24 Februari 2011

Resep Nasi Abon Bungkus Nori


Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT

Pagi hari memang menjadi saat yang paling hectic, saat harus bergegas mempersiapkan diri ke kantor bagi kuli seperti saya. Bagi yang memiliki putra-putri yang masih bersekolah tentu saja bebannya menjadi berlipat, karena ditambah harus mempersiapkan makan pagi dan bekal makan siang buat keluarga. Menu mudah, cepat dan mengenyangkan sudah pasti menjadi pilihan utama. Bahkan menu satu minggu mungkin telah dipersiapkan sejak awal sehingga tidak perlu pusing memikirkan apa yang harus dimasak setiap hari. Kalau perlu, menu ditempel pada papan/dart dan setiap pagi untuk menentukan menu, anda lempar anak panah kecil kearah papan sambil membayangkan diri menjadi Robin Hood. Okay, mungkin itu terlalu desperate, tapi ide itu pernah singgah di kepala saya. 

Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT

Nah, postingan resep kali ini barangkali bisa sedikit memecahkan persoalan diatas: Nasi Abon Bungkus Nori. Menu ini mungkin bisa menjadi salah satu daftar yang anda tempel di dart, karena bergizi, praktis, mudah, lezat dan unik. Nori adalah nama dalam bahasa Jepang untuk bahan makanan berupa lembaran rumput laut yang dikeringkan. Nori biasanya dipergunakan sebagai hiasan, penyedap berbagai masakan Jepang, lauk untuk dimakan bersama nasi atau sebagai bahan makanan ringan seperti senbei. Makanan yang paling terkenal yang menggunakan nori adalah sushi dan onigiri (nasi kepal). Nah, nori yang umum dipakai untuk membungkus nasi atau sushi adalah nori yang plain alias tidak dibumbui, ukurannya biasanya lebih lebar. Sedangkan nori berbumbu, berbentuk lembaran kecil-kecil yang dibungkus plastik, rasanya gurih dan renyah.

Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT
Makisu & Nori

Bahan baku nori adalah spesies ganggang merah Porphyra, yang termasuk di dalamnya adalah P. yezoenis dan P. tenera. Kandungan gizi utamanya adalah 1/3 protein dan 1/3 serat makanan. Selain itu nori  juga memiliki kandungan yang tinggi akan iodine, carotene, Vit. A, B, C1 dan sejumlah kalsium dan zat besi. Dengan gizi seperti ini sangat disayangkan jika anda melewatkan untuk mencoba menggunakannya sebagai salah satu bahan makanan untuk keluarga. Apalagi rasa nasi yang dibungkus dengan nori memiliki taste yang unik dan lezat.  

Untuk memperolehnya, anda bisa membelinya di supermarket  di bagian yang menyediakan bahan makanan Jepang atau Korea dengan harga yang tidak mahal, biasanya 1 paket plastik berisi + 10 lembar nori. Untuk menggulung nori berisi nasi anda bisa menggunakan anyaman bambu (makisu) seperti yang saya pergunakan yang memang khusus untuk menggulung sushi, atau jika tidak memilikinya anda bisa menggunakan sehelai serbet kain yang bersih. Anda bisa klik di link disini untuk melihat step by step menggulung nasi tanpa menggunakan anyaman bambu dari blog Just Hungry.

Berikut resepnya.

Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT


Nasi Abon Bungkus Nori
Resep diadaptasikan dari Majalah Sedap 

Untuk 8 potong 

Bahan:
- 2 lembar nori
- 1 mangkuk nasi berat kira-kira 300 gram, untuk 2 gulung nasi nori
- 3 sendok makan abon sapi

Pelengkap:
Saus mayonaise

Cara membuat:
Bungkus rapat anyaman bambu/makisu dengan plastik wrap. Letakkan selembar nori diatas anyaman bambu, sisi mengkilap nori di bagian bawah. 

Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT
Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT

Buat dua buah nasi kepal, tata bersisian diatas nori. Ratakan nasi hingga hampir menutupi permukaannya. Tambahkan nasi jika kurang. Lakukan sedikit demi sedikit saja, karena  jika nori terkena nasi akan sangat lengket sekali sehingga sulit untuk diambil. Sisakan bagian ujung nori tidak tertutup nasi. 

Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT
Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT

Tata 2 sendok makan abon sapi di tengah-tengah nasi, ratakan memanjang. Gulung anyaman bambu sambil menekan nasi agar padat, hingga nasi menjadi  1 gulungan padat yang tertutup rapat dengan nori. Lepaskan anyaman bambu, kemudian gulungkan ulang makisu pada gulungan nasi hingga padat. 

Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT
Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT
Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT

Buka anyaman, letakkan nasi gulung diatas talenan, potong-potong dengan pisau panjang sesuai selera. Nasi bungkus siap disantap, supaya lebih sedap anda bisa lengkapi dengan saus mayonaise. 


Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT
Resep Nasi Abon Bungkus Nori JTT


Selamat menikmati. 

Source:
Wikipedia - Nori
Wikipedia Indonesia - Nori
Wikipedia - Sushi



2 komentar:

  1. Hallo Mbak Endang.. Selamat untuk bukunya ya.. Mbak, aku penggemar berat blognya. Lengkap bgt dengan foto hihi... Mbak, aku mau tanya deh klo beli nori di supermarket apa ya? aku blm pernah nemu di g**nt ato care**** . Makasi ya mbak.. -dewy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Dwi, terima kasih ya Mba! Nori ada di supermarket besar, saya sering lihat ada juga di car**fur, lote**mart.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...