29 June 2012

Obsesi Roti 22: Lelehan Coklat dalam Kelezatan Brioche


Hari Minggu kemarin saya bersama salah satu komunitas backpacker melakukan traveling ke Garut, tepatnya ke situs candi Cangkuang. Walaupun makan siang dan break telah dipersiapkan oleh pihak panitia namun dasarnya saya, tetap saja kepala ini sibuk memikirkan bekal makanan yang akan dibawa. Pilihan tentu saja jatuh ke roti, makanan yang simple dan praktis, dan roti yang saya pilih kali ini adalah brioche. Umumnya brioche hanya berupa roti plain biasa tanpa isi apapun, atau dengan tambahan chocolate chips dan buah kering. Membayangkan harus menyantapnya dengan selai terasa merepotkan sekali, tapi alamak! Walaupun saya telah membongkar kulkas hingga dua kali tetap saja sekantung chocolate chips yang saya ingat masih ada di sana tidak saya temukan. Akhirnya saya pun berkreasi menggunakan cincangan coklat blok. Hmm, walau tampilannya menjadi sedikit berantakan karena coklat blok yang saya pakai terlalu banyak, namun rasa brioche dengan lelehan coklat di dalamnya ini sungguh yummy!


25 June 2012

Intermezzo: Cangkuang, Candi Dalam Dekapan Danau


Intermezzo sedikit untuk menampilkan hasil jeprat dan jepret saat bertamasya bersama komunitas backpacker Sahabat Budaya, hari Minggu lalu di Candi Cangkuang, Garut. Sebuah candi yang berada di pulau yang dikelilingi danau cantik dan berpagarkan jajaran gunung-gunung gagah yang terlihat membiru dari kejauhan. Langit pun seakan turut meramaikan travel murah meriah kami dengan tampilannya yang begitu cemerlang membuat saya berulang kali mengucap syukur kepada Yang Kuasa atas keindahan Ibu Pertiwi kita. Enjoy!

23 June 2012

Membuat Bakso Daging Ayam yang Kenyal! Sungguh!


Belum bosan kan dengan artikel saya tentang bakso? Kali ini saya akan mengajak anda untuk mencoba membuat bakso daging ayam. Sebagaimana tantangan membuat bakso lainnya maka kali ini pun sama, bakso harus kenyal, elastis dan padat. Membuat bakso yang sesuai harapan sepertinya menjadi petualangan saya tanpa akhir, entah telah berapa kali saya membuat bakso, hasilnya belum memuaskan. Namun saya telah cukup berbesar hati ketika dengan sedikit perjuangan berhasil membuat bakso ikan yang laziz. Resep dan proses pembuatannya anda bisa klik dipostingan saya Membuat Bakso Ikan: Homemade Fish Balls


Sebenarnya saat membuat bakso daging ayam ini saya juga sekaligus membuat bakso dari daging sapi. Again? Yep, rasa penasaran saya masih tinggi untuk mencoba menaklukkan bakso yang satu ini. Beberapa kali mencoba membuatnya hasilnya masih mengecewakan, entah bakso berakhir bantat atau bakso dengan permukaan berbintil hingga bakso terasa alot seperti karet ketika di kunyah. Dan eksperimen bakso daging sapi kali ini pun tidak terlalu memuaskan, walau cukup elastis dan lezat, namun tampilannya alamak, sama sekali tidak layak untuk tampil di blog. Karena itu saya tunda untuk mempostingnya. ^_^


21 June 2012

Cake Kukus Pelangi: Alangkah Indahmu!


Pelangi pelangi, alangkah indahmu
Merah, kuning, hijau, di langit yang biru
Pelukismu Agung,  siapa gerangan
Pelangi, pelangi, ciptaan Tuhan!

~AT. Mahmud~

Hafal luar kepala dengan lagu di atas? Jika anda berasal dari anak-anak generasi tahun lawas seperti saya, pasti lagu ciptaan Bapak AT. Mahmud di atas tidak asing lagi di telinga dan lidah. Sejak lidah bisa melafalkan kata dan kalimat, maka Ibu dan Bapak kita pasti mengajarkan lagu ini bersama sederet lagu wajib lainnya seperti... "Satu, satu aku sayang Ibu, dua dua aku sayang Ayah" yang kemudian sering diplesetkan anak-anak sekarang menjadi.... "Satu, satu aku sayang baby sitter, dua dua aku sayang baby sitter lagi....". Setidaknya itu yang biasanya dilakukan oleh dua keponakan saya yang lucu ^_^. Okeh, walaupun saya penggemar dan pengagum berat Bapak AT. Mahmud dan lagu-lagu indahnya, kali ini saya tidak akan membahas mengenai karya ciptaan beliau, melainkan pada cake pelangi yang tampilannya cantik full color ini. 

Dan semua itu berawal dari...


19 June 2012

Lumpia/Egg Roll Crispy Isi Daging Sapi, Wortel & Tauge


Beberapa waktu yang lalu kantor saya mengikuti pameran yang diselenggarakan oleh sebuah majalah di Pacific Place, tepatnya di ballroom Hotel Ritz Carlton. Acara pameran berlangsung selama dua hari, dan selama waktu tersebut tentu saja (bagi saya) merupakan acara untuk menggemukkan badan karena sebagai salah satu penjaga stand maka saya pun bisa menikmati makan siang dan coffee break ala Ritz. Makanan yang tersedia melimpah ruah dan diolah dengan aneka masakan yang sebenarnya ala Asia hanya saja terasa hambar di lidah Asia saya. Namun dari sekian masakan yang saya bahkan telah lupa dengan jenisnya, ada satu kudapan yang saya akui lezat. Egg rolls alias lumpia-nya! Berbentuk imut dengan isi yang sangat padat dengan taste yang gurih dan pas di lidah membuat saya cepat-cepat memenuhi piring kecil di tangan dengan lima buah egg roll. Ketika Rudi, rekan kantor saya mendelik melihatnya, saya pun dengan enteng berkelit, "Maklum, nggak sempat sarapan di rumah". ^_^


17 June 2012

Nasi Tim Ayam: Seriously Delicious!


Siapa bilang nasi tim ayam hanya untuk yang sedang sakit? Hmm, bagi yang sedang sehat pun sah-sah saja menyantap nasi tim seperti yang saya lakukan weekend ini. Proses pembuatannya sebenarnya terbilang mudah hanya saja saran saya, persiapkan terlebih dahulu semua bahan yang anda perlukan, perhatikan setiap tahapannya sehingga saat anda beraksi memproses semua bahan di atas kompor, semua berjalan smooth dan cepat. Selain itu jangan langsung menyerah membaca resep dan proses pembuatannya yang saya tuliskan di bawah, walau terlihat banyak namun sebenarnya bahan-bahan yang digunakan sangat sederhana. 


Sebagaimana masakan yang dipengaruhi oleh kuliner China maka jangan lupa untuk menyediakan kecap asin (soy sauce) dan minyak wijen (sesame oil) di dapur anda. Kedua bahan ini walau tidak mutlak namun akan memberikan rasa yang spesial pada nasi tim yang anda buat. Selebihnya, saya yakin bahan-bahannya pasti tersedia di dapur anda. Jika anda menyukai aroma berbeda boleh tambahkan 2 helai daun pandan saat menumis nasi, membuat nasi tim menjadi lebih harum aromanya. Namun yang jelas, nasi tim ini super lezat, lembut, dengan sari ayam dan bumbu yang meresap hingga ke dalam setiap butiran nasi. Benar-benar serius sedapnya. ^_^


15 June 2012

Sup soun dengan bakso & perkedel ikan buatan sendiri


Berhasil membuat bakso ikan dan perkedel ikannya? Hmm, saatnya semua itu kita santap bersama kuah sup dengan bumbu sederhana yang laziz. Jika anda tertarik untuk mencoba  membuat homemade bakso ikan dan perkedel ikan (fishcakes) seperti yang saya buat maka silahkan klik  link disini dan disini. Saran saya jika anda telah berhasil membuat pasta ikannya maka buatlah menjadi bakso dan perkedel sekaligus. Anda tidak akan kecewa dengan hasilnya. Kedua makanan tersebut bisa anda olah menjadi sup dengan tambahan soun, bihun atau mie telor, atau sebagai campuran mie dan nasi goreng, mantap juga untuk diolah menjadi bahan cap cay. 

13 June 2012

Membuat perkedel ikan yang spongy & springy : Homemade Fishcake


Beberapa waktu yang lalu saya telah menulis artikel bagaimana membuat bakso ikan sendiri di rumah, bagi anda yang tertarik untuk membacanya silahkan klik link di sini. Nah kunci utama membuat bakso ikan yang kenyal, spongy dan springy adalah pada proses pembuatan fish paste atau pasta ikan. Walau sangat mudah namun prosesnya terbilang cukup merepotkan karena adonan ikan yang telah tercampur dengan bumbu dan bahan lainnya harus anda banting-banting di talenan hingga kalis. Proses ini terbilang ampuh karena serat-serat daging ikan menjadi menyatu, smooth dan shiny. Hasilnya ketika direbus maka bakso pun memiliki tekstur berongga dan kenyal. Makanan buatan sendiri tentu saja lebih sehat dan lebih terjamin kualitas bahan-bahan yang digunakan dan bakso ikan buatan sendiri ini sudah tentu tanpa obat bakso atau tambahan bahan kimia lainnya namun mampu memiliki tekstur yang kenyal sebagaimana bakso yang dijual di supermarket atau pasar.


12 June 2012

Obsesi Roti 21: Panettone - Roti ala Toni


Oh ya, saya memang suka sekali dengan kue, roti atau cake dengan campuran buah-buahan kering di dalamnya. Buah kering yang terasa asam sekaligus manis ini mampu menetralisir rasa eneg di cake sehingga menjadikannya tidak mudah bosan kala di kudap. Tapi yang membuat saya bersemangat membuat roti yang satu ini bukan karena buah keringnya. Hmm, tepatnya bukan 'hanya' karena buah keringnya, tapi karena cerita dibalik asal mula ditemukannya si roti yang menurut saya sangat romantis sekali. 

Manisan jeruk kumquat
Walaupun sejarah terciptanya panettone tidak begitu jelas dan banyak cerita yang melatarinya, namun ada sebuah legenda terkenal yang cukup menarik perhatian saya. Konon pada abad ke-15 di daerah Milan, Italia terdapatlah seorang bangsawan bernama Ughetto Atellani yang jatuh cinta dengan Adalgisa, putri seorang tukang roti miskin bernama Toni. Untuk membantu sang kekasih, sang bangsawan lantas rela berkorban untuk menjadi seorang tukang roti dan menciptakan roti lezat yang terbuat dari tepung gandum, ragi, telur, mentega, kismis dan manisan kulit jeruk.  Duke of Milan, Ludovico il Moro Sforza (1452 - 1508), menyetujui pernikahan mereka yang dihadiri juga oleh Leonardo da Vinci, dan mendorong untuk diumumkannnya cake mirip roti ini dengan nama: Pan de Toni (atau Toni's bread). So sweet!

11 June 2012

Membuat Bakso Ikan: Homemade Fish Balls


Bagaimana rasanya bakso ikan buatan sendiri dengan kandungan hampir 95% ikan? Oh, so yummy! Ini baru bakso ikan namanya, bukan hanya rasa ikan-nyabegitu kuat terasa namun teksturnya juga kenyal dan spongy. Tentu saja sangat jauh, jauh lebih lezat dibandingkan dengan bakso ikan yang dijual di pasaran. Menurut saya, bakso yang di jual di supermarket atau pasar memang terasa kenyal dan berbau amis khas ikan namun cita rasa ikannya sendiri hampir tidak terasa. Proses pembuatan bakso ikan ini sebenarnya sangat mudah hanya tentu saja memerlukan sedikit usaha untuk mendapatkan tekstur kenyal seperti sponge. Tetapi jerih payah anda bergelimang amis daging ikan akan terbayar ketika si bakso matang dan masuk ke mulut anda. Sedap! Well, bagaimanapun juga makanan sehat dan bebas bahan kimia memang memerlukan sedikit perjuangan. Sehat itu mahal Jenderal. ^_^


09 June 2012

Asam Pedas Ikan Kuwe - Slurrrpp hingga tetes kuah terakhir


Beberapa waktu yang lalu, sewaktu Ibu saya kembali dari Riau dan mampir sejenak di rumah Pete, beliau sempat membawakan saya oleh-oleh berupa ikan baung yang dimasak asam padeh. Ikan baung yang masih sekerabat dengan ikan lele ini memiliki ukuran kepala yang besar dengan moncong bersungut sebagaimana halnya lele. Nah, ikan baung dari Duri yang dimasak asam padeh ini berukuran super besar hampir seukuran lengan saya. Hmm, perlu anda ketahui ukuran lengan di keluarga saya cukup jumbo bahkan terbilang rada-rada tidak normal yang acap kali membuat kami (terutama para cewek) sering tidak pede dan selalu menyembunyikannya di dalam baju berlengan panjang. Anda sudah bisa membayangkan besarnya si ikan baung yang sedang saya ceritakan? Belum? Okeh, saran saya coba anda bayangkan besarnya talas Bogor. Yep! Segitulah ukuran lengan saya, uppss maksud saya ukuran si ikan baung. ^_^


07 June 2012

Cake Karamel Sarang Semut - Honeycomb Cake


Cake karamel sarang semut ini atau biasa juga disebut dengan honeycomb cake atau sugar burnt cake merupakan cake yang cukup terkenal di Indonesia, Malaysia dan Brunei. Sejak melihat tampilan dan resepnya di salah satu web, saya pun menjadi tergoda untuk mencoba membuatnya. Cake ini jelas bukan merupakan varian baru karena di masyarakat kita sendiri cake ini termasuk jenis kue tradisional yang banyak diperjual belikan di pasar tradisional dan toko kue yang menyajikan jenis kue-kue jaman dulu. Tidak heran, jika sebenarnya banyak Ibu-Ibu atau Nenek-Nenek kita yang cukup menguasai teknik pembuatannya. Walaupun bahan yang digunakan terbilang sederhana dan proses pembuatannya tergolong mudah namun jika anda tidak mengetahu tips dan trick-nya maka cake ini terancam bantat. Alih-alih mengembang dan membentuk sarang semut yang cantik, yang terjadi adalah dodol coklat yang keras.  ^_^


06 June 2012

Ma Lai Gao - Cake Kukus Tradisional ala Malaysia


Lama tidak mencoba cake kukus, akhirnya hari minggu kemarin saya pun menguatkan hati untuk terjun ke dapur mewujudkannya. Kali ini saya kepincut dengan cake kukus dari Malaysia bernama Ma Lai Gao. Cake ini sebenarnya hampir mirip dengan versi Hongkongnya yang pernah saya posting di lemon cheese steamed cake, bedanya tentu saja dari sisi bahan, proses pembuatan dan rasanya. Ma lai gao atau Malay cake merupakan kombinasi dari cake kukus China (Chinese steamed cake) dengan cake sarang semut Malaysia (Malay honeycomb  cake) atau yang biasa dikenal dengan nama cake karamel di Indonesia. Seperti kita ketahui Malaysia merupakan negara dengan multi ras sehingga secara tidak langsung aneka budaya dari berbagai negara dan ras ini juga memberikan pengaruh pada cita rasa masakan yang ada serta menciptakan jenis masakan baru di dalam masyarakat.


04 June 2012

Sayap Ayam Goreng Bumbu Madu ala Just Try & Taste


Chicken wing, dengan balutan bumbu tasty yang terasa manis, asin, sedikit pedas dan super gurih. Ahh, siapa yang sanggup menolak daya tariknya yang luar biasa. Bahkan bagi penggemar ikan seperti saya yang selalu mengklaim tidak doyan dengan daging ayam. Sayap ayam dengan balutan bumbu semacam ini merupakan salah satu makanan favorit saya dan dengan malu hati saya akui saya bahkan sanggup menggasak sepiring penuh hanya seorang diri saja. Makanan ini menjadi camilan mantap yang tepat untuk menemani acara televisi kala liburan atau sebagai teman ngerumpi saat ada kerabat dan sahabat yang berkunjung ke rumah. Sajikan si sayap goreng bersama dengan saus sambalnya dan bisa dipastikan anda akan mendapatkan pujian yang melimpah (tentu saja jika anda rela berbagi). Hmm, yang jelas sepiring sayap ini menjadi rebutan saya dan Sintya di dapur sambil menunggu cake yang sedang dipanggang di oven. ^_^


Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...