15 May 2011

Mudahnya Membuat Sushi Sendiri Di Rumah: Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, Ketimun, Wortel & Jamur


Kuliner Jepang sering kali membuat saya takjub dan kagum, bukan akan bumbu dan tastenya - karena terus terang kurang sesuai dengan lidah saya - kekaguman saya lebih pada bagaimana makanan tersebut ditampilkan dengan sangat menarik hati dan rapi. Bukan rahasia lagi jika menyajikan makanan dengan baik sangat penting di Jepang. 

Sebagai contohnya adalah bento. Bento merupakan bekal makan siang yang dipersiapkan dengan hati-hati oleh para ibu atau wanita di rumah untuk suami, putra-putri atau diri mereka sendiri. Umumnya bento berisi nasi, ikan/daging, acar dan sayuran masak yang dikemas dalam sebuah kotak. Bahkan di Jepang, diselenggarakan kontes menata bento, dimana biasanya aneka ragam style bento ditampilkan seperti kyaraben atau karakter bento, bento yang didekorasi mengikuti tokoh animasi terkenal di Jepang atau oekakiben, picture bento, yang ini bento didekorasi sehingga mirip seperti manusia, binatang atau tumbuhan.


Okeh, kita kembali ke sushi, topik postingan kali ini. Sebagaimana halnya bento yang dipersiapkan dengan hati-hati maka sushi pun demikian halnya. Makanan ini juga umum disajikan untuk bento, dikenal dengan nama sushi bento. Sushi yang biasanya disajikan untuk bento ini adalah jenis makizushi/sushi gulung dan nigirizushi, sushi yang berupa kepalan nasi dan dihiasi dengan potongan daging ikan atau udang mentah diatasnya. Umumnya jika ke Japanese resto di Jakarta saya lebih suka memesan sushi jenis makizushi atau roll sushi, potongan-potongan nasi sushi berselimut nori dan diisi dengan sayur seperti ketimun atau telur dan ikan, dicocol dengan soy sauce dan sedikit wasabi. Hmm, oishii alias enak!

Yah, mungkin dari sekian makanan Jepang hanya sushi yang saya sukai dan membuatnya sendiri ternyata tidak susah lho. Bahan-bahannya kita cari yang sederhana saja dan hasil rasanya tidak kalah dengan sushi yang ada di restoran Jepang. Nah, untuk nasi sushinya, saya tidak menggunakan beras Jepang karena cukup mahal harganya, jadi saya menggunakan beras biasa saja plus sedikit beras ketan putih. Nasinya saya tambahkan dengan rice vinegar atau cuka beras seperti gambar dibawah, cuka beras ini bisa anda beli di supermarket besar atau toko bahan makanan Jepang/Korea dengan harga yang tidak mahal. Atau jika tidak mau repot, skip saja bahan tersebut. Bahan pengisinya, saya menggunakan wortel, ketimun, jamur, telur dadar dan daging asap. Jenis sushi roll seperti ini sangat fleksibel untuk diisi dengan lauk atau sayur apapun. Bahkan diisi dengan tempura udang atau tuna juga lezat.


Sushi paling lezat jika dimakan dengan soy sauce dan wasabi. Soy sauce atau kecap asin ini bisa menggunakan merk apapun ya, saya pernah menggunakan mulai dari merk Kikkoman, merk Korea yang saya tidak bisa membaca namanya karena huruf kanji hingga kecap asin ABC, semua enak kok. 

Untuk wasabinya, anda bisa pakai atau jika dihilangkan dari resep juga tidak apa-apa, jika anda berniat menggunakannya maka wasabi bisa dibeli di supermarket besar yang menyediakan konter untuk Japanese Food. Ada dua jenis wasabi, berbentuk pasta siap pakai yang telah jadi atau bubuk tepung seperti yang saya gunakan. 


Wasabi (Wasabia japonica) ini merupakan jenis tanaman keluarga kubis-kubisan yang umum digunakan sebagai penyedap masakan Jepang. Bagian tanaman yang digunakan untuk pasta adalah akarnya walaupun daun dan pucuk mudanya juga bisa dikonsumsi. Rasa wasabi pedas, menyengat tetapi berbeda dengan pedasnya cabai atau merica ya karena rasa menyengat wasabi walaupun sampai ke hidung tetapi hilang dalam sekejap. Kadang-kadang jika menikmati sushi di resto, saya dan teman-teman saling mentertawakan diri sambil berurai air mata karena sengatan wasabi yang lewat ^_^. Saran saya jika anda ingin membeli wasabi maka pilih yang berbentuk bubuk saja agar rasa tajam wasabi tidak mudah hilang. Gunakan seperlunya dan tutup rapat kemasannya. 

Okeh, anda sudah mengantuk? Kita ke resep dan cara pembuatannya saja yuk.


Mudahnya Membuat Sushi Sendiri 
Di Rumah: 
Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, Ketimun, Wortel & Jamur 

Resep diadaptasikan dari Just Hungry - Making Sushi Rice

Bahan untuk nasi sushi:
- 350 gram beras cuci bersih
- 1 genggam beras ketan
- 600 ml air

Penyedap rasa untuk nasi:
Untuk setiap nasi dengan berat 350 gram (cukup untuk 1 gulung sushi), anda membutuhkan takaran bahan penyedap seperti di bawah:
- 1/2 sendok makan rice vinegar
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam

Bahan isi (untuk 2 gulung sushi):
- 1 buat ketimun potong ukuran 1 x 5 cm
- 1 buah wortel, potong ukuran 1 x 5 cm
- 2 buah jamur, iris
- 1 buah telur ayam kocok plus 1/4 sendok teh garam, dadar
- 5 lembar daging asap, goreng matang
- 2 sendok makan kecap asin, untuk bahan perendam

Pelengkap:
- Wasabi
- Soy sauce atau kecap asin

Cara membuat:
Mempersiapkan bagian isi sushi:


Siapkan sayur yang akan kita pergunakan. Potong-potong memanjang ketimun dan wortel dengan ukuran kira-kira 1 x 5 cm. Biarkan ketimun dalam kondisi segar. Rebus sebentar wortel dan jamur, hanya agar layu. Masukkan terlebih dahulu wortel baru kemudian jamur, angkat jika jamur mulai layu. Tiriskan wortel dan jamur. Letakkan di mangkuk dan tuangkan 2 sendok makan kecap asin. Aduk rata. Sisihkan.


Panaskan wajan, goreng daging asap hingga kering, angkat dan tiriskan, serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. Dadar telur dengan minyak sedikit, jika bagian dasar mulai mengeras sementara bagian atas masih cair, lipat dadar menggunakan ujung spatula kayu, lipat sebanyak dua kali sehinga telur agak tebal seperti gambar diatas, masak hingga telur dadar matang. Tiriskan. Potong-potong telur dan daging asap memanjang seukuran sayuran.

Mempersiapkan nasi sushi:


Cuci beras bersama 1 genggam beras ketan hingga bersih, tiriskan. Masukkan beras ke dalam rice cooker, beri air dan masak hingga nasi matang. 

Dalam mangkuk kecil, tuang rice vinegar/cuka beras, gula dan garam, aduk-aduk hingga larut. Sisihkan.

Ambil kira-kira 350 gram nasi dalam kondisi masih panas ya, masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan rice vinegar sambil nasi di aduk dengan pengaduk kayu atau plastik. Aduk nasi hingga campuran merata dan nasi menjadi agak lembab dan lembek serta menempel satu sama lain. Susah untuk dijelaskan dan saya lupa foto, yang jelas nasi agak menggumpal tetapi tidak terlalu basah. Kipas-kipas nasi selama diaduk agar uap air hilang.

Membungkus Sushi


Semua bahan telah siap, sekarang kita akan bungkus sushi dengan nori atau rumput laut.

Siapkan sushi mat atau anyaman bambu untuk membungkus sushi. Sushi mat bisa di beli di supermarket bahan makanan Jepang atau toko bahan makanan Jepang dan Korea. Anda juga bisa menggunakan kain serbet bersih untuk menggulung sushi atau tatakan piring untuk meja makan yang terbuat dari anyaman bambu atau lidi.


Letakkan sushi mat diatas meja, beri selembar nori diatasnya. Letakkan dua gumpalan nasi sushi di salah satu ujung nori, ratakan dengan sendok yang dibasahi air atau jari-jari tangan yang dicelupkan ke air agar tidak lengket. Jangan sekaligus menaruh banyak nasi ke nori ya karena jika nori terkena nasi panas menjadi sulit diatur. Tambahkan gumpalan nasi kembali ke atas nori dan ratakan sehingga nasi memenuhi permukaan nori.

Taruh irisan sayur, telur dan daging asap diatas nasi, rapikan.



Gulung sushi dengan menekuk sushi mat, gunakan dua buah ibu jari untuk mendorong sushi mat dari bawah sementara jari-jari tangan anda yang lain menahan isi sehingga tidak berhamburan dan tergulung bersama nasi. Sementara telapak tangan mendorong sushi mat menjauhi badan anda sehingga sushi mat membentuk satu gulungan. Tekan nasi selama menggulung agar sushi padat.

Potong-potong sushi dengan ukuran 1 1/2 cm. Lakukan hingga bahan habis.

Penyajian sushi


Sushi umumnya disajikan dengan dicelupkan kedalam soy sauce atau kecap asin dan wasabi. Jika wasabi yang anda gunakan berbentuk bubuk seperti gambar diatas maka larutkan 1 sendok makan wasabi dengan 1/2 sendok makan air matang dan aduk rata hingga menjadi pasta. 


Sushi siap dihidangkan dengan soy sauce dan wasabi. Enjoy!

Sources:
Just Hungry - Making Sushi Rice
Wikipedia - Bento
Wikipedia - Sushi
Wikipedia - Wasabi

45 comments:

  1. waow terimakasih bisa dicoba dong

    ReplyDelete
  2. mbak,,,mau tanya nih,,,aku mau buat kira2 30 potong,,,nanti aku bikinnya berapa gulung yach? makasih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, mungkin sekitar 6 gulung sushi ya. Tergantung dari tebalnya potongan sebenarnya ^_^

      Delete
  3. mba aku mau tanya kalo cuka beras sama alat buat gulung sushinya bisa dibeli dimana yahh ? :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, cuka beras dan sushi mat saya beli di supermarket di bagian japanese/korean food. Carefur atau Giant ada kok.

      Delete
  4. Harga sushi mat sekitar berapa Mba? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba Exa, dulu saya beli di supermarket sekitar 30 rb, mungkin sekarang berkisar antara 30 - 50 rb Mba. Coba di Giant dibagian makanan Jepang/Korea.

      Delete
  5. Waahhhh.... ini makanan kesukaan saya, terima kasih sharing infonya, apalagi disertai ilustrasi dan tips yg rinci. saya pasti akan coba, gak sabar pengen langsung ke supermarket dan bikin di rumah

    ReplyDelete
  6. .Mbak Piringnya unique......dmana belinya...xixixixi ada tempat saosnya juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Shinta, beli di toko pecah belah di pinggir jalan wakakka, lupa dimana.

      Delete
  7. Mba, mau tanya dong..wasabi itu halal ga ya? klau rice vinegar diganti dengan apple vinegar bisa ga ya? makasih mba sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai Mba, wasabi setahu saya halal ya. Pasta wasabi terbuat dari tanaman wasabi (wasabi japonica) masih satu keluarga dengan keluarga sawi2an. Yang dipakai adalah akarnya. Di jepang biasa dipakai akar segar yang diparut dan langsung dipakai sebagai condiment di sushi, untuk alasan praktis dibuat pasta wasabi dan bubuk wasabi. Ini linknya ya: http://en.wikipedia.org/wiki/Wasabi

      Rice vinegar memiliki rasa yang lebih lembut/tidak terlalu tajam dibandingkan dengan apple vinegar dan karena terbuat dari beras maka cocok untuk digunakan di nasi sushi. Bisa diganti dengan apple cider vinegar ya, gunakan yang lembut/mild.

      Delete
  8. Hai mba, salam kenal^^

    saya udah mondar-mandir spm kok ga nemu sama yang namanya cuka beras yaa... jadi bingung, mungkin harus ke spm yang bahan makanan impornya agak banyak :)

    saya pernah coba pake cuka biasa+garam+gula tapi rasanya ga seenak jika menggunakan cuka beras...

    nanti coba saya cari rice vinegar atau mild apple cider vinegar... siiip, thanks for sharing^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Mysha, coba cari di lottemart atau carfur bagian makanan jepang/korea, banyak kok rice vinegar disana, setahu saya sekarang gak susah cari bahan ini.

      Jangan pakai cuka biasa, cuka biasa terbuat dari bahan kimia asam asetat, aromanya lebih keras dengan rasa lebih asam. Cuka beras berasal dari fermentasi beras, rasanya lebih lembut dan tidak terlalu menusuk aromanya.

      Delete
  9. Thx u mbak atas resepnya campuran nasinya. Tadinya saya pikir cm pakai cuka beras saja. Gk taunya plus garam dan gula..hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Mba, sama2. Dulu saya pikir gak pakai apa2 hehheheh, lama2 mikir kenapa rasanya beda sama beli diluar. wakakka

      Delete
  10. oh iya mba, klo saya gk pke rice vinegar efeknya apa? dan apa fungsi dari rice vinegar tsb? thank before

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mba, sebenarnya bukan hanya rice vinegar yang diperlukan tetapi juga gula dan garam, semua bahan ini: rice vinegar+gula+garam disebut dengan sushi vinegar. Fungsinya untuk membuat rasa nasi sushi yang dihasilkan berbeda tidak plain seperti nasi biasa dan juga membuat nasi sushi lebih lembut dan terlihat shiny/mengkilap ya. Tanpa sushi vinegar sebenarnya kita tetap bisa membuat sushi hanya saja rasanya tentu tidak seperti sushi yang biasa kita beli di resto Jepang.

      Delete
  11. Hai ♍ϐąk ;) Makasih bngt Чα"̮ buat tipsnya. Baguss skali dn sgt brmanfaat. Sy suka bkn sushi Jüƍɑ̣̇ ♍ϐąk ,†ªþį biasanya untuk isinya sy pake tlor dadar,sosis,tempura,bwng bombay. Ntar ♏∂ΰ nyobain Ɣªήğ isinya pake daging asap ;)
    Makasi infonya Чα"̮ ♍ϐąk ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo Mba Maria, yep sushi isi tempura mantep ya, pengen bikin juga nih wakakkak. Thanks sharingnya ya! ^_^

      Delete
  12. Mbak untuk beras ketannya gak direndem dulu ya mbak.....jadi langsung dicampur dgn beras biasakah hehehe makhlum awam mbak.......

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Elok, untuk nasi sushi ini karena ketannya cuman 1 genggam saya nggak rendam dulu Mba hehehe, hasilnya oke2 saja kok. Sama Mba, saya juga masih awam kok, yang penting nekat wakkaka ^_^

      Delete
  13. Mba, kalau Rice Vinegar diganti dgn Apple Vinegar bisa ga ya? Ngaruh ke rasa ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo, rice vinegar rasanya lebih mild, dan manis, gak sekuat cuka apel. kalau mau pakai cuka apel, kudu tambahin dengan gula. pakai yang apel cider vinegar ya.

      Delete
  14. Mbak kl pakai beras khusus sushi apakah perlu bhn2 yg lain sperti diatas? Thx.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, tetap perlu ya, beras sushi hanya akan memberikan tekstur pulen lembut, tapi untuk taste tetap harus pakai bumbu.

      Delete
  15. kl pake beras jepang berarti tidak perlu pakai ketan lagi gitu ya mbak?untuk kecapnya saya lihat di toko ada soya sauce dan tempura sauce, apakah beda ya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yep, kalau sudah pakai beras jepang gak usah dikasih ketan ya, beras jepang sudah pulen.

      Beda ya, tempura sauce mengandung soya sauce dan bahan lainya.

      Delete
  16. Mbak, tanya apa rice vinegar sama dengan sake atau mirin?

    ReplyDelete
    Replies
    1. beda ya, rice vinegar itu cuka masak yang terbuat dari beras atau wine. Ada yang beralkohol ada yang tidak. Sedangkan sake itu wine beras atau minuman bir a la Jepang biasa dipakai sebagai minuman beralkohol. sedangkan mirin adalah wine beras yang rasanya manis biasa digunakan untuk memasak dan mengandung alkohol juga.

      Delete
  17. Mbak tanya donk
    Kalau cuka beras dan cuka masak sama ngak? Sy liay di japanese or korean corned getu adanya cuka masak. Komposisinya cuka, tepung beras, gula, garam. Thanks before

    ReplyDelete
    Replies
    1. cuka beras (rice vinegar) beda dengan cuka masak. tapi kalau kompissi dalam cuka masak terbuat dari tepung beras maka kemungkinan itu cuka beras ya. Cuka beras rasanya lebih lembut dan sedikit manis dibandigkan cuka masak umumnya.

      Delete
  18. Kalo mau pake mayonnaise pakr merk apa yg enak dan sesuai dgn sushi nya. Tx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Ajeng, saya suka pakai merk korea, ada di lot**te mart, menurut saya lebih nendang rasanya. cuma saya lupa merknya huaaa

      Delete
  19. hallo mba, kalo masak nasi sushi, semua bahan2nya beras, beras ketan, rice vinegar, gula, garam dan air dicampur lalu dimasak ke dalam ricecooker, hasilnya akan sama gak ya?...thx resep sushinya...love

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmm, menurut saya hasilnya akan beda. Selama ini membaca2 cara pembuatan nasi sushi maka bahan2 gak langsung dicampur seperti itu tapi memang dimasukkan terpisah. hehhehe

      Delete
  20. Halo mba endang, yang mau aku tanyai beli nori yg ukuran'a besar kaya gitu dmn yah? prnah nyari ke C4 adanya yg kecil. ato aku krg teliti kali yah nyarinya :p
    Btw salam kenal :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba, coba ke lo**tte mart ya, banyak kok. untuk sushi memang lembarannya lebar seperti ini dan rasanya tawar.

      Delete
  21. Mba aku udah 2kali beli nori lembaran utk sushi, dan dua2nya gagal karena aku udah enek duluan sama bau norinya yang amis. Kira2 yang nori ga amis merknya apa ya? Aku mau nyoba2 merk nori yang super banyak itu jadi males, mahal soalnya. Huhuhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba annisa, wah saya belum pernah menemukan nori yang gak berbau ikan ya alias rata2 memang amis hehehe. jadi kayanya memang harus ditahan2 wakakka

      Delete
    2. Oyaaa? Hahahaha.. kok ya rasanya beda aja gitu kalo di resto2 sushi2 lain ga begitu menyengat norinya, pas nyoba dirumah baru ngeroll aja udh enek duluan. Mungkin di resto jepang sebenenrnya emang amis cuman kita ga sadar kali ya, :p

      Delete
    3. Kalau di resto kita tinggal makan Mba, gak terlibat prosesnya dan gak nguleng2 norinya juga wakka, tinggal cocol wasabi dan soy saucem dan happpp. hahahah

      Delete
  22. Replies
    1. supermarket besar atau supermarket khusus makanan jepang korea

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...