27 Maret 2011

Resep Tongkol Suwir Rica-Rica


Resep Tongkol Suwir Rica-Rica JTT

Tongkol suwir rica-rica ini saya buat untuk melengkapi bubur Manado yang kemarin saya santap. Memang tidak afdol rasanya jika kita menyantap semangkuk bubur Manado tanpa dilengkapi dengan sambal cakalang atau taburan teri/ikan asin goreng diatasnya. Untuk kali ini saya menggunakan suwiran daging ikan tongkol yang dimasak rica-rica. Rasanya yang gurih dan pedas membuat saya menambah porsi bubur kedua. Puas!

Resep Tongkol Suwir Rica-Rica JTT
Daun Kemangi

Tongkol suwir rica-rica ini selain pas untuk menemani bubur Manado juga lezat sebagai lauk nasi hangat anda.  Bumbu dan cara membuatnya sangat mudah dan tidak memakan waktu yang lama. Gunakan tongkol yang masih segar agar cita rasanya semakin gurih. Jika anda ingin taste yang lebih pedas lagi maka tinggal tambahkan jumlah cabai rawit ke dalam bumbu yang dihaluskan. 

Tips: Masak lah tumisan tongkol hingga agak sedikit mengering agar teksturnya remah sehingga mudah untuk ditaburkan diatas bubur atau nasi. Agar tambah mantap masukkan irisan daun jeruk purut yang banyak ke dalamnya ya plus pucuk daun kemangi. Kedua rempah daun ini membuat aroma dan rasa tongkol rica-rica menjadi semakin sulit untuk ditolak.

Yuk kita tengok saja langsung resep dan cara membuatnya.

Resep Tongkol Suwir Rica-Rica JTT

Tongkol Suwir Rica-Rica
Resep hasil modifikasi sendiri

Bahan:
- 1 ekor ikan tongkol, berat sekitar 500 gram. 

Bumbu:
- 10 buah cabai merah keriting
- 5 butir cabai rawit
- 5 butir bawang merah
- 10 lembar daun jeruk, iris halus
- 1 genggam daun kemangi
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- 1 sendok teh garam
- 2 sendok makan minyak untuk menumis

Cara membuat:
Bersihkan ikan tongkol, buang insang dan isi perutnya. Kukus hingga matang. Ambil dagingnya dan bersihkan tulang-tulangnya. Cabik-cabik daging ikan menjadi ukuran yang kecil. Sisihkan.

Resep Tongkol Suwir Rica-Rica JTT

Haluskan: cabai rawit, cabai merah keriting dan bawang merah. Saya menggunakan blender. Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu halus hingga harum, masukkan irisan daun jeruk, garam, gula dan kaldu bubuk. Masak dengan api kecil hingga bumbu berubah warna tidak pucat lagi.

Resep Tongkol Suwir Rica-Rica JTT
Resep Tongkol Suwir Rica-Rica JTT

Masukkan daging ikan aduk-aduk hingga daging ikan dan bumbu tercampur baik. Masak hingga agak kering, masukkan daun kemangi aduk hingga daun layu. Cicipi rasanya dan angkat. 

Resep Tongkol Suwir Rica-Rica JTT
Resep Tongkol Suwir Rica-Rica JTT

Gunakan tongkol suwir rica-rica ini untuk melengkapi bubur Manado atau nasi hangat anda. Sedap!



14 komentar:

  1. Selamat pagi, mbak Endang. Kemarin saya sdh coba resep ini, tapi pake ikan tuna dan... saya tambahi jagung manis. Rasa mantap, penampilan lebih cantik dg warna hijau dan kuning. Penambahan jagung manis inspirasi dari Primarasa untuk resep tongkol tapi bumbunya lebih ribet. Terima kasih.

    BalasHapus
  2. Halo Mba, wah pakai jagung manis pastinya lebih sehat dan ikan tuna juga pasti rasanya lebih sedap. Thanks atas sharingnya ya Mba. Sukses selalu ^_^

    BalasHapus
  3. Mohon maaf mba endang,saya mau nanya
    Ini sama pampis tongkol sama ndak?kok mirip2 ya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, mirip kok waakaak, keduanya masakan Manado, biasanya disebut pampis ya

      Hapus
  4. Mau tanya Mbak..
    Kalau u/ perjalanan darat bs tahan smpl brp jam?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mau awet, ikan digoreng dulu mba, kemudian bikin masakannya lebih kering lagi supaya awet. Mungkin kalau kondisinya seperti itu bsa 2 -3 hari ya.

      Hapus
  5. Mbak Endang. Tks utk resep tongkolnya. Enak. Walau capek bikinnya krn aku ulek sndiri, hehe. Mbak Endang, knp ya tongkolnya stlh dikukus mengeluarkan bau yg kurang sedap? Akhirnya aku perbanyak daun jeruk dan kemangi waktu ditumis dan berhasil menghilangkan bau. Oh ya mbak Endang, resep singkong a la Thai nya aku suka jg, gak terlalu manis, enak2. tp kenapa, apa mungkin krn santan aku terlalu byk, sdh aku tambahkan maizena tetap tdk kental? Resep bakwan jagung cabai merahnya praktis bgt Mbak Endang. tp lbh enak disantap panas2. Tks Mbak Endang utk resep2nya. Klau ada waktu lg, aku mau coba resep2 lainnya. Sukses u Mbak Endang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba ignas, thanks sharingnya ya,
      untuk tongkol, mugkin sebelum dikukus bs diremas dengan air asam, garam dan bawang putih dulu ya dan didiamkan selama 20 menit. memang menambah daun rempah seperti daun jeruk, daun kemangi, akan membasmi bau amisnya.

      kalau kurang kental memag tambah maizena ya mb, tambahkan sedikit2 sampai menjdi kental ya. kalau bnyak maizenanya psti kental kok.

      thanks ya, sukses selalu!

      Hapus
  6. Jikalau tidak di kukus apabisa mbak.. jd lngsung disuwir aja..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya bingung, gimana nyuwir ikan mentah ya? kukus atau goreng bisa mba. atau potong2 saja gak usah disuwir juga gak papa

      Hapus
  7. halo kak Endang yg selalu menginspirasi saya buat masak... saya suka sekali masakan manado dan kebetulan resep tongkol rica2nya saya ganti pke pindang. tp rasanya memang mantaaaappp. setiap resep yg d coba selalu berhasil meski saya jg masi beginer dlm hal memasak. makasih ya kak untk inspirasi masakannya


    -nadya❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks Mba Nadya sharingnya ya, senang resepnya disuka, sukses yaa

      Hapus
  8. Aku udah coba mba. Enak banget biarpun ga pake kaldu bubuk tetep gurih. Pengen bikin buat anak tp ga pake cabe. Kira2 masih enak ga ya mba? Apa ada bumbu tambahan klo ga pake cabai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thanks sharingnya Mba, silahkan skip cabai, kalau masalah enak itu selera ya, ada yang suka pedas ada yang tidak, jadi dicoba s aja mba.

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...