15 Mei 2011

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur


Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Kuliner Jepang sering kali membuat saya takjub dan kagum, bukan akan bumbu dan tastenya - karena terus terang kurang sesuai dengan lidah saya - kekaguman saya lebih pada bagaimana makanan tersebut ditampilkan dengan sangat menarik hati dan rapi. Bukan rahasia lagi jika menyajikan makanan dengan baik sangat penting di Jepang. 

Sebagai contohnya adalah bento. Bento merupakan bekal makan siang yang dipersiapkan dengan hati-hati oleh para ibu atau wanita di rumah untuk suami, putra-putri atau diri mereka sendiri. Umumnya bento berisi nasi, ikan/daging, acar dan sayuran masak yang dikemas dalam sebuah kotak. Bahkan di Jepang, diselenggarakan kontes menata bento, dimana biasanya aneka ragam style bento ditampilkan seperti kyaraben atau karakter bento, bento yang didekorasi mengikuti tokoh animasi terkenal di Jepang atau oekakiben, picture bento, yang ini bento didekorasi sehingga mirip seperti manusia, binatang atau tumbuhan.

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Okeh, kita kembali ke sushi, topik postingan kali ini. Sebagaimana halnya bento yang dipersiapkan dengan hati-hati maka sushi pun demikian halnya. Makanan ini juga umum disajikan untuk bento, dikenal dengan nama sushi bento. Sushi yang biasanya disajikan untuk bento ini adalah jenis makizushi/sushi gulung dan nigirizushi, sushi yang berupa kepalan nasi dan dihiasi dengan potongan daging ikan atau udang mentah diatasnya. Umumnya jika ke Japanese resto di Jakarta saya lebih suka memesan sushi jenis makizushi atau roll sushi, potongan-potongan nasi sushi berselimut nori dan diisi dengan sayur seperti ketimun atau telur dan ikan, dicocol dengan soy sauce dan sedikit wasabi. Hmm, oishii alias enak!

Yah, mungkin dari sekian makanan Jepang hanya sushi yang saya sukai dan membuatnya sendiri ternyata tidak susah lho. Bahan-bahannya kita cari yang sederhana saja dan hasil rasanya tidak kalah dengan sushi yang ada di restoran Jepang. Nah, untuk nasi sushinya, saya tidak menggunakan beras Jepang karena cukup mahal harganya, jadi saya menggunakan beras biasa saja plus sedikit beras ketan putih. Nasinya saya tambahkan dengan rice vinegar atau cuka beras seperti gambar dibawah, cuka beras ini bisa anda beli di supermarket besar atau toko bahan makanan Jepang/Korea dengan harga yang tidak mahal. Atau jika tidak mau repot, skip saja bahan tersebut. Bahan pengisinya, saya menggunakan wortel, ketimun, jamur, telur dadar dan daging asap. Jenis sushi roll seperti ini sangat fleksibel untuk diisi dengan lauk atau sayur apapun. Bahkan diisi dengan tempura udang atau tuna juga lezat.

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Sushi paling lezat jika dimakan dengan soy sauce dan wasabi. Soy sauce atau kecap asin ini bisa menggunakan merk apapun ya, saya pernah menggunakan mulai dari merk Kikkoman, merk Korea yang saya tidak bisa membaca namanya karena huruf kanji hingga kecap asin ABC, semua enak kok. 

Untuk wasabinya, anda bisa pakai atau jika dihilangkan dari resep juga tidak apa-apa, jika anda berniat menggunakannya maka wasabi bisa dibeli di supermarket besar yang menyediakan konter untuk Japanese Food. Ada dua jenis wasabi, berbentuk pasta siap pakai yang telah jadi atau bubuk tepung seperti yang saya gunakan. 

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Wasabi (Wasabia japonica) ini merupakan jenis tanaman keluarga kubis-kubisan yang umum digunakan sebagai penyedap masakan Jepang. Bagian tanaman yang digunakan untuk pasta adalah akarnya walaupun daun dan pucuk mudanya juga bisa dikonsumsi. Rasa wasabi pedas, menyengat tetapi berbeda dengan pedasnya cabai atau merica ya karena rasa menyengat wasabi walaupun sampai ke hidung tetapi hilang dalam sekejap. Kadang-kadang jika menikmati sushi di resto, saya dan teman-teman saling mentertawakan diri sambil berurai air mata karena sengatan wasabi yang lewat ^_^. Saran saya jika anda ingin membeli wasabi maka pilih yang berbentuk bubuk saja agar rasa tajam wasabi tidak mudah hilang. Gunakan seperlunya dan tutup rapat kemasannya. 

Okeh, anda sudah mengantuk? Kita ke resep dan cara pembuatannya saja yuk.

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur 
Resep diadaptasikan dari Just Hungry - Making Sushi Rice

Bahan untuk nasi sushi:
- 350 gram beras cuci bersih
- 1 genggam beras ketan
- 600 ml air

Penyedap rasa untuk nasi:
Untuk setiap nasi dengan berat 350 gram (cukup untuk 1 gulung sushi), anda membutuhkan takaran bahan penyedap seperti di bawah:
- 1/2 sendok makan rice vinegar
- 1/2 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh garam

Bahan isi (untuk 2 gulung sushi):
- 1 buat ketimun potong ukuran 1 x 5 cm
- 1 buah wortel, potong ukuran 1 x 5 cm
- 2 buah jamur, iris
- 1 buah telur ayam kocok plus 1/4 sendok teh garam, dadar
- 5 lembar daging asap, goreng matang
- 2 sendok makan kecap asin, untuk bahan perendam

Pelengkap:
- Wasabi
- Soy sauce atau kecap asin

Cara membuat:
Mempersiapkan bagian isi sushi:

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Siapkan sayur yang akan kita pergunakan. Potong-potong memanjang ketimun dan wortel dengan ukuran kira-kira 1 x 5 cm. Biarkan ketimun dalam kondisi segar. Rebus sebentar wortel dan jamur, hanya agar layu. Masukkan terlebih dahulu wortel baru kemudian jamur, angkat jika jamur mulai layu. Tiriskan wortel dan jamur. Letakkan di mangkuk dan tuangkan 2 sendok makan kecap asin. Aduk rata. Sisihkan.


Panaskan wajan, goreng daging asap hingga kering, angkat dan tiriskan, serap kelebihan minyak dengan tissue dapur. Dadar telur dengan minyak sedikit, jika bagian dasar mulai mengeras sementara bagian atas masih cair, lipat dadar menggunakan ujung spatula kayu, lipat sebanyak dua kali sehinga telur agak tebal seperti gambar diatas, masak hingga telur dadar matang. Tiriskan. Potong-potong telur dan daging asap memanjang seukuran sayuran.

Mempersiapkan nasi sushi:

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Cuci beras bersama 1 genggam beras ketan hingga bersih, tiriskan. Masukkan beras ke dalam rice cooker, beri air dan masak hingga nasi matang. 

Dalam mangkuk kecil, tuang rice vinegar/cuka beras, gula dan garam, aduk-aduk hingga larut. Sisihkan.

Ambil kira-kira 350 gram nasi dalam kondisi masih panas ya, masukkan ke dalam mangkuk. Tuangkan sedikit demi sedikit larutan rice vinegar sambil nasi di aduk dengan pengaduk kayu atau plastik. Aduk nasi hingga campuran merata dan nasi menjadi agak lembab dan lembek serta menempel satu sama lain. Susah untuk dijelaskan dan saya lupa foto, yang jelas nasi agak menggumpal tetapi tidak terlalu basah. Kipas-kipas nasi selama diaduk agar uap air hilang.

Membungkus Sushi

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Semua bahan telah siap, sekarang kita akan bungkus sushi dengan nori atau rumput laut.

Siapkan sushi mat atau anyaman bambu untuk membungkus sushi. Sushi mat bisa di beli di supermarket bahan makanan Jepang atau toko bahan makanan Jepang dan Korea. Anda juga bisa menggunakan kain serbet bersih untuk menggulung sushi atau tatakan piring untuk meja makan yang terbuat dari anyaman bambu atau lidi.

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Letakkan sushi mat diatas meja, beri selembar nori diatasnya. Letakkan dua gumpalan nasi sushi di salah satu ujung nori, ratakan dengan sendok yang dibasahi air atau jari-jari tangan yang dicelupkan ke air agar tidak lengket. Jangan sekaligus menaruh banyak nasi ke nori ya karena jika nori terkena nasi panas menjadi sulit diatur. Tambahkan gumpalan nasi kembali ke atas nori dan ratakan sehingga nasi memenuhi permukaan nori.

Taruh irisan sayur, telur dan daging asap diatas nasi, rapikan.


Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Gulung sushi dengan menekuk sushi mat, gunakan dua buah ibu jari untuk mendorong sushi mat dari bawah sementara jari-jari tangan anda yang lain menahan isi sehingga tidak berhamburan dan tergulung bersama nasi. Sementara telapak tangan mendorong sushi mat menjauhi badan anda sehingga sushi mat membentuk satu gulungan. Tekan nasi selama menggulung agar sushi padat.

Potong-potong sushi dengan ukuran 1 1/2 cm. Lakukan hingga bahan habis.

Penyajian sushi

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Sushi umumnya disajikan dengan dicelupkan kedalam soy sauce atau kecap asin dan wasabi. Jika wasabi yang anda gunakan berbentuk bubuk seperti gambar diatas maka larutkan 1 sendok makan wasabi dengan 1/2 sendok makan air matang dan aduk rata hingga menjadi pasta. 

Resep Homemade Sushi - Sushi Isi Telur Goreng, Daging Asap, dan Sayur

Sushi siap dihidangkan dengan soy sauce dan wasabi. Enjoy!

Sources:
Just Hungry - Making Sushi Rice
Wikipedia - Bento
Wikipedia - Sushi
Wikipedia - Wasabi



83 komentar:

  1. waow terimakasih bisa dicoba dong

    BalasHapus
  2. mbak,,,mau tanya nih,,,aku mau buat kira2 30 potong,,,nanti aku bikinnya berapa gulung yach? makasih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mungkin sekitar 6 gulung sushi ya. Tergantung dari tebalnya potongan sebenarnya ^_^

      Hapus
  3. mba aku mau tanya kalo cuka beras sama alat buat gulung sushinya bisa dibeli dimana yahh ? :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, cuka beras dan sushi mat saya beli di supermarket di bagian japanese/korean food. Carefur atau Giant ada kok.

      Hapus
  4. Harga sushi mat sekitar berapa Mba? Makasih :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba Exa, dulu saya beli di supermarket sekitar 30 rb, mungkin sekarang berkisar antara 30 - 50 rb Mba. Coba di Giant dibagian makanan Jepang/Korea.

      Hapus
    2. Weleeh mahal sekali.. saiia belli cuma 10rb sushi matt d pasar modern graha raya serpong. Mahal2 mending beli yg lgsg jd aja sushinya.

      Hapus
    3. sushi mat bisa dipakai seumur hidup mba, sushi jadi 30 rb sekali makan 15 menit habis

      Hapus
  5. Waahhhh.... ini makanan kesukaan saya, terima kasih sharing infonya, apalagi disertai ilustrasi dan tips yg rinci. saya pasti akan coba, gak sabar pengen langsung ke supermarket dan bikin di rumah

    BalasHapus
  6. .Mbak Piringnya unique......dmana belinya...xixixixi ada tempat saosnya juga :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Shinta, beli di toko pecah belah di pinggir jalan wakakka, lupa dimana.

      Hapus
  7. Mba, mau tanya dong..wasabi itu halal ga ya? klau rice vinegar diganti dengan apple vinegar bisa ga ya? makasih mba sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai Mba, wasabi setahu saya halal ya. Pasta wasabi terbuat dari tanaman wasabi (wasabi japonica) masih satu keluarga dengan keluarga sawi2an. Yang dipakai adalah akarnya. Di jepang biasa dipakai akar segar yang diparut dan langsung dipakai sebagai condiment di sushi, untuk alasan praktis dibuat pasta wasabi dan bubuk wasabi. Ini linknya ya: http://en.wikipedia.org/wiki/Wasabi

      Rice vinegar memiliki rasa yang lebih lembut/tidak terlalu tajam dibandingkan dengan apple vinegar dan karena terbuat dari beras maka cocok untuk digunakan di nasi sushi. Bisa diganti dengan apple cider vinegar ya, gunakan yang lembut/mild.

      Hapus
  8. Hai mba, salam kenal^^

    saya udah mondar-mandir spm kok ga nemu sama yang namanya cuka beras yaa... jadi bingung, mungkin harus ke spm yang bahan makanan impornya agak banyak :)

    saya pernah coba pake cuka biasa+garam+gula tapi rasanya ga seenak jika menggunakan cuka beras...

    nanti coba saya cari rice vinegar atau mild apple cider vinegar... siiip, thanks for sharing^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Mysha, coba cari di lottemart atau carfur bagian makanan jepang/korea, banyak kok rice vinegar disana, setahu saya sekarang gak susah cari bahan ini.

      Jangan pakai cuka biasa, cuka biasa terbuat dari bahan kimia asam asetat, aromanya lebih keras dengan rasa lebih asam. Cuka beras berasal dari fermentasi beras, rasanya lebih lembut dan tidak terlalu menusuk aromanya.

      Hapus
  9. Thx u mbak atas resepnya campuran nasinya. Tadinya saya pikir cm pakai cuka beras saja. Gk taunya plus garam dan gula..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Mba, sama2. Dulu saya pikir gak pakai apa2 hehheheh, lama2 mikir kenapa rasanya beda sama beli diluar. wakakka

      Hapus
  10. oh iya mba, klo saya gk pke rice vinegar efeknya apa? dan apa fungsi dari rice vinegar tsb? thank before

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba, sebenarnya bukan hanya rice vinegar yang diperlukan tetapi juga gula dan garam, semua bahan ini: rice vinegar+gula+garam disebut dengan sushi vinegar. Fungsinya untuk membuat rasa nasi sushi yang dihasilkan berbeda tidak plain seperti nasi biasa dan juga membuat nasi sushi lebih lembut dan terlihat shiny/mengkilap ya. Tanpa sushi vinegar sebenarnya kita tetap bisa membuat sushi hanya saja rasanya tentu tidak seperti sushi yang biasa kita beli di resto Jepang.

      Hapus
  11. Hai ♍ϐąk ;) Makasih bngt Чα"̮ buat tipsnya. Baguss skali dn sgt brmanfaat. Sy suka bkn sushi Jüƍɑ̣̇ ♍ϐąk ,†ªþį biasanya untuk isinya sy pake tlor dadar,sosis,tempura,bwng bombay. Ntar ♏∂ΰ nyobain Ɣªήğ isinya pake daging asap ;)
    Makasi infonya Чα"̮ ♍ϐąk ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Maria, yep sushi isi tempura mantep ya, pengen bikin juga nih wakakkak. Thanks sharingnya ya! ^_^

      Hapus
  12. Mbak untuk beras ketannya gak direndem dulu ya mbak.....jadi langsung dicampur dgn beras biasakah hehehe makhlum awam mbak.......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Elok, untuk nasi sushi ini karena ketannya cuman 1 genggam saya nggak rendam dulu Mba hehehe, hasilnya oke2 saja kok. Sama Mba, saya juga masih awam kok, yang penting nekat wakkaka ^_^

      Hapus
  13. Mba, kalau Rice Vinegar diganti dgn Apple Vinegar bisa ga ya? Ngaruh ke rasa ga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, rice vinegar rasanya lebih mild, dan manis, gak sekuat cuka apel. kalau mau pakai cuka apel, kudu tambahin dengan gula. pakai yang apel cider vinegar ya.

      Hapus
  14. Mbak kl pakai beras khusus sushi apakah perlu bhn2 yg lain sperti diatas? Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, tetap perlu ya, beras sushi hanya akan memberikan tekstur pulen lembut, tapi untuk taste tetap harus pakai bumbu.

      Hapus
  15. kl pake beras jepang berarti tidak perlu pakai ketan lagi gitu ya mbak?untuk kecapnya saya lihat di toko ada soya sauce dan tempura sauce, apakah beda ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yep, kalau sudah pakai beras jepang gak usah dikasih ketan ya, beras jepang sudah pulen.

      Beda ya, tempura sauce mengandung soya sauce dan bahan lainya.

      Hapus
  16. Mbak, tanya apa rice vinegar sama dengan sake atau mirin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beda ya, rice vinegar itu cuka masak yang terbuat dari beras atau wine. Ada yang beralkohol ada yang tidak. Sedangkan sake itu wine beras atau minuman bir a la Jepang biasa dipakai sebagai minuman beralkohol. sedangkan mirin adalah wine beras yang rasanya manis biasa digunakan untuk memasak dan mengandung alkohol juga.

      Hapus
  17. Mbak tanya donk
    Kalau cuka beras dan cuka masak sama ngak? Sy liay di japanese or korean corned getu adanya cuka masak. Komposisinya cuka, tepung beras, gula, garam. Thanks before

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuka beras (rice vinegar) beda dengan cuka masak. tapi kalau kompissi dalam cuka masak terbuat dari tepung beras maka kemungkinan itu cuka beras ya. Cuka beras rasanya lebih lembut dan sedikit manis dibandigkan cuka masak umumnya.

      Hapus
  18. Kalo mau pake mayonnaise pakr merk apa yg enak dan sesuai dgn sushi nya. Tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Ajeng, saya suka pakai merk korea, ada di lot**te mart, menurut saya lebih nendang rasanya. cuma saya lupa merknya huaaa

      Hapus
  19. hallo mba, kalo masak nasi sushi, semua bahan2nya beras, beras ketan, rice vinegar, gula, garam dan air dicampur lalu dimasak ke dalam ricecooker, hasilnya akan sama gak ya?...thx resep sushinya...love

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hmm, menurut saya hasilnya akan beda. Selama ini membaca2 cara pembuatan nasi sushi maka bahan2 gak langsung dicampur seperti itu tapi memang dimasukkan terpisah. hehhehe

      Hapus
  20. Halo mba endang, yang mau aku tanyai beli nori yg ukuran'a besar kaya gitu dmn yah? prnah nyari ke C4 adanya yg kecil. ato aku krg teliti kali yah nyarinya :p
    Btw salam kenal :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba, coba ke lo**tte mart ya, banyak kok. untuk sushi memang lembarannya lebar seperti ini dan rasanya tawar.

      Hapus
  21. Mba aku udah 2kali beli nori lembaran utk sushi, dan dua2nya gagal karena aku udah enek duluan sama bau norinya yang amis. Kira2 yang nori ga amis merknya apa ya? Aku mau nyoba2 merk nori yang super banyak itu jadi males, mahal soalnya. Huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hai mba annisa, wah saya belum pernah menemukan nori yang gak berbau ikan ya alias rata2 memang amis hehehe. jadi kayanya memang harus ditahan2 wakakka

      Hapus
    2. Oyaaa? Hahahaha.. kok ya rasanya beda aja gitu kalo di resto2 sushi2 lain ga begitu menyengat norinya, pas nyoba dirumah baru ngeroll aja udh enek duluan. Mungkin di resto jepang sebenenrnya emang amis cuman kita ga sadar kali ya, :p

      Hapus
    3. Kalau di resto kita tinggal makan Mba, gak terlibat prosesnya dan gak nguleng2 norinya juga wakka, tinggal cocol wasabi dan soy saucem dan happpp. hahahah

      Hapus
  22. Balasan
    1. supermarket besar atau supermarket khusus makanan jepang korea

      Hapus
  23. Tq resepnya. Bru td pagi coba bikin setelah cari2 peralatan dipasar terdekat.untung lah ga perlu mpe ke SMP. Lumayan ngirit. Cm ak ilangin itu cuka nya coz percobaan 1 anak ku blg kok asem mah, coba lg cuma campur nasi+royco,, syukur abis dimakan semua..hehhe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. pakainya cuka beras/rice vinegar yang rasanya lebih mild dibandingkan cuka biasa, karena itu ada campurannya antara rice vinegar dan gula untuk membuat rasanya jadi balance khas nasi sushi ya.

      Hapus
    2. Klo di lottemart di bag mana ya mbak? Maaf nanyanya bukan ga mau nyari...
      Udah mondar-mandir di bag makanan kering, kalengan sampe tempat krupuk2 di barisan kembang tàhu dll ttp ga dpt...
      Nanya2 ke spg² (3 kerumunan spg yg berbeda), rata2 pd ga tau nori itu apa...
      Aku udah bilang buat ngegulung sushi yg masakan.jepang, eh pd bengong trus geleng2..
      Blom cek ke giant ato c4 sih, krn harus ngemall... hehe...
      Makasih sblmnya, pengen bgt nyobain resepnya nih...

      Hapus
    3. di lotter mart coba cari di bagian konter makanan korea dekat dengan jamur kering, bumbu2 korea, biasanya disana juga ada rumput laut aneka jenis termasuk nori ya.

      Hapus
  24. Rice vinegar itu halal ga mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nggak ya, masih ada kandungan alkoholnya sekitar 0,1%, ganti saja dengan cuka apel mba

      Hapus
    2. Setau saya apapun vinegar itu halal.. Kandungan alkohol dikatakan haram bila melebihi 1%

      Hapus
    3. halo thanks sharingnya ya, saya terus terang awam untuk masalah ini hehehhe

      Hapus
  25. Permisi Mba , tau cara membuat nori sendiri gak? Dan kalau mau beli daging asap dimana? Terima kasih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mba Rama, sayangnya saya nggak tahu ya mba, karena nori itu perlu dipres pakai mesin khusus supaya tipis ya.

      daging asap di supermarket ya, biasanya merk farm house, nama lainynya smoked beef ya

      Hapus
  26. Balasan
    1. di supermarket lotte mart ada ya mba, atau supermarket khusus makanan jepang dan korea.

      Hapus
  27. hallo mbak endang, terima kasih sekali resepnya, resep mbak saya kasih ke mama dan skrg beliau ketagihan bikin sushi, saya sendiri baru rencana mau mencoba, doakan berhasil ya ><.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo mba, thanks sharingnya ya, senang resepnya disuka, moga sukses ketika mba coba juga yaa^_^

      Hapus
  28. Mba, tadi disebut rice vinegar ada yg beralkohol ada yg tidak, bisa tau dr mana ya mba, tercantum di kemasannya kah? Tx

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada tercantum dikemasan ya Mba, coba diteliti saja, biasanya selalu ada kandungan alkoholnya

      Hapus
  29. mbak kira2 sushinya awet brapa lama ya? trs ngaruh ga ke daya tahannya pake rice vinegar sama ga pake?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama seperti msakan nasi umumya Mba Vivi, hanya 1 hari saja disuhu ruang, rice vinegar untuk rasa bukan ke daya tahan ya

      Hapus
  30. halo mbak, klo mau buat sushi dragon roll kan biasanya ada saus manis asinya tuh, nah itu pake saus apa ya? buat sendiri kah atau ada yang jual jadi?
    terima kasih :)
    salam kenam mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada 2 saus biasanya untuk dragon roll sushi:
      1. unagi sauce: dari soy sauce, mirin, sake dan gula
      2. spicy mayo sauce: dari mayonaise dan saus sambal botolan

      bs buat sendiri, kalau jual sya kurang tahu ya

      Hapus
  31. Mba itu cara larutin gula ama cuka gmn ya? Soalnya sy pernah tp gbsa

    BalasHapus
    Balasan
    1. gerus dulu gulanya dengan punggung sendok mba, baru tambah cuka, tapi toh nanti akan mencair ketika diaduk di nasi hangat ya

      Hapus
  32. Nori ny berapa ya mbak?
    Kalo pake nori yg di indomaret bisa ga y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nori khusus sushi ya mba, bentuknya pack ukuran 20 x 20 cm, isi 10 lembar, tdks bs pakai nori snack ya.

      Hapus
  33. Mb kalau boleh tau, bisa bertahan lama ga ya?
    Atau punya rese agar sushi ny bs tahan lama berhari2?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau di kulkas bs tahan sampai 3 hri mba. Cuman nasi masuk kulkas tentu tdk seempuk ketika baru jadi ya. Sushi kan bagusnya disantap fresh mba.

      Hapus
  34. Hallo mb salam kenal, terima kasih atas ulasan ttg sushinya. Aku br mah buat, td sempet bingung mau pake cuka beras atau cuka apel. Berhubung yg non alkohol cuka apel, belilah saya itu. Semoga rasanya seenak di resto2 japan yah

    BalasHapus
  35. Pengen update an merk soy sauce yang enak yang ada di indo...Hehe
    Mba biasa pake apa untuk sushi dan sashimi??

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya pakai Lee Kum Kee Mba, tidak terlalu asin rasanya

      Hapus
    2. coba pakai kikoman mba, saya pernah make itu buat bikin sushi. rasa asinnya pas di lidah orang indo kok.

      Hapus
    3. thanks sharingnya Mba, pengalaman pakai kikoman saya encerkan dengan air karena terlau asin buat taste saya hehhehe

      Hapus
  36. Mba saya mau tanya, itu beras 350 gram perkiraan sushinya jadi berapa ya setelah dipotong2 dengan ketebalan 1,5 cm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waaak saya lupaa, ini resep udah lama banget. Yang jelas untuk 350 gram nasi bisa untuk 1 gulung sushi

      Hapus
  37. Mb... Terimakasih banyaaakkk bgt buat resepnya. Akhir2 ini lg demen buat nyari resep2 jepang. Ohh iya mbk.. Wktu sya nyari resep sushi ini, ada yg pke sesame oil bwt pengganti rice vinegarvinegar. Bisa g y? Ngaruh g di rasanya? Lbh enak mana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mba Dwi, saya belum pernah nambah sesame oil Mba, menurut saya sih ok2 saja

      Hapus

PEDOMAN BERKOMENTAR DI JTT:

Halo, terima kasih telah berkunjung di Just Try and Taste. Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen dalam mencoba resep-resep yang saya tampilkan.

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan karena harus menunggu persetujuan saya. Jadi jika komentar anda belum muncul tidak perlu menulis komentar baru yang sama sehingga akhirnya double/triple masuknya ke blog.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan yang menurut saya tidak relevan dengan isi artikel. Saya juga akan menghapus komentar yang menggunakan ID promosi.

Untuk menghindari komentar/pertanyaan yang sama atau hal yang sebenarnya sudah tercantum di artikel maka dimohon agar membaca artikel dengan seksama, tuntas dan secara keseluruhan, bukan hanya sepotong berisi resep dan bahan saja. Ada banyak info dan tips yang saya bagikan di paragraph pembuka dan jawaban di komentar-komentar sebelumnya.

Satu hal lagi, berikan tanda tanya cukup 1 (satu) saja diakhir pertanyaan, tidak perlu hingga dua atau puluhan tanda tanya, saya cukup mengerti dengan pertanyaan yang diajukan.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try and Taste; Twitter @justtryandtaste dan Instagram @justtryandtaste.

Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...