26 November 2012

Churros: Snack lezat dari Spanyol



Churros, seringkali di sebut dengan donat a la Spanyol, merupakan makanan ringan/snack sejenis pastry yang digoreng, terbuat dari adonan dasar choux. Choux sendiri merupakan adonan pastry ringan yang umum digunakan untuk membuat kue sus a la Indonesia, profiteroles, eclairs, beignets, atau crullers. Churros sangat terkenal di Spanyol, Perancis, Filipina, Portugis, Amerika Latin dan U.S. Ada dua macam tipe churros di Spanyol, jenis yang pertama umumnya tipis (terkadang dengan bentuk simpul) sedangkan yang lain berbentuk panjang, dan tebal. Churros biasanya disantap saat sarapan pagi dengan dicelupkan pada minuman coklat panas yang kental. Sebagaimana adonan choux yang saya sebutkan di atas maka adonan churros hanya terbuat dari mentega, air, tepung terigu, dan telur. Adonan churros tidak mengandung bahan pengembang seperti baking powder atau baking soda, karena adonan yang basah akan membentuk uap air yang banyak dan menggelembungkan adonan kala digoreng dengan suhu yang tinggi. 


Umumnya churros dimasak dengan cara digoreng dengan minyak yang banyak hingga menjadi garing dan renyah, kadang-kadang dengan taburan gula bubuk pada permukaannya. Hal lain yang khas dari makanan ini adalah permukaannya yang bergerigi/berlekuk hasil dari adonan yang disemprotkan melalui alat bernama churrera, spuit kue yang memiliki ujung berbentuk bintang. Sebagaimana pretzels, maka churros umum diperdagangkan di pinggir jalan, dimana makanan ini dijual dalam kondisi masih panas. Di Spanyol dan Amerika Latin, churros biasanya selalu tersedia saat sarapan pagi di cafe-cafe, walaupun makanan ringan ini juga disantap di sepanjang hari. Karena disantap dengan lelehan coklat maka adonan churros biasanya tidak mengandung gula sebagaimana dengan kue sus yang umum kita jumpai di sini.



Okeh sekarang kita ke proses pembuatannya. Untuk membuat churros sangat mudah, sama seperti saat anda membuat kue sus, yang membedakan hanyalah adonan churros tidak dipanggang melainkan di goreng seperti ketika kita membuat donat. Sebenarnya saat adonan telah jadi dan siap kita cetak, adonan bisa langsung disemprotkan ke dalam minyak panas, namun cara ini membuat bentuk churros menjadi tidak beraturan. Karena itu ada satu cara untuk membuat tampilannya tetap menarik, adonan di semprotkan terlebih dahulu di loyang kemudian dibekukan. Setelah membeku adonan kita lepaskan dan langsung digoreng, kondisi yang beku membuat churros tetap mempertahankan bentuknya saat digoreng. Churros sedap disantap dengan taburan gula pasir dan kucuran coklat leleh, saya menggunakan susu kental manis coklat yang dikucurkan di permukaan churros. Praktis dan yummy!

Yuk langsung kita praktekkan saja ya.


Churros
Resep diadaptasikan dari web Cooking Panda - Churros and Chocolate 

Untuk sekitar 25 buah churros

Bahan:
- 250 ml air (bisa diganti susu cair)
- 113  gram mentega/margarine
- 180 gram tepung terigu protein tinggi, bisa menggunakan tepung terigu serba guna
- 1/2 sendok teh garam
- 4 butir telur

Topping:
- susu kental manis coklat
- gula bubuk

Cara membuat:
Siapkan loyang datar yang biasa anda gunakan untuk memanggang kue kering, atau bisa juga menggunakan nampan plastik/mika. Taburi permukaannya dengan sedikit tepung, ratakan. Sisihkan.

Siapkan plastik segitiga (pipping bag) dan spuit kue bentuk bintang dengan ukuran besar, masukkan spuit ke dalam plastik. Kita memerlukannya untuk mencetak adonan. Jika anda tidak memiliki plastik segitiga dan spuit, bisa menggunakan kantung plastik biasa. Sisihkan.

Ayak tepung terigu yang akan anda gunakan.


Siapkan panci, masukkan air, mentega dan garam, masak hingga mendidih kemudian kecilkan api hingga hanya muncul letupan dan gelembung kecil dan masak sambil diaduk hingga mentega larut. Matikan api kompor.



Masukkan tepung dan aduk dengan spatula dengan cepat hingga adonan menggumpal. Hidupkan kompor, set dengan api kecil, aduk terus adonan hingga terbentuk gumpalan yang smooth dan kalis, tandanya adonan tidak menempel di dasar panci.

Tuangkan adonan ke mangkuk mikser, kocok dengan kecepatan rendah untuk membuang semua uap air yang terperangkap di dalam adonan. Anda juga bisa melakukannya secara manual dengan menggunakan spatula, aduk dengan cepat hingga uap air hilang. 

Masukkan ujung jari anda ke adonan, jika adonan terasa nyaman di jari artinya tidak panas lagi, masukkan satu per satu telur ke dalam adonan. Jika adonan terlalu panas maka telur akan menggumpal dan matang. 

Pastikan telur dikocok hingga merata sebelum anda menambahkan telur berikutnya. Terus kocok dengan kecepatan rendah hingga adonan terlihat halus. Adonan yang terbentuk sangat lengket. 



Masukkan adonan ke dalam plastik segitiga yang telah kita siapkan, dorong adonan menggunakan spatula atau punggung pisau hingga adonan masuk. Jika anda menggunakan kantung plastik biasa, masukkan adonan ke kantung dan potong salah satu ujung kantung dengan lebar sesuai dengan ukuran kue yang anda inginkan.



Semprotkan adonan ke loyang yang telah ditaburi dengan tepung, bisa berbentuk panjang atau bulat lonjong, bentuknya disesuaikan dengan kratifitas anda. Tentu saja bentuk lurus  paling mudah dilakukan. Lakukan hingga adonan habis.

Masukkan loyang berisi adonan ke dalam freezer, bekukan adonan selama 2 jam. Sebenarnya adonan bisa langsung anda semprotkan ke wajan berisi minyak panas dan langsung digoreng, hanya saja biasanya bentuknya menjadi kurang cantik, dengan membekukannya sebentar di freezer membuat churros menjadi keras dan kala digoreng tetap mempertahankan bentuknya. 

Lepaskan churros dari loyang dengan cara mencongkel salah satu ujung/sisinya dengan pisau. 



Siapkan wajan anti lengket, isi dengan minyak agak banyak dan panaskan. Pastikan minyak benar-benar panas. Goreng churros dengan api sedang hingga coklat keemasan. Jangan memasukkan banyak-banyak adonan churros ke wajan karena saat digoreng churros akan mekar. Angkat dan tiriskan di wadah beralas tissue dapur.

Tata churros di piring, santap dengan taburan gula bubuk atau siraman coklat leleh diatasnya. Saya menggunakan susu coklat kental manis karena praktis dan mudah. Yummy!


Adonan churros yang sudah beku juga bisa anda simpan di freezer dalam plastik rapat dan goreng saat akan disantap. 


Sources:
Web Cooking Panda - Churros and Chocolate 
Wikipedia - Churro
Wikipedia - Choux pastry



132 komentar:

  1. tumben hari Senin update blog, hehe...
    JTT dah mejeng di Dapur Manis. Kalo ada update terbaru bisa langsung meluncur ke sini nih. Makasih ya mba Endang...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Rina, sip, saya udah daftar jadi follower Dapur Manis juga hahah, resep2nya mantep2 Mba dan yang masak memang jagoan banget. Sukses ya Mba Rina, :)

      Hapus
    2. Mba, td siang aku bikin churos ini, stlh digoreng kok jadinya lembeeekkkkk bgt, ga kyk difoto, ga mirip churos sama sekali. Tadi aku mau tanya dimana letak salahnya, eh pas aku baca lg, ternyata aku salah baca takaran terigunya, harusnya 180 aku cuma 110, hehehe, pantes lembek bgt. Kapan2 aku mau coba lg ah. Td aku jg bikin es krim mangga, tp kenapa ga halus y? Dimana salahnya mba? Makasih

      Hapus
    3. es krim mangga harusnya halus karena pakai krim yang dikocok hingga kental dan kembang, kalau kurang halus mungkin krimnya kurang dikocok hingga kembang ya.

      Hapus
  2. wahhh....ternyata terjawab sudah, better dibekukan yah mbak. pas liat gambar kok adonannya yg udah jadi bisa diangkat2 secara hasil ku waktu itu kayaknya lembek aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Inna, betul Mba, dibekukan dulu saja, nggak perlu ditutup gak papa kok, kalau sudah keras baru di goreng. ^_^

      Hapus
  3. ah emang yaa kalo nongkrong di JTT selalu bikin betah tapi...cleguks teruusss...:D
    salam kenal mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Pujie, salam kenal juga ya, thanks atas komentarnya. Saya yakin Mba Pujie lebih jago masak dibandingkan saya ^_^. Sukses ya.

      Hapus
  4. churros emang paling yahud....
    aku ga bisa berhenti makan ini...
    resepku agak sedikit beda tipis dari py mbak. lupa dari mana itu sumbernya. ga inget jg aku... hahhahha
    http://getscrazyonafullmoon.blogspot.com/2012/09/lets-get-crazy-for-churros.html

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Irma, thanks sharingnya ya. Yep, churros memamng yummy. ^_^ dan iya, sama kok bentuk dan resep churros yang kita buat, jadi rasanya saya yakin nggak beda.

      Hapus
  5. pagi, mba
    rencana nya baru mo coba resep ini, hehe...
    mo tanya, klo misalny saya bikin adonan churros ny malem, baru mo digoreng besok paginy, dan semalaman adonannya ditaro di freezer bisa ga yah? takut nya terlalu keras :D
    makasih mbaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. pagi Mba Icha, yep bisa kok. Adonan di bentuk dulu malamnya, masukkan ke freezer hingga keras, kemudian masukkan di wadah rapat (tupperware atau kantung plastik), simpan di freezer. Besoknya baru digoreng, waktu saya membuat churros ini masih ada sisa kue yang belum dogoreng, saya masukkan freezer juga. ketika terkena minyak panas, kue akan meleleh dan mengembang karena kandungan mentega tinggi.

      Hapus
  6. Thx mba buat resep churrosny, mudah dan hasilnya enak. Oiya krn saya penggemar milo, jd churrosny setelah digoreng saya taburin pakai susu bubuk milo. Enaaaaak,,, :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Icha, sipp senang mendengarnya. Wah ditaburi milo sepertinya yummy, boleh juga tuh hehehe

      Hapus
  7. Salam kenal mbak.. Thx yaa bwt resepnya. Aku cb bkin churros sabtu ini. Tp aku modif pk kentang jg slain terigu.. Trnyt makin yummy jg.. Renyah diluar & lembut didalam. :D Msh churros ga ya namanya klo pk kentang gn.. Hehehehe.. ;D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, modifikasinya oke juga tuh, enak keknya kalau pakai kentang ya? Bisa minta takaran modifikasinya Jeng? Hehehe, saya kalau pakai2 kentang suka penasaran wakkaka. Thanks sharingnya ya.

      Hapus
  8. kemarin sempet nemu churros versi asin, adonannya dikasih daun ketumbar, sausnya dicampur sama udang. walau super duper enak, tetep versi manis lebih mantap.
    makasih resepnya mba!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Sari, yep menurut saya versi manis lebih pas untuk churros apalagi dicelup ke saus coklat. Yummy!

      Hapus
  9. Dear Mbak Endang,

    Sukses juga ahirnya bikin churros pake resep mbak endang.....tengkyu mbak. btw, buka les masak dong mbak, aku ikutan hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Septi, wah senang mendengar churrosnya oke. hmm saya belum pede buka les masak wakakka. thanks sharingnya ya, sukses selalu! ^_^

      Hapus
  10. mbak saya udah coba resep churros ini, praktis ya..sudah tiga kali saya buat dan selalu laris sama suami+anak, sekarang jadi favorit di rumah nih, bikinnya cepet dan rasanya enak :) thanks for sharing resepnya ya mb :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sari, senang sekali membacanya, thanks sharingnya disini ya Mba, moga suka dengan resep lainnya ya ^_^

      Hapus
  11. Mbak Endang.. ini dah dicobain di rumah, jadinya nyetok di kulkas kalo pengen tinggal goreng.. cemilan baru yang langsung jadi favorit dan keluarga yang nyobain jadi pada nanyain resepnya.. hihihihi.. pada kuforward ke sini sihh, biar bs nyobain resep2 yang lain.. makasih banyak ya Mbaak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul Mba Dini, saya juga waktu bikin churros kebanyakan digoreng semua akhirnya saya freezer saja hehehheh. thanks sharingya ya Mba, sukses selalu ^_^

      Hapus
    2. Sukses selalu juga buat Mbak Endang.. ^_^ Mbak, kalo mau tambah keju bisa? berapa banyak dan bahan apa yg dikurangin? Makasih Mbak..

      Hapus
    3. saya belum pernah pakai keju di churros mba, mungkin bs tapi takarannya mba kudu kira2 sendiri ya hehee

      Hapus
  12. Mba endang, saya uda nyoba churrosnya, tapi adonanya keenceran jadi pas di cetak turun meluber gitu huhu. itu kenapa ya mba, pdhl saya uda buat sesuai resep, apa telurnya yg kebanyakan (saya pakai 4 butir). makasi banyak sebelumnya ya mba, saya termasuk fans nya blog mba endang hihi ^^v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Titien, masak adonan sampai kering dan kesat ya, dan kocok dengan mikser ketika telur masuk, mikser membuat uap air lenyap dari adonan dan membuat adonan tidak terlalu basah.

      Hapus
    2. Kasusnya sama nih.. terus saya tambahin tepung biar agak bisa mbentuk.. kirain kebanyakan telur, ternyata kurang lama masak adonannya ya.. kudu coba lagi nih, yosh!

      Hapus
    3. Yep Mba Novi, itu kunci membuat adonan choux pastry ya seperti churros dan kue sus.

      Hapus
  13. halo Tante, kemarin saya sudah coba resep ini. sudah saya bekukan tapi tak kunjung mengeras. tapi tetap saya goreng dan langsung ludes habis. dan saya sangat senang. itu resep pertama yang saya coba dari resep tante lhoo. besok pengen bikin pem-pek tanpa ikan. wish me luck ya. sukses selalu tante. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Non Nimas, wah kok gak bisa beku? Kurang lama kali ya dikulkas. thanks sharingnya ya, moga sukses trial pempek dos-nya yaa heheheh

      Hapus
  14. Halo mbak, salam kenal :) aku baru aja kemarin sore bikin churros pake resep mbak ini, tapi gak versi yg frozen dan jadinya suksesss, hehe seneng banget resepnya passs, thanks mbak!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shanti, salam kenal juga ya, wah senang sekali churosnya oke dicoba. Thanks sharingnya yaaa

      Hapus
  15. Mbak Endang, saya pingin nyoba resep ini tapi kok tumben bahan telurnya banyak, biasanya mbak Endang irit telur hehehe, oiya mbak mau cerita sedikit, gara-gara sering pajang foto hasil karya kue di facebook, jadinya ada aja teman yang pesan terutama Cake Pisang Chocochips, seneeeng banget deh mbak. Trims ya mbak resepnya. Sanny sby

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Sanny, adonan churros mirip sama adonan kue sus ya (choux pastry) dan memang banyak menggunakan telur. Kalau mau irit buat setengah resep saja hehehe, karena memang dari sananya sudah seperti ini, takutya kalau dimodif malah bantat.

      wah moga makin sukses pesanannya yaaa ^_^

      Hapus
  16. Halo mba Endang,
    Mau nanya nih..kalo.churros ini dipanggang bisa enggak ya mba?
    Tengkiu sebelumnya...

    ~carla~

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Carla, bisa dipanggang ya, karena sebemarnya mirip dengan kue sus ya.

      Hapus
  17. mba endang aku udah buat churros seminggu yang lalu, tapi adonannya lengket banget jadi susah di bentuk jadi malah mirip stik keju karna gak bisa di bentuk yang cantik2 gitu tapi rasanya enak. lain kali aku mau masukin kulkas dulu supaya gam mpang di bentuk. menurut mba endang gimana ideku ini? balas yooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Nhoviie, memang adonan churros lengket banget, seperti adonan kue sus, dan gak bisa dibentuk begitu saja dengan tangan seperti stick keju yang umum. Adonan harus masuk kantung plastik dan disemprotkan ya. Kalau mau masuk kulkas, itu dalam kondisi adonan sudah dicetak dan di bekukan, tujuannya supaya mudah digoreng dan bentuknya tetap cantik.

      Hapus
  18. Mba mau tanya adonan itu jika tdk di bekukan bisa tahan berapa lama ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sepertinya 2 - 3 hari saja di chiller ya dalam wadah tertutup

      Hapus
    2. Maaf mbak mau tanya juga, adonan churros ini kalau dimasukin freezer kira2 bisa tahan brapa hari ya? Makasih

      Hapus
    3. freezer bisa tahan 1 bulan lamanya ya mba

      Hapus
  19. Hey mba endang,salam kenal aku ibu muda bernama Tinna.Hari ini aku baru selesai buat adonan churosnya loh.aku modif pake kentang rebus 4 biji + air nya aku ganti dgn susu ultra full cream ukuran 250ml.wah rasanya krenyes-krenyes di tambah taburan gula halus+bubuk kayu manis terus dicelupin ke dalam coklat yg sudah aku cairin pakai susu ultra juga.Laris manis nih churros ini :9

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Tina, thanks sharingnya ya Mba. Wah mantap banget modifikasi churrosnya yaa, jadi ngiler hehehheh

      Hapus
  20. Mba endang ijin share inti resep di facebook sama blog saya ya ;)
    makasih sebelumnya

    BalasHapus
  21. mba, kbetulan sy punya mentega putih byk, klo dipake ke adonan churros ini gmn ya mba? mggntikan mentega or mrgrine nya? :) trus klo bikin saus coklat, DCC di tim n dicampur mentega putih enak g y mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Elsa, sama saja seperti menggunakan margarine/mentega biasa ya mba. bisa juga untuk campuran DCC, menurut saya mentega putih kurang enak rasa dan aromanya ya. Dan di churros kurang bisa memberikan warna kekuningan

      Hapus
  22. kalo sdh digoreng teksturnya renyah garing atau kaya donat.. aku mau coba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak kaya donat yaa, beda. churros itu adonannya seperti kulit kue sus, nah kalau dogoreng kering permukaannya mirip kue sus kering, tapi dalamnya lebih lembut

      Hapus
  23. bedanya apa mbak pake tepung terigu protein tinggi sm yang sedang/rendah? apa hasilnya lebih renyah atau bagaimana?? Terus saya jg udh pna buat, tapi gak pny cetakan, jd ukuran kayak cakwe besar2, cm gak renyah ya?? knp itu mbak??

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kue atau cake saya biasanya pakai tepung terigu protein sedang dan rendah karena lebih renyah hasilnya. protein tinggi untuk roti dan mie, supaya adonan kenyal. ini masalah kandungan gluten saja di tepung ya.

      churros ukurannya kecil2 sebesar jari tangan, terlalu besar hasilnya gak mau kering mba

      Hapus
  24. mbak endang, aqu penggemar berat JTT lohhhh
    makasih banyak ya resep churros'nya. bisa untuk jualan nihhhh
    terus berkarya ya mbak endang, sukses selalu (^_^)

    *vinna*

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Vinna, thanks ya sudah menjadi penggemar berat JTT. Senang sekali resep2nya disuka. Sukses juga buat Mba dan jualannya ya ^_^

      Hapus
  25. Hallo Mbak
    mau tanya nih soal menteganya. Dari website dan buku yg aku baca banyak yg pake unsalted butter. Kira2 ngaruh gak hasilnya antra unsalted butter sama margarine bysa?

    thanks
    Dhana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dana, butter dan margarine jelas akan memberikan rasa berbeda. Butter/mentega tentunya lebih enak dibanding margarine. untuk tekstur churros sih sama saja hasilnya, hanya rasanya saja yang beda. Tapi kalau margarinenya oke, enak2 saja kok rasanya

      Hapus
  26. Halo mbak endang, itu kalo churros setelah digoreng simpan dlm toples buat lebaran tahan berapa lama? Melempem gak ya? Makasi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba Devy, churros bukan jenis kue kering ya, jadi mirip2 kulit kue sus. Setelah dgoreng harus langsung dimakan karena terlalu lama akan melempem,

      Hapus
  27. aku juga suka ni mampir ke sini liat resep nya ....mba endang ...salam kenal ya

    BalasHapus
  28. Halo tanteee. Saya ana dr bali,. saya suka sekali sama blog tante ini kmrn saya berhasil buat JCC nya looooh.. lembut dan ngeju bgt saya sampai terharu :' hehe
    nah.. saya mau tanya nih setelah saya ubek2 blog tante ktemu resep churros ini, saya sudah 2x bkin churros dgn 2 resep yg berbeda pula cuma saya trauma utk buat lg krna churrosnya nyerap minyak byk skli, kalo resep tante yg ini gmn? Nyerap minyak byk jg kah? Kalau nggak, apa krna dlm keadaan beku lgs d goreng makany nyerap minyaknya sedikit?

    Makasi byk tante.. tetap berkarya dan jadi inspirasi bagi kami semua :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Ana, salam kenal ya, thanks atas shairngnya dan senang sekali JTT disuka ya. Wah selamat buat JCC nya yaa, senang bacanya cakenya berhasil wakkak,saya sendiri kadang masih guagal hehehhe

      churros ini gak terlalu nyerap minyak, mungkin karena dibekukan dulu ya.

      Hapus
  29. Salam bu Endang..saya sdh baca resep2 anda..terutama ttg churros..kalau diresep pembuatannya ditambahin powder rasa seperti cappucino,tiramizu atau oreo bisa ngga ya? Terima kasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo, saya rasa bisa ya, saya sendiri belum pernah coba jadi untuk takarannya silahkan di kira2 sendiri ya, tapi menurut saja bs kok

      Hapus
  30. Olla mbk endang...makasi yaa...saya baru pertama kali buat. Dan termasuk nekat...haha...ga bisa pegang spuit dgn benar pula...hadeh. tapi berhasil! Thx yuaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Yunda, wah mantapp, thanks sharingnya ya, kalau instruksi dan resep diikuti seksama pasti berhasil kok hehhehe

      Hapus
  31. Salam kenal mba. Aku termasuk salah satu penggemar blog ini. Aku sama sekali tidak bisa memasak tapi karena blog ini sekarang sudah mulai tertarik untuk mencoba memasak. Oh iya aku sempat bikin nugget yg pake mayo. Hasilnya enak. Hehehe. Oh iya mba untuk crurros jika mengaduk tidak pake mixer bisa ga ? Soalnya aku ga punya. Hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal mba rian, thanks ya sudah menyukai JTT. untuk churros bs diaduk manual ya, fungsi pengadukan untuk melepasakan uap air di dalam adonan sehingga adonan gak basah.

      Hapus
  32. Hallo mba endang.. saya anna fans blog ini ;)
    saya suka sekali resep churros mba endang, karena selalu laris manis di rumah, tapi ada kendalanya ni mba, beberapa kali saya buat adonanny kenapa selalu lembek ya mba saat dispuit? Pernah saya coba mengurangi jumlah telurnya tapi malah jadi susah adonannya keluar dari spuit, bagaimana ya mba solusinya ?? Padahal rasanya uda memuaskan banget tapi selalu kendalanya saat ngebentuk, maaf mba banyak tanya, hehehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Anna, salam kenal ya. coba adonannya dimasukkan dulu ke dalam kulkas 30 menit sebelum di spuit, mungkin bs membuat adonan jadi lebih keras dan pekat ya

      Hapus
  33. Makasi mba,, kemarin saya coba saran mba dan memang berhasil!! Mba endang emang TOP hehehehe...,,
    Oiyaaa mba makasi juga karena berkat resep2 kue dari blog ini saya jadi punya tambahan penghasilan dari berjualan kue.... :D mba sangat mengispirasi!!!
    Dan saya sangat sukaaaaa sekali karena mba ga pernah bosen menjawab pertanyaan2 dari kita..
    #pelukcium buat mba endang!!! -dari anna di bali.. :*-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Anna, thanks sharingnya ya, senang sekali tipsnya sukses dicoba. Wah sukses dengan usaha jualannya yaa, moga makin berkembang. Hug!

      Hapus
  34. mbak salam kenal, selama ini jadi silent reader:)) gara2 masuk ke blog ini jd kepikiran bikin snack buat balitaku yg lg ogah maem, alhamdulillah dia suka banget,, makasi ya mbak endang..:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal ya Mba Risti, thanks ya, senang sekali resepnya disuka ya. salam

      Hapus
  35. Mbak aku nyoba resep mbak ini tapi aernya kuganti susu terus pas dgoreng trlalu merekah jadinya ga keruan bentuknya. Hiks. Bingung aku mbak. Ap harus bener beku dulu baru digoreng. Tapi kalo dari segi rasa so yummy. Ga kalah sama yang djual cuma tampilannya aja acak kadut

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba mimie, wah saya bingung kenapa jadi merekah, mungkin faktor susu ya, next time coba pakai air saja, rasamya tetap enak kok.

      adonan churros nggak harus dibekukan kalau mau digoreng, saya bekukan untuk mempertahankan bentuk saja ya mba.

      Hapus
  36. Halo mba endang,
    Salam kenal yaaaah :)
    Aku mau nanya dong, kalo bikin saus coklat nya pake merk apa mba? Aku kalo pake collatta ngerasa agak kurang enak. Hehe
    Makasih sebelum nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba nola, salam kenal juga ya mba.

      saya kemarin baru coba pakai Carat dari puratos, rasanya menurut saya lebih enak ya hehhehe

      Hapus
  37. Mau nanya nih mba, kalo buat churos yg agak keras dikit, kriuk2 gitu,.. Gimana yah?. Kriuk2 dan tahan lama mba, bisa di taruh di toples, dan ada toping coklatnya (coklat batang). Makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, sayangnya churros ini nggak kriuk2 ya, mungkin yang mba maksud bukan churros ya tetapi kue kecipir yang mirip churros terbuat dari tepung ketan, teksturnya kriuk2

      Hapus
  38. Mbak kalo ga pake mixer bisa ga ya?? Diaduk biasa pake spatula gtu pas masukin telor ?
    Soalnya ga ada mixer nih mbak..
    O iya gula halus nya itu bisa ya bikin dari gula pasir yang diblender?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lely, saya tidak pernah sukses mengaduk biasa tanpa mikser ketika membuat churros atau kue sejenisnya seperti kue sus. Jadi saya selalu mengaduk menggunakan mikser.

      yep, gula halus dari gula pasir diblender ya

      Hapus
  39. Halo mbak.. demi belajar masak akhirnya saya beli mixer juga hahaha..
    tapi gagal mbak churos nya . Hiks.. lembek pas di spuit. Jadi bentuknya ambyar datar2 gitu.. ini masih dibekuin. Tadi nyoba 1 biji langsung digoreng tanpa dibekuin. Kok empuk kayak donat kayak cakwe gitu ya...
    baru baca komen2 disini oh ternyata adonannya masaknya kudu lama ya biar kering.
    Kapan2 di coba lagi lah...
    makasih resep2nya ya mbak..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba lely, adonan churros prinsipnya sama seperti kue sus ya, hasil churros juga bukan kriuk2 tetapi empuk, garing diluar tapi pembut didalam, yep kaya donat heehhe

      bagian memasak adonan adalah poin paling penting, jadi pastikan masak sampai kering supaya adonannya gak basah ketika telur masuk.

      Hapus
  40. Hallow mb Endang, perkenalkan Diah, saya penggemar berat karya mb Endang JTT.. hihii.. mau tanya dong mb, saya coba resep churrosnya, sudah sesuai resep dan sudah dibekukan jg, tp pas digoreng kok ngembang/merekah bgt yak mb? apa ngocok adonan + telurnya gk boleh lama2 yak mb?? trima kasih ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba Diah, memang agak sedikit merekah ya, mungkin apinya terlalu besar sat menggoreng. Untuk proses pengocokan asalkan sudah smooth sudah cukup ya

      Hapus
  41. Pagi mbak untuk takaran 180 gr terigu itu jadinya berapa biji churros ya kira kira? Terima kasih mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba riang, susah mengukur churros ya, karena tergantung dari panjang pendeknya kue yang dibuat

      Hapus
  42. Gara-gara kepengen cepet, adonan terlalu encer pun saya cetak, akhirnya susah beku mba wkwkwk
    gak tau nii, suka gak sabaran aja. .:D
    Tapi, enak mba rasanya, kayak sus goreng ya, tapi dalamnya smooth???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Mba Risa, yep memang seperti sus tetapi dalamnya empuk ya. Cuman adonan churros nggak encer mba, pekat padat dan agak susah di spuit malahan

      Hapus
  43. mba kmrn saya bkin churros dan saya beku kan, tp kok adonannya ttp lembek ya ga keras? slh nya dimana ya mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. terus terang saya bingung ya Mba Wienta, teorinya semua makanan basah masuk freezer pasti beku ya mba, termasuk churros ya.

      Hapus
  44. Mbak.. saya uda 2 kali nyoba resep churros.. tekturnya kering d luar tapi dalemnya lembek gt kek adonan belum mateng.. apa emang gt kah yg namanya churros? Maklum belum perna nyobain churros versi aslinyaa .. hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. churros itu sebenarnya mirip kue sus mba hanya saja digoreng, jadi memang luar crispy dan dalamnya empuk, jangan dibayangkan seperti kue kecipir yang keras ya

      Hapus
  45. Mba aku mau nanya dong.
    kalau di simpan freezer kan sudah beku adonannya, itu kita tunggu gak beku dulu baru digoreng atau gimana yah? dan juga kalau sudah di cetak, di bekukan semalaman/lebih gak apa kan mba?
    sama berapa lama tahan kalau di freezer nih? mau di buat nyetok kalau kalau pingin ngemil hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya biasanya dalam kondisi beku saya goreng, kalau ditunggu suhu ruang ntar lembek lagi ya dan tidak berbentuk saat digoreng. bs tahan 1 bulan di freezer ya

      Hapus
    2. ah iya mbak bagusan pas beku hehe. aku susah banget nyetaknya haha maklum belum handal. makasih mbak resepnya, tapi kalau adonannya di tambahkan gula juga enak hehe. jadi churrosnya manis gitu

      Hapus
    3. Thanks Mba sharingnya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  46. Mbk endang sy barusan cb resep ny. Tp knp ya setelah digoreng jd merekah, sm orang rmh dikira cakwe. Tp rasanya tetep enak mbk. Bentuk ny yg bikin sedih. Kenapa ya mbk? Trims
    Flo-Surabaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Flo, mungkin minyaknya terlalu panas dan api terlalu besar ya mba.

      Hapus
  47. Mba aku dah nyoba bkin churosnya. Terigu 1/4 kg aku pke setengahnya. Telornya cm satu. Tp bntuknya bis dgoreng jd ga bgt cntik. Knp ya mba? Apa kurang trigu? Dlemnya msh lembut gt.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin terlalu lembek ya, sehingga ketika dibentuk tidak oke. Tambah terigu kayanya mba.

      Hapus
  48. Mba bedanya kalo di kasih unsalted butter atau mentega blue**** apa yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama saja ya, yang penting takaran lemak (margarine atau butter) sesuai resep ya

      Hapus
  49. Mba. Churros yg sudah matang tahan berapa lama ? Kalo 2 atau 3 hari bisa gak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba mentari, churros akan memberikan rasa dan tekstur terbaik ketika baru saja digoreng, ketika dingin sudah kurang oke/melempem, jadi tidak bs disimpan. kalau mau simpan, simpan adonan mentahnya yang sudah dicetak di freezer. Langsung goreng ketika akan disantap

      Hapus
  50. Haii kk mau tanya gmn yaa carany biar churros gk mudah lempem/ttp garing dn renyah ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mBa tri, churros harus disantap langsung ketika habis digoreng, memang seperti itu, terlalu lama di suhu ruang akan melempem

      Hapus
  51. Halo mba, saya mau nanya, kenapa ya pas saya nyoba simpan hasil cetakan churros dalam freezer, bawahnya gepeng/flat?
    Makasih mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, memang jadi flat bawahnya, punya saya juga begitu, kalau nggak mau flat langsung cetak diatas penggorengan mba.

      Hapus
  52. mba , mau nanya , tekstur bagian dalem churrosnya itu kering&kopong apa lembut dan berisi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidk kopong ya, tapi teksturny empuk kaya kulit kue sus

      Hapus
  53. Hai slm knal mba endang.. sya udh lama jd pngunjung setia jtt dn cobain resep2nya.. smw nya ga prnh gagal, sya share jg d c*****d tentunya tak lupa sya tulis sumbernya, sya bkin adonan churos ini malam kmren breng anak sya yg SMA utk d jual di bazar hr ini.. alhamdulillah laku bgt mba (anak sya yg ikutan bazarnya).. mksih bnyak ilmunya ya mba.. smg Alloh melimpahkan rizki dan kesehatan yg barokah bt mba sekeluarga aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal Mba, thanks sharingnya ya, senang resep churrosnya disuka. sukses yaa

      Hapus
  54. sampai beku dan keras, waktunya bs bermacam2 tergantung freezer. intinya kalau beku maka churros mudah disimpan bertumpukan di plastik tanpa lengket satu sama lain. Kalau cuman 1 malam gak papa di loyang, lebih dari itu kudu masuk wadah kedap udara supaya aromanya gak bau freezer

    BalasHapus
  55. haloo, saya mau tanya. kalo adonan churros gak disimpen di kulkas bisa tahan semaleman gak ya? remcananya saya mau bikin adonan malem ini, digorengnyab besok pagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, karena adonan mengandung telur menurut saya tdk bs ya, harus masuk kulkas ya mba

      Hapus
  56. Haloo mbak endang... ketemu lg hehe semalem baru nyobain bikin churros pake resep JTT buat bekal anak hari ini. Agak kaget pas liat hasil akhir adonannya sedikit berbeda dgn resep yg biasa aq pake. Resep dari JTT ini adonannya lebih lengket & lebih lembek. Jd klo mau dibentuk macem2 bener2 harus masuk freezer. Pengalaman kemaren pas bikin masuk kulkas bawah semaleman adonannya ga bisa mengeras. Kalo pake resep yg biasa aq pake, ditaruh kulkas bawah adonan udah bisa mengeras. Tekstur stelah digoreng jg sedikit berbeda, mungkin krn perbedaan jumlah telur. Eniwei, ga pernah bosen lah nguprek2 resep dari JTT. Thank you so much mbak. Sukses slalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Eka, yep memang adonan lembek ya, jadi saya sarankan masuk ke freezer supaya beku dan keras. Saya yakin ada banyak varian resep churros, jadi kembali ke kenyamanan kita masing2 untuk memilihnya ya.

      Hapus
  57. Halo mbak,mau nanya nih,penggunaan susu cair menggantikan air it berpengaruh pada tektur dan rasa gak??satu lagi d beberapa resep aku liat tepung ny it d mix antara tepung protein sedang sama tinggi,it gpp mba?masih mencari resep yg pas biar churros ny garing d luar moist d dalam,percobaan prtama churros ny terlalu lembek :'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Delia, bisa2 saja, tapi saya belum pernah coba. Tepung boleh di mix mba. Memang harus trial error ya

      Hapus
  58. Mau tanya mbak spuit yang digunakan jenis atau ukuran yang apa ya? Saya pake ukuran 8b dan kebesaran jadi kurang bagus bentuknya

    BalasHapus
  59. Mba punyaku berakhir menjadi sus goreng 😂

    BalasHapus
  60. Mb, dalam adonan diberi gula kira" takarannya berapa ya?

    BalasHapus
  61. Saya ingin bertanya Bu Endang. Untuk Churrosnya sendiri bisa bertahan berapa lama ya, Bu? Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. churros kek donat, mungkin 2-3 hari masih ok, saya gak pernah simpan lebih dr sehari

      Hapus
  62. Klu untuk dijual dan dimasukkan kedalam plastik yang telah disealer (direkatkan)... kira kira tahan berapa lama ya mbak?

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...