dituangkan di atas sosis dan minyak panas untuk kemudian dipanggang selama 30 menit hingga kecoklatan. Umumnya makanan ini disantap bersama dengan kaldu kental, sayur-sayuran dan kentang, seringkali kentang tumbuk yang digunakan. 

Resep Toad in the Hole

Berawal dari surfing di internet secara tidak sengaja saya menemukan foto makanan ini dan seperti biasanya berbekal dengan rasa penasaran dan ingin tahu maka sayapun mencoba mencari informasi mengenainya. Ditambah resep dan prosesnya yang sangat mudah membuat semangat saya terpompa untuk akhirnya mencoba mempraktekannya, dan terbukti memang mudah sekali membuatnya. Sedangkan untuk rasanya, makanan ini hampir menyerupai pancake yang agak bantat, teksturnya empuk, lembut dengan rasa yang gurih. Terus terang jika dimakan begitu saja memang agak eneg, jadi boro-boro di temani dengan gravy (kaldu kental), saya justru menyantapnya dengan saus sambal botolan. Susahnya punya lidah Indonesia, tidak ada rasa pedas mana mungkin makanan bisa tertelan? ^_^ Nah, bagi anda yang ingin mencoba varian breakfast lainnya di rumah, mungkin sarapan tradisional ala Inggris ini bisa menjadi pilihan. 

Berikut resepnya ya.

Resep Toad in the Hole

Toad in the Hole
Resep diadaptasikan dari  web Videojug - How to Make Toad in the Hole 

Untuk 1 loyang loaf ukuran 20 x 13 cm

Bahan:
- 6 buah sosis daging sapi, buang selongsong kulitnya
- 125 gram terigu serba guna (misal Segitiga Biru)
- 2 butir telur
- 250 ml susu cair
- 50 ml minyak goreng (saya menggunakan minyak zaitun)
- 1/2 sendok teh garam
- 1/2 sendok teh merica bubuk
- 1/2 sendok teh bawang putih bubuk (resep asli tidak pakai)

Cara membuat:

Resep Toad in the Hole

Panaskan oven, set disuhu 220'C.  Siapkan loyang loaf, beri minyak, tata sosis sapi berjajar di loyang. Masukkan ke oven dan panggang selama 15 menit, hingga sosis kecoklatan dan minyak sangat panas. 

Sementara menunggu sosis dipanggang, kita siapkan adonannya.

Siapkan mangkuk, beri tepung terigu. Buat lubang di tengah tepung, pecahkan 2 butir telur di dalam lubang. Aduk tepung dan telur menggunakan spatula balon hingga tercampur. Tuangkan 1/2 bagian susu cair, aduk dan hilangkan gumpalan-gumpalan yang terbentuk. Tambahkan sisa susu cair, aduk rata. Adonan yang terbentuk encer dan usahakan bebas gumpalan.

Masukkan garam, merica dan bawang putih bubuk, aduk rata. 

Resep Toad in the Hole
Resep Toad in the Hole

Jika sosis telah matang dan minyak panas, keluarkan dari oven dan segera tuangkan adonan selagi minyak sangat panas hingga adonan mendesis dan terlihat mendidih. Masukkan kembali loyang berisi adonan dan sosis ke dalam oven, panggang selama 25 - 30 menit, hingga bagian tepinya terlihat kecoklatan. 

Makanan ini akan mengembang hingga ke atas loyang, gunakan loyang loaf yang cukup untuk menampung 6 sosis dan adonan, sehingga adonan mampu mengembang dengan baik. Keluarkan dari oven, kue akan lepas sendiri dari loyang. Angkat kue dari loyang dan pindahkan ke piring saji, potong-potong dan siap disantap. Paling sedap dengan saus sambal botolan. Enjoy!

Sources:
Web Video Jug - How to Make Toad in the Hole
Wikipedia - Toad in the hole 



3 komentar:

  1. I loooooove this blog!!!!

    Salam kenal dr sy mbak endang.
    sy pnggemar setia blog ini,sudah puluhan resep mbak dr mulai cake smp sup2an sy coba,mmg anti gagal buanget..jos gandos mletos2 hihihu..

    mau request ini mbak,ada gak resep carabikang??sy coba brbagai mcm resep mbah google,gagal smua..desperate sayah huhuhu..

    tunggu yah mbak..ttp brkreasi yah..

    oking with love,baking with passion and serve with heart..

    Salam
    = shinta =

    BalasHapus
    Balasan
    1. halow Mba Shinta,salam kenal juga ya. Saya suka tuh sama kata2nya 'jos gandos mletos2' wakakkakak. Carabikang belum pernah coba Mba, udah banyak yang tanya cuman gak punya cetakaannya huuuuu, hiiks. Keknya resep ny.liem keren tuh di buku, ntar saya cari cetakannya dulu ya wakakak, baru di trial. Thanks sharingnya disini ya Mba, sukses selalu juga buat Mba Shinta dan keluarga! ^_^

      Hapus
  2. halo mba endang salam kenal, mo ty spy pagi tdk terburu2 apa yg bisa di siapkan malamnyavutk bikin toad hole ini?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...