06 Maret 2011

Segudang Manfaat Bunga Kecombrang/Honje/Kantan/Siantan


Segudang Manfaat Bunga Kecombrang/Honje/Kantan/Siantan JTT

Nusantara memang luar biasa, tak henti-hentinya saya mengucap syukur dan  berdecak kagum  saat kamera saya mengabadikan detail keindahan setiap obyek dan sudut di bumi tercinta ini. Seakan menyesal rasanya jika setiap moment tidak sempat saya tangkap hanya karena saya tidak ditemani dengan Canon G11 saya yang tidak pernah  gagal memberikan hasil gambar maksimal. Jadi, jika menurut anda beberapa postingan gambar di blog ini tampak kurang oke,  jelas sudah itu bukan salah si Canon, itu karena yang mengoperasikannya memang payah. 

Gambar-gambar bunga kecombrang ini adalah sebagian oleh-oleh ketika  saya pergi ke Puncak, minggu lalu. Pohonnya tumbuh dengan subur tepat di depan kamar hotel saya. Kebetulan beberapa bunganya sedang mekar dengan cantiknya, dihiasi dengan titik air hujan sore hari. 

Segudang Manfaat Bunga Kecombrang/Honje/Kantan/Siantan JTT

Bunga kecombrang atau biasa juga dikenal dengan  nama bunga siantan atau honje, di negara Jiran Malaysia dikenal dengan nama bunga kantan, memiliki nama latin Etlingera elatior, sinonim lainnya adalah Nicolaia elatior, Phaeomeria magnifica, Nicolaia speciosa, Phaeomeria speciosa, Alpinia elatior, Alpinia magnifica. Tanaman ini berwarna kemerahan seperti tanaman hias pisang-pisangan dan jika batangnya telah tua maka bentuk tanamannya mirip jahe dengan tinggi mencapai +  5 m. 

Segudang Manfaat Bunga Kecombrang/Honje/Kantan/Siantan JTT

Bunganya yang berwarna merah sering dijadikan sebagai bumbu penyedap berbagai macam masakan Nusantara. Di Jawa Barat, kuntum bunga seringkali di lalap atau direbus dan dimakan dengan sambal atau sebagai bahan campuran sayur asam dan pepes ikan. Di daerah Banyumas, kecombrang yang dikukus juga dijadikan sebagai bahan campuran pecel. Nasi Megana di Pekalongan juga menggunakan bunga kecombrang yang diiris-iris sebagai bahan campuran urap. Di Tanah Karo, buah honje muda disebut asam cekala. Kuncup bunga serta 'polongnya' menjadi bagian pokok dari sayur asam Karo, juga menjadi peredam bau amis waktu memasak ikan.  Masakan Batak populer, Arsik Ikan Mas, menggunakan asam cekala ini sebagai bumbu yang sangat penting.

Di Penang - Malaysia, bunga kecombrang yang mereka sebut dengan bunga kantan, merupakan unsur penting dalam masakan asam laksa. Orang-orang Peranakan di Malaysia menyebut bunga ini dengan nama bunga siantan. Kuah asam laksa dibuat dari ikan sardin yang dimasak sampai hancur. Bunga kantan sebagai campuran masakan berfungsi untuk menetralkan aroma amis dari sardin sekaligus memberi rasa asam yang pas. Walaupun ada juga yang menguatkan rasa asamnya dengan menambahkan nenas. 

Segudang Manfaat Bunga Kecombrang/Honje/Kantan/Siantan JTT

Selain bermanfaat di dunia kuliner, bunga kecombrang juga memiliki manfaat lainnya. Bunganya dikenal mampu menghilangkan bau badan, memperbanyak air susu ibu dan pembersih darah. Ini karena zat aktif yang terkandung di dalamnya, yaitu saponin, flavonida, dan polifenol. Karena itu kecombrang masuk ke dalam nominasi deodoran alami. Selain itu kecombrang juga kaya akan vitamin, mineral dan antioksidan. Bahkan kandungan antioksidan di daunnya jauh lebih tinggi dibandingkan di bunga dan rimpangnya. 

Segudang Manfaat Bunga Kecombrang/Honje/Kantan/Siantan JTT

Nah, dengan segudang manfaat si bunga kantan selain rasanya yang asam segar dengan aroma harum, tidak ada salahnya jika anda mencoba untuk menggunakannya sebagai salah satu bumbu masakan jika membuat pepes, asam laksa, sayur asam, pecel atau urap. Pasti rasa dan aroma masakan anda menjadi lebih mantap.

Sources:
Wikipedia - Etlingera elatior
Wikipedia Indonesia - Kecombrang
Kompas.com - Kecombrang 



55 komentar:

  1. Kemarin-kemarin masih berpikir kalo bunga kecombrang pelengkap masakan saja. Ternyata manfaatnya wokeh

    BalasHapus
  2. Hai Mba Nina, thanks for the comment :)
    Memang banyak ya yang belum mengenal dan memanfaatkan bunga kantan, padahal banyak fungsinya ya.

    BalasHapus
  3. jika kecombrang yang masih kuncup, cocoknya untuk masakan apa ya? dan bagaimana pengolahan nya?
    thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk campuran sambal juga mantap..diulek sekalian dg racikan sambal...aroma dan cita rasanya makin sempurna.cobalah..

      Hapus
    2. Fuiiih mantep itu mba Shinta, saya ngeces banget bacanya hahhaha

      Hapus
  4. Halo Mba Liana,
    Setahu saya, baik sudah mekar atau kuncup bunga kecombrang sama-sama bisa diolah ke dalam masakan. Saya justru biasanya membelinya di supermarket atau pasar dalam kondisi masih kuncup. Bunga dibelah membujur menjadi 4 bagian dan dimasukkan ke dalam sayur asam jakarta. Atau diiris tipis-tipis dan dicampurkan ke dalam pepes ikan atau laksa. Asyik-asyik saja kok ^_^, selamat mencoba ya.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. "Sekali mencoba jadi ketagihan" masakan sederhana ibu: sayur asem & lodeh yg ditambah irisan kecombrang mulai dari bunga (kuncup/mekar)sampai batangnya (dikupas dulu agar tidak keras dan bisa dimakan)

      Hapus
    2. Halo Mba Dina, hmmm itu lezat banget dan mantap! Saya suka banget sayur asam dan lodeh dengan kecombrang! Thanks ya.

      Hapus
  5. oseng kangkung+kecombrang...aku sukaa.. banget ! sambal trasi+kecombrang... aku juga suka banget! pokoknya kecombrang top banget deh bagiku. di campur lotek juga enak.

    BalasHapus
  6. i'm not quite sure the pic that you've posted is kecombrang.....
    since i've the plant in my backyard, the common ginger torch that i've know is pinkish colour, not brightly red....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Well, I'm sure this is kecombrang bro. I took the pics from hotel in Bandung, and they cultivate lots of these plants around hotel and cook them for their restaurant. Btw, I've graduated from agriculture though. ^_^

      Hapus
  7. Di daerah Kutai Barat Bunga kecombrang di tumis untuk jadi masakan yang lezat.....banyak di jual di pasar Tradisional Barong Tongkok. kalau mau cari sendiri di Hutan Banyak Banget...

    BalasHapus
  8. Saya mau tanya...
    Apakah bunga kecombrang ini adalah bunga dari tumbuhan puyang (Lempuyang)...?
    Soalnya di tempat saya banyak sekali tapi tidak pernah di manfaatkan karena tidak tahu.
    Terima Kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai, lempuyang dan kecombrang adalah 2 tanaman yang berbeda walau masih satu keluarga yaitu jahe2an (Zingiberaceae). Lempuyang dimanfaatkan umbinya sedangkan kecombrang dimanfaatkan bunga dan bijinya. Untuk lebih jelas bisa dibaca di wikipedia: http://id.wikipedia.org/wiki/Kecombrang
      dan untuk lempuyang: http://id.wikipedia.org/wiki/Lempuyang

      Hapus
  9. Bunga kecombrang baunya seperti sirih, enak untuk campuran sambal....

    BalasHapus
    Balasan
    1. yep, bikin nafsu makan nambah n nambah lagi yaaaa,thanks infonya

      Hapus
  10. paling suka sambal kecombrang,dibuat sambal matah atau sambal terasi enak banget. cuma kok ya susah dapatnya,ga ada di pasar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah iya, sambal matah ya, mantep tuh. ngeces.com nih jadinya ^_^

      Hapus
  11. Seinget saya Sambal Matah Bali/Sambal Bongkot pakai batang muda dari kecombrang ini. Waduh......tiga piring nasi bisa ludes saat pertama tahu rasanya.....:)) Pedesnya bikin mulut menyala....btw, thx for share the article

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mas Taufk, wah makasih sharing infonya ya, saya jadi ngiler dengan sambal matah pakai batang muda bunga kecombrang, saya yakin nasi 3 piring pasti amblas wakkaka. saya harus cari resepnya niihhh hahahha. Salam,

      Hapus
  12. Orang batak biasanya nyebutnya RIAS mba..dcampur di daun singkong tumbuk..yuuuummm..bentuknya gak bgt,tp rasanya mantap surantap..plus sambal rias...ahoy!penjahat berat badan..ahahahahaha..oh iya..buat yg punya batita-balita-anak kecil kalau batuk jgn buru2 obat dokter..batang atau biji bunga di panggang,peras, campur kuning telur ayam kampung, madu..ini joss bgt buat halau batuk ^_^
    Mba endang, blog mu..ruaaaaarrrr biasa #ketjupklomoh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduuuh Mba Agnes, baru saja saya dapat info dari Mas Taufik diatas kalau di Bali dipakai buat campuran sambal matah, eh sekarang dapat info baru lagi dimasak dengan daun singkong dan dibuat sambal rias. makin ngiler2 saja nihhh, sayang bunga ini jarang ada di pasar hiiksss.

      thanks info dan tipsnya Mba, saya yakin banyak yang akan sangat berterima kasih mendapat ramuan tradisionaluntuk obat batuknya. mantap!

      ketjupklomohnya gak kuaaattt hahhahaha. Thnaks ya! sukses selalu! ^_^

      Hapus
  13. salah satu tanaman yg saya sukai...hahhah...bunga dan buahnya....klo saya suka camputin bunga n buahnya ke sambel hijau pedas ikan tawar saya..hehe....nah klo ibu suka campur ke teri dimasak dengan irisan cabe hijau n teman2nya...hmmmmmm...jadi laper...^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, wah banyak macam ragam resep yang bisa dibuat dengan kembang ini ya, pengetahuan saya terbatas di pepes, sayur asam dan arsik saja hehehhe. thanks ya

      Hapus
  14. Ada lagi, mantap banget buat nurunin demam. Batangnya diparut dibalurin ke badan anak, atau kl sy, direndam jg d air buat ngompresnya. Panas tinggi lgsung turun, dlm hitungan menit..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Pipit, waaak makasih sharingnya yang sangat bermanfaat. Pasti sangat diperlukan oleh Ibu2 yang bermasalah dengan panas demam anak2. Thanks ya, sukses selalu. ^_^

      Hapus
  15. hai kak, saya tertarik dengan tulisan kakak ini, apalagi dengan kalimat yang menyatakan "kandungan antioksidan di daunnya jauh lebih tinggi dibandingkan di bunga dan rimpangnya",, apa itu benar kak? kakak dapat info itu darimana ? sekiranya itu benar akan sangat membantu dalam penelitian yang akan saya lakukan.. ^_^ maksih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, silahkan cek link sumber yang saya berikan di akhir tulisan. artikel saya mengacu ke sumber tersebut ya.

      Hapus
  16. kecombrang memang berguna untuk menghilangkan bau badan

    BalasHapus
  17. klo di jkt, hampir tiap pasar tradisional psti ada warung bumbu khas Batak yg dijual oleh ibu2 / org Batak yg menjual bunga kincung dan buahnya, bnyk lg :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba, yep betul sekali hehhe, kemarin saya baru saja menemukan buah kincung di pasar blok a.

      Hapus
  18. Baru tau kalo ini namax kecombrang, karena di daerah saya ini namax "LUCU" hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah saya baru tahu nama lainnya LUCU heheh, thanks ya mba

      Hapus
  19. dimana bisa dapetin bunga kecombrang ?

    BalasHapus
  20. Hii mbak endang, sekedar koreksi krn saya berasal dari sumut. Bunga kecombrang tidak sama dengan asam cakala. Ini dua tanaman yg berbeda. Terimakasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ester thanks infonya ya, tapi menurut Wikipedia buah tanaman kecombrang adalah asam cekala.

      ini saya copy artikelnya ya:
      Di Tanah Karo, buah honje/kecombrang muda disebut asam cekala. Kuncup bunga serta "polong"nya menjadi bagian pokok dari sayur asam Karo; juga menjadi peredam bau amis sewaktu memasak ikan. Masakan Batak populer, arsik ikan mas, juga menggunakan asam cekala ini.

      dan menurut saya wikipedia benar ya, kebetulan saya sarjana pertanian juga. ^_^

      Hapus
    2. Dear mba Endang.. saya seneng buka2 resepnya nihh kmrn baru coba yg banana cake ssoy geboy walopun agak bantut hihi

      ohya menyambung kak ester diatas bener mba kecombrang atau di medan disebut kincung tidak sama dengan asam cekala,, kalau asam cekala beneran asam asam pedar gitu sama juga untuk pelengkap masakan arsik mba bisa browsing gambarnya ya asam cekala mirip salak kecil gitu hehe wikipedia mungkin khilaf mba hehe

      Hapus
    3. Hai Mba Ade, thanks sharignya yaa. Hmm, tapi saya bukan hanya browsing Wikipedia mba, tapi banyak artikel lainnya mengenai asam cikala. Dan memang asam cikala berasal dari buah tanaman kecombrang. Sy pernah pakai asam tersebut diarsik ikan mas. Resep dan gambar asamnya pernah saya hadirkan di link disini:

      http://www.justtryandtaste.com/2014/01/arsik-ikan-mas.html


      Kalau asam yang mba maksud sepertinya mungkin Kelubi (Eleiodoxa conferta) atau asam kelubi, asam paya atau salak hutan. Bentuknya sepeti salak kecil dan terasa super asam.

      Hapus
  21. Hai mba.. Aku pertama kali ngerasain ini bunga waktu berkunjung ke tempat tante di pekalongan dan dibuatin nasi megono pake ini.. Emang beda ya rasanya jadi sedep banget..soalnya sebelumnya pernah ngerasain nasi megono (beli) gak pake bunga kecombrang ini rasanya jd biasa banget.. Sayang banget ditempat saya tinggal sekarang belum pernah liat bunga ini di pasar.. Padahal pengen banget ngerasain yg namanya sambel honje.. Aduuh..jadi ngiler deh, pasti nampol banget yaa.. Many thanks atas sharingnya ya mba.. Saya udah banyak nyobain resep2 mba loh..bahkan saya kadang merekomendasikan blog mba ke saudara/temen2 kalau mereka lagi bingung cari resep.. Hehe. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mb Aiie, thanks sharingnya yaa, jadi ngiler nasi megono dengan kecombrang, selma ini saya makan nasi megono juga gak pakai kecombrang dan saya yakin plus bunga ini pasti jadi mantaaap hehehhe. Ngiler, asli!

      thanks ya sudah merekomendasikan JTT, senang resep2nya disuka, sukses ya mba!

      Hapus
  22. Dear admin JTT

    izin copy pas artikel & save gambar kalau boleh, ini sangat membantu buat note kuliner Juga merupakan resep tradisional yg bisa jadi resep rahasia lestoran2 terkenal mungkin.

    BG
    Agus L

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi Pak Agus, silahkan save ya, kalau mau dishare harus cantumkan sumber dan link ke JTT ya. thanks

      Hapus
  23. Batangnya diperas buat obat kanker kata temenku

    BalasHapus
  24. honje di daerah saya sudah ada nih mbak, waktu kecil sering bgt mamah saya pake ini buat makanan. kayak rempah2 gtu. makasih ulasannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. biasanya di daerah pegunungan di lembang, sukabumi atau brastagi banyak yang tanam ya. Kayanya tanaman ini suka udara sejuk.

      Hapus
  25. Kecombrang ini samakah dengan cirang mbak? Warnanya pink dan aroma wanginya khas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mba, hmm mungkin sama ya, saya kurang tahu karena banyak nama daerah untuk tanaman ini

      Hapus
  26. Maaf..sebelumnya..apakah saudara2 q punya tanaman ini..saya butuh banget buat ibu ku yang sedang sakit..mohon bantuanya yah..

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba googling cari di online shop Mba, kadang banyak yang jual tanaman ini onlen

      Hapus
  27. Selain bunga dan bijinya, batang nya juga bisa dipakai obat penurun panas pada anak, dengan cara di"geprek" batang pohonnya lalu diperas airnya, balurkan ke badan (bagian perut dan punggung)

    BalasHapus
  28. Tanaman honje bersifat aromatik sama seperti sereh, seledri, kalou ditanam dirumah dapat mengusir nyamuk DBD.

    BalasHapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...