26 May 2011

Oleh-Oleh Dari Ibu Saya: Otak-Otak Ikan Asli Tanjung Pinang


Saya pernah tulis di artikel sebelumnya tentang makanan bernama otak-otak ikan khas Tanjung Pinang beserta resep yang saya peroleh dari Ibu saya, anda bisa klik disini untuk melihatnya. Nah, kali ini saya akan tampilkan makanan tersebut, asli dari daerah asalnya, Tanjung Pinang - Kepulauan Riau. Ibu, dua adik laki-laki saya serta Tante saya yang di Depok minggu kemarin berkesempatan untuk berlibur ke Batam, kemudian lanjut ke Tanjung Pinang, singgah sebentar di Duri-Pekanbaru, baru kembali lagi ke Jakarta untuk kemudian pulang ke Ngawi. Walaupun saya lupa menitipkan pesan-pesan ke Ibu sebelum berangkat, rupanya beliau tahu betapa anaknya ini penggila berat otak-otak ikan Tanjung Pinang. Jadi satu tas plastik besar otak-otak, habis saya sikat berdua Dimas, adik saya yang paling kecil. 


Otak-otak ikan ini warnanya jingga menyala, sangat berbeda dengan otak-otak Jakarta atau Makasar. Selain bumbunya yang lebih pedas dan rempahnya  yang berani, juga campuran parutan kelapa di adonannya yang membuat otak-otak Tanjung Pinang semakin gurih. Pembungkusnya juga cukup unik yaitu daun kelapa. Untuk rasanya sebenarnya  mirip dengan  otak-otak yang pernah saya posting sebelumnya di Otak-Otak Ikan Tanjung Pinang. Hanya saja takaran cabai merah dan kunyitnya sepertinya harus ditambah jika ingin mendapatkan warna jingga menyala seperti aslinya. 

Selain itu adonannya juga menggunakan cacahan daging cumi-cumi, saya baru teringat saat menyantapnya. Resep saya sebelumnya tidak menggunakan daging cumi-cumi dan kelapa parut, sebagai gantinya saya memakai santan agar adonannya menjadi gurih. Saya belum mencoba resep dengan versi menggunakan cumi-cumi, namun jika anda berminat berikut resep otak-otak ikan tanjung pinang versi kedua ya, resep yang ini belum saya coba di dapur JTT. Resep ini dari Ibu saya yang bertanya langsung dengan penjual otak-otaknya. Mantep!


Otak-Otak Ikan Tanjung Pinang Versi 2
Resep dari pedagang otak-otak di Tanjung Pinang

Untuk + 30 otak-otak

Bahan:
- 300 gram daging ikan berwarna putih, bisa menggunakan selar, layur, kembung. Pisahkan daging dan tulangnya. Haluskan dagingnya.
- 2 ekor cumi-cumi ukuran sedang, bersihkan dan cincang agak kasar
- 50 gram kelapa muda parut
- 1 sendok makan tepung sagu atau tapioka
- 2 sendok teh garam
- 1 sendok makan gula pasir
- 1 sendok teh kaldu bubuk
- beberapa lembar janur lengkap dengan lidinya, potong-potong sepanjang 20 cm.
- 3 lembar daun jeruk purut, rajang halus

Bumbu dihaluskan, saya masukkan semua bahan ke dalam blender:
- 10 butir cabai merah keriting
- 5 butir cabai rawit merah
- 5 butir bawang merah
- 3 butir bawang putih
- 2 sendok teh ketumbar
- 1 ruas jahe
- 2 ruas kunyit
- 1 batang serai, ambil bagian putihnya saja
- 1/2 sendok teh jintan
- 1 ruas lengkuas, iris-iris

Cara membuat: 
Siangi ikan, buang kepala, duri dan kulitnya. Masukkan daging ikan dan semua bumbu  yang dihaluskan ke dalam blender. Proses hingga halus. 

Tuangkan daging ikan ke dalam mangkuk, tambahkan cumi-cumi yang dicincang, kelapa parut, tepung tapioka, garam, gula, dan kaldu bubuk.  Aduk rata dan cicipi rasanya.

Isikan sekitar 1 sendok makan adonan ke dalam salah satu pelepah daun kelapa, tutup dengan daun kelapa lainnya sehingga adonan ikan berada di dalam daun. Semat kedua ujungnya dengan steples.

Bakar otak-otak diatas bara atau pemanggang kawat yang diletakkan di atas kompor hingga permukaan daun kecoklatan dan otak-otak matang. Angkat dan sajikan. 

8 comments:

  1. akhirnya dapat jg resep otak - otak khas tanjung pinang. saya tinggal di tanjung uban (kepri). Makasih mba' Endang....... I LIKE JUST TRY & TASTE

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai Mba Reeta, di Batam ada penjual Otak2 nama warungnya Shiang-Shiang. Otak2ya mantap surantap, sayangnya otak2 yang saya buat belum mirip itu hiiksss

      Delete
  2. Akhirnya dpt resep otak2 yg uenak n' mantap. Dah lame sy nyari resep ni. Dulu pernah nyoba bikin, malah jdnya sperti empek2 bakar, he...he...he... Mks mb Endang, jarang ada org yg mau berbagi resep, smoga bs terus berbagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks Mba Reeta, moga sesuai keinginan setekah dicoba ya, terus terang resep ini belum seperti otak2 impian di Batam

      Delete
  3. Jadi inget waktu kecil di tg pinang. Tiap pulang dr pantai trikora pasti beli otak" cumi.. Mantap!

    ReplyDelete
    Replies
    1. yepp, waktu kecil keluarga saya suka tamasya disana dan pasti kami membeli otak2 sebanyak2nya.murah dan enakkkk

      Delete
  4. Mbak endang asalnya dr tanjung pinang ya?saya liat bbrp postingannya khas dr Riau,saya dr pekanbaru mba,salam kenal...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai mba jeani, yep ibu saya asli dari tanjung pinang ya, dan masa kecil saya memang sempat disana hehhehe. salam kenal juga ya mba

      Delete

Heloooo! Terima kasih telah berkunjung di Just Try & Taste dan meluangkan waktu anda untuk menulis sepatah dua patah kata. Walau terkadang saya tidak selalu bisa membalas setiap komentar yang datang, namun saya senang sekali bisa menerima dan membacanya.

Saya sangat menghargai feedback yang anda berikan, terutama mengenai eksperimen anda dalam mencoba resep-resep yang saya tampilan. Semua komentar baik di posting lama maupun baru sangat saya nantikan. ^_^

Komentar yang anda tuliskan tidak secara otomatis ditampilkan di artikel karena saya menggunakan setting moderasi, namun jangan khawatir, begitu saya kembali ke laptop maka hal utama yang saya lakukan adalah mengecek dan mempublish komentar anda.

Saya akan menghapus komentar yang mengandung iklan, promosi jasa dan penjualan produk serta link hidup ke blog anda atau blog/website lain yang anda rekomendasikan. Jika anda ingin mendapatkan back link maka anda harus menggunakan OpenId atau Name + Url.

Untuk mendapatkan update rutin setiap kali saya memposting artikel baru anda bisa mendaftarkan email anda di Dapatkan Update Via Email. Atau kunjungi Facebook fan page Just Try & Taste. Untuk mengajukan pertanyaan dan komentar, anda juga bisa langsung email ke saya di endangindriani@justtryandtaste.com

Saya tunggu komentar, feedback, email dan sharing anda ya. Semoga anda menikmati berselancar resep di Just Try & Taste. ^_^

Let's we try and taste! ^_^

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...